Cara Membuka Aplikasi Android Terkunci

Cara Membuka Aplikasi Android Terkunci Tanpa Ribet

Cara Membuka Aplikasi Android Terkunci – Bagi sebagian orang pastinya akan merasa lebih aman saat privasi di ponsel terlindungi dengan baik. Salah satu cara yang sering digunakan oleh sebagian orang untuk melindungi privasinya adalah dengan mengunci aplikasi tersebut di HP.

Dengan begitu tidak akan ada orang yang bisa membuka aplikasi yang sudah terkunci tanpa sepengetahuan kita pastinya. Namun yang menjadi masalah, bagaimana jika kita sendiri lupa dengan password yang digunakan untuk mengunci aplikasi?

Meski kita sebagai pemilik HP, namun tetap saja tanpa tahu password yang digunakan untuk mengunci aplikasi maka sama saja sia-sia. Aplikasi tersebut tidak akan pernah bisa terbuka tanpa adanya password yang dibuat sebelumnya.

Tapi kalian sebenarnya tidak perlu khawatir dan panik saat menghadapi hal tersebut. Meski terasa berat, namun pada dasarnya masih ada cara kok yang dapat kalian lakukan untuk mengatasinya. Untuk cara lengkapnya, kalian dapat menyimaknya di bawah ini.

Cara Membuka Aplikasi Android Terkunci Oleh Aplikasi

Bila sebelumnya kalian mengunci aplikasi Android dengan menggunakan bantuan App Lock atau Smart App Lock atau lainnya, maka untuk mengatasinya sangatlah mudah.

Untuk mengatasi hal ini, saya sudah membaginya menjadi tiga tahapan. Di masing-masing tahapan ini caranya berbeda-beda, sehingga kalian bisa memilih salah satunya atau menggunakan semuanya juga bisa.

1. Hapus Data Aplikasi

Pada tahap pertama, kalian bisa mencoba untuk menghapus data dari aplikasi yang kalian gunakan untuk mengunci aplikasi di Android. Dengan begitu, seluruh informasi yang sebelumnya kalian gunakan untuk mengunci aplikasi Android akan bersih.

Begini caranya:

  1. Buka menu Pengaturan di HP Android kalian.
  2. Lalu kalian cari menu Aplikasi.
  3. Berikutnya Daftar Aplikasi.
  4. Sekarang kalian cari nama aplikasi yang digunakan untuk mengunci aplikasi di HP.
  5. Setelah ketemu aplikasinya, langsung saja kalian buka.
  6. Jika sudah terbuka, maka tap menu Paksa Berhenti dan Hapus Data.
  7. Terakhir kalian bisa Nyalakan Ulang HP.

Bila sudah kembali menyala, maka coba deh buka aplikasi yang sudah terkunci tadi. Pastinya kalian dapat membukanya dengan leluasa seperti dulu.

2. Nonaktifkan Aplikasi

Bila dengan menghapus data dari aplikasi pengunci belum juga bisa membuat kalian dapat membuka aplikasi yang terkunci di HP, maka cobalah untuk menonaktifkan nya saja.

Caranya sangat mudah:

  1. Pergi ke menu Pengaturan di HP.
  2. Kemudian kalian pilih Keamanan.
  3. Lalu pilih Administrator Perangkat.
  4. Sekarang kalian hilangkan centang pada aplikasi pengunci yang kalian pasang.
  5. Bila sudah berhasil, kalian bisa kembali mengikuti cara pertama tadi untuk menghapus data aplikasi.
  6. Terakhir coba Nyalakan Kembali HP terlebih dahulu.

Jika sudah, coba kalian periksa kembali.

3. Uninstall Aplikasi

Apabila dengan cara yang pertama dan kedua tadi belum juga bisa mengatasi masalah aplikasi Android terkunci, maka pilihan terakhir adalah menghapus aplikasi penguncinya. Cara ini juga cocok bila pengaturan di HP Android ikut terkunci.

Bila sudah seperti ini, maka menghapus aplikasi pengunci secara manual tidak akan dapat dilakukan, karena nantinya kalian juga akan diminta untuk memasukkan kata sandi atau pola.

Namun bukan Kampung Gadget kalau tidak menemukan caranya untuk mengatasi masalah tersebut. Yuk, ikuti langkah-langkah lengkapnya berikut ini.

  1. Langkah pertama, kalian install terlebih dahulu aplikasi All-in-One-Toolbox.
  2. Setelah berhasil, maka buka aplikasinya.
  3. Di halaman utama, kalian tap menu Toolbox.
  4. Lalu pilih lagi menu Lepas Pemasangan.
  5. Sekarang kalian pilih aplikasi pengunci yang di pasang sebelumnya.
  6. Pastikan sudah mencetangnya.
  7. Terakhir tekan menu Pelepasan yang Dipilih.

Selesai, dengan begitu aplikasi pengunci tersebut sudah benar-benar terhapus dari HP kalian. Sekarang kalian bisa membuka aplikasi yang terkunci sebelumnya dengan lancar kembali.

Cara Membuka Aplikasi Android Terkunci Dengan CM Security

Cara Membuka Aplikasi Android Terkunci Dengan CM Security

Sebenarnya cara yang selanjutnya ini hampir sama dengan tips yang sudah saya jelaskan di atas tadi, hanya saja prosesnya akan sedikit berbeda dari sebelumnya. Karena cara yang berikut ini kita akan menggunakan bantuan aplikasi CM Security.

Aplikasi CM Security tidak hanya berguna untuk mengunci privasi kita di dalam HP, tapi juga bisa membantu mengatasi masalah yang sedang kita hadapi saat ini.

Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Download dan Buka Aplikasi CM Security

Langkah pertama yang paling penting kalian lakukan adalah mendownload aplikasi CM Security di Play Store yang ada pada HP. Untuk menemukannya, kalian bisa memasukkan kata kunci ‘CM Security‘ di kolom pencarian yang ada pada Play Store.

Bila sudah berhasil menginstall di HP, maka kalian dapat langsung membukanya.

2. Cari Menu App Manager

Setelah kalian sudah berhasil masuk kedalam aplikasi CM Security, maka sekarang cobalah untuk mencari menu App Manager. Biasanya menu tersebut ada di deretan paling bawah dari menu-menu lainnya.

3. Pilih Aplikasi Pengunci yang Digunakan

Jika sudah menekan menu App Manager, maka kalian akan langsung diarahkan ke dalam menu daftar aplikasi yang ada di HP. Sekarang kalian pilih saja aplikasi pengunci yang digunakan untuk mengunci privasi di dalam aplikasi sebelumnya.

4. Remove Aplikasi

Jika sudah menemukan aplikasi pengunci yang digunakan, maka jangan lupa untuk mencentangnya, ya. Untuk menghapus aplikasi tersebut, tap saja menu Remove Apps. Terakhir tinggal tap menu Confirm yang muncul pada layar.

Maka secara otomatis, aplikasi yang kalian hapus akan hilang dari perangkat.

Cara Membuka Aplikasi Android yang Terkunci Sidik Jari

Cara Membuka Aplikasi Android yang Terkunci Sidik Jari

Selain cara membuka aplikasi Android yang terkunci di HP Oppo, Vivo, Xiaomi, Samsung, Asus, yang sudah saya jelaskan di atas. Maka untuk selanjutnya saya juga akan membagikan sebuah tips yang bisa kalian lakukan bila aplikasi di HP terkunci dengan sidik jari, pola atau PIN dan kamu sendiri lupa.

Namun cara ini cocok bila kalian sudah mengikuti semua cara di atas, namun aplikasi di HP yang terkunci belum bisa terbuka. Tapi perlu juga kalian tahu kalau cara ini cukup ekstrim, sebab kita akan menghapus seluruh pengaturan yang ada pada ponsel.

Sebelum mencobanya, ada baiknya kalian membackup terlebih dahulu semua data penting yang ada di dalam HP. Ini untuk mengantisipasi data penting kalian hilang saat proses reset ataupun flash berlangsung. Jika belum tahu, maka kalian dapat membaca cara backup data penting di Android pada artikel saya sebelumnya.

Apabila sudah, kalian dapat memilih salah satu dari dua cara yang saya rangkumkan di bawah.

1. Dengan Factory Reset

Cara yang pertama, bila kalian memang sudah benar-benar lupa dengan kata sandi atau pola yang digunakan untuk mengunci seluruh aplikasi di HP, maka bisa mencoba untuk melakukan factory reset.

Dengan begitu, pengaturan keamanan untuk aplikasi yang kalian buat sebelumnya akan hilang.

Caranya mudah sekali kok, kurang lebih seperti ini prosesnya:

  1. Pertama buka Pengaturan di HP.
  2. Lalu kalian cari menu Pengaturan Tambahan.
  3. Berikutnya pilih Cadangan dan Reset.
  4. Di tahap ini, jangan lupa kalian centang opsi Backup yang disediakan.
  5. Dah itu pilih menu Reset ke Setelan Pabrik.
  6. Terakhir tekan opsi Hapus Semua Data.

Sudah itu, kalian bisa menunggu sampai HP kembali menyala. Nanti kondisi HP kalian akan kembali seperti baru atau sama seperti awal kalian membelinya.

2. Membuka Aplikasi Android yang Terkunci Dengan Flash

Opsi yang selanjutnya ini sebenarnya lebih ekstrim dari yang pertama, karena kita akan menginstall ulang sistem pada HP. Namun cara ini sih sebenarnya tidak terlalu di perlukan, karena dengan cara yang pertama sudah bisa mengatasi masalah yang sedang dihadapi.

Tapi jika kalian ingin mencoba, maka bisa mencari informasi di Google. Karena setiap merek HP itu mempunyai cara flashing yang berbeda-beda. Sehingga saya tidak bisa menjelaskan secara lengkap mengenai prosesnya di sini.

Untuk mencarinya, kalian bisa ketikan kata kunci ‘cara flash (merek dan tipe HP)’. Maka nanti kalian bisa langsung mengikuti tutorialnya di sana.

Penutup

Jika menurut saya pribadi, dengan hanya menghapus data atau meng-uninstall aplikasi pengunci yang kita download saja sebenarnya sudah bisa mengatasi masalahnya. Tapi itu jika kalian menggunakan aplikasi pengunci untuk mengamankan privasi yang dimiliki.

Bila mengunci aplikasi menggunakan sistem keamanan yang ada di HP, maka dengan cara factory reset saja sudah cukup untuk kalian lakukan. Sehingga opsi flash mungkin tidak perlu di perlu untuk kalian lakukan, karena prosesnya juga tidak mudah sih.

Baik, mungkin itu saja beberapa tips tentang cara membuka aplikasi Android terkunci dengan mudah yang dapat saya rangkumkan. Jika kalian mempunyai pertanyaan atau mungkin ada hal yang kurang jelas, maka jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.