Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot

Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot Agar Kencang Kembali

Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot – Indosat memang sudah menjadi salah satu provider seluler yang cukup terkenal di tanah air. Kepopuleran Indosat juga bukan karena tanpa sebab, lho. Di mana Indosat terkenal karena sering menghadirkan promo paket internet dengan harga murah namun jumlah kuota yang banyak.

Sebagai salah satu provider yang sudah sangat terkenal di Indonesia, Indosat juga selalu bersaing dengan operator seluler lainnya. Selain bersaing dalam bidang promosi, Indosat juga bersaing di dalam bidang koneksi internet.

Walaupun sudah sangat terkenal, ternyata masih banyak pengguna Indosat yang mengeluhkan layanan internet yang di berikan kurang memuaskan. Hal ini berhubungan dengan layanan jaringan internet yang banyak di eluh-eluhkan sering mengalami gangguan, salah satunya lemot.

Kondisi seperti tersebut bukanlah hal yang baru lagi, karena bisa dikatakan kalau masalah jaringan internet Indosat yang lemot sudah sangat sering terjadi. Saya sendiri juga merupakan pengguna layanan dari Indosat dan masalah jaringan internet yang lemot itu sangat sering saya rasakan.

Walaupun sudah menggunakan jaringan 4G, namun tetap saja jaringan internet Indosat tidak stabil, alias lemot. Jika sudah seperti ini, maka sudah pasti kita tidak akan bisa mengakses apapun di internet dengan menggunakan jaringan dari Indosat.

Lalu adakah solusinya? Tentu saja ada, dan solusi lengkapnya akan saya bahas di sini.

Apa Penyebab Internet Indosat Lemot?

Sebelum lanjut ke pembahasan intinya, ada baiknya kalian ketahui dulu sedikit ulasan tentang penyebab jaringan internet dari Indosat lemot.

Pada dasarnya, semua masalah yang terjadi pasti mempunyai penyebabnya dan ini juga berlaku pada jaringan internet Indosat yang lemot hari ini. Dalam pengalaman pribadi saya, ada beberapa faktor utama yang menjadi penyebabnya, seperti:

  • FUP kuota Indosat yang sudah habis
  • Cuaca yang kurang bersahabat, seperti hujan lebat
  • Jangkauan sinyal yang kurang memadai
  • Menggunakan kuota internet promo
  • Perangkat yang kurang mendukung
  • Dan pengaturan jaringan yang salah

Selain faktor yang saya sebutkan, kemungkinan masih ada hal lain yang menjadi penyebabnya. Namun, dari pengalaman saya pribadi saat menggunakan Indosat, faktor itulah yang sering membuat internet Indosat lemot saat digunakan.

Cara Mengatasi Jaringan Internet Indosat yang Lemot

Lemot yang saya maksud di sini itu adalah internetnya, ya. Contohnya saja saat sedang loading itu bisa memakan waktu yang sangat lama, dan mungkin tidak bisa jalan sama sekali.

Internet Indosat yang lemot dapat kita atasi dengan cara:

  • Menggunakan fitur Airplane mode
  • Atur ulang APN Indosat
  • Mulai ulang perangkat
  • Ubah jaringan yang digunakan
  • Pindah ke tempat lain
  • Hapus cache pada HP
  • Coba pakai perangkat lain
  • Akses internet di malam hari
  • Tunggu beberapa waktu

Dengan penerapan cara yang benar, masalah internet Indosat yang lemot akan teratasi dengan mudah dan aman. Namun, untuk selengkapnya, kalian dapat menyimaknya di bawah ini.

1. Menggunakan Fitur Airplane Mode

Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot Dengan Fitur Airplane Mode

Solusi yang paling sederhana dan mudah dalam mengatasi masalah jaringan Internet Indosat yang lemot itu adalah dengan mengaktifkan dan menonaktifkan fitur Airplane mode. Dengan begitu, jaringan internet yang sebelumnya bermasalah akan kembali kencang seperti semula.

Hal ini karena fitur Airplane mode ini mempunyai fungsi untuk memperbaharui jaringan internet yang di dapatkan oleh ponsel. Selain itu, IP yang didapatkan oleh HP sebelumnya juga akan diganti dengan IP internet yang baru dan kemungkinan lebih baik lagi.

Caranya sangat simpel:

  • Pertama aktifkan fitur Airplane Mode pada HP.
  • Selanjutnya tunggu beberapa waktu.
  • Bila sudah, matikan fitur Airplane Mode tadi.
  • Terakhir tes kembali internet pada HP.

Jika dalam percobaan yang pertama kalian belum juga berhasil, maka coba lakukan kembali cara tadi sampai kondisi internet kencang seperti sebelumnya.

Baca Juga: Cara Memperkuat Sinyal Indosat yang Lemot

2. Atur Ulang APN Indosat

Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot Dengan Atur Ulang APN

Sama seperti operator seluler lainnya yang ada di Indonesia, di mana Indosat sendiri juga menyediakan beberapa pengaturan APN yang berbeda-beda. Masing-masing APN yang disediakan oleh Indosat itu mempunyai fungsi dan kegunaan berbeda dalam masalah internet.

Untuk kalian yang mungkin belum tahu, APN ini mempunyai peranan sebagai gateway atau jembatan penghubung antara operator dan SIM. Selain itu, APN juga berfungsi sebagai identitas yang akan digunakan oleh operator agar bisa memberikan layanan yang sesuai.

Sehingga, jika jaringan internet dari Indosat di HP kalian lemot, kemungkinan besar APN yang digunakan tidak sesuai. Oleh sebab itu, cobalah untuk memperbaiki atau menggantinya dengan APN yang baru. Namun, pastikan juga kalau kalian menggunakan APN yang sesuai dengan kondisi serta lokasi saat ini.

Jika kalian ingin mencobanya, saya juga sudah pernah menjelaskan cara setting APN Indosat yang benar pada HP Android. Jadi, kalian bisa membacanya di pembahasan yang sudah saya tulis sebelumnya.

3. Mulai Ulang Perangkat

Mungkin tidak banyak dari kalian yang akan percaya, kalau sebenarnya saat HP panas juga bisa menjadi penyebab menurunnya koneksi internet. Meski sangat jarang terjadi, namun saya sendiri pernah mengalami kondisi tersebut.

Di mana saat sedang menggunakan jaringan internet Indosat untuk mendownload sebuah file yang berukuran besar, setelah beberapa waktu digunakan, kecepatan internetnya terus mengalami penurunan. Parahnya lagi, saat saya cek HP yang saya gunakan menjadi panas.

Lalu saya mencoba untuk menghentikan proses download tadi, dan me-restart HP tersebut dan mendinginkannya selama beberapa waktu. Hasilnya, setelah HP saya nyalakan kembali, kecepatan internetnya kembali stabil seperti semula.

Kesimpulannya, saat perangkat yang kita gunakan panas, maka secara otomatis sistem di dalam HP akan membatasi beberapa komponen yang sedang bekerja dan itu tentu akan membuat kualitas internet yang di tangkap oleh ponsel menurun secara perlahan. Ini juga akan membuat seluruh aktivitas yang di lakukan dalam internet akan di batasi oleh sistem sampai temperatur kembali ke suhu normal.

4. Ubah Jaringan yang Digunakan

Untuk sekarang ini memang sudah tidak dapat kita pungkiri lagi kalau jaringan 4G itu memang sengaja di hadirkan untuk lebih baik dari sinyal 3G sebelumnya. Hal ini juga tidak terkecuali untuk jaringan dari operator Indosat tentunya.

Sama seperti provider lainnya, kalau jaringan 4G Indosat itu mempunyai kecepatan yang jauh lebih baik ketimbang jaringan 3G. Sehingga, untuk urusan mengakses dunia internet, jaringan 4G akan jauh lebih unggul ketimbang dengan jaringan 3G.

Untuk bisa menggunakan 4G, ada beberapa syarat yang haru kalian penuhi. Syaratnya itu seperti:

  • Kartu SIM Indosat harus sudah mendukung 4G.
  • Perangkat yang digunakan sudah support 4G.
  • Lokasi atau tempat tinggal kalian sudah tercover dengan layanan 4G dari Indosat.

Jika semua syarat itu sudah terpenuhi, maka selanjutnya kalian bisa langsung mengatur jaringan di HP ke 4G. Namun di masing-masing perangkat itu mempunyai cara yang berbeda-beda saat ingin mengatur jaringan 4G LTE Only.

Namun jangan khawatir dengan masalah tersebut, sebab saya sudah membuatkan kalian tutorial cara mengubah jaringan 3G ke 4G di pembahasan sebelumnya. Sehingga kalian bisa membaca secara detail dan lengkap mengenai hal tersebut.

5. Pindah ke Tempat Lain

Selain karena salah dalam memilih jaringan pada HP, internet Indosat yang lemot juga bisa terjadi karena lokasi tempat kalian berada itu tidak tercover layanan dari Indosat.

Jika sudah seperti itu, maka solusinya sangat sederhana sih kalau menurut saya. Di mana kalian hanya perlu pergi ke tempat lain atau cari tempat yang lebih terbuka dari sebelumnya, misalnya saja di teras rumah. Dengan begitu, jaringan internet dari Indosat akan lebih mudah di tangkap oleh ponsel.

Seperti yang pernah saya jelaskan di pembahasan sebelumnya, kalau kalian harus menghindari tempat-tempat yang tertutup bila ingin mengakses jaringan internet dengan lebih cepat. Ini tidak hanya berlaku untuk jaringan dari Indosat saja, tapi juga untuk provider lainnya.

6. Hapus Cache Pada HP

Walaupun sangat jarang terjadi, namun file cache yang menumpuk juga bisa menimbulkan banyak masalah pada HP. Seperti membuat baterai HP cepat habis, penyimpanan internal cepat penuh dan juga bisa mengakibatkan kinerja sistem mengalami masalah.

Ketika sistem di dalam HP bermasalah, maka tidak menutup kemungkinan kalau akan membuat aktivitas internet kalian ikut bermasalah. Misalnya saja seperti loading internet yang sangat lama, sampai tampilan layar menjadi blank.

Oleh sebab itu, cobalah untuk menghapus file cache yang ada pada HP. Agar bisa membuat kinerja HP lebih baik dan maksimal seperti sebelumnya.

Caranya seperti ini:

  1. Matikan HP kalian terlebih dahulu.
  2. Kemudian tekan dan tahan kombinasi tombol Power + Volume UP + Home secara bersamaan.
  3. Setelah terlihat logo ponsel, maka lepaskan.
  4. Nantinya kalian akan masuk ke recovery mode.
  5. Jika sudah berhasil masuk, tapi menu Wipe Cache Partition.
  6. Terakhir pilih menu Reboot System Now.

Dengan begitu, seluruh file cache yang ada pada HP kalian akan dibersihkan secara otomatis. Dengan cara ini, kalian juga tidak perlu melakukannya secara manual melalui menu pengaturan.

Penting:

Tutorial ini saya buat dengan menggunakan HP Samsung, sehingga akan ada perbedaan cara untuk masuk ke recovery mode di perangkat Android merek lainnya.

Baca Juga: Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Indosat

7. Coba Pakai Perangkat Lain

Bagi yang belum tahu, kalau kecepatan maksimal dan penangkapan sinyal pada perangkat itu akan berbeda-beda, walaupun merek nya sama sekalipun. Hal ini tentu juga akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan koneksi internet yang akan dirasakan oleh penggunanya.

Oleh sebab itu, bila sebelumnya kalian mengalami masalah pada jaringan internet Indosat saat menggunakan ponsel, maka cobalah untuk menggantinya dengan perangkat lain. Misalnya saja menggunakan modem atau yang lainnya.

8. Akses Internet di Malam Hari

Cara mengatasi internet Indosat yang lemot selanjutnya adalah dengan mencoba untuk mengakses internet di malam hari.

Karena pemakaian internet di malam hari itu sangat rendah dari pada siang hari tentunya. Kebanyakan dari orang, juga lebih memilih untuk tidur pada malam hari. Jika sudah begitu, secara otomatis jaringan internet di malam hari akan jauh lebih kencang.

Kecepatan yang bisa di dapat saat internetan di malah hari juga bisa meningkat berkali-kali lipat dari siang hari. Namun ini tidak berlaku untuk Indosat saja sih, karena pengguna operator lainnya juga akan mengalami hal yang sama.

9. Tunggu Beberapa Waktu

Cara terakhir yang sering saya gunakan ketika jaringan internet Indosat lemot adalah menunggunya beberapa waktu saja. Kenapa seperti itu? Karena sudah pasti, jika semua cara di atas sudah di lakukan dan hasilnya belum bisa mengembalikan internet yang lemot, maka sudah pasti ini memang bersumber dari pusatnya.

Kemungkinan besar, internet yang lemot itu terjadi karena provider Indosat sedang melakukan pembaharuan ataupun perbaikan terhadap semua layanannya. Sehingga akan membuat jaringan internet menjadi lambat dari biasanya.

Maka dari itu, solusinya hanya satu, kita harus menunggu sampai jaringan internet dari Indosat normal kembali. Biasanya tidak memerlukan waktu yang lama, 10 sampai 20 menit saja jaringan sudah bisa kembali normal seperti semula lagi.

Cara Lapor Jaringan Internet Indosat yang Lemot ke Operator

Setelah menunggu cukup lama, namun jaringan internet Indosat belum pulih kembali, maka ada baiknya untuk menghubungi operatornya langsung. Untuk menghubungi pihak Indosat, kalian bisa melalui beberapa sarana yang memang sudah di sediakan.

Seperti:

  1. Melalui media sosial Indosat di @Indosatcare
  2. Menghubungi call center di nomor 185 atau 186
  3. Mengirim sebuah faks ke nomor +6221 544950106
  4. Kirim email ke [email protected]
  5. Atau bisa juga mengunjungi website resmi Indosat

Nantinya, kalian bisa menjelaskan mengenai masalah yang sedang di hadapi. Namun sebelum itu, pastikan juga kalau di tempat kalian saat ini tidak sedang hujan lebat , ya.

Penutup

Baik, mungkin itu saja beberapa cara mengatasi internet Indosat yang lemot agar kencang kembali. Kalian dapat menggunakan salah satu dari cara yang sudah saya rangkumkan, atau mengikuti tahapannya dari awal sampai akhir.

Tips di atas mungkin juga merupakan tips yang sudah umum, serta hanya dapat saya tunjukkan untuk orang-orang yang masih awam dalam dunia smartphone.

Namun untuk saya sendiri, biasanya lebih sering menggunakan fitur airplane mode, mengganti APN Indosat dan me-restart HP seperti biasa.

Bila kalian mempunyai tips yang ampuh lainnya, saya sangat senang jika kalian bersedia menuliskannya di kolom komentar. Jika itu sangat recommended, maka nanti saya akan tulis kedalam artikel ini.

Semoga dengan pembahasan yang sederhana di atas bisa membantu mengatasi masalah yang sudah kalian hadapi saat ini.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.