Format File WhatsApp Tidak Didukung

Cara Atasi Format File WhatsApp Tidak Didukung Dengan Mudah dan Aman

Format File WhatsApp Tidak Didukung – Seperti yang sudah kalian ketahui, kalau WhatsApp merupakan aplikasi pesan singkat yang sangat populer. Karena itu juga yang membuat WhatsApp melakukan update secara rutin agar bisa memenuhi semua kebutuhan penggunanya.

Untuk saat ini, WhatsApp juga sudah mulai didesain sedemikian baik agar bisa mendukung banyak format file yang di perlukan oleh penggunanya. Mulai dari format file dalam bentuk media (foto dan video), dokumen seperti Word, Excel, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bahkan dari kabar yang saya dengar, kalau setelah WhatsApp melakukan update terbarunya pada beberapa bulan lalu, kini WhatsApp sudah menambahkan banyak format file lagi yang dapat dikirim maupun di terima oleh semua penggunanya.

Meski sudah dikatakan mendukung banyak format file, tapi sebagian pengguna WhatsApp masih ada yang mengeluhkan kalau file yang mereka ingin kirim itu tidak bisa terkirim. Masalahnya juga muncul sebuah pesan yang menyatakan kalau Format File Tidak Didukung (Not supported Format).

Lalu adakah cara untuk mengatasinya? Tentu saja ada, karena sebenarnya kondisi seperti ini bukanlah masalah yang baru lagi dan saya akan memberikan cara mengatasinya.

Kenapa Format File Tidak Mendukung di WA?

Sebelum lanjut kedalam pembahasan tentang cara mengatasi masalah format file di WA tidak didukung, ada baiknya kita lihat dulu penyebabnya. Ini juga untuk memudahkan kita nantinya untuk mengatasi masalah tersebut dengan lebih mudah.

Seperti yang sudah saya katakan di atas tadi, walaupun WhatsApp sudah mendukung banyak format file, bukan berarti juga semuanya. Karena tentunya masih ada sebagian format file yang belum di dukung oleh aplikasi WhatsApp dan sama seperti aplikasi lainnya.

Jadi, inti dari masalah munculnya pesan format file tidak mendukung di WA dapat di sebabkan oleh bentuk file yang dikirim merupakan file khusus. File khusus ini biasanya merupakan sebuah file bawaan dari sebuah aplikasi atau game tertentu dan bukan bentuk format umum.

Selain karena format file yang dikirim bukan format umum, masalah ini juga bisa ditimbulkan oleh kondisi lain. Misalnya saja seperti:

  • Versi WhatsApp pengirim dan penerima tidak sama
  • File yang dikirim mengalami kerusakan
  • Ukuran file yang terlalu besar

Mungkin selain yang saya sebutkan di atas, masih ada faktor lainnya yang menjadi penyebabnya. Namun yang pernah saya sendiri alami sih, cuman itu saja faktornya.

Cara Atasi Format File WhatsApp Tidak Didukung Dengan Mudah

Seperti yang sudah saya sebutkan tadi di atas, kalau masalah ini bukanlah kondisi yang baru lagi. Sehingga kalian tidak perlu panik lagi saat mengalami kondisi tersebut.

Karena sebenarnya cara mengatasi format file tidak didukung itu dapat diatasi dengan mudah, mulai dari:

  1. Update aplikasi WhatsApp
  2. Ubah format file yang akan dikirim
  3. Perkecil ukuran file yang ingin dikirim
  4. Install ulang aplikasi WhatsApp

Dengan melakukan hal tersebut saja, sebenarnya kalian sudah bisa mengatasi masalah format file tidak didukung. Namun untuk cara lengkapnya, kalian bisa simak pembahasannya di bawah ini.

1. Update Aplikasi WhatsApp

Seperti yang saya sering tekankan ke kalian di setiap pembahasan mengenai WhatsApp, kalau melakukan update pada aplikasi WhatsApp itu sangatlah penting. Karena dalam pembaharuan yang di sediakan, biasanya ada beberapa perbaikan dan penambahan fitur terbaru di dalamnya.

Selain beberapa masalah yang sering terjadi, seperti story WhatsApp yang tidak muncul, melakukan update juga bisa membantu saat muncul pesan ‘format file tidak didukung’ pada WA.

Ada baiknya juga kalian melakukan update WhatsApp secara manual:

  • Buka aplikasi Google Play Store pada HP.
  • Lalu cari aplikasi WhatsApp di kolom pencarian.
  • Kemudian tap menu Update (jika tersedia).
  • Terakhir restart HP seperti biasa.

Mengapa harus di update secara manual?

Ini karena biasanya notifikasi pembaharuan aplikasi di Play Store itu tidak selamanya akan muncul pada HP. Sehingga hal ini juga tidak heran kalau ada banyak orang yang tidak sadar dan membuat mereka memakai aplikasi versi lama.

Meski sebenarnya kalau kita biarkan, WhatsApp juga akan menampilkan sebuah pesan kadaluarsa dan mengharuskan kita untuk melakukan update. Namun jika kalian ingin terus mendapatkan fitur-fitur terbaru dari WhatsApp, maka melakukan update saat tersedia adalah cara yang paling tepat.

Apalagi kalau kita membahas masalah dukungan format file di dalam WhatsApp. Tentu itu merupakan salah satu fitur yang terbilang penting juga, lho. Jadi, jangan lupa untuk selalu update aplikasi ke versi terbaru, ya.

2. Ubah Format File yang Akan Dikirim

Memang sudah jauh berbeda dari dulu, karena sekarang kita sudah bisa mendapatkan banyak dukungan keren di HP Android. Salah satunya itu seperti mengubah format (ekstensi) file yang kita miliki.

Dengan dukungan tersebut bisa kita gunakan untuk mengirim file yang formatnya tidak didukung oleh WhatsApp. Contohnya saja seperti mengubah file yang sebelumnya menjadi format .zip, .rar dan sebagainya.

Caranya mudah sekali kok:

  1. Pertama buka dulu File Manager pada HP.
  2. Berikutnya cari file yang akan kalian rubah.
  3. Lalu ketuk file tersebut.
  4. Kemudian kalian pilih opsi Ubah Nama.
  5. Ganti dengan format .zip (misalnya).

Bila kalian sudah berhasil merubah formatnya, maka sekarang buka kembali aplikasi WhatsApp dan kirimkan file yang sudah di rubah. Pengalaman saya sih, seharusnya dengan cara itu saja sudah bisa mengatasi masalah format file tidak didukung yang muncul tadinya.

Cara yang kalian lakukan tadi tidak akan merusak file, kok. Karena pada dasarnya itu, kita hanya mengubah di bagian formatnya saja dan tidak sampai merubah seluruh isi di dalam file tersebut. Saya rasa ini bisa menjadi solusi yang aman untuk kalian.

3. Perkecil Ukuran File yang Ingin Dikirim

Untuk sekarang ini, saya rasa format file kompres itu hampir semuanya sudah mendapatkan dukungan dari WhatsApp. Sehingga, hal ini bisa kita jadikan sebagai solusi di dalam mengatasi masalah format file WhatsApp tidak didukung.

Untuk memperkecil (kompres) file, kalian bisa menggunakan sebuah aplikasi tambahan. Kalian juga nantinya bisa mengubah format file setelah proses kompres selesai dilakukan.

Begini caranya:

#1. Install Aplikasi ZArchiver

Langkah pertama, kalian tentu harus menginstall aplikasi yang akan di gunakan untuk memperkecil ukuran file. Saat ini ada banyak sekali aplikasi yang bisa kalian gunakan, namun saya lebih suka menggunakan aplikasi yang bernama ZArchiver.

Selain sangat ringan, aplikasi ZArchiver juga cukup mudah sekali kita gunakan dalam memperkecil ukuran sebuah file. Kalian bisa mendapatkan aplikasi ini di Google Play Store dengan mengetikkan kata kunci “ZArchiver” saja, lalu install seperti biasa.

#2. Buka dan Cari File yang Akan di Kompres

Jika kalian sudah berhasil mendapatkan aplikasinya, maka langsung saja buka. Setelah itu, kalian akan langsung diarahkan ke direktori tempat menyimpan file yang ada di dalam HP.

Kalian bisa mencari tempat file yang sebelumnya kalian simpan dan pastikan sudah benar.

#3. Kompres File

Setelah file yang di inginkan sudah ketemu, maka sekarang kalian dapat langsung menekan dan tahan selama beberapa detik saja.

Dengan begitu, beberapa menu akan muncul pada layar HP kalian. Di sini langsung saja pilih menu Kompres.

#4. Atur Nama dan Format File

Sekarang, kalian dapat mengatur nama dan format file yang akan di kompres. Kalau di sini saya akan mengubahnya ke format .zip, tapi kalian juga masih bisa mengubah ke format yang lainnya.

Jika sudah sesuai, langsung saja tap menu OK untuk melanjutkan.

Terakhir kalian dapat menunggu proses kompres sampai selesai, dan biasanya tidak lama. Namun ini tetap bergantung pada ukuran file yang kalian kompres.

#5. Kompres Selesai dan File Siap Dikirim

Kalau sudah, hal yang terakhir perlu kalian lakukan adalah mengirim file tersebut kembali menggunakan WhatsApp. Dengan begitu, seharunya file yang sebelumnya tidak bisa di kirim karena format tidak didukung, kini dapat terkirim dengan lancar.

Cara ini juga sebenarnya sama seperti di atas tadi, di mana prosesnya tidak akan membuat isi dari file kalian mengalami kerusakan.

4. Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Cara terakhir yang mungkin bisa kalian lakukan saat ingin mengatasi masalah format file WhatsApp tidak didukung adalah dengan menginstall ulang aplikasinya.

Solusi terakhir ini bisa kalian coba lakukan jika cara yang di atas belum bisa membantu kalian dalam mengatasi masalah format file tidak didukung. Karena bisa saja masalah ini timbul karena ada data di dalam aplikasi WhatsApp yang mengalami kerusakan saat proses pembaharuan.

Sebelum menginstall ulang WhatsApp, ada baiknya kalian melakukan backup terlebih dahulu untuk seluruh data yang di miliki. Seperti history panggilan, chat, grup dan lainnya.

Apabila sudah, langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Buka Pengaturan di HP Android.
  2. Lalu kalian cari menu Manager Aplikasi.
  3. Berikutnya tap Aplikasi.
  4. Sekarang cari aplikasi WhatsApp.
  5. Buka dan pilih menu Bongkar / Uninstall.
  6. Terakhir restart HP kalian.

Setelah HP sudah kembali menyala, kalian bisa langsung menginstall kembali aplikasi WhatsApp seperti biasa di Play Store. Nanti kalian bisa kembali login dengan menggunakan nomor HP sebelumnya dan memulihkan data yang sudah di backup.

Cara ini juga akan otomatis membuat aplikasi WhatsApp yang kalian gunakan menjadi versi terbaru. Data aplikasi yang tadinya bermasalah juga akan teratasi dengan baik.

Penutup

Baik, mungkin itu saja sedikit pembahasan yang dapat saya hadirkan hari ini untuk kalian tentang cara mengatasi format file WhatsApp tidak didukung. Kalian bisa memilih salah satu yang paling mudah dari cara yang sudah saya rangkumkan di atas.

Seharusnya semua cara di atas itu masih work, karena saya sendiri sudah pernah mengalami masalah yang sama dan dapat teratasi dengan mudah. Namun untuk saya sendiri, cara yang paling mudah adalah dengan memperbaharui WA terlebih dahulu.

Jika cara itu masih belum berhasil, baru lakukan dengan opsi yang selanjutnya.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.