Cara Video Call WhatsApp di Laptop

Cara Video Call WhatsApp di Laptop Tanpa Emulator atau Dengan Emulator

Cara Video Call WhatsApp di LaptopWhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang sampai saat ini masih sangat populer di seluruh dunia. Di mana aplikasi WhatsApp saat ini juga sudah memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif dan di kabarkan akan terus mengalami peningkatan setiap harinya.

Nah, untuk memanjakan semua penggunanya ini, WhatsApp selalu menghadirkan banyak fitur-fitur menarik di dalamnya. Salah satunya yang cukup populer adalah WhatsApp Web, yang mana penggunanya bisa mengakses WhatsApp melalui laptop atau PC dengan lebih mudah.

Namun sangat di sayangkan sekali, kalau versi aplikasi tersebut mempunyai beberapa kelemahan yang mungkin cukup menyakitkan. Di mana kalian tidak bisa melakukan panggilan biasa atau pun video call melalui aplikasi versi desktop tersebut.

Meski tidak mempunyai fitur video call secara langsung di WhatsApp Web nya, namun versi WhatsApp Web masih bisa melakukan panggilan. Penasaran dengan caranya? Mari kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Video Call WhatsApp di Laptop Dengan Emulator

Untuk bisa melakukan video call WhatsApp di laptop, maka kalian membutuhkan sebuah aplikasi tambahan agar bisa melakukannya. Aplikasi tambahan ini akan membantu kalian untuk menjalankan aplikasi WhatsApp versi Android di laptop atau PC.

Saat ini sudah ada banyak sekali aplikasi tambahan yang bisa membantu kita dalam menjalankan aplikasi Android di laptop atau PC. Namun untuk tutorial kali ini, saya hanya akan membagikan satu buah aplikasi yang cukup populer sampai saat ini. Di mana aplikasi emulator ini bernama BlueStacks yang akan membantu kalian dalam menjalankan aplikasi Android di laptop.

Bagi kalian yang ingin mengetahui cara video call WhatsApp di laptop, maka bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Install Emulator BlueStacks

Agar kita lebih mudah untuk melakukan video call WhatsApp di laptop, maka kita perlu menginstall bluestacks terlebih dahulu. Nah, jika kalian belum memilikinya maka bisa menginstallnya terlebih dahulu pada perangkat laptop yang akan di gunakan.

Untuk caranya seperti ini:

  • Buka browser yang ada di laptop kalian, bisa Chrome, Firefox, Opera dan lainnya.
  • Lalu kunjungi langsung situs resmi BlueStacks di sini.
  • Setelah terbuka, langsung saja pilih Unduh BlueStacks dan tunggu sampai proses download selesai.
  • Sekarang install software BlueStacks.
  • Apabila proses install sudah selesai, langsung saja jalankan softwarenya.
  • Dalam tampilan home screen, kalian bisa membuka Google Playstore.
  • Masukan terlebih dahulu akun Google kalian agar bisa mendownload aplikasi di Playstore.
  • Jika sudah berhasil, kalian bisa langsung mencari aplikasi WhatsApp dan mendownloadnya.
  • Berikutnya, buka aplikasi WhatsApp.
  • Lakukan login dengan nomor telepon pada akun wa kalian di ponsel.
  • Setelah berhasil login, kalian akan melihat riwayat chat yang sebelumnya ada di ponsel.

Cara Melakukan Video Call WhatsApp di Laptop

Cara Melakukan Video Call WhatsApp di Laptop

Jika proses pertama sudah selesai kalian lakukan, atau akun wa yang ada di HP kalian sudah berhasil di hubungkan pada laptop. Maka untuk langkah selanjutnya kita akan mencoba mulai melakukan panggilan pada aplikasi wa di laptop yang sudah kita install.

Begini cara melakukan Video Call WhatsApp di Laptop Dengan Mudah:

  1. Buka dulu aplikasi WhatsApp pada laptop.
  2. Lalu cari kontak yang ingin kalian panggil.
  3. Dalam halaman percakapan, kalian bisa menekan icon video yang ada di pojok kanan atas layar.
  4. Maka akan muncul pesan Start Video Call.
  5. Langsung saja kalian pilih Call.
  6. Secara otomatis, kamera pada laptop akan hidup dan video call WhatsApp di laptop berhasil kalian lakukan.

Perlu juga untuk kalian ketahui, kalau software BlueStacks ini merupakan emulator Android khusus untuk perangkat PC atau laptop. Sehingga, jika kalian memakai akun lama yang masih aktif pada smartphone, ada baiknya untuk membackup data terlebih dahulu. Ini bertujuan agar semua riwayat chat yang ada di wa sebelumnya bisa kalian lihat kembali pada laptop.

Cara Video Call WhatsApp di Laptop Tanpa Emulator

Cara Video Call WhatsApp di Laptop Tanpa Emulator

Apabila pada cara yang pertama, kita memerlukan emulator agar bisa menjalankan aplikasi WhatsApp Android di laptop atau komputer. Maka untuk langkah yang selanjutnya ini saya juga akan membagikan kalian cara video call WhatsApp di laptop tanpa menggunakan emulator.

Berikut ini adalah cara video call WhatsApp di laptop tanpa emulator via Messenger Rooms.

  1. Buka aplikasi WhatsApp yang ada di laptop kalian, atau bisa juga mengakses laman WhatsApp Web.
  2. Lalu kalian tap opsi Attach atau ikon klip, biasanya ada di sebelah kanan atas layar.
  3. Selanjutnya kalian bisa memilih opsi Room atau yang berbentuk ikon kamera.
  4. Berikutnya kalian akan melihat sebuah tampilan pesan muncul pada layar, langsung pilih Continue in Messenger.
  5. Secara otomatis kalian akan di bawa ke Forum Messenger.
  6. Bila baru pertama kali, kalian wajib mengisikan username dan sandi yang digunakan pada akun Facebook.
  7. Apabila sudah berhasil, maka kalian sudah bisa membuat sebuah ruang video call WhatsApp melalui Messenger Rooms.

Pada awalnya, WhatsApp hanya memberikan kapasitas untuk empat orang saja dalam sebuah ruang video call. Namun pada bulan juni yang lalu, WhatsApp kembali mengabarkan kalau kapasitas video call akan ditambah menjadi delapan orang. Sehingga sangat cocok sekali jika kalian suka mengobrol secara langsung dengan banyak orang di WhatsApp.

Bisakah Video Call WA Lewat Laptop?

Jawabannya tentu saja bisa, meski WhatsApp Web tidak mempunyai fitur video call secara langsung, namun kita tetap bisa jika ingin melakukan video call wa lewat laptop. Sebenarnya ada dua pilihan yang bisa kalian coba saat ingin melakukan video call wa lewat laptop, seperti dengan memakai Emulator atau via Messenger Rooms.

Kedua cara tersebut sebenarnya mempunyai fungsi yang sama, namun proses mengaktifkannya saja yang akan berbeda. Karena untuk cara yang pertama, kalian harus siap menginstall emulator terlebih dahulu di dalam laptop agar dapat menggunakan aplikasi WhatsApp Android di laptop.

Sedangkan cara yang kedua, seperti yang saya jelaskan di atas. Prosesnya akan sangat jauh lebih mudah dan kalian juga tidak perlu menggunakan emulator pada laptop, karena kita bisa memanfaatkan Messenger Rooms yang di sediakan oleh Facebook untuk WhatsApp.

Penutup

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan cara video call WhatsApp di laptop? Nah, pastikan kalian memilih salah satu dari beberapa cara yang sudah saya jelaskan di atas. Masing-masing cara di atas tadi memang mempunyai fungsi yang sama, namun fitur yang ada di dalamnya akan berbeda.

Selain itu, bagi kalian yang mungkin menggunakan laptop dengan spesifikasi kamera yang baik, mungkin cocok untuk melakukan video call di laptop. Namun jika kamera laptop kalian masih standar, sama seperti yang saya miliki saat ini, maka ada baiknya kita melakukan panggilan lewat aplikasi WhatsApp di smartphone Android saja.

Karena kualitas gambar yang tampil mungkin saja akan mempengaruhi kenyamanan kita saat berinteraksi dengan lawan bicara secara langsung.

Baik, mungkin itu saja sedikit informasi tentang cara video call WhatsApp di laptop tanpa emulator ataupun dengan emulator yang dapat saya rangkumkan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.