Cara Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Diketahui

Rahasia Cara Membaca Pesan Whatsapp Tanpa Diketahui Pengirim

Sebagai salah satu aplikasi pesan singkat yang populer, WhatsApp memiliki banyak trik tersembunyi didalamnya. Salah satu trik yang mungkin cukup ramai digunakan, kita bisa membaca pesan WhatsApp tanpa takut diketahui oleh pengirimnya.

Trik ini juga sangat cocok bagi kalian yang mungkin saat ini sedang berusaha untuk menghindar dari chat seseorang di WhatsApp. Karena dengan trik yang satu ini, kalian bisa memilih untuk membalas chat yang memang ingin di balas tanpa takut terlihat sedang online.

Sehingga orang yang memang kalian hindari di WhatsApp, tidak akan pernah tahu kalau kalian sedang membalas chat lain di WhatsApp. Sebab kalian akan tampil di WhatsApp orang tersebut sedang offline atau tidak aktif, meskipun kalian memang sedang membalas chat lainnya.

Penasaran dengan triknya? Tenang, di pembahasan kali ini saya akan menjelaskan trik tersebut secara lengkap untuk kalian semuanya.

Cara Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Diketahui Oleh Pengirim

Untuk sekarang ini, sebenarnya sudah ada beberapa trik rahasia yang bisa kalian gunakan saat ini membaca pesan WhatsApp tanpa harus takut diketahui oleh pengirimnya. Sehingga kalian dapat memilih salah satu dari lima trik yang akan saya rangkumkan di bawah ini.

1. Dengan Menonaktifkan Fitur Read Receipt

Trik pertama yang dapat kalian coba lakukan saat ingin menghindari chat seseorang di WhatsApp adalah dengan mematikan fitur read receipt. Dengan menonaktifkan fitur tersebut, maka sebuah chat yang telah kalian buka di WhatsApp tidak akan menampilkan centang dua biru.

Sehingga orang yang mengirimkan pesan tersebut tidak akan tahu kalau sebenarnya kalian sudah membaca isi pesan yang iya kirim. Karena di sana hanya akan tampil centang dua berwarna abu-abu saja. Untuk centang di WhatsApp itu menandakan kalau pesannya sudah terkirim namun belum di buka oleh penerima.

Caranya sangat mudah:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Lalu klik ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
  • Berikutnya tap menu Settings.
  • Setelah itu pilih Account.
  • Kemudian tap Privacy.
  • Terakhir klik Read Receipt agar berwarna abu-abu.

Namun ini juga akan berlaku untuk kalian, dengan mematikan fitur tersebut, nantinya kalian juga tidak akan tahu kalau pesan yang kamu kirim sudah di baca atau belum.

Selain itu, agar kalian benar-benar tidak diketahui saat membuka pesan di WhatsApp, ada baiknya untuk mengaktifkan fitur offline. Untuk caranya, kalian bisa membaca tutorial lengkap cara terlihat offline di WhatsApp pada artikel saya sebelumnya.

2. Aktifkan Airplane Mode

Cara yang berikutnya ini juga bisa kalian gunakan ketika ingin membaca pesan WhatsApp seseorang secara sembunyi-sembunyi. Dengan begitu, orang yang mengirimkan kalian sebuah pesan tidak akan sadar kalau sebenarnya kalian sudah membaca chat tersebut.

Triknya seperti ini:

  • Ketika ada pesan WA masuk, pastikan kalian sudah tidak membuka aplikasi WhatsApp. Ini untuk mencegah status Online kalian di WhatsApp muncul.
  • Selain itu, pastikan juga kalian sudah mematikan aplikasi WhatsApp sepenuhnya dengan cara kill app menggunakan tombol Home.
  • Sebelum membaca chat yang masuk, hidupkan terlebih dahulu fitur Airplane mode di ponsel.
  • Bila sudah aktif, kalian bisa langsung membaca isi pesan tersebut.
  • Jika sudah selesai, kalian bisa keluar dari WhatsApp dan matikan kembali aplikasi WA dengan cara kill app (Force Stop) seperti tadi.
  • Terakhir, kalian dapat mematikan kembali fitur Airplane mode.

Jika sebelum dan sesudah membaca pesan yang masuk di WhatsApp, kalian tidak melakukan kill app atau force stop, maka orang tersebut akan menyadari kalau pesannya sudah di baca olehmu.

3. Balas Chat Melalui Notifikasi HP

Sebuah trik yang selanjutnya ketika kalian ingin membaca pesan WhatsApp tanpa diketahui oleh si pengirim adalah dengan membalas chat melalui notifikasi. Di mana kalian bisa langsung mengakses notifikasi WhatsApp melalui locks creen atau menu drop down yang ada pada ponsel.

Namun untuk trik ini mempunyai sedikit kelemahan, di mana sebuah pesan wa yang terlalu panjang tidak akan bisa terlihat seutuhnya. Jadi, akan ada sebagian kata yang terpotong dari pesan yang masuk ke HP kalian. Jika pesannya pendek, mungkin tidak akan bermasalah dengan trik ini.

Begini langkah-langkahnya:

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi WhatsApp.
  2. Lalu tap ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
  3. Pilih menu Pengaturan.
  4. Berikutnya pilih menu Notifikasi.
  5. Terakhir aktifkan fitur, Gunakan notifikasi prioritas tinggi.
  6. Selesai.

Nanti, jika sudah ada sebuah pesan WhatsApp masuk ke HP kalian, maka jangan langsung membukanya. Kalian bisa langsung membalasnya melalui notifikasi yang muncul di atas ponsel dengan cara menggesernya kebawah sedikit dan klik menu Balas yang muncul pada pesan.

Namun kalian juga harus hati-hati agar tidak menekan notifikasi tersebut, ya. Karena jika kamu menekan notifikasi tersebut, maka secara otomatis pesan akan terbaca dan kalian akan langsung di arahkan kedalam aplikasi WhatsApp.

4. Baca Pesan WhatsApp Melalui Widget Home Screen

Sebenarnya ini merupakan sebuah keuntungan yang di miliki oleh smartphone Android. Di mana kalian bisa menambahkan sebuah widget wa di Home screen untuk menghindari membaca pesan WhatsApp yang masuk secara langsung.

Sebab, dengan widget WhatsApp ini, kalian akan di tampilkan sebuah preview chat yang akan membuat kalian tidak perlu membuka aplikasi WhatsApp secara langsung. Hal ini akan membuat orang yang kalian hindari tidak tahu kalau sebenarnya pesannya sudah di baca.

Langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Pastikan kalian sudah berada di Home Screen.
  2. Kemudian tekan dan tahan di layar yang kosong sampai muncul menu Widget.
  3. Lalu langsung saja pilih menu Widget tersebut.
  4. Geser ke samping, sampai kalian menemukan menu Widget WhatsApp.
  5. Kemudian tekan pada Widget WhatsApp dan arahan ke bagian home screen yang masih kosong.
  6. Selesai deh.

Nantinya, saat ada sebuah pesan yang masuk, kalian akan melihat review isi dari pesan pada widget tersebut. Jika di rasa penting, kalian bisa membalasnya melalui bila notifikasi HP dengan cara seperti di atas tadi agar tidak di ketahui oleh orang yang ingin kalian hindari.

5. Aktifkan Fitur Popup WhatsApp Message

Notifikasi popup atau sering juga di katakan sebagai notifikasi wa mengambang ini juga bisa kalian manfaatkan untuk membaca pesan WhatsApp secara diam-diam. Karena dengan mengaktifkan fitur ini di WhatsApp, kalian akan langsung mendapatkan sebuah popup saat ada pesan yang masuk.

Bila kalian berminat, berikut cara mengaktifkannya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Lalu tap ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
  3. Pilih menu Pengaturan.
  4. Berikutnya cari menu Notifikasi.
  5. Setelah itu tap opsi Notifikasi popup.
  6. Terakhir tap pilihan Selalu tampilkan saat layar terkunci.

Untuk cara ini sebenarnya relatif lebih aman dari pada menggunakan notifikasi WhatsApp yang muncul di atas layar HP. Sebab dalam kondisi layar HP terkunci, kalian masih bisa membaca isi pesan yang di kirim ke akun wa kalian tanpa harus membukanya.

Penutup

Mungkin untuk saat ini cukup sampai di situ dulu pembahasan cara membaca pesan WhatsApp tanpa takut diketahui oleh pengirim. Kalian bisa memilih salah satu atau mengkombinasikan beberapa cara di atas akan hasilnya bisa sesuai dengan keinginan.

Bila ada yang kurang jelas, atau kalian memiliki sebuah pertanyaan, maka jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.