Cara Membuat Grup Line

Cara Membuat Grup Line Indonesia Dengan Singkat

Cara Membuat Grup Line – Line memang tidak sepopuler aplikasi WhatsApp, namun masih tetap memiliki banyak pengguna sampai sekarang. Hal ini tentu karena di dalam aplikasi Line, kita akan menjumpai banyak fitur keren yang mungkin tidak semua aplikasi pesan singkat memilikinya.

Selain kita bisa bertukar kabar dengan teman atau keluarga melalui fitur chat, sebenarnya kita juga bisa membuat sebuah grup. Grup yang bisa kalian isikan anggota teman Line yang berjumlah cukup banyak dan bisa bertukar informasi secara bersamaan di sana.

Meski sebenarnya membuat grup Line itu sangat mudah, tapi tidak sedikit yang ternyata masih mengalami kesulitan saat ingin membuatnya. Umumnya masalah ini sering terjadi bagi mereka yang mungkin baru menggunakan aplikasi Line.

Namun kalian tidak perlu khawatir, karena hari ini saya akan menjelaskan tutorial tentang cara membuat grup Line dengan mudah dan cepat. Sebelum itu, pastikan kalian menggunakan aplikasi Line versi terbaru agar tidak ada perbedaan dalam tutorial yang akan saya jelaskan.

Cara Membuat Grup Line

Biasanya, untuk mereka yang mempunyai banyak teman dan ingin mengadakan sebuah acara atau tempat chat bareng akan membuat sebuah grup. Karena hanya dengan sebuah grup saja kita bisa mengirim satu pesan untuk semua teman Line yang di miliki.

Untuk caranya adalah seperti ini:

1. Buka Aplikasi Line

Langkah pertama yang harus kalian lakukan tentu sudah mempunyai aplikasi dan akun Line. Namun jika belum, kalian bisa mendownload aplikasi Line di Google Play Store yang ada pada perangkat, kemudian buat sebuah akun.

Kalian bisa membuat akun dengan menggunakan nomor HP dan jangan lupa juga untuk menambahkan teman Line saat proses pembuatan akun berlangsung.

2. Membuat Grup Line

Membuat Grup Line

Bila sudah mempunyai akun dan teman Line, maka sekarang saatnya kita akan mulai membuat grup.

Di halaman depan Line, kalian dapat menekan ikon Titik Tiga yang ada di pojok kanan atas layar. Berikutnya tap saja menu Add Friends yang ada di deretan menu paling atas.

Setelah itu akan muncul beberapa pilihan menu lainnya, di sini kalian pilih saja Create Group.

3. Buat Nama Grup

Setelah berhasil membuat grup Line baru, maka kalian juga wajib memasukkan nama grup yang sudah di buat tadi. Kalian bisa mengisikan nama sesuai dengan keinginan pada kolom Group Name yang ada di sebelah. Untuk jumlah huruf yang bisa kalian masukkan biasanya hanya sebatas 20 huruf saja.

4. Masukkan Foto Untuk Group

Bila nama grup sudah kalian tentukan sesuai dengan keinginan atau kesepakatan bersama, maka sekarang waktunya untuk menambahkan foto.

Untuk menambahkan foto, kalian bisa klik ikon kamera yang ada di bawah nama Grup yang sudah kalian buat tadi. Kemudian tap menu Choose from device dan upload foto yang ada di perangkat kalian, pastikan ukurannya sesuai dengan batas yang sudah di tentukan oleh Line.

Jika sudah, tap menu OK untuk melanjutkan.

5. Tambahkan Anggota Grup

Setelah nama dan foto grup sudah sesuai dengan keinginan kalian, maka hal terpenting selanjutnya adalah menambahkan anggota grup.

Caranya dengan menekan menu Add atau ikon (+) yang ada di bagian bawah nama grup yang kalian buat. Berikutnya akan menemukan daftar teman Line yang kalian miliki, tanda satu-persatu teman yang ingin di masukkan kedalam grup.

Apabila sudah cukup, maka tap menu Invite yang ada di menu paling bawah.

6. Grup Line Berhasil di Buat

Grup Line Berhasil di Buat

Langkah terakhir, kalian bisa mengecek kembali semua data-data grup yang telah di buat tadi. Jika sudah sesuai dengan keinginan, maka tekan menu Save.

Dengan begitu, grup Line kalian telah berhasil dipublikasikan dan siap untuk digunakan bertukar informasi maupun bertukar cerita bersama-sama.

Manfaat Membuat Grup Line

Setelah kita sudah berhasil membuat sebuah grup di Line, tentunya pasti akan ada sebuah pertanyaan yang masih mengganjal di pikiran. Apa sih manfaat membuat grup Line?

Sebenarnya manfaat membuat sebuah grup di aplikasi Line tentu sangatlah banyak, karena ini tergantung dari orang yang membuatnya. Karena yang pasti, masing-masing orang pasti mempunyai tujuan yang berbeda-beda saat ingin membuat sebuah grup.

Namun di sini saya akan menjabarkan sedikit manfaat yang mungkin akan kalian rasakan saat membuat sebuah grup.

  1. Dapat Mengirim Foto dan Video Sekaligus : Dalam sebuah grup, kalian tidak perlu repot-repot lagi mengirimkan foto atau video ke satu-persatu teman yang di miliki. Karena kalian hanya perlu mengirimkannya kedalam grup dan semua teman bisa mendapatkan foto maupun video tersebut.
  2. Mengirim Dokumen Berupa Office ke Banyak Orang : Sama seperti yang pertama, dengan sebuah grup itu kalian dapat mengirim sebuah dokumen ke semua anggota yang ada di grup tanpa harus mengirimkannya satu-persatu.
  3. Bisa Melakukan Video Call Dengan Teman : Dengan membuat sebuah grup, kalian juga bisa melakukan video call secara bersamaan dengan banyak orang yang ada di dalam grup.
  4. Bisa Membuat Note (Catatan) : Di dalam grup Line, kalian juga bisa membuat sebuah catatan yang dapat di baca oleh semua anggota grup yang kalian buat.

Penutup

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan membuat sebuah grup di aplikasi Line? Selain mudah, kalian juga bisa mendapatkan banyak manfaat saat mempunyai sebuah grup. Selain beberapa manfaat yang sudah saya sebutkan tadi, tentunya masih ada banyak manfaat lainnya lagi.

Seperti biasa, bila kalian memiliki sebuah pertanyaan atau ada hal yang kurang jelas mengenai pembahasan di atas, maka jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.