Cara Flash Asus Zenfone 4

Cara Flash Asus Zenfone 4

Cara Flash Asus Zenfone 4 – Mungkin dari kalian sudah tidak asing lagi dengan merek HP Android bernama Asus ini kan? Yup, Asus dikenal mempunyai produk yang kokoh dengan teknologi terbaik serta harganya yang terbilang terjangkau.

Meski begitu, produk dari Asus juga bisa mengalami masalah dan masalah yang terjadi juga bisa beragam. Mulai dari masalah ringan yang bisa kita atasi hanya dengan reboot saja, sampai masalah berat yang membutuhkan cara ekstrim untuk mengatasinya.

Kenapa saya bilang cara yang ekstrim? Karena tentu cara ini tidak banyak orang yang bisa melakukannya dan juga memerlukan keahlian dalam melakukannya. Sehingga tidak sembarangan orang dapat melakukan cara ini, karena akan berdampak buruk jika terjadi kesalahan / kegagalan.

Walaupun terdengar sulit dan memerlukan keahlian untuk melakukannya, namun bukan berarti kalian tidak bisa mencobanya. Karena dari itu juga saya di sini ingin menghadirkan informasi mengenai cara tersebut untuk kalian secara lengkap. Jika kalian berminat, bisa langsung menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Bahaya Melakukan Flashing

Hal inilah yang saya bilang kalau cara yang ingin kalian lakukan merupakan cara yang tergolong ekstrim, terutama untuk seorang pemula. Proses flashing tidaklah sama seperti melakukan reset pabrik yang bisa kita akses langsung melalui menu pengaturan.

Karena flashing sendiri memerlukan alat dan bahan-bahan tertentu seperti firmware Asus Zenfone 4 T00i dan software lainnya. Tanpa adanya semua itu, jelas proses flashing tidak akan dapat kalian lakukan dengan benar serta lancar.

Selain itu, melakukan flashing juga tergolong berbahaya jika kita masih pemula. Sebab proses flashing ini adalah menginstall ulang firmware yang ada di HP Asus. Nah, bahaya yang mungkin bisa terjadi seperti:

  • Garansi resmi HP Asus akan hangus.
  • Masalah pada HP Asus bisa bertambah berat.
  • Tidak menutup kemungkinan bisa mati total.
  • Kerusakan pada memori internal HP Asus.

Sebenarnya tidak hanya itu saja bahayanya, namun untuk saat ini hanya empat itulah yang umum dialami oleh pengguna HP Asus yang gagal melakukan flashing.

Tapi jika kalian masih tetap ingin melakukan flash pada HP Asus Zenfone 4, maka bisa mengikuti tutorial yang sudah saya rangkumkan di bawah ini. Namun dengan catatan, kalian harus melakukannya dengan teliti dan jangan sampai salah dalam menginstall firmware.

Sebelum mulai, saya juga menyarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu jika itu memungkinkan untuk kalian lakukan. Karena melakukan flashing ini akan menghapus seluruh data dan pengaturan yang ada di dalam HP Asus. Jadi agar data penting kalian tidak hilang saat proses flashing, maka sebaiknya untuk membackup nya terlebih dahulu.

Cara Flash Asus Zenfone 4 Via FlashTool

Cara Flash Asus Zenfone 4 Via FlashTool

Untuk cara flash Asus Zenfone 4 yang pertama ini dapat kalian lakukan via FlashTool yang di install pada perangkat PC atau Laptop. Selain itu cara ini juga sangat cocok jika kalian tidak bisa mengakses HP Asus atau HP sedang dalam keadaan bootloop.

Nah, siapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan:

Cara Flash Asus Zenfone 4 Via FlashTool:

  1. Pertama install dulu Intel Android USB Driver dan restart pc atau laptop yang digunakan.
  2. Kemudian install Asus Flash Tool dan buka aplikasinya.
  3. Sekarang pastikan HP Asus sudah dalam keadaan mati dan tekan serta tahan tombol Power + Volume UP untuk masuk ke menu Fastboot.
  4. Jika sudah, hubungkan HP Asus ke PC atau laptop dengan kabel USB.
  5. Untuk opsi automatic akan muncul serial dari ponsel.
  6. Pada Model, kalian pilih A400CG.
  7. Dibagian ikon Box, kalian cari file firmware yang sudah di download tadi.
  8. Pada Wipe data, kalian pilih saja Yes.
  9. Sekarang klik menu Start untuk memulai proses flashing.
  10. Umumnya membutuhkan waktu selama 10-15 menit saja.
  11. Setelah berhasil, HP Asus akan me-reboot dengan sendirinya.
  12. Terakhir tunggu sampai menyala seperti semula.

Cara Flash Asus Zenfone 4 Via SD Card

Cara Flash Asus Zenfone 4 Via SD Card

Apabila cara yang pertama tidak mungkin untuk kalian lakukan karena keterbatasan alat, maka bisa mencoba cara yang kedua ini. Karena untuk cara ini kalian tidak perlu menyiapkan banyak alat seperti di cara yang sudah saya jelaskan di atas.

Namun perlu di ketahui, kalau untuk melakukan cara ini HP Asus kalian harus masih dalam keadaan normal atau masih bisa mengakses beberapa menu. Karena jika tidak atau ponsel Asus berada dalam keadaan bootloop atau mati sendiri, maka cara ini sulit untuk kalian lakukan.

Bahan-bahan yang perlu di siapkan:

  • SD Card berukuran lebih dari 2GB.
  • Firmware Asus Zenfone 4 (download di atas).
  • Baterai terisi 70% (tidak boleh kurang).

Cara Flash Asus Zenfone 4 Via SD Card:

  1. Pertama kalian bisa download file Firmware Asus Zenfone 4 T00i dan simpan di SD Card.
  2. Pastikan kalian menaruhnya di luar folder ya.
  3. Kemudian matikan HP Asus seperti biasa dan jika sudah, tekan tombol Power + Volume UP secara bersamaan.
  4. Lalu kalian akan masuk ke Recovery Mode.
  5. Di sini kalian bisa pilih SD Download.
  6. Proses install firmware akan berjalan otomatis dan tunggu sampai selesai.
  7. Jika proses flashing berhasil, maka HP Asus kalian akan melakukan reboot secara otomatis.
  8. Nanti biasanya akan langsung muncul layar utama Wizard setting.

Selamat, HP Asus Zenfone 4 kalian sudah berhasil di flash dengan aman. Kini tampilan menu pada HP Asus akan terlihat seperti pertama kali kalian membelinya dulu.

Manfaat Melakukan Flashing

Meski terdapat beberapa bahaya di dalam melakukan flashing pada HP Asus Zenfone 4, tentu di baliknya juga masih ada manfaat yang bisa kalian rasakan. Manfaat ini akan kalian dapatkan jika proses flashing bisa berjalan baik tanpa adanya kegagalan, ya.

Berikut manfaat dari melakukan flashing:

  • Performa HP bisa kembali membaik seperti dulu.
  • Masalah bootloop akan teratasi.
  • Bug dan error pada sistem akan hilang sepenuhnya.
  • Virus dan malware juga akan di bersihkan.
  • Baterai HP Asus akan lebih hemat (tapi itu jika tidak ada kerusakan dari baterai).

Mungkin masih ada banyak manfaat yang akan di dapatkan, tapi yang lebih sering di rasakan mungkin hanya beberapa itu saja.

Penutup

Semua hal yang kita lakukan atau yang akan dilakukan itu pasti mempunyai bahaya dan manfaatnya, termasuk juga saat melakukan flash pada HP Asus Zenfone 4. Jadi, kalian sebaiknya persiapkan diri dengan baik terlebih dahulu sebelum mulai melakukan flashing.

Seperti yang saya jelaskan di atas, proses flashing itu tidaklah sama seperti kalian me-reset HP Asus ke setelan pabrik melalui menu pengaturan. Tapi flashing ini adalah menginstall ulang seluruh sistem yang ada di dalam HP Asus kalian dan menggantinya dengan yang lebih baru.

Oleh karena itu, jika memungkinkan kalian bisa meminta bantuan orang yang sudah paham tentang proses flashing. Namun jika tidak memungkinkan, usahakan kalian mengikuti tutorial yang saya jelaskan tadi dengan hati-hati, ya.

Baik, mungkin itu saja tutorial tentang cara flash Asus Zenfone 4 T001 KitKat yang bisa saya rangkumkan untuk kalian. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.