Cara Berhenti Berlangganan IndiHome

 

Cara Berhenti Berlangganan IndiHome Dengan Mudah

Cara Berhenti Berlangganan IndiHome – Menikmati sebuah layanan internet yang stabil dan kencang setiap saat tentu sudah menjadi kenikmatan tersendiri bagi mereka yang suka menghabiskan waktunya di dunia maya. Namun karena ada sebuah alasan tertentu, sebagian orang terkadang memilih untuk berhenti berlangganan WiFi rumahan seperti IndiHome misalnya.

Alasannya tentu sangat beragam, misalnya saja karena harus pindah rumah, budget yang tidak cukup dan masih banyak lagi tentunya. Alhasil dalam kurun waktu tertentu kalian diharuskan untuk berhenti berlangganan WiFi dari IndiHome.

Namun di balik itu, ternyata tidak semua orang tahu soal cara berhenti berlangganan IndiHome. Bahkan sekalipun untuk mereka yang mungkin sudah menikmati layanan WiFi dari IndiHome sejak lama. Ini mungkin karena informasi yang di berikan oleh IndiHome tentang cara berhenti berlangganan layanan mereka itu kurang lengkap.

Nah, agar kalian tidak merasa bingung lagi dengan hal tersebut, maka di sini saya akan membahasnya secara lengkap dan pastinya mudah untuk kalian pahami.

Selain itu, sebenarnya ada 4 cara yang bisa kalian lakukan saat ingin berhenti berlangganan IndiHome di rumah ataupun kantor. Diantaranya itu seperti berikut:

  1. Mengajukan permohonan berhenti berlangganan IndiHome dengan datang langsung ke kantor pusat plasa Telkom.
  2. Menghubungi call center IndiHome di nomor 147.
  3. Mengirimkan permohonan pemberhentian layanan IndiHome lewat halaman Facebook @telkomcare.
  4. Mengirim permintaan pemberhentian layanan IndiHome melalui akun Twitter @TelkomCare.

Simak ulasan lengkapnya:

Syarat dan Ketentuan Berhenti Berlangganan IndiHome

Sebelum lanjut menyimak pembahasan yang lebih detail, ada baiknya kita lihat dulu syarat dan ketentuan yang harus kita penuhi. Dengan begitu, kalian juga akan lebih gampang saat proses pengajuan permohonan pemberhentian berlangganan IndiHome.

Adapun syarat dan ketentuan itu adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan fotocopy KTP atas nama pemilik IndiHome itu sendiri ( ini di perlukan untuk pengurusan secara offline )
  2. Scan atau foto dari KTP atas nama pemilik IndiHome ( di perlukan jika melakukan pengurusan lewat online ).
  3. Wajib melunasi tagihan bulan terakhir ( jika sudah bayar, wajib melampirkan struk bukti pembayaran ).
  4. Pelunasan untuk tagihan di bulan yang masih berjalan.
  5. Pengembalian perangkat yang di berikan oleh IndiHome.
  6. Materai 6.000 dan stempel resmi dari kantor (khusus untuk instansi perkantoran).

Penting:

Pertama : Sebelum kalian mulai menutup layanan WiFi dari IndiHome, tentu kalian wajib untuk melakukan pelunasan tagihan pada bulan terakhir. Contohnya seperti ini:

  • Jika kalian berhenti berlangganan pada bulan Februari tanggal 18. Maka kalian wajib untuk melunasi tagihan untuk bulan Januari yang sudah lewat.
  • Umumnya invoice akan keluar setiap tanggal 6 tepat di awal bulan.

Kedua : Apabila tagihan di bulan terakhir sudah lunas, maka kalian masih tetap harus melunasi tagihan pada bulan yang sedang berjalan.

  • Misalnya saja gini, jika kalian berhenti berlangganan di bulan Februari tanggal 18. Jadi, akan ada 18 hari tagihan untuk bulan yang masih berjalan.
  • Biasanya saat mengajukan permohonan berhenti berlangganan, pihak IndiHome biasanya akan memberikan invoice ke kalian. Nanti jumlah yang harus kalian bayar akan tertera pada invoice tersebut.

Jika kalian sudah mengerti dan paham dengan penjelasan saya di atas, maka mari kita lanjut ke pembahasan berikutnya.

Cara Berhenti Berlangganan IndiHome Secara Offline

Cara Berhenti Berlangganan IndiHome Secara Offline

Untuk cara yang pertama, kalian bisa mengajukan permohonan pemberhentian layanan WiFi IndiHome secara offline. Secara offline ini maksudnya itu kalian bisa langsung mendatangi kantor plasa Telkom yang ada di kota tempat kalian tinggal.

Namun saat ini memang tidak semua kota di Indonesia itu terdapat kantor resmi IndiHome. Jadi kalian dapat menggunakan cara ini jika tempat tinggal kalian terdapat kantor plasa Telkom terdekat. Caranya itu seperti ini:

1. Siapkan Dokumen yang di Perlukan

Langkah awal yang tidak boleh kalian lupakan adalah menyiapkan dokumen yang di perlukan. Karena tanpa adanya dokumen ini, pengajuan kalian tidak akan di terima oleh pihak Telkom.

Dokumen ini meliputi:

  • Fotocopy KTP pemilik WiFi IndiHome.
  • Struk tagihan bulan terakhir (jika sudah di bayarkan).
  • Materai 6.000 dan stempel resmi dari kantor (hanya untuk instansi).
  • Perangkat IndiHome.

2. Datang ke Plasa Telkom

Jika dokumen sudah siap semuanya, kini kalian bisa langsung datang ke plasa Telkom terdekat di kota tempat kalian tinggal. Pastikan kalian juga datang di hari dan jam kerja yang tepat ya, agar kalian tidak rugi datang kesana. Untuk hari Senin sampai Jumat, kalian bisa datang sesudah pukul 08.00 pagi dan sebelum pukul 16.00 sore.

Sedangkan untuk hari Sabtu itu kalian bisa datang sesudah jam 08.00 pagi dan sebelum jam 12.00 siang. Lalu jika sudah sampai di kantor plasa Telkom, kalian bisa mengambil nomor antrian terlebih dahulu. Kemudian tunggu sampai nomor antrian kalian di panggil, ya.

3. Ajukan Permohonan Pemberhentian Layanan

Sekarang, kalian bisa mengajukan permohonan untuk pemberhentian layanan IndiHome pada customer service yang ada di sana. Biasanya kalian juga akan di minta untuk mengisi beberapa data lain yang di perlukan, seperti:

  • Menuliskan nomor tagihan IndiHome.
  • Mengisi formulir pengajuan pemberitahuan.
  • Mengisikan alasan kenapa kalian ingin berhenti dari layanan IndiHome.
  • Melampirkan fotocopy KTP atas nama pemilik layanan IndiHome.

Proses pengisiannya sangat mudah dan biasanya kalian juga akan di pandu untuk melengkapi data yang di perlukan.

4. Pelunasan Tagihan

Setelah kalian sudah selesai mengisikan data yang di perlukan tadi, maka sekarang saatnya kalian akan di minta untuk melakukan pelunasan tagihan.

Untuk pelunasan ini berhubungan dengan tagihan untuk bulan berjalan dan juga bulan sebelumnya. Selain itu, kalian juga akan di minta untuk mengembalikan perangkat yang sebelumnya di berikan oleh pihak Telkom saat pertama kali pemasangan.

5. Selesai

Jika semua proses itu sudah kalian lalui dan tidak ada hambatan, maka proses pengajuan pemberhentian layanan WiFi IndiHome telah berhasil. Kini kalian sudah secara resmi tidak akan lagi menggunakan layanan dari Telkom sampai kalian mendaftarkan diri kembali.

Cara Berhenti Berlangganan IndiHome Secara Online

Apabila tidak memungkinkan untuk pergi ke kantor plasa Telkom, atau tempat tinggal kalian terlalu jauh dari kantornya, maka bisa mencoba cara ini. Di mana kalian sebenarnya juga bisa melakukan pengajuan permohonan pemberhentian layanan WiFi IndiHome secara online.

Jadi kalian tidak perlu susah-susah lagi untuk pergi ke tempat plasa Telkom yang mungkin jauh dari tempat tinggal kalian. Untuk cara ini, saya bagi menjadi tiga bagian karena memang Telkom sendiri sudah menyediakan 3 layanan online yang bisa di gunakan oleh penggunanya.

1. Dengan Menghubungi Call Center 147

Metode online yang pertama bisa kalian lakukan dengan menghubungi call center Telkom di nomor 147. Namun dengan sebuah catatan:

  • Kalian akan dikenakan biaya telpon sebesar 1.000 untuk satu menit. Jadi pastikan dulu pulsa pada HP kalian cukup untuk mengajukan permohonan tersebut.
  • Cara menelponnya itu, kalian cukup tekan kode area + 147 saja.

Jika sudah, begini cara lengkapnya:

  1. Persiapkan semua syarat pengajuan pemberhentian layanan IndiHome yang sudah di sebutkan di atas.
  2. Lalu hubungi Telkom di nomor 147.
  3. Tunggu sampai telpon kalian tersambung.
  4. Jika sudah, sampaikan keinginan kalian secara singkat, padat dan juga jelas kepada CS TelkomCare untuk pemberhentian layanan.
  5. Apabila sudah selesai, kini kalian harus segera melunasi tagihan IndiHome yang masih tersedia. Biasanya ini berkaitan dengan tagihan bulan yang sudah lewat dan bulan yang masih berjalan saat ini.
  6. Setelah semua syarat dan ketentuan sudah terpenuhi, biasanya layanan WiFI IndiHome kalian akan segera di non-aktifkan.
  7. Nantinya tim dari IndiHome akan mendatangi rumah kalian untuk mengambil perangkat IndiHome yang masih terpasang.
  8. Selesai deh.

Mungkin nantinya kalian juga di minta untuk mengirimkan beberapa berkas yang di perlukan oleh Telkom.

2. Berhenti Berlangganan IndiHome Melalui Facebook

Mungkin masih banyak dari kalian yang bertanya, apakah bisa kita mengajukan pemberhentian layanan IndiHome melalui media sosial? Untuk saat ini, tentu saja bisa. Salah satu media sosial yang bisa kalian pakai untuk keperluan pengajuan permohonan adalah Facebook.

Jika kalian ingin mencobanya, maka begini caranya:

  1. Buka akun Facebook pribadi kalian.
  2. Lalu cari halaman resmi IndiHome di (@telkomcare).
  3. Di halaman Telkomcare, kalian klik menu Kirim Pesan.
  4. Sekarang, tunggu sampai pesan kalian di respon oleh petugas dari Telkom Care.
  5. Untuk tahap ini, kalian juga biasanya di minta untuk mengirimkan beberapa berkas validasi identitas. Seperti nomor HP yang aktif, email, foto KTP pemilik, foto KK dan nomor IndiHome kalian.
  6. Jika proses itu sudah selesai kalian lakukan dan permohonan pemberhentian layanan sudah di setujui. Maka sekarang kalian bisa langsung melunasi tagihan yang masih tersisa. Mulai dari bulan yang sudah lewat sampai bulan yang masih berjalan.
  7. Setelah semuanya sudah beres, maka kini layanan WiFi IndiHome di rumah kalian sudah resmi diberhentikan.

Mungkin nantinya kalian juga biasanya di wajibkan untuk mengembalikan modem IndiHome. Tapi jika dalam waktu tertentu modem itu tidak kalian kembalikan, biasanya pihak atau petugas IndiHome yang akan datang mengambilnya ke rumah kalian.

3. Cara Berhenti Berlangganan IndiHome Lewat Twitter

Cara Berhenti Berlangganan IndiHome Lewat Twiter

Cara berhenti berlangganan IndiHome secara online yang terakhir adalah melalui akun Twitter resmi dari Telkom. Prosesnya sebenarnya tidak jauh berbeda seperti kalian mengajukan permohonan melalui halaman Facebook karena kalian di sini juga hanya perlu melakukan tweet saja ke akun @TelkomCare.

Catatan:

  • Ketika kalian di minta melakukan DM dengan CS @TelkomCare, maka kalian wajib untuk memberikan sebuah alasan kenapa ingin berhenti berlangganan IndiHome.
  • Siapkan juga data seperti nomor HP yang aktif, nomor IndiHome, email, foto KTP dan juga foto KK. Umumnya file ini akan di minta saat proses validasi identitas pemilik atau pengguna dari pihak Telkom.

Apabila sudah siap, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka akun Twitter pribadi kalian.
  2. Lalu follow akun resmi Telkom di @TelkomCare.
  3. Kemudian kalian tuliskan tweet kepada @TelkomCare yang bertuliskan tentang permohonan pemberhentian layanan WiFi IndiHome.
  4. Biasanya jika di balas, CS akan merespon tweet kalian itu dengan mengajak DM via Twitter langsung.
  5. Di dalam DM tersebut kalian akan di berikan beberapa pertanyaan serta beberapa dokumen yang harus di siapkan.
  6. Setelah CS @TelkomCare sudah berhasil memvalidasi identitas IndiHome kalian, maka tunggu konfirmasi selanjutnya.
  7. Jika semuanya sudah beres, maka layanan IndiHome kalian sudah resmi diberhentikan.

Berapa Lama Proses Pemberhentian Layanan IndiHome?

Jika tidak ada kendala, biasanya layanan IndiHome akan dinonaktifkan setelah 1×24 jam sejak permohonan di terima.

Sehingga kalian masih bisa menggunakan internet WiFi dari IndiHome tersebut sepanjang hari itu. Atau lebih tepatnya sampai menunggu masa propagansi sistem dari IndiHome selesai. Namun jika setelah 24 jam ternyata internet IndiHome di rumah kalian masih menyala, maka bisa segera untuk melaporkannya.

Supaya nanti CS dari Telkom bisa langsung memeriksanya dengan cepat agar tidak terjadi masalah di masa yang akan datang.

Penutup

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan cara berhenti berlangganan IndiHome? Seperti yang saya katakan tadi, kalian bisa melakukannya secara online ataupun offline tergantung dari situasi dan keinginan kalian masing-masing.

Namun jika menurut saya pribadi, jika memungkinkan ada baiknya kita melakukannya secara offline saja. Karena akan lebih mudah untuk kita bertanya-tanya soal masalah atau hal penting lainnya. Selain itu, di sana kita juga bisa secara langsung melunasi pembayaran yang masih tersisa di bulan sebelumnya dan yang sedang berjalan saat ini.

Tapi itu semua tergantung dari pilihan kalian masing-masing. Sebab kalian sendirilah yang akan menjalaninya dan kalian juga yang tahu kondisi saat ini. Apakah lebih memungkinkan untuk melakukannya secara offline atau mungkin secara online.

Mungkin itu saja sedikit informasi yang bisa saya rangkumkan tentang cara berhenti berlangganan WiFi IndiHome secara offline atau online. Selamat mencoba dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.