13 Cara Menghemat Baterai HP Asus Zenfone

Cara Menghemat Baterai HP Asus Zenfone Paling Ampuh

Cara Menghemat Baterai HP Asus – Untuk kalian yang mungkin saat ini masing menggunakan ponsel dari Asus terutama untuk tipe Zenfone, tentu pasti pernah mengalami masalah dengan daya baterai yang cepat habis.

Ketika daya pada baterai HP Asus sudah habis, tentu kata sebagai pengguna akan merasa dirugikan apalagi ponsel tersebut sangat kita perlukan atau baru saja selesai kita charger. Pastinya kita merasa sangat kesal dan rasanya ingin segera mengantinya dengan HP baru bukan?

Tidak bisa di pungkiri memang, meskipun pihak Asus sudah membekali ponselnya itu dengan fitur-fitur yang canggih tapi ini sebenarnya kurang sesuai karena kapasitas baterai HP Asus rata-rata tergolong sangat kecil dan ada di kisaran 2.500 – 3.400 mAh saja.

Hal ini juga akan menjadi semakin buruk lagi dengan kebiasan-kebiasaan yang sering dilakukan oleh hampir semua pengguna ponsel Asus Zenfone. Kebiasaan sederhana itu dapat mempercepat habisnya daya pada baterai HP Asus Zenfone dan membuatmu lebih sering mencolokan charger ke ponsel.

Penyebab Baterai HP Asus Zenfone Cepat Habis

Penyebab Baterai HP Asus Zenfone Cepat Habis

Sebenarnya selain faktor kapasitas baterai HP Asus Zenfone yang tergolong masih kecil, ada hal-hal lain yang juga menjadi pemicu daya baterai HP Asus menjadi cepat habis. Hal ini juga sangat sederhana dan lebih sering tidak dihiraukan oleh kebanyakan pengguna HP Asus Zenfone. Apa saja itu? Yuk, lihat dibawah ini.

1. Mengaktifkan Kecerahan Layar Otomatis

Hampir sebagian pengguna HP Asus Zenfone sering tidak sadar kalau mengaktifkan kecerahan layar otomatis itu dapat menambah beban kerja ponsel. Hal ini karena HP Asus kalian akan selalu memperbaharui tingkat kecerahan layar agar sesuai dengan kondisi dan tempat kalian berada.

2. Banyaknya Aplikasi Berjalan Dilatar Belakang

Kebiasaan lain yang juga menjadi penyebab borosnya baterai HP Asus Zenfone adalah membiarkan beberapa aplikasi tetap berjalan di latar belakang ponsel.

Tidak banyak orang yang tahu memang, beberapa aplikasi yang kita instal didalam ponsel Asus itu akan terus berjalan di latar belakang meski sedang tidak digunakan. Hal ini tentu akan membuat konsumsi daya pada baterai HP Asus Zenfone akan terus terkuras meski ponsel kalian sedang terkunci sekalipun.

3. Memakai Wallpaper Dengan Banyak Warna Cerah

Selain kebiasaan diatas, masih sedikit orang yang sadar kalau wallpaper yang mereka gunakan pada HP Asus juga bisa mempengaruhi konsumsi daya pada baterai. Terutama untuk tema wallpaper yang memiliki banyak warna cerah.

4. Membiarkan Fitur yang Tidak Perlu Terus Aktif

Beberapa fitur yang ada didalam ponsel Asus memang sangat berguna dan bisa membantu kita dalam berbagai hal. Tapi terkadang membiarkan beberapa fitu terus aktif saat sedang tidak digunakan malah bisa berakibat buruk untuk kita.

Hal buruk yang bisa kalian alami saat membiarkan beberapa fitur terus aktif saat tidak digunakan adalah konsumsi daya baterai akan terus meningkat dan membuat HP Asus kalian lebih cepat kehabisan daya.

5. Menggunakan Terlalu Banyak Widget

Dalam beberapa hal, memasang widget di halaman depan ponsel memang bisa memudahkan kita dalam mengakses informasi yang berhubungan dengan widget tersebut. Tapi memasang terlalu banyak widget malah akan berdampak buruk terhadap ponsel kalian.

Dampak buruk yang bisa kalian alami tidak hanya membuat HP menjadi cepat panas tapi konsumsi daya baterai juga akan semakin meningkat dan tentu akan membuat baterai Asus cepat habis.

Cara Menghemat Baterai HP Asus Agar Tidak Cepat Habis Tanpa Aplikasi

Baterai HP Asus Zenfone yang boros tentu akan membuat kita merasa tidak nyaman saat menggunakannya, karena tentu kita juga takut kalau saat sedang asyik menggunakan ponsel tiba-tiba baterai habis atau mati dengan sendirinya.

Pastinya hal itu tidak ingin terjadi pada HP Asus Zenfone kalian bukan? Tenang, admin ada sedikit tips yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi baterai HP Asus yang Boros.

Baik, langsung saja kita simak beberapa cara menghemat baterai HP Asus yang boros tanpa aplikasi tambahan dibawah ini:

1. Persingkat Screen Timeout

Cara menghemat baterai HP Asus Zenfone yang boros pertama adalah mempersingkat screen timeout sehingga ponsel Asus kalian akan lebih cepat masuk kedalam mode sleep lebih cepat dari sebelumnya.

Kalian dapat mengatur waktu Screen Timeout dari default 1 menit menjadi 15 detik saja. Ini akan membuat CPU yang lebih banyak mendapatkan waktu istirahat sehingga konsumsi daya baterai akan menurun dan membuat baterai HP Asus kalian lebih awet.

Mengatur Screen Timeout pada HP Asus tidaklah sulit, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama tentu kalian harus masuk kedalam menu Pengaturan atau Settings.
  • Selanjutnya kalian cari menu Display.
  • Berikutnya kalian bisa mencari opsi Sleep.
  • Terakhir ubahlah waktunya menjadi lebih singkat.

Cara ini juga sangat cocok untuk kalian yang mungkin tidak terlalu banyak menghabiskan waktu didalam ponsel.

2. Aktifkan Smart-Saving Mode

Mungkin tidak banyak orang yang sadar kalau dengan cara mengaktifkan Smart-Saving Mode di ponsel Asus itu bisa mengemat konsumsi baterai HP Asus yang boros dengan lebih aman.

Smart-Saving Mode itu mempunyai fungsi untuk mengurangi tingkat kecerahan dan memperpanjang fitur siaga yang dapat meminimalisir konsumsi daya berlebih pada baterai. Fitur ini juga cukup efisien dalam menghemat baterai hp Asus zenfone yang boros.

Untuk mengaktifkan Smart-Saving Mode di Asus Zenfone tidaklah sulit, berikut caranya:

  • Langkah pertama kalian buka dulu menu Pengaturan yang ada didalam ponsel.
  • Setelah itu kalian bisa mencari menu Power Management.
  • Dalam menu ini kalian cari opsi Power Saver lalu Battery Mode.
  • Terakhir kalian bisa mengaktifkan Smart-Saving Mode.

3. Manfaatkan Fitur Boost

Seperti yang pernah admin jelaskan sebelumnya kalau ZunUI itu sudah dilengkapi dengan fitur Boost yang sangat berguna untuk meningkatkan kinerja HP Asus Zenfone kalian dengan hanya sekali ketuka saja.

Pada saat kalian menekan menu Boost ini, maka tidak hanya kinerja hp Asus Zenfone saja yang mengalami peningkatan tapi juga mampu untuk menghemat konsumsi daya baterai agar tidak cepat habis.

Jika kalian ingin menggunakan fitur ini maka bisa menggeser kebawah bar notifikasi yang ada di atas layar dan langsung menekan tombol Boost. Biasanya jika bekerja, kalian akan melihat gambar mobil F1 yang bergerak.

4. Kurangi Tingkat Kecerahan Layar

Mungkin bagi kalian ini terlihat sepele, tapi sebenarnya dengan mengurangi tingkat kecerahan layar bisa membuat daya tahan baterai HP Asus kalian lebih lama lho. Apabila kalian kurang yakin dengan cara ini, maka bisa mencobanya sendiri dan rasakan perbedaannya.

Cara ini juga sudah pernah admin coba dan hasilnya juga cukup baik, konsumsi baterai HP Asus menjadi berkurang sekitar 13% dari biasanya. Selain itu HP Asus juga tidak lebih gampang panas.

Untuk mengatur tingkat kecerahan layar tidaklah sulit sama sekali dan caranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama kalian bisa membuka menu Pengaturan yang ada didalam HP Asus.
  • Selanjutnya kalian dapat mencari opsi Tingkat Kecerahan.
  • Geser kedalam menu Dark dan hindari mengaktifkannya fitur otomatis.

5. Nonaktifkan Fitur Auto-Sync

Pada dasarnya fitur Auto-sync ini memungkinkan ponsel Asus kalian untuk melakukan sinkronisasi secara otomatis terhadap semua aplikasi sosial media yang diinstal. Ini berarti semua aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, Twetter, WhatsApp, BBM dan lainnya.

Jika fitur ini kalian biarkan, maka jangan harap kalau daya baterai hp Asus kalian bakalan awet dan tahan seharian. Karena dengan aktifnya fitur tersebut ponsel kalian akan terus bekerja untuk selalu memperbaharui semua informasi yang ada didalam aplikasi tersebut. Hasilnya konsumsi daya baterai akan meningkat meski ponsel Asus kalian sedang tidak digunakan.

Oleh sebab itu, ada baiknya kalian tidak mengaktifkan fitur itu saat tidak dibutuhkan. Untuk caranya adalah sebagai berikut:

  • Masih sama dengan langkah diatas, kalian wajib masuk kedalam menu Pengaturan terlebih dahulu.
  • Selanjutnya kalian bisa mencari menu Akun.
  • Terakhir kalian bisa langsung menghilangkan centang pada menu Singkronisasi Data Otomatis.

Dengan begitu konsumsi daya baterai pada HP Asus akan menurun dan tidak hanya itu saja, konsumsi kuota internet juga akan ikut menurun. Jadi kalian bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus bukan.

6. Gunakan Wallpaper Bertema Gelap

Cara menghemat baterai HP Asus Zenfone yang cepat habis selanjutnya adalah dengan menggunakan tema atau Wallpaper gelap atau memiliki sedikit warna. Untuk hasil yang labih baik, kalian bisa memakai Wallpaper yang hanya mengandung satu warna saja.

Jika tidak ada, kalian bisa juga memakai gambar yang mempunyai warna biru dongker, abu-abu tua atau hitam yang lebih dominan. Dengan begitu, ponsel kalian tidak akan mendapatkan beban kerja lebih untuk menampilkan warna-warna cerah yang ada pada Wallpaper.

7. Nonaktifkan Fitur yang Tidak Diperlukan

Beberapa fitur seperti Bluetooth, GPS, WiFi dan lainnya memang dalam keadaan tertentu akan sangat membantu kita. Tapi tahukah kalian kalau mengaktifkan fitur itu secara trus menerus bisa membuat konsumsi baterai HP Asus Zenfone semakin boros?

Yup, saat beberapa fitur itu terus aktif ketika tidak kalian gunakan maka kinerja ponsel akan terus dipacu agar bisa menjalankan semua fitur tersebut sesuai dengan fingsinya. Alhasil, konsumsi daya akan meningkat dan tentu ini akan membuat baterai HP Asus lebih cepat habis.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengaktifkannya saat diperlukan saja dan kembali menonaktifkannya saat sudah tidak dibutuhkan.

Daftar Aplikasi Penghemat Baterai HP Asus Zenfone Terampuh

Dalam menghemat baterai HP Asus Zenfone yang boros, memang bisa kita lakukan dengan tanpa bantuan aplikasi tambahan dan melakukannya secara manual. Tapi tahukan kamu kalau semua itu bisa dilakukan dengan otomatis?

Benar sekali, kalian bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk menghemat baterai HP Asus Zenfone yang cepat habis. Nah, berikut ini admin sudah menyiapkan kalian beberapa aplikasi penghemat baterai HP Asus yang boros.

1. Aplikasi Battery Optimizer

Aplikasi penghemat baterai HP Asus Zenfone yang pertama ini bernama Battery Optimizer. Dimana aplikasi ini bisa membantu kalian untuk mengoptimalkan kinerja ponsel dan mencegah aplikasi untuk membebani CPU.

Selain bisa membuat HP Asus hemat baterai, aplikasi Battery Optimizer juga bisa membantu kalian untuk membersihkan media penyimpanan internal serta RAM dari file sampah yang bisa membuat kinerja ponsel melambat.

Fitur yang ada dalam aplikasi ini juga akan mengontrol kapasitas baterai yang tersisa dan ketika sudah mulai melemah maka secara otomatis beberapa aplikasi yang tidak kalian gunakan akan di tutup secara paksa. Hasilnya tentu daya pada baterai tidak akan terbuang percuma oleh aplikasi yang tidak diperlukan.

2. Aplikasi Greenify

Aplikasi penghemat baterai HP Asus Zenfone yang boros kedua adalah Greenify. Dimana Greenify ini akan membantu kalian dalam mengontrol semua daftar aplikasi yang kalian instal didalam ponsel.

Greenify akan mencegah beberapa aplikasi yang menggunakan latar belakang saat sedang tidak kalian gunakan atapun saat ponsel sedang terkunci. Hasilnya tentu konsumsi daya pada baterai akan menurun serta akan lebih hemat dan bisa digunakan seharian.

Selain bisa kalian dapatkan secara gratis, aplikasi ini juga tidak membutuhkan root untuk bisa menjalankan seluruh fiturnya didalam semua jenis ponsel Asus Zenfone.

3. Aplikasi Battery HD Pro

Selain beberapa aplikasi pengehamat baterai Hp Asus yang sudah admin sebutkan diatas, kalian juga bisa menggunakan aplikasi yang barikut ini. Aplikasi ini bernama Battery HD Pro yang akan membantu kalian dalam menghemat baterai hp yang boros.

Fitus yang ada didalam aplikasi Battery HD Pro ini akan memonitor kinerja ponsel Asus kalian secara berkala dan akan menonaktifkan beberapa fitur yang memang sudah tidak digunakan.

Saat ini aplikasi Battery HD Pro ini ada dua jenis, gratis dan juga yang berbayar. Jadi kalian bisa memilih untuk menggunakan yang gratis atau bisa juga yang berbayar agar fitur yang didapatkan lebih baik dan lengkap.

4. Aplikasi Go Battery Saver & Power

Sedikit berbeda dengan beberapa aplikasi pengehemat baterai HP Asus Zenfone sebelumnya, dimana aplikasi Go Battery Saver & Power ini mempunyai dua pilihan untuk menghemat baterai yang bisa digunakan oleh penggunannya.

Kalian bisa memilih untuk menggunakan penghemat baterai Asus dengan presentasi sedang ataupun bisa juga full. Intinya itu kalian bisa melakukan costum mode untuk menyesuaikan tingkat presentasi penghemat baterai yang diinginkan.

5. Aplikasi DU Battery Saver & Phone Charger

Jika kalian tidak terlalu tertarik dengan aplikasi penghemat baterai HP asus yang admin sebutkan diatas, mungkin kalian bisa menggunakan aplikasi yang satu ini. Aplikasi ini bernama DU Battery Saver & Phone Charger.

DU Battery Saver & Phone Charger ini memiliki tampilan yang simpel serta sangat mudah untuk kita operasikan. Aplikasi ini juga sangat kompatible di beberapa hp Asus Zenfone lama.

Keunikan lain dari aplikasi ini, kalian bisa mengetahui serta mengontrol aplikasi mana saja yang sudah menghabiskan banyak daya baterai dan pastinya juga gratis.

6. Aplikasi Avast Battery Saver

Aplikasi penghemat baterai HP Asus Zenfone terampuh terakhir adalah Avast Battery Saver. Dimana aplikasi ini juga dikembangkan oleh pencipta antivirus Avast yang dikenal mampu membantu menghemat baterai di hp Android dengan lebih baik.

Avast Battery Saver juga mempunyai fitur yang bisa memperkirakan kapan baterai hp Asus kalian akan habis secara akurat. Tapi dalam artian baterai HP asus kalian sedang tidak mengalami kerusakan atau kembung.

Selain itu fungsi lain yang ada didalam aplikasi ini juga jauh berbeda dari daftar aplikasi penghemat baterai HP Asus Zenfone diatas tadi. Dimana Avast Battery Saver akan selalu memonitor seluruh kinerja ponsel Asus dan mencegah aplikasi yang tidak perlu berjalan dilatar belakang.

Penutup

Bagaimana, tidak sulit juga bukan menghemat baterai hp Asus Zenfone? Cara diatas tentu bisa kalian gunakan untuk semua HP Asus, tapi pastikan juga kalau baterai HP Asus kalian tidak rusak atau kembung. Karena jika komponen baterai mengalami kerusakan, tentu cara diatas tidak akan cocok untuk kalian gunakan.

Namun kalian tidak perlu khawatir, karena kalian bisa mencoba mengikuti cara mengatasi baterai HP Android kembung yang sebelumnya pernah admin jelaskan secara lengkap.

Baiklah, untuk saat ini mungkin cukup sampai disini saja informasi yang bisa admin hadirkan untuk kalian tentang cara menghemat baterai HP Asus Zenfone yang boros tanpa aplikasi ataupun dengan aplikasi tambahan.

Selamat mencoba dan jangan ragu juga untuk membagikannya kepada teman atau saudara kalian jika artikel diatas bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.