8 Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Diputar di Android Terbaru

Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Diputar di Android

Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Diputar di Android – Dulu youtube memang tidak terlalu populer di kalangan masyarakat tapi seiring berjalannya waktu, youtube mulai populer di kalangan masyarakat Dunia dan salah satunya juga di Indonesia.

Youtube sendiri adalah salah satu aplikasi yang menyediakan berbagai macam konten video, mulai dari music, kartun dan hiburan manarik lainnya. Youtube juga merupakan sebuah aplikasi yang paling banyak dikunjungi oleh orang-orang di seluruh dunia, selain karena banyaknya konten video, Youtube juga sangat mudah diakses oleh semua kalangan.

Selain hiburan, kini Youtube juga sudah bisa digunakan sebagai saranan pembelajaran mengenai cara untuk membangun sebuah bisnis online.

Apa Penyebab Youtube Tidak Bisa Diputar di Android?

Namun saat ini tidak sedikit juga dari mereka yang mengalami masalah saat ingin menonton video yang diinginkan. Beberapa masalah yang sering muncul adalah “Terjadi kesalahan, sentuh untuk coba lagi“, “Periksa sambungan jaringan youtube“, “Youtube berhenti tiba-tiba” dan masih banyak lagi.

Dari masalah tersebut, tentu ada banyak hal yang menjadi penyebab aplikasi Youtube kalian mengalami masalah. Berikut adalah beberapa penyebab yang umum terjadi pada aplikasi Youtube:

  1. Jaringan internet yang bermasalah
  2. Kapasitas RAM yang tidak cukup
  3. Aplikasi yang belum diperbaharui
  4. Data cache yang tidak pernah dibersihkan
  5. Video yang akan diputar sudah dihapus
  6. Adanya masalah pada sofware Hp

Selain penyebab diatas, mungkin masih ada banyak penyebab lainnya yang membuat kalian tidak bisa memutar video di aplikasi youtube.

Inilah Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Diputar di Android Paling Ampuh

Seperti yang sudah disebutkan diatas tadi kalau ada banyak hal yang menjadi penyebab video youtube tidak bisa diputar dan masalah ini bisa terjadi di seluruh ponsel Android, mulai dari Samsung, Vivo, Asus, Oppo, Xiaomi dan Hp Android lainnya.

Tapi kalian tidak perlu khawatir dengan masalah tersebut, karena dalam artikel ini Kampung Gadget akan membagikan sebuah cara ampun untuk mengatasi video youtube yang tidak bisa di putar.

1. Periksa Jaringan Internet

Jika kalian ingin mengakses youtube, tentu kalian harus memiliki koneksi jaringan internet yang baik dan juga stabil, jika tidak kalian akan sangat sulit untuk mengakses video yang dinginkan. Karena saat kalian membuat sebuah video, maka secara otomatis internet akan melakukan proses pengunduhan data dari video tersebut.

Oleh sebab itu, ada baiknya sebelum kalian menggunakan aplikasi ini, usahakan jaringan serta kuota internet kalian masih tersisa banyak. Umumnya saat koneksi internet pada Hp kalian kurang baik, maka aplikasi youtube akan menampilkan pesan “Tidak ada sambungan internet“.

2. Paksa Berhenti Aplikasi Youtube

Jika dengan cara pertama kalian masih belum bisa memutar video pada aplikasi youtube, maka ada baiknya kalian juga mencoba cara yang berikut ini. Dimana kalian bisa memaksa berhenti aplikasi youtube secara manual melalui menu pengaturan yang ada didalam Smartphone. Untuk caranya adalah sebagai berikut.

  • Masuk kedalam menu “Pengaturan
  • Selanjutnya kalian cari “Manager Aplikasi
  • Berikutnya cari aplikasi “Youtube
  • Terakhir kalian tinggal menekan opsi “Paksa Berhenti

Setelah itu cobalah untuk membuka kembali aplikasi youtube dan cari video yang ingin kalian putar.

3. Hapus Data dan Cache Youtube

Setiap aplikasi yang kalian gunakan tentu mempunyai data cache, begitu halnya dengan aplikasi Youtube. Biasanya cache tersebut akan tersimpan di dalam memori internal dan umumnya memiliki nama file cache.

File cache ini memiliki fungsi agar aplikasi yotube yang kalian gunakan tidak memuat lebih banyak data saat akan di buka kembali. Menghapus cache dan data pada aplikasi Youtube bisa kalian lakukan dengan mudah, serta cara ini biasanya mampu memperbaiki masalah yang kalian alami.

  • Pertama buka menu “Pengaturan” atau “Settings” jika memakai bahasa Inggris
  • Setelah itu cari menu “Aplikasi
  • Selanjutnya cari aplikasi “Youtube
  • Terakhir klik “Hapus Cache” dan “Hapus Data

Setelah proses diatas selesain, kalian hanya perlu matikan dan hidupkan kembali ponsel dan coba buka kembali video yang ingin kalian putar.

4. Lihat Apakah Video di Private

Perlu juga untuk kalian ketahui kalau tidak semua video yang ada di aplikasi youtube itu bersifat publik, karena beberapa Youtuber mem-Private video mereka.

Tentu setiap Youtuber mempunyai alasannya masing-masing terhadap konten yang mereka buat di Youtube. Biasanya untuk sebuah vodeo yang sengaja di Private, akan memunculkan tulisan “This Video is Private

Untuk mengatasi masalah ini kalian harus menghubungi pihak Youtuber tersebut dan memintanya untuk menyeting video yang ingin kalian tonton menjadi publik.

5. Perbaharuhi Aplikasi Youtube

Sama dengan aplikasi lainnya, dimana aplikasi Youtube juga selalu memberikan update. Cara ini biasanya dilakukan oleh develover aplikasi untuk memperbaiki error, bug dan untuk menghadirkan fitur-fitur terbaru yang mereka miliki.

Jadi apabila versi aplikasi Youtube yang kalian gunakan sudah autdate, maka ada baiknya untuk segera memperbaharuinya. Karena bisa saja masalah ini terjadi karena versi aplikasi Youtube kalian terlampau lama.

  • Pertama kalian buka aplikasi “Google Play Store
  • Selanjutnya kalian tekan icon “Garis Tiga” yang ada di pojok kanan atas
  • Berikutnya cari menu “Aplikasi & game saya
  • Setelah itu cari aplikasi “Youtube
  • Terakhir kalian tinggal menekan menu “Update

6. Periksa Kapasita RAM yang Tersedia

Sama halnya dengan aplikasi lainnya, dimana Youtube juga merupakan salah satu aplikasi yang memerlukan kapasitas RAM cukup besar. Hal ini juga karena Youtube mempunyai banyak fitur, gambar dan video yang membuatnya membutuhkan banyak kapasitas RAM.

Saat RAM Hp kita penuh, jelas beberapa aplikasi seperti Youtube akan mengalami masalah seperti error, blank, lag dan keluar secara otomatis. Oleh karena itu, pastikan Hp kalian masih mempunyai kapasitas RAM yang tersisa lebih dari 500MB.

7. Reinstall Aplikasi Youtube

Cara mengatasi youtube tidak bisa diputar di Android adalah dengan melakukan Reinstal Youtube secara langsung. BIasanya cara yang berikut ini sangat ampuh untuk mengatasi adanya error pada aplikasi Youtube yang kalian gunakan.

Untuk me-Reinstal aplikasi Youtube juga sangat mudah, berikut caranya.

  • Pertama kalian buka menu “Pengaturan
  • Setelah itu kalian cari menu “Aplikasi
  • Berikutnya kalian cari aplikasi “Youtube
  • Terakhir pilih opsi “Copot Pemasangan” dan pilih “Ok

Dengan begitu kalian sudah berhasil untuk menghapus aplikasi Youtube yang mengalami error dan langkah selanjutnya kalian hanya perlu menginstalnya kembali.

  • Buka aplikasi “Google Play Store
  • Ketikan “Youtube” pada kolom pencarian
  • Terakhir tekan “Install

Tunggu sampai proses instalasi selesai dan jika sudah kalian tinggal membuka aplikasi Youtube yang sudah di Instal.

8. Reset Hp Kesetelan Pabrik

Jika semua cara diatas sudah kalian lakukan, tapi hasilnya masih tetap saja sama, maka pilihan terakhir adalah mereset Hp kalian kesetelan pabrik atau sering juga disebut dengan factory reset.

Sangat besar kemungkinan Hp kalian sedang mengalami masalah yang menyebabkan error pada aplikasi Youtube. Nah, bagi kalian yang ingin melakukan cara ini bisa melihat tutorial mengenai cara mereset Hp Android di pembahasan sebelumnya.

Mungkin cukup sekian informasi yang bisa Admin hadirkan mengenai cara mengatasi Youtube tidak bisa diputar di Android, semoga bermanfaat dan jangan lupa nantikan tips keren seputar gadget hanya di Kampung Gadget.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.