Cara Cek Nomor HP Sendiri

Cara Cek Nomor HP Sendiri Mudah & Tidak Ribet

Cara Cek Nomor HP Sendiri – Di era yang sudah semakin maju saat ini, hampir setiap orang sudah tidak bisa lepas dari penggunaan HP dan internet. Apalagi perkembangan teknologi yang semakin hari terus mengalami perubahan dan kemajuan dari sebelumnya.

Agar HP kalian dapat terhubung dengan internet, selain melalui jaringan WiFi, kalian juga memerlukan kartu SIM dari provider. Karena tanpa ada bantuan dari provider, HP yang kalian gunakan tidak akan bisa terhubung ke internet.

Namun terlepas dari itu, hari ini saya tidak akan menjelaskan ke kalian mengenai masalah internet pada HP, ya. Melainkan pembahasan kali ini berhubungan dengan masalah yang sering dialami oleh sebagian pengguna layanan dari provider. Hal ini juga sering menjadi pertanyaan. Yaitu, bagaimana cara cek nomor HP sendiri?

Mengetahui nomor dari kartu SIM yang kita gunakan sangatlah penting, karena tanpa tahu nomornya kita tidak akan bisa menggunakannya. Misalnya saja seperti mendaftar di sebuah aplikasi, mengisi ulang pulsa ataupun membeli paket internet.

Cara Cek Nomor HP Sendiri

Untuk mengetahui nomor yang kita gunakan pada HP, sebenarnya tidaklah sulit untuk kita lakukan. Karena pada dasarnya caranya sudah sering terlihat di bungkus kartu SIM yang dibeli, kok.

Namun terlepas dari itu, di masing-masing operator SIM yang ada di Indonesia mempunyai cara yang berbeda-beda, ya. Sehingga sebenarnya kalian harus menyesuaikan caranya dengan operator yang di pakai. Meski begitu, saya akan menjelaskan tahapannya untuk kalian.

1. Cek Nomor HP Sendiri Dengan Dial Pad

Cek Nomor HP Sendiri Dengan Dial Pad

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui nomor HP sendiri adalah dengan memanfaatkan aplikasi telepon atau Dial Pad. Selain mudah, opsi ini sebenarnya merupakan cara cek nomor yang sangat umum dan sering disarankan.

Untuk caranya seperti ini:

  1. Buka Dial Pad pada HP kalian.
  2. Ketikan kode USSD sesuai operator yang kalian gunakan.
  3. Terakhir pilih OK atau Panggil.

Nanti setelah kalian menekan tombol panggil, maka pada layar akan muncul sebuah pop-up yang berisikan informasi mengenai nomor HP.

Daftar kode USSD untuk cek nomor:

  • *808# (Telkomsel)
  • *123*7# (cek nomor XL)
  • *123*10# / *123*7# (Axis)
  • *123*30# (Indosat)
  • *995# (Smartfren)

2. Lewat Aplikasi Operator

Selain memakai dial pad tadi, kalian juga cek nomor HP sendiri menggunakan bantuan sebuah aplikasi pihak ketiga. Namun untuk aplikasi ini tidak sembarangan, ya. Selain itu, aplikasi di masing-masing provider juga berbeda-beda.

Oleh sebab itu, kalian bisa menggunakan aplikasi yang sesuai dengan operator saat ini. Misalnya saja cek nomor Telkomsel (MyTelkomsel), Smartfren (MySF), Indosat (MyIm3), XL (MyXL), Axis (AXISnet).

Untuk mendapatkan aplikasi tersebut, kalian dapat mendownloadnya di Google Playstore yang ada pada HP Android. Untuk di perangkat Apple, kalian bisa mendapatkan aplikasinya di App Store.

3. Cek Nomor HP Sendiri Dengan Bantuan Orang Lain

Cek Nomor HP Sendiri Dengan Bantuan Orang Lain

Saya yakin beberapa dari kalian sudah tahu dan mengerti tentang cara kerja dari cara tersebut. Yup, untuk mengetahui nomor HP sendiri, kita bisa meminta bantuan orang lain, keluarga atau teman yang ada di sekitar kalian.

Namun sebelum memulai, ada baiknya kalian cek pulsa yang masih tersisa pada kartu. Karena jika tidak ada pulsa yang tersisa pada kartu, maka kalian tidak akan bisa memakai cara ini. Oleh karena itu, pastikan dulu sisa pulsa masih cukup untuk melakukan panggilan.

Begini prosesnya:

  1. Buka aplikasi Telepon pada HP.
  2. Berikutnya cari nomor Kontak teman yang ingin di hubungi.
  3. Pastikan di sini kalian tidak mengaktifkan private number.
  4. Setelah berhasil tersambung, suruh teman kalian melihat nomor yang masuk ke HP-nya.
  5. Terakhir, kalian bisa mencatat nomor tersebut.

Agar tidak mengalami masalah yang serupa, sebaiknya kalian mencatatnya di aplikasi Kontak pada HP. Selain itu, kalian juga akan lebih mudah menemukannya saat perlu.

4. Menggunakan Aplikasi SMS

Mungkin sudah banyak orang yang tidak pernah memakai aplikasi SMS untuk bertukar pesan ke teman, keluarga seperti dulu. Karena mungkin saat ini juga sudah ada cara yang lebih cepat untuk melakukan hal tersebut. Yaitu, dengan langsung melakukan panggilan VC (Video Call).

Meski begitu, bukan berarti peranan SMS ini sudah tergantikan sepenuhnya oleh aplikasi lain. Karena beberapa kegiatan yang kita lakukan juga masih memerlukan bantuan aplikasi SMS, misalnya seperti cek kuota atau mengetahui nomor HP sendiri.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Pesan pada HP.
  2. Lalu pilih menu Buat Pesan baru.
  3. Masukkan pesan sesuai yang kalian inginkan.
  4. Berikutnya masukkan nomor teman atau keluarga kalian.
  5. Terakhir pilih Kirim.

Nantinya kalian bisa melihat nomor HP sendiri pada pesan masuk yang ada pada HP teman atau keluarga yang digunakan.

Penting:

Cara ini sama seperti melakukan panggilan, di mana kalian membutuhkan pulsa dengan jumlah tertentu untuk bisa mengirim sebuah pesan. Jadi, pastikan pulsa pada kartu mencukupi.

Tidak hanya itu, cara ini juga bisa kalian gunakan untuk semua operator seluler yang ada di Indonesia. Seperti Indosat, Telkomsel, Smartfren, XL dan juga Axis.

5. Menghubungi Customer Service Operator

Sebagian dari orang mungkin masih belum tahu kalau kita sebenarnya bisa mengetahui nomor HP sendiri dengan menghubungi customer service. Namun, cara ini bisa kalian lakukan jika semua opsi yang sudah saya jelaskan di atas tidak dapat dilakukan.

Kenapa seperti itu? Karena kita akan dikenakan biaya saat menghubungi customer service dari provider yang dipakai. Biaya ini akan di potong melalui pulsa yang tersedia pada kartu kalian dan biayanya juga tergantung dari provider yang digunakan.

Selain itu, masing-masing provider mempunyai saranannya tersendiri yang bisa digunakan oleh pengguna untuk menghubungi mereka. Sehingga akan sangat panjang jika saya menjelaskannya di sini, hehe. Tapi, kalian bisa mengetahuinya melalui Google dengan mengetikkan kata kunci ‘nomor customer service XL, Indosat, Telkomsel, Axis dan Smartfren’ saja.

Penutup

Baik, mungkin itu saja beberapa cara cek nomor HP sendiri yang dapat saya rangkumkan untuk kalian semuanya hari ini. Dari beberapa opsi di atas, saya sendiri lebih suka menggunakan kode USSD untuk mengetahui nomor HP sendiri.

Selain lebih mudah, prosesnya juga akan lebih cepat dan simpel pastinya. Meski begitu, sekarang hanya tergantung dari kalian masing-masing ingin memakai cara yang mana.

Selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.