Cara Berhenti Paket Indosat

Cara Berhenti Paket Indosat Untuk Semua Jenis Paket

Cara Berhenti Paket Indosat – Apakah kalian pengguna Indosat? Sudah pasti tahu tentang Indosat, kan? Yup, Indosat merupakan salah satu provider yang sering menawarkan paket menarik dengan harga yang tergolong lebih murah.

Meski sering menawarkan harga paket yang lebih murah, namun terkadang masih banyak pengguna yang perlu menghentikan paketnya. Untuk alasannya sendiri sih terbilang banyak dan berbeda-beda di setiap penggunanya. Namun yang paling banyak saya dengar, pengguna biasanya melakukan ini karena kuota yang ada pada paketnya sudah habis tapi masa aktifnya masih panjang.

Jika berbicara mengenai Indosat, saya sendiri merupakan pengguna layanan Indosat sejak lama. Melakukan unreg paket juga sering saya lakukan, dan hal ini juga diperbolehkan oleh pihak Indosat sendiri.

Jadi, kita bisa menyetop paket Indosat yang digunakan kapan pun. Namun ini juga tidak harus selalu internet saja, kita juga bisa melakukan hal yang sama kepada layanan lainnya. Contohnya saja seperti:

  • Paket SMS.
  • Telepon.
  • Entertaiment
  • Dan paket lainnya.

Seperti yang saya katakan tadi, kalau kebanyakan orang melakukan unreg paket karena ingin membeli paket yang baru dari sebelumnya atau karena tidak sengaja berlangganan layanan yang menyedot pulsa.

Cara Berhenti Paket Indosat

Jika sebelumnya saya juga sudah menjelaskan cara mempercepat internet Indosat, maka berbeda untuk hari ini. Di mana saya akan membahas mengenai tutorial untuk berhenti berlangganan paket dari Indosat. Baik itu untuk Indosat Ooredoo, maupun untuk IM3.

Untuk caranya juga sangat gampang kok, mari kita simak di bawah ini:

1. Lewat Layanan SMS

Cara berhenti layanan paket Indosat yang paling mudah pertama adalah dengan mengirimkan pesan (SMS) khusus ke operator Indosat. Namun format pesan yang dapat kalian kirimkan tidak boleh sembarangan, karena formatnya harus sesuai dengan ketentuan dari pihak Indosat.

Selain memperpanjang masa aktif Indosat, melalui SMS kita juga bisa menghentikan paket yang sedang aktif. Tapi, dengan sebuah catatan, pada kartu Indosat yang kalian gunakan itu masih ada sisa pulsa, setidaknya Rp. 500 rupiah saja.

Langkah-langkahnya begini:

  • Pertama buka aplikasi Pesan di HP.
  • Selanjutnya pilih menu Buat Pesan Baru.
  • Setelah itu isikan pesan dengan format UNREG.
  • Terakhir tinggal kirim ke 363.

Jika sudah, kita hanya perlu menunggu beberapa saat. Nanti pihak Indosat akan mengirimkan sebuah notifikasi melalui SMS ke HP kalian.

Di dalam pesan balasan dari Indosat, biasanya akan berisi informasi yang menandakan kalau kalian telah berhenti berlangganan. Baik itu langganan paket telepon, SMS maupun internet.

Penting:

Menggunakan SMS ini, setidaknya kalian memang bisa menghentikan layanan yang sedang aktif. Tapi, bila kalian berlangganan lebih dari satu layanan dengan nomor yang sama, maka semua layanan itu bakalan ikut terhenti setelah kalian mengirimkan SMS tersebut.

Oleh sebab itu, ada baiknya kalian pertimbangkan terlebih dahulu.

2. Dengan Kode Dial

Selain melalui SMS, Indosat juga menyediakan kode dial khusus yang bisa digunakan oleh penggunanya dalam berbagai keperluan terkait paket. Nah, salah satunya itu kita bisa menghentikan layanan langganan paket yang sedang aktif.

Untuk caranya sudah pasti bakal berbeda dari yang pertama tadi. Karena melalui kode dial ini, kita hanya bisa menghentikan beberapa layanan paket tertentu saja. Misalnya seperti SMS, internet atau paket telepon.

Berikut caranya:

  1. Pertama buka aplikasi Telepon.
  2. Pada keyboard ketikan kode *123#.
  3. Lalu klik Panggil.
  4. Maka akan terlihat tampilan menu lain pada layar.
  5. Di sini kalian pilih nomor 7 (untuk Info).
  6. Kemudian pilih 5 (untuk Berhenti).
  7. Selanjutnya akan muncul daftar paket yang masih aktif.
  8. Pilih jenis paket yang ingin kalian hentikan.
  9. Jika sudah, tinggal klik Konfirmasi.

Terakhir, kalian hanya perlu menunggu sampai ada balasan dari Indosat melalui SMS. Nantinya di dalam SMS tersebut akan tertera informasi bahwa kalian telah berhasil berhenti pada layanan yang dipilih. Jika tidak terjadi gangguan, prosesnya tidak akan lama, kok.

3. Menghubungi Customer Service

Selanjutnya, kalian juga bisa menghentikan layanan paket yang sedang aktif melalui customer service Indosat. Meski sebenarnya dengan dua cara tadi sudah bisa menghentikan layanan, namun dalam beberapa kasus, kita juga bisa melalui customer service-nya langsung.

Biasanya ini terkait dengan masalah layanan, seperti paket yang aktif ternyata mengakibatkan pulsa jadi tiba-tiba habis. Maka dengan menghubungi customer service Indosat bisa menjadi solusinya.

Caranya sih sangat mudah, karena kalian cukup mengirimkan komplain saja. Isikan saja masalah yang sedang kalian alami terkait dengan layanan paket. Untuk kontak CS Indosat, kalian bisa melalui:

Selain ketiga itu, Indosat juga mempunyai halaman Facebook dan Instagram. Kalian bebas pilih yang mana saat ingin mengajukan komplain.

4. Melalui Aplikasi Indosat

Sama seperti provider lainnya, di mana Indosat juga menyediakan sebuah aplikasi untuk penggunanya yang bernama MyIM3.

Aplikasi ini sengaja di hadirkan untuk memudahkan penggunanya dalam mengelola informasi kartu yang mereka gunakan. Baik itu untuk keperluan paket internet, telepon, SMS atau bisa juga cek poin senyum Indosat. Selain itu, aplikasi MyIm3 juga bisa digunakan oleh pengguna kartu IM3 maupun Indosat Ooredoo.

Caranya masih termasuk mudah untuk kita lakukan, kok. Seperti ini:

  1. Pertama install terlebih dahulu aplikasi MyIm3 di Google Play Store (jika belum punya).
  2. Jika sudah berhasil terpasang, kalian bisa mendaftarkan nomor Indosat yang digunakan.
  3. Apabila berhasil terdaftar, lanjutkan mencari layanan paket yang aktif.
  4. Lalu klik tombol Menu.
  5. Setelah itu pilih Deactivate Package (nonaktif paket).
  6. Selesai, deh.

Nah, sekarang kita hanya perlu menunggu sampai ada balasan dari Indosat mengenai layanan paket yang sudah kalian nonaktifkan.

5. Cara Berhenti Paket Indosat Yellow

Cara Berhenti Paket Indosat Yellow

Dari deretan paket internet yang dihadirkan oleh Indosat, paket Yellow ini menjadi salah satu layanan yang paling banyak digunakan oleh pengguna Indosat. Hal ini mungkin dikarenakan paket ini memberikan kuota khusus untuk penggunanya yang suka chatting.

Walaupun cukup populer, ternyata masih banyak juga dari pengguna yang tidak tahu cara unreg paket Indosat Yellow yang masih aktif. Padahal sebenarnya cukup gampang, sebab kalian tinggal memilih salah satu dari empat cara yang sudah saya jelaskan tadi.

Misalnya saja menggunakan SMS, maka cara unreg paket Indosat Yellow akan seperti ini:

  1. Buka aplikasi Pesan pada HP.
  2. Kemudian pilih Buat Pesan Baru.
  3. Selanjutnya masukan format pesan UNREG.
  4. Terakhir kirim ke 363.

Sekarang tinggal menunggu balasan dari operator Indosat saja, deh.

6. Berhenti Layanan Penyedot Pulsa Indosat

Selanjutnya, mungkin dari kalian ada yang pernah mendapatkan SMS dari Indosat seputar layanan tertentu yang mungkin tidak pernah kalian daftarkan. Maka ada bagusnya segera hentikan layanan tersebut sebelum pulsa pada kartu kalian habis.

Untuk masing-masing layanan itu biasanya dikenakan biaya yang berbeda-beda, tergantung dari jenisnya juga. Tapi, untuk layanan SMS, biasanya biayanya sekitar Rp. 300 rupiah dalam satu kali SMS saja.

Cara stop layanan penyedot pulsa Indosat:

  1. Langkah awal, buka aplikasi Pesan di HP.
  2. Berikutnya pilih Buat Pesan Baru.
  3. Lalu isikan pesan dengan format STOP.
  4. Terakhir tinggal kirim saja ke 99517.

Untuk lama prosesnya tergantung aktivitas di operator Indosat, karena terkadang bisa cepat dan juga bisa lambat. Terkadang pernah juga sampai 1 hari baru ada balasan dari operator Indosatnya.

7. Cara Berhenti Paket Indosat Unlimited

Cara Berhenti Paket Indosat Unlimited

Indosat memang juga menyediakan layanan paket Internet Unlimited yang mempunyai kuota tanpa batas dalam 30 hari. Meski dikatakan unlimited, namun tentu mempunyai batasan dalam paketnya. Batasannya itu biasanya jumlah kuota harian yang bisa dihabiskan atau kecepatan internet yang diberikan.

Dalam beberapa kasus, masih banyak pengguna Indosat yang memilih berhenti menggunakan layanan paket ini. Alasannya sudah pasti karena ada batasan di dalam paket unlimited tersebut yang akan membuat kita merasa terkekang.

Cara unreg paket Indosat Unlimited:

  • Buka aplikasi Telepon pada HP kalian.
  • Berikutnya ketikan kode *123#.
  • Lalu tekan Panggil.
  • Setelah itu pilih 7 (untuk Info)
  • Lanjut pilih 5 (Berhenti).
  • Pilih 1 (untuk Paket Internet).
  • Terakhir tekan 1 (Ya).

Langkah selanjutnya masih sama dengan sebelumnya, kalian hanya perlu menunggu balasan dari operator Indosat saja.

8. Cara Berhenti Paket Indosat Freedom

Cara Berhenti Paket Indosat Freedom

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, kalau Indosat mempunyai banyak sekali layanan paket Internet yang bisa kalian pilih. Salah satunya itu adalah layanan paket Indosat Freedom internet.

Freedom internet dari Indosat menawarkan banyak pilihan jumlah kuota di dalamnya. Mulai dari 1GB sampai dengan 25GB. Untuk kecepatan akses internetnya, sudah pasti jauh lebih kencang dari layanan paket Unlimited, ya.

Karena saking kencang kecepatan internet yang kita dapat, biasanya orang sering lupa dengan jumlah kuota yang di dapat. Sehingga baru beberapa minggu pemakaian, kuotanya sudah habis. Jika sudah seperti itu, kalian akan diharuskan membeli layanan yang baru lagi agar bisa mengakses internet.

Untuk dapat membeli layanan baru, sudah pasti kita harus menghentikan layanan sebelumnya yang kita beli. Tapi, sayangnya tidak semua pengguna tahu cara menghentikan layanan Indosat Freedom ini.

Cara unreg paket Indosat Freedom

  • Pertama buka dulu aplikasi Pesan di HP.
  • Setelah itu pilih Buat Pesan Baru.
  • Masukan format UNREG.
  • Lalu kirim ke 363.

Jika sudah berhasil terkirim, kalian hanya perlu menunggu balasannya saja. Biasanya tidak lama, kok. Asalkan jaringan Indosat di tempat kalian tidak mengalami gangguan, ya.

Penutup

Mungkin begitulah cara berhenti paket internet Indosat yang sering saya lakukan ketika kuotanya sudah habis namun masa aktinya masih panjang. Namun cara yang paling saya gunakan dari beberapa opsi di atas adalah dengan memakai kode dial.

Meski sedikit rumit, namun cara ini tidak akan mengentikan layanan lain yang saya gunakan. Jadi, sudah pasti aman deh.

Jika kalian menemukan cara yang lebih efektif, maka saya akan sangat senang jika mau membagikannya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.