Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid di Android

Kode MMI Tidak Valid – Apabila kita membahas mengenai jaringan, sudah pasti akan sangat erat kaitannya dengan pengecekan pulsa, kuota dan lainnya. Secara umum, untuk melakukan pengecekan itu, sudah pasti kita harus mengirimkan kode tertentu terlebih dahulu.

Dengan begitu, proses pengecekan yang kita lakukan akan berjalan sesuai keinginan. Di masing-masing jaringan operator seluler sudah pasti memiliki kode yang berbeda-beda. Misalnya saja seperti *123#, *888# atau kode lainnya.

Normalnya itu, pada saat kode pengecekan itu kalian kirim, maka pada layar HP akan muncul sebuah pop up mengenai informasi dari operator yang digunakan. Walaupun demikian, dalam beberapa kasus, sering juga terjadi beberapa masalah yang muncul. Salah satunya itu adalah munculnya pesan masalah sambungan atau kode MMI tidak valid.

Apa Itu Kode MMI?

Untuk kalian yang mungkin masih bingung, kode MMI ini merupakan sebuah kode yang kalian masukkan di telepon yang isinya karakter antara * dan juga #. Kode ini berguna saat kita ingin memastikan sesuatu pada operator jaringan yang terdaftar pada HP.

Tanpa menggunakan kode MMI ini, kalian tidak akan bisa melakukan pengecekan terhadap jaringan operator yang digunakan. Misalnya saja seperti cek pulsa, paket SMS, telpon dan masih banyak lagi yang lainnya.

Penyebab Kode MMI Tidak Valid

Penyebab Kode MMI Tidak Valid

Sampai saat ini, memang sudah cukup banyak orang yang mengalaminya. Walaupun masalah ini terdengar sangat sederhana, namun tetap saja masalah kode MMI tidak valid akan mengganggu aktivitas kita. Karena sudah pasti, kalian tidak akan dapat melakukan pengecekan seperti yang sudah saya katakan tadi.

Mengenai penyebabnya, ada beberapa faktor yang kemungkinan besar menjadi pemicu timbulnya masalah kode MMI tidak valid. Diantaranya itu adalah sebagai berikut:

  1. Sistem pada HP sedang bermasalah.
  2. Salah melakukan pengaturan pada jaringan.
  3. Kartu SIM rusak / bermasalah.
  4. Sampai operator yang sedang gangguan.

Selain beberapa penyebab tersebut, kemungkinan besar masih ada faktor lainnya yang mengakibatkan masalah kode MMI menjadi tidak valid. Namun yang pernah saya alami sendiri, 4 faktor itulah yang sering menjadi pemicunya.

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid atau Masalah Sambungan

Bagi sebagian orang, masalah ini sering dianggap sangat sepele. Akan tetapi, masih banyak dari mereka yang ternyata tidak tahu cara untuk mengatasinya.

Nah, oleh karena itu, di sini saya akan membagikan beberapa tips yang pastinya ampuh untuk mengatasi masalah kode MMI tidak valid pada HP.

Selain itu, tips berikut ini juga sangat cocok sekali untuk semua operator jaringan yang ada di Indonesia. Seperti Indosat, XL, Telkomsel, Smartfren, Axis, Three dan lainnya. Namun tidak hanya untuk semua operator saja, melainkan cara ini juga cocok untuk semua tipe HP Android. Mulai dari Samsung, Xiaomi, Asus, Oppo dan merk HP Android lainnya.

1. Pastikan Kode USSD Sudah Benar

Hal yang sederhana namun cukup penting untuk kalian perhatikan pertama kali adalah mengecek kembali kode USSD yang di masukkan.

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, kalau masing-masing operator seluler di Indonesia itu mempunyai kode USSD yang berbeda-beda. Sehingga kalian perlu memastikannya kembali dan mencocokkannya dengan operator yang digunakan.

Bisa juga kode USSD yang kalian masukkan sebelumnya itu sudah expired atau sudah tidak digunakan lagi oleh operator. Sehingga sudah pasti akan membuat muncul pesan ‘kode MMI tidak valid’.

2. Aktifkan Airplane Mode

Cara berikutnya adalah dengan mengaktifkan fitur airplane mode yang ada pada HP. Jadi, dengan bantuan fitur airplane mode ini, jaringan yang ada di HP akan disetel ulang oleh sistem. Kalau sebagian orang bilang sih penyegaran jaringan. Sehingga kode MMI tidak valid karena masalah jaringan sebelumnya dapat kembali normal.

Prosesnya seperti ini:

  • Pertama aktifkan dulu fitur Airplane mode pada HP.
  • Setelah itu, tunggu saja beberapa saat.
  • Jika sudah cukup, matikan kembali Airplane mode.

Selanjutnya kalian tinggal mencobanya kembali seperti semula. Jika memang ada masalah pada sistem jaringan, biasanya dengan cara ini sudah berhasil mengatasinya.

3. Nyalakan Ulang HP

Cara yang paling sederhana lainnya yang sering saya lakukan saat mengalami masalah pada HP, seperti kode MMI tidak valid adalah dengan menyalakan ulang (reset). Kok, harus di restart? Karena dalam beberapa kasus, masalah seperti ini bisa saja disebabkan oleh sistem yang ada pada HP mengalami kendala atau error.

Nah, dengan melakukan restart atau menyalakan ulang HP, maka ini akan membuat error yang tadinya terjadi pada sistem akan hilang. Sehingga, masalah yang sebelumnya terjadi di dalam HP juga akan teratasi.

Tidak percaya? Coba dulu deh. Nanti kalian bakalan tahu manfaat melakukan restart pada HP.

4. Hapus Cache Aplikasi Telepon

Mungkin dari kalian semuanya sudah tahu kalau untuk mengirimkan sebuah kode dial untuk cek pulsa, kuota, cek nomor dan lainnya, kita memerlukan bantuan sebuah aplikasi telepon. Nah, saat aplikasi telepon ini bermasalah, sudah pasti bakal menimbulkan beberapa error, seperti kode MMI yang tidak valid.

Error pada sebuah aplikasi bisanya sering terjadi dikarenakan ada bug pada data yang dimuat, sehingga kinerja aplikasinya tidak stabil. Bug ini sering muncul pada file cache yang juga merupakan data penting dalam sebuah aplikasi.

Meski penting, file cache ini juga bisa menimbulkan masalah seperti yang sudah saya katakan tadi. Untuk itu, tidak ada salahnya kita menghapus data tersebut, kan.

Begini caranya:

  1. Buka dulu Pengaturan pada HP.
  2. Kemudian cari menu Aplikasi.
  3. Lanjut pilih Daftar Aplikasi.
  4. Berikutnya cari aplikasi Telepon.
  5. Lalu tap ops Hapus Data atau Cache.

Selesai, sekarang kalian bisa mencoba kembali memasukkan kode USSD sebelumnya.

5. Atasi Kode MMI Tidak Valid Dengan Ubah Jaringan

Atasi Kode MMI Tidak Valid Dengan Ubah Jaringan

Masih banyak orang yang ternyata tidak tahu kalau jaringan LTE itu sebenarnya tidak dapat digunakan untuk mengirim SMS maupun melakukan panggilan telepon. Kecuali HP kalian memang sudah dilengkapi dengan teknologi VoLTE, ya.

Apabila belum, sudah pasti hal ini akan membuat kalian melihat pesan error berupa ‘kode MMI tidak valid’ atau ‘kode MMI tidak berlaku’ saat HP sedang menggunakan jaringan 4G LTE. Maka dari itu, cobalah untuk mengganti jenis jaringan pada HP kalian terlebih dahulu, misalnya ke jaringan 3G atau 2G.

Caranya begini:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Lalu cari menu Kartu SIM & Data Seluler.
  3. Pilih SIM yang ingin digunakan (SIM 1 atau SIM 2).
  4. Setelah itu, tap menu Jenis Jaringan yang Disukai.
  5. Ubah ke jaringan 3G atau 2G/3G/4G.
  6. Terakhir klik Simpan.

Untuk letak dari pengaturan jaringan biasanya akan berbeda-beda di masing-masing HP Android. Namun kurang lebih prosesnya sama seperti yang saya jelaskan tadi.

6. Tambahkan Simbol Pada Kode

Mungkin masih sedikit orang yang tahu, kalau saat kode USSD utama mengalami masalah, sebenarnya kita masih bisa menambahkan sebuah simbol tertentu di dalamnya. Meski menambahkan simbol di dalam kode USSD, fungsi dari kode USSD utama tidak akan berubah, kok.

Namun untuk simbol yang bisa kalian tambahan juga tidak sembarangan, ya. Karena hanya simbol plus (+) dan koma (,) sajalah yang bisa digunakan.

Contoh penerapannya seperti ini:

Menggunakan tanda koma (*):

  1. Buka Dial Pad di HP.
  2. Ketikan kode USSD seperti biasa, misalnya *888#.
  3. Lalu tambahkan tanda koma (,) di akhirannya, contoh *888,#.
  4. Untuk menambahkan tanda koma, kalian bisa menekan tombol bintang (*).

Menggunakan tanda plus (+):

  1. Pada keyboard ketikan kode USSD , contoh *123#.
  2. Lalu tambahkan tanda plus (+) di depannya, contoh *+123#.
  3. Agar tanda plus (+) bisa muncul, kalian bisa menekan angka 0.

7. Reset Pabrik HP

Opsi yang selanjutnya ini sebenarnya cocok kalian lakukan apabila semua cara di atas tadi itu masih belum bisa mengatasi masalah kode MMI tidak valid.

Kenapa harus reset pabrik? Karena untuk mengembalikan kesalahan konfigurasi atau error yang mungkin pernah sebelumnya kalian lakukan. Ini juga dikarenakan kesalahan konfigurasi tersebut akan sangat berpengaruh pada sistem di dalam HP.

Ini juga termasuk pada masalah sambungan kode MMI yang sedang kita hadapi. Meski dengan catatan cara ini tidak sepenuhnya berhasil, namun tidak ada salahnya untuk kita mencobanya, kan.

Langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Buka Pengaturan pada HP.
  2. Kemudian pilih menu Pengaturan Tambahan.
  3. Geser kebawah, pilih Cadangan dan Reset.
  4. Setelah itu, pilih Reset ke setelan pabrik.
  5. Terakhir ikuti intruksi yang muncul pada HP kalian.

Penting:

Melakukan reset pabrik ini akan membuat seluruh data penting yang ada di dalam HP kalian hilang atau terhapus. Mulai dari data foto, video, audio, dokumen, kontak, akun Google, data aplikasi dan lainnya. Sehingga jika memungkinkan, kalian dapat membackup semua data tersebut terlebih dahulu.

Belum tahu cara backup? Tenang, saya juga sudah menyiapkan sebuah artikel tentang cara backup data penting di Android. Sehingga kalian bisa membacanya secara lengkap didalam artikel tersebut.

8. Tunggu Sampai Jaringan Normal

Masih belum berhasil juga? Maka kemungkinan besar jaringan provider yang sedang kalian gunakan itu mengalami masalah atau sedang gangguan. Hal ini sering terjadi dan saya sendiri juga pernah mengalaminya.

Lalu adakah solusi untuk mengatasinya? Sepertinya ada, kalian hanya perlu menunggu beberapa waktu atau sampai jaringan kembali normal seperti semula. Untuk lamanya sih, kadang 1 sampai 2 hari. Tapi terkadang juga bisa kembali normal dengan waktu yang lebih cepat.

Tapi sebelum kalian mulai menunggu, ada bagusnya untuk memastikannya kembali dengan memakai kartu lainnya. Ini kita lakukan untuk memastikan apakah memang benar jaringan yang sedang bermasalah atau tidak.

9. Hubungi Customer Service

Sebenarnya ini sih masih ada kaitannya dengan cara tadi, sih. Di mana setelah dalam waktu yang cukup lama, masalah jaringan belum kembali pulih, maka kalian perlu menghubungi customer service.

Karena dengan begitu, kalian pasti akan mendapatkan solusi dari masalah jaringan yang sedang terjadi. Untuk menghubungi customer service, di masing-masing operator memiliki cara yang berbeda-beda. Sehingga akan panjang jika saya jelaskan di sini, hehe.

Tapi, kalian bisa mendapatkan informasinya melalui Google. Caranya hanya perlu mengetikkan kata kunci nomor customer service XL, Telkomsel, Indosat atau provider lainnya.

Penutup

Jadi, begitulah sedikit solusi tentang cara mengatasi kode MMI tidak valid pada HP Android yang dapat saya rangkumkan hari ini. Dari pengalaman pribadi, hanya dengan menerapkan beberapa cara di atas saja, masalah kode MMI tidak valid dapat teratasi.

Namun jika kalian mempunyai cara yang lebih ampuh, mungkin bisa membagikannya kedalam kolom komentar yang ada di bawah ini.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.