HP Tidak Bisa Kirim SMS

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Kirim SMS yang Paling Ampuh dan Aman

HP Tidak Bisa Kirim SMS – SMS atau pesan singkat memang sudah tidak populer seperti dulu sebelum terciptanya ponsel Android. Meski begitu, beberapa keperluan formal masing-masing orang masih tetap membutuhkan adanya SMS tersebut. Misalnya saja untuk mengirim kode OTP atau transaksi lainnya.

Meski dalam mengirim sebuah SMS di HP kita tidak membutuhkan jaringan internet, namun bukan berarti juga akan terhindar dari adanya masalah. Karena dalam beberapa kasus yang pernah terjadi, di saat kita ingin mengirim pesan SMS, satu masalah muncul. Di mana pesan yang hendak di kirim selalu gagal, meski sudah di coba berulang kali, tetap saja tidak bisa terkirim.

Kondisi seperti ini sering juga terjadi pada satu nomor tujuan saja, atau ke semua nomor yang hendak dikirimkan pesan SMS. Bahkan dalam sebuah forum di internet, saya juga pernah menemukan satu pertanyaan dari salah satu member di sana. Iya mengatakan kalau nomor kartu SIM yang iya gunakan tidak bisa kirim SMS ke 3636 (nomor premium) dalam waktu berhari-hari.

Selain itu juga, kondisi seperti ini bisa muncul di semua merek HP Android yang menggunakan kartu SIM. Mulai dari HP Oppo, Samsung, Xiaomi, Asus, Vivo, Lenovo, Acer dan merek ponsel Android lainnya.

Penyebab HP Android Tidak Bisa Kirim SMS

Penyebab HP Android Tidak Bisa Kirim SMS

Untuk kalian yang mungkin belum tahu, kalau sebenarnya masalah HP tidak bisa kirim SMS itu dapat terjadi karena beberapa faktor penyebabnya. Namun kondisi ini umumnya erat kaitannya dengan masalah jaringan, kesalahan konfigurasi SMS, SIM yang digunakan dan tidak menutup kemungkinan juga kalau bisa disebabkan oleh masalah lainnya.

Berikut ini ada beberapa faktor lain yang juga bisa menjadi penyebabnya, seperti:

  1. Sisa pulsa yang tidak cukup : Meski mengirim SMS itu tidak memerlukan jaringan internet, namun untuk dapat mengirim pesan kita membutuhkan pulsa sebagai gantinya.
  2. Memakai pengaturan jaringan 4G Only : Seperti yang pernah saya jelaskan ke kalian, kalau jaringan 4G itu tidak didesain untuk bisa melakukan panggilan telepon maupun mengirim SMS.
  3. Sinyal operator gangguan : Mengirim sebuah pesan memang tidak butuh internet, namun tetap memerlukan yang namanya sinyal.
  4. Konfigurasi SMSC tidak benar : SMSC yang ada di HP Android ini mempunyai fungsi untuk mengatur lalu lintas SMS sebelum dikirimkan. Sehingga konfigurasi SMSC yang salah bisa menjadi penyebab pesan gagal saat ingin dikirim.
  5. Masa aktif kartu habis : Masa aktif kartu SIM itu sebenarnya bergantung dari kebijakan di masing-masing operator. Jika masa aktif kartu SIM sudah habis, maka akan masuk kedalam masa tenggang terlebih dahulu sebelum akhirnya kartu hangus. Bila sudah seperti itu, biasanya kalian tidak akan bisa mengirim ataupun menerima SMS.
  6. Kartu SIM bermasalah : Mungkin masih banyak dari kalian yang belum tahu kalau kartu SIM itu rusak, bisa menimbulkan gangguan. Salah satu gangguan yang sering ditimbulkan adalah pesan yang akan di kirim selalu gagal. Selain itu, kondisi seperti ini biasanya sering di tandai dengan munculnya pesan ‘tidak ada layanan‘.

Selain beberapa faktor yang saya sebutkan di atas, mungkin masih ada banyak faktor-faktor lainnya yang membuat HP Android tidak bisa kirim SMS. Secara umumnya sih, faktor itulah yang sering menjadi penyebabnya.

Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa Kirim SMS

Lalu, adakah cara untuk mengatasi masalah ini?

Sebenarnya untuk mengatasi HP tidak bisa kirim SMS itu dapat kita lakukan dengan cara:

  • Mengecek sisa pulsa pada SIM
  • Melihat masa aktif kartu
  • Periksa sinyal pada HP
  • Mendaftar ulang kartu SIM
  • Mengecek pengaturan jaringan di HP
  • Cek nomor SMSC
  • Tunggu beberapa waktu
  • Periksa keadaan kartu SIM

Dengan menerapkan beberapa cara di atas itu, sebenarnya kalian sudah bisa mengatasi masalah HP yang tidak bisa kirim SMS.

Namun untuk selengkapnya, kalian bisa menyimak ulasannya di bawah ini:

1. Mengecek Sisa Pulsa Pada SIM

Mungkin bagi beberapa dari kalian hal yang satu ini akan terdengar sepele, tapi untuk mengirim sebuah pesan ke nomor lain, maka kartu SIM wajib mempunyai sisa pulsa yang cukup. Jika pulsa kalian tidak mencukupi atau sudah habis, maka sudah pasti pesan tidak akan dapat terkirim (gagal).

Jadi, langkah pertama yang wajib kalian lakukan adalah mengecek sisa pulsa terlebih dahulu. Karena cara cek pulsa di masing-masing operator itu berbeda-beda, jadi kalian bisa menyesuaikannya dengan provider yang di gunakan.

Untuk langkah-langkahnya sih, kurang lebih seperti ini:

  1. Pertama buka dulu aplikasi Telepon.
  2. Kemudian pada keyboard ketikan kode untuk cek pulsa.
  3. Berikutnya tap menu Panggil atau Yes.
  4. Maka akan muncul sebuah informasi pulsa di layar HP.

Bagi kalian yang bingung dengan kode cek pulsa di masing-masing operator, maka bisa melihatnya di bawah ini:

  • Telkomsel : *888#
  • XL : *123#
  • AXIS : *123#
  • Indosat : *363#
  • Smartfren : *999#
  • Tri (3) : *111#

Untuk kode cek pulsa yang saya tahu sih cuman itu saja, namun jika kalian menggunakan provider selain yang disebutkan mungkin bisa mencari detailnya di Google.

2. Melihat Masa Aktif Kartu

Nah, untuk kalian yang mungkin sedang mengalami masalah tidak bisa mengirim SMS padahal pulsa masih ada, maka inilah kemungkinan yang menjadi penyebabnya.

Ini karena masa aktif kartu itu sangat berpengaruh terhadap layanan yang bisa di dapatkan oleh penggunanya. Meski sisa pulsa pada kartu SIM banyak, bila masa aktif kartu sudah habis maka tetap saja kalian tidak bisa kirim SMS. Berapapun SMS yang kalian kirim, akan tetap tidak bisa terkirim atau gagal.

Masing-masing provider SIM itu mempunyai kebijakan yang berbeda-beda dalam masalah masa aktif kartu. Tapi rata-ratanya sih ada di kisaran 1 bulan atau 30 hari.

Cara mengecek masa aktif kartu:

  1. Buka aplikasi Telepon di HP.
  2. Lalu ketikan kode cek masa aktif dari operator yang digunakan.
  3. Berikutnya pilih Panggil atau Yes.
  4. Maka nanti akan muncul jendela informasi yang berisi masa aktif kartu kalian.

Berikut daftar kodenya:

*888#Telkomsel
*123#XL
*123#AXIS
*555# atau *123#Indosat
Silakan panggil ke 999Smartfren
*111#Tri (3)

Selain menggunakan kode dial, kalian sebenarnya juga dapat mengetahui informasi masa aktif melalui aplikasi yang di sediakan oleh masing-masing operator.

3. Periksa Sinyal Pada HP

Selain bisa dipengaruhi oleh masa aktif, SMS yang gagal di kirim juga bisa disebabkan oleh kondisi sinyal dari SIM yang digunakan. Seperti yang saya sebutkan di atas, mengirim sebuah SMS itu memang tidak memerlukan jaringan internet tapi untuk sinyal masih sangat di butuhkan.

Maka cobalah untuk mengecek ikon sinyal yang ada di HP kalian terlebih dahulu dan pastikan masih terdapat sinyal yang cukup. Bila tidak ada sinyal sama sekali, maka cobalah untuk berpindah ke lokasi lainnya atau tempat yang lebih terbuka misalnya.

4. Mendaftar Ulang Kartu SIM

Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu kalau untuk menggunakan kartu SIM itu, kita perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Karena jika tidak melakukan registrasi, maka semua layanan yang di sediakan oleh operator tidak bisa kalian gunakan.

Salah satu masalah saat kartu SIM belum di registrasi adalah HP tidak bisa kirim SMS ke semua nomor. Untuk itulah, kalian pastikan dulu kalau kartu yang digunakan sudah di registrasi dengan baik. Atau kalian juga bisa mencoba untuk melakukan registrasi ulang.

Penting:

  1. Pastikan kalian melakukan registrasi melalui SMS atau situs resmi operator seluler yang kalian gunakan.
  2. Usahakan data diri yang di perlukan sudah benar dan sesuai.
  3. Kalian bisa searching di Google caranya sesuai dengan operator SIM yang digunakan.

5. Mengecek Pengaturan Jaringan di HP

Untuk kalian yang ponselnya sudah mendukung jaringan 4G, ada baiknya untuk tidak mengatur jaringan ke mode 4G only. Meski mempunyai kecepatan akses internet yang jauh lebih kencang, namun saya sarankan jangan menggunakan mode itu.

Alasannya seperti yang sudah saya katakan tadi, mode 4G only tersebut dikhawatirkan bisa menonaktifkan fungsi komunikasi pada HP. Ini termasuk juga menerima ataupun mengirim SMS. Namun jika HP kalian sudah mendukung VoLTE, maka itu tidak akan menjadi masalah, karena fitur VoLTE ini memungkinkan kalian melakukan panggilan maupun SMS di jaringan 4G.

Cara merubah jaringan di HP:

  1. Buka Setelan pada HP.
  2. Lalu pergi ke menu Kartu SIM.
  3. Kemudian pilih Pengaturan Jaringan Seluler.
  4. Berikutnya tekan menu Pengaturan Jaringan.
  5. Terakhir pilih saja 3G Only atau 2G/3G/4G Otomatis.

Atau kalian juga bisa menggunakan cara yang lebih simpel lagi dengan mengetikkan kode dial *#*#4636#*#*. Lalu kalian bisa memilih menu Informasi Telepon dan berikutnya atur jaringan ke mode 3G (WCDMA) atau 2G/3G/4G juga bisa.

6. Cek Nomor SMSC

Bagi kalian yang mungkin belum tahu, kalau konfigurasi SMSC ini dapat kita temukan di HP tertentu, terutama untuk HP keluaran lama. Umumnya ketika kita memasukkan kartu SIM kedalam HP, normalnya SMSC akan ter-setting secara otomatis.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan kalau pengaturan tersebut bisa saja berubah dengan sendirinya tanpa kita ketahui. Jika sudah seperti itu, maka kita harus mengubahnya kembali seperti semua.

Caranya:

  1. Buka aplikasi Pesan di HP.
  2. Di halaman utama, kalian tap ikon Titik Tiga yang ada di pojok kanan atas.
  3. Lalu tap menu Pengaturan.
  4. Berikutnya pergi ke Pengaturan Pesan Teks.
  5. Pilih Pusat Pesan / SMS Center.
  6. Pada halaman ini, kalian atur kode sesuai operator yang digunakan.
  7. Selesai.

Untuk masing-masing operator mempunyai kode konfigurasi yang berbeda-beda. Jadi, kalian bisa menyesuaikannya dengan daftar berikut ini:

  • Telkomsel : +6281100000
  • XL : +62818445009 atau +628184450095
  • Indosat : +628216124 (Ooredoo) atau +628550000 (IM3)
  • Axis : +628315000032
  • Smartfren : +628811223344
  • Tri (3) : +6289644000001

Penting:

Bila ponsel kalian menggunakan dua kartu SIM, maka kalian bisa mengatur kode konfigurasi keduanya. Pastikan kodenya sesuai dengan operator yang digunakan, ya.

Jika sudah selesai, jangan lupa untuk menyimpan pengaturannya dan coba kembali kirim SMS yang gagal tadi.

7. Tunggu Beberapa Waktu

Adanya masalah pada jaringan dari operator bisa terjadi di waktu-waktu tertentu, misalnya sedang hujan lebat. Sehingga membuat jaringan dari pemancar pusat terganggu dan dampaknya tentu akan membuat kita sebagai pengguna mengalami masalah. Salah satunya itu seperti masalah HP tidak bisa mengirim SMS meski sisa pulsa masih banyak.

Solusi untuk mengatasi masalah ini tentu tidak banyak, selain hanya dengan menunggu sampai jaringan kembali normal seperti sebelumnya.

Bila dalam jangka waktu yang lama, jaringan di tempat kalian belum juga kembali normal, maka ada baiknya untuk menghubungi penyedia layanan. Biasanya mereka akan membantu kalian untuk mencarikan solusi dari masalah yang sedang di hadapi.

8. Periksa Keadaan Kartu SIM

Pada dasarnya, kartu SIM yang rusak itu dapat disebabkan karena adanya masalah pada komponen fisik. Untuk masalah yang satu ini juga cukup sulit untuk dapat di deteksi, karena gangguan yang di timbulkan juga sangat bermacam-macam.

Mulai dari masalah saat melakukan panggilan telepon, tidak bisa mengakses internet, mengirim SMS dan sampai membuat kartu SIM tidak terbaca.

Kemudian, adakah solusi untuk mengatasinya?

Tentu saja ada, solusinya dengan mengganti kartu SIM yang rusak tersebut dengan yang baru. Bila nomor pada SIM tersebut sangat penting, maka sebaiknya lakukan penggantian kartu ke provider center terdekat yang ada di kota kalian.

Tapi sebelum menggantinya, ada baiknya coba dulu pasang kartu SIM tersebut di HP yang lainnya. Jika memang sama saja, maka itu artinya kartu SIM kalian memang sudah benar-benar harus di ganti.

Penutup

Mungkin itu saja beberapa solusi cara mengatasi HP tidak bisa kirim SMS yang bisa saya hadirkan hari ini. Meski masalah yang dihadapi terdengar sederhana, namun cara mengatasinya sangatlah panjang. Sebab faktor penyebabnya sendiri sangat banyak, sehingga kita harus memperhatikannya satu-persatu.

Jika belum berhasil, atau ada masalah error baru yang terjadi saat mengikuti tutorial di atas, maka cobalah untuk menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah ini. Nantinya saya akan mencoba membantu kalian untuk mencarikan solusinya.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.