Arti Mention di Sosial Media

Arti Mention di Sosial Media dan Contoh Penggunaanya

Arti Mention di Sosial Media – Untuk kalian yang sudah sering menggunakan aplikasi sosial media, sudah pasti pernah dengar kata mention. Entah itu pada komentar ataupun pada status orang-orang di sosial media.

Jika dalam bahasa Indonesia, mention ini dapat di artikan sebagai menyebut atau memanggil akun seseorang di aplikasi sosial media. Istilah tersebut mulai sering di gunakan oleh orang-orang semenjak adanya fitur mention di beberapa aplikasi.

Bahkan untuk saat ini, kata mention ini sudah menjadi salah satu fitur dasar yang wajib ada di semua platform sosial media. Seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, Twitter dan sosial media lainnya. Meski sudah sangat populer, ternyata masih banyak orang yang belum tahu arti kata mention di sosial media.

Mungkin kalian salah satu orangnya? Jika iya, itu artinya kalian sudah berada di tempat yang tepat. Karena di sini saya akan menjelaskan secara lengkap mengenai arti mention serta contoh penggunaanya di sosial media.

Apa Arti Mention di Sosial Media?

Arti mention di sosial media adalah untuk menyebut atau memanggil nama pengguna lain yang terhubung ke aplikasi yang sama. Hal ini dilakukan agar orang tersebut bisa mendapatkan pemberitahuan atau notifikasi pada berandanya.

Di beberapa aplikasi, fitur mention biasanya di gunakan pada bagian komentar, chat group, caption saat membuat postingan serta di gunakan menandai lewat gambar. Namun jika kalian mention orang di luar aplikasi yang di gunakan, maka iya tidak akan mendapatkan notifikasi.

Untuk cara menggunakan mention, kita sebenarnya hanya perlu mengetikan simbol “@” di awal nama yang ingin di sebut. Sebagai contohnya seperti @Kampunggadget dan lainnya.

Contoh Penggunaan Mention di Sosial Media

Seperti yang sudah saya katakan di awal pembahasan, kalau saat ini fitur mention sudah hampir ada di semua aplikasi sosial media dan juga aplikasi chat. Diantaranya seperti Twitter, Facebook, Instagram, WhatsApp, Telegram dan TikTok.

Dalam menggunakan fitur ini, tentu di masing-masing aplikasi akan berbeda-beda ya. Karena fitur mention dipengaruhi oleh jenis dan kegunaan aplikasi itu sendiri.

Agar kalian lebih memahami, berikut ini akan saya jelaskan beberapa contoh penggunaan mention:

1. Instagram

Mention di IG artinya kita menyebut teman di dalam sebuah komentar atau bisa juga sebagai tanda kalau kita sedang bersama dengan seseorang. Hal tersebut karena mention di Instagram bisa kita gunakan dalam beberapa fitur, seperti di komentar, instastory dan juga caption saat membuat postingan.

Jadi, fungsi mention di aplikasi Instagram bergantung pada fitur yang akan kita gunakan. Apabila di komentar, mention dapat digunakan untuk menyebut teman saat kita menemukan postingan menarik atau yang mungkin sedang di cari.

Sedangkan jika di dalam instastory dan caption, fitur mention ini dapat kita gunakan untuk menandakan ketika kita sedang bersama teman atau seseorang.


Jangan ketinggalan, cek juga cara swipe up di Instagram.


2. Facebook

Kurang lebih fitur mention di Facebook itu sama seperti di Instagram. Karena di Facebook kita bisa menggunakan fitur mention untuk keperluan Stories, komentar serta ketika kita akan membuat sebuah postingan baru.

Untuk di Facebook, saat kita menggunakan fitur mention, maka teks yang dibuat akan berubah warna menjadi biru. Ketika sudah di kirim, maka secara otomatis orang yang kita mention akan langsung mendapatkan notifikasi di beranda akun Facebooknya.

Tidak hanya itu, mention juga bisa kita gunakan saat ingin memberitahu teman ketikan menemukan halaman (fanspage) yang bagus di Facebook.

3. Twitter

Khusus untuk di aplikasi Twitter, mention merupakan salah satu fitur dasar. Kenapa seperti itu? Karena fitur mention ini akan selalu ada ketika kita sedang berkomunikasi dengan pengguna Twitter lainnya.

Istilah mention di Twitter itu sama seperti di aplikasi sosial media lainnya, yang mana sebagai penyebut atau memanggil pengguna Twitter lainnya. Untuk penggunaan mention di Twitter bisa kita lakukan melalui fitur tweet dan komentar.

Cara menggunakannya masih sama seperti di Facebook tadi, di mana kita hanya perlu menambahkan simbol @ di awal kata yang akan dibuat. Sebagai contohnya @Kampung_gadget.

4. WhatsApp

Seperti yang saya katakan di awal, kalau mention itu tidak hanya ada di aplikasi sosmed saja. Karena fitur mention juga bisa kita temukan di beberapa aplikasi chatting, seperti WhatsApp.

Umumnya di sebuah aplikasi chatting, fitur mention ini di gunakan untuk menyebut nama pengguna WA lain dalam sebuah grup. Nantinya pengguna yang kalian sebut akan mendapatkan notifikasi khusus dari aplikasi WhatsApp.

Sedangkan untuk sebuah chat pribadi, fitur mention tidak akan bisa kalian gunakan ya di WhatsApp. Jadi, jangan mencobanya lagi, hehe.

5. TikTok

Siapa sih yang tidak kenal dengan aplikasi TikTok? Nah, di TikTok kita juga bisa menemukan fitur mention yang dapat kita gunakan. Sama seperti di Instagram, fitur mention ini dapat di gunakan dalam membuat sebuah postingan ataupun saat berkomentar.

Cara menggunakan mention di TikTok juga sama seperti di aplikasi sosial media lainnya. Yang mana kita hanya perlu menambahkan simbol @ di awal nama teman. Contohnya seperti ini, @Kampunggadget_com.

6. Telegram

Yang terakhir, kita juga bisa menggunakan fitur mention di aplikasi Telegram. Fungsinya sama seperti di WhatsApp, pada Telegram kita hanya bisa menggunakan fitur mention di dalam chat grup saja.

Caranya kita hanya perlu mengetik simbol @ kemudian menambahkan username Telegram teman kalian yang ingin di mention. Selain ke teman, mention juga bisa kita lakukan untuk memanggil bot Telegram yang kita buat.


Lelah menginstall dan uninstall aplikasi game saat merasa bosan? Kenapa tidak coba saja main game di Telegram?


Penutup

Setelah membaca penjelasan di atas, saya rasa kalian sudah mengerti tentang mention. Yup, mention itu adalah salah satu fitur yang berfungsi untuk menyebut nama seorang pengguna di aplikasi sosial media. Tujuannya tentu untuk membuat orang tersebut bisa mendapatkan notifikasi di akunnya.

Selain 6 jenis aplikasi yang sudah saya sebutkan di atas, mention juga bisa kalian gunakan di beberapa platform yang lainnya. Misalnya saja seperti Line Messengers, Quora hingga forum seperti Kaskus juga mempunyai fitur mention.

Apakah kalian mempunyai pertanyaan seputar mention di sosial media? Atau masih bingung cara menggunakan mention-nya? Silakan tuliskan saja di kolom komentar yang ada di bawah ini, ya.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.