Penjelasan Apa itu Username

Penjelasan Apa itu Username

Penjelasan Apa itu Username – Di zaman yang sudah semakin modern ini, sudah pasti semua orang pernah menggunakan sebuah aplikasi maupun website yang terhubung ke internet. Misalnya saja seperti aplikasi Facebook, Instagram, Twitter, Gmail, Yahoo dan masih banyak yang lainnya.

Selain wajib memiliki sebuah akun, agar bisa menggunakan aplikasi atau platform tersebut, umumnya pengguna juga di wajibkan untuk memiliki usernameUsername yang digunakan harus unik dan belum pernah di pakai oleh pengguna lain di dalam satu platform.

Di balik itu, pernah gak sih kalian bertanya-tanya tentang, apa itu username? Atau mungkin juga pernah bertanya, apa alasan semua platform yang terhubung ke internet itu mewajibkan semua penggunanya memiliki username yang tidak boleh sama?

Untuk tahu tentang jawaban dari pertanyaan tersebut, kalian bisa simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Username?

Nama Pengguna atau Username adalah nama unik yang di buat oleh seorang pengguna suatu platform yang akan berfungsi sebagai identifikasi akun selain password saat login. Namun tidak hanya itu saja, nama pengguna unik ini juga mempunyai sebuah peranan penting untuk mempermudah pengguna lain mencari data atau anggota lain dalam satu platform.

Oleh sebab itulah, username bersifat primary key atau unik. Karena hanya akan di miliki oleh satu user saja di dalam satu platform yang sama. Sehingga masing-masing orang yang menggunakan platform sama tidak akan ada yang mempunyai nama pengguna yang sama.

Karena jika nama pengguna (username) yang di buat sudah ada yang menggunakan, maka kita harus mengkombinasikkannya lagi dengan karakter lain. Misalnya saja dengan menambahkan huruf, angka atau karakter unik lainnya.

Alasan Penggunaan Username

Untuk alasannya sih saya rasa cukup banyak, namun di pembahasan ini saya akan hadirkan beberapa alasan setiap platform mengharuskan penggunanya membuat username.

Berikut beberapa alasannya:

1. Karena Jauh Lebih Simpel

Pada saat kita mendaftar dan membuat akun di suatu platform, maka kita akan di wajibkan untuk mengisi beberapa data. Misalnya saja seperti passwordemail, nomor HP, alamat dan tidak ketinggalan dengan mengisi username.

Data-data tersebut nantinya akan di gunakan untuk keperluan login pada platform yang di daftarkan. Walaupun seperti itu, di sebagian platform hanya dua data saya yang paling di butuhkan. Kedua data tersebut adalah username dan juga password.

Hal tersebut tentu tanpa alasan pastinya, ini karena username itu di nilai jauh lebih simpel. Sangat mudah untuk di eja tidak seperti dengan nomor HP serta tidak memiliki alamat tertentu pada bagian belakang namanya seperti email atau Gmail.

Setiap platform membebaskan semua penggunanya untuk memilih username yang ingin di gunakan asalkan masih tetap mematuhi ketentuannya.

2. Tidak Pernah Ada yang Sama di Satu Platform

Seperti yang saya katakan tadi kalau nama pengguna ini hanya bisa di buat dan di gunakan oleh satu pengguna saja di dalam satu platform. Hal ini tentu karena nama pengguna ini bersifat unik.

Jika sudah di gunakan oleh pengguna lain, maka kita wajib untuk mengkombinasikkanya lagi dengan angka atau simbol tertentu agar tidak sama. Dengan catatan, penambahan karakter ini harus sesuai dengan ketentuan yang ada di dalam platform pastinya.

Sebagai contoh, pada saat kalian ingin membuat username @Kampunggadget tapi ternyata sudah ada yang menggunakan. Maka kalian bisa mengkombinasikkannya dengan penambahan angka atau simbol tertentu di dalamnya. Misalnya seperti @Kampunggadget_com dan sebagainya.

3. Sangat Mudah Untuk Diingat

Masih ada hubungannya dengan poin yang pertama tadi, karena jauh lebih simpel, nama pengguna (username) lebih cenderung mudah untuk di ingat. Apalagi kalau kalian membuat nama pengguna tersebut berdasarkan nama pribadi yang sudah kita kenal.

Namun hal ini tentu bukan untuk kalian saja, karena teman maupun keluarga kalian juga akan jauh lebih mudah menemukan akun kalian. Sebab mereka hanya perlu mengetikan username yang sudah kalian buat.

Untuk beberapa platform, nama pengguna ini ada yang bersifat tidak permanen. Contohnya seperti yang pernah saya bahas sebelumnya tentang cara mengganti ID di Telegram. Sehingga kalian bisa mengubahnya kembali saat ingin buat yang lebih simpel dan unik dari sebelumnya.

4. Unik dan Lebih Menarik

Di dalam pembuatan username sangatlah bervariasi, karena kita bisa menambahkan angka atau simbol tertentu di dalamnya. Karena hal itulah yang membuat nama pengguna ini lebih unik dan menarik untuk di gunakan.

Namun bukan hanya itu saja, di beberapa aplikasi, nama pengguna juga biasanya sering muncul sebagai data profil pada akun. Contoh mudahnya, kalian bisa mengeceknya di Instagram atau di aplikasi TikTok.

Nah, di balik keunikannya, ada beberapa orang yang juga memanfaatkannya untuk melakukan branding. Dengan membuat nama pengguna yang mereka buat itu di kenal oleh banyak orang.

Tips Membuat Username

Di sini saya juga akan membagikan sedikit tips untuk kalian yang mungkin ingin membuat username di sebuah platform. Meski sudah sangat umum, saya rasa tips ini cukup penting dan masih banyak yang belum tahu.

1. Buat Nama yang Menarik

Karena username merupakan salah satu hal pertama yang akan di lihat oleh orang, maka sudah sepatutnya kita membuatnya lebih menarik lagi. Karena jika kita membuat nama yang menarik, sudah pasti akan membuat orang lain lebih mudah untuk menemukan akun kita.

Hal ini juga memungkinkan bertambahnya orang-orang yang mengikuti atau mem-follow akun kita.

2. Pastikan Tidak Ada yang Sama

Sudah di garis bawahi kalau nama pengguna ini hanya satu, tidak ada yang akan sama di dalam satu platform yang sama. Namun di platform yang berbeda, kemungkinan nama pengguna sama bisa saja terjadi.

Jika sudah begitu, nama pengguna yang kalian buat tidak akan terlihat menarik lagi. Apalagi nama pengguna ini merupakan branding yang ingin kalian populerkan.

Nah, oleh karena itu, ada baiknya untuk memeriksa kembali nama pengguna yang hendak kalian gunakan di platform lain sebelum menggunakannya.

3. Buat Username yang Mudah Diingat

Tips yang terakhir adalah membuat nama pengguna yang mudah untuk di ingat dan juga mudah untuk di ketahui jika ada orang yang mencarinya. Selain itu, pemilihan username yang tepat juga akan memudahkan kalian untuk login nantinya.

Oleh sebab itu, pastikan kalian membuat nama pengguna yang simpel dan mudah untuk di ingat. Seperti memakai nama sendiri atau nama brand yang kalian miliki.

Penutup

Jadi dapat kita tarik kesimpulan kalau, username adalah data yang digunakan untuk mengidentifikasi akun pengguna yang terdaftar di dalam suatu platform (sebagai media login). Selain itu, nama pengguna yang unik juga akan memudahkan orang lain mencari data akun pengguna lainnya.

Nama pengguna (username) ini memiliki banyak kelebihan, di antaranya itu mudah untuk di ingat dan cenderung jauh lebih simpel. Oleh karena itu, tidak heran kalau banyak platform yang saat ini lebih memilih untuk menggunakan username sebagai data login dari pada email maupun nomor HP.

Semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah ini ya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.