Pengertian Buff dan Nerf

Pengertian Buff dan Nerf di Game

Pengertian Buff dan Nerf – Pada pembahasan kali ini, saya ingin membahas mengenai dua kata yang sering di gunakan saat seseorang berman game. Yaitu, kata Buff dan Nerf. Istilah kedua kata tersebut sering kali muncul ketika pada game yang di mainkan itu mendapatkan pembaharuan versi.

Namun kata Buff dan Nerf ini masih terkait dengan status karakter dalam sebuah game, item, skill dan atribut pada game lainnya.

Instilah Buff dan Nerf memang tidak di gunakan pada semua game saat ini, karena hanya game dengan tema RPG atau yang masih ada unsur RGP-nya saja. Misalnya saja game Mobile Legends, Seven Knights, PUBG, dan game lainnya yang sejenis.

Apakah kalian pernah mendengar kedua kata tersebut saat bermain game dan masih bingung dengan arti dari kedua istilah itu? Jika iya, maka saya akan menjelaskan pengertian kata Buff dan Nerf secara lengkap di sini.


Sering juga dengar kata FYI? Berikut arti kata FYI di sosial media.


Pengertian Buff Pada Game

Buff adalah istilah yang mengacu pada sebuah peningkatan status dari karakter, item, skill atau atribut lainnya yang ada di dalam game. Pada umumnya, kata buff ini sering di berikan pada objek game yang cukup jarang di gunakan oleh pemain.

Contohnya saja ada sebuah game, yang mana salah satu karakternya itu jarang sekali di paka oleh orang karena skill-nya yang memang kurang cocok. Nah, dari pada develover menghapus karakter tersebut (yang bisa merusak keseimbangan dari game), maka di buatlah peningkatan dengan status atau buff.

Beberapa developer game biasanya melakukan peningkatan status tersebut tidak hanya sekali, tapi terkadang bisa dua kali. Ada juga yang sampai stats yang di perlukan oleh karakter bisa sesuai dengan karakter lain di dalam gamenya.

Pengertian Nerf Pada Game

Nerf merupakan istilah yang berbalik dari kata buff tadi, karena istilah ini di pakai untuk menyebut penurunan stats pada karakter. Misalnya seperti item, skill dan atribut lainnya yang berhubungan.

Istilah Nerf ini bisa muncul dalam beberapa kondisi. Misalnya saja pada game MOBA, developer merilis sebuah hero yang mempunyai skill overpower dari hero lainnya. Dalam waktu yang singkat, hero tersebut akan menjadi META (Most Effective Tactics Available) dan hampir di gunakan oleh pengguna setiap gamenya.

Karena hero tersebut di anggap terlalu IMBA (imbalance), maka develover akan melakukan nerf. Hal tersebut tentu sengaja di lakukan agar bisa menyeimbangkan kembali hero tersebut dengan karakter lainnya di game.

Perbedaan Buff dan Nerf di Game

Setelah membaca penjelasan di atas, seharunya kita sudah paham mengenai pengertian Buff dan Nerf di dalam sebuah game. Nah, jika kalian merasa masih kurang jelas mengenai perbedaan Buff dan Nerf di dalam sebuah game, maka bisa cek penjelasan berikut.

1. Buff

  • Meningkatkan stats objek pada game, baik itu karakter, item, skill dan atribut pada game lainnya.
  • Secara umum bisa menambahkan efek khusus pada item atau skill pada karakter tertentu.
  • Meningkatkan stats karakter yang memang jarang di gunakan agar bisa menarik player untuk menggunakannya lagi.

2. Nerf

  • Menurunkan stats objek pada game, seperti karakter, item, skill dan atribut lainnya yang berhubungan.
  • Biasanya berguna untuk menghilangkan efek khusus pada item atau skill tertentu pada karakter.
  • Mengurangi stats karakter yang sedang META atau di anggap IMBA oleh pemain agar gameplay bisa menjadi seimbang.

Alasan Instilah Buff dan Nerf Harus Ada Pada Game

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi di atas, kalau istilah buff dan nerf ini ada untuk mengatur serta membuat kembali keseimbangan pada game. Namun di sisi lain, sudah pasti dengan kondisi yang baru ini akan membuat para pemain kembali belajar untuk menyesuaikan gameplay dari gamenya.

Lantas kenapa instilah buff dan nerf ini harus ada di dalam game?

Ini karena ketika sebuah elemen pada sebuah game mengalami ketidakseimbangan, maka secara otomatis gameplay akan cenderung menjadi monoton. Sehingga akan membuat pengguna lebih cepat merasa bosan dengan gameplay yang ada pada gamenya.

Dan seperti yang pernah saya jelaskan di artikel sebelumnya, kalau game yang monoton ini hanya akan bertahan dalam waktu yang singkat saja. Hal ini tentu sangat tidak baik bagi developer game tersebut.

Olah sebab itulah, agar para pemain tidak cepat merasa bosan, dilakukanlah perubahan-perubahan stats atau sering di sebut dengan buff dan nerf tadi.

Bahkan untuk beberapa game yang saat ini sudah mempunya popularitas tinggi, maka buff dan nerf adalah dua hal yang tidak akan bisa di pisahkan dari gamenya. Bisa di katakan, kalau hampir di setiap pembaharuan akan ada istilah dari kedua kata tadi.

Penutup

Untuk istilah buff dan nerf itu saya dapatkan pada saat baru hobi bermain game RPG Seven Knight, ada sekitar tahun 2015 lalu. Ketika itu, dua istilah ini masih tidak terlalu populer di kalangan penghobi game. Sebelum akhirnya muncul game-game MOBA mobile yang mempopulerkan kedua istilah ini.

Walaupun masih lebih sering kita temukan pada game RPG, sebenarnya sih bak istilah buff dan nerf itu bisa berlaku pada semua game. Misalnya saja game FPS seperti Valorant. Pada saat karakternya mengalami perubahan skill, ini bisa juga di sebut dengan istilah buff atau nerf.

Apakah dari kalian ada yang masih kurang jelas dan ingin bertanya tentang istilah buff atau nerf? Atau memiliki pertanyaan lain seputar istilah pada game yang belum di ketahui? Silakan tuliskan saja pertanyaan tersebut di kolom komentar yang sudah saya sediakan.

Sampa di sini dulu dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.