Apa Itu Snapchat

Mengenal Aplikasi Snapchat dan Fitur-fiturnya

Pengertian Snapchat – Untuk sekarang ini, aplikasi sosial media sudah ada cukup banyak. Di negara Indonesia sendiri, saat ini sudah ada beberapa aplikasi sosial media yang populer. Mulai dari semua kalangan, sampai aplikasi sosial media khusus untuk kalangan tertentu saja.

Nah, salah satu aplikasi sosial media yang saat ini cukup populer di Indonesia adalah Snapchat. Di mana aplikasi ini juga sudah bisa di pasang pada perangkat Android maupun iOS.

Meski sudah cukup terkenal, namun ternyata masih banyak yang belum tahu mengena aplikasi ini. Seperti apa kegunaanya, manfaatnya untuk apa dan fitur-fitur di dalamnya.

Jika rasa penasaran kalian semua seperti itu, maka saya akan menjelaskan mengenai aplikasi Snapchat secara lengkap di sini. Silakan kalian simak pembahasannya sampa akhir, agar tidak terjadi kesalahan dalam mencermati informasinya.

Apa Itu Snapchat?

Snapchat adalah salah satu aplikasi sosial media yang bisa di katakan mirib dengan Instagram, Telegram atau WhatsApp. Di dalam aplikasi tersebut, kita juga bisa saling mengirimkan media, berupa foto maupun video ke teman.

Kata Snapchat ini berasal dari kata snap “Tangkap” dan chat “Obrolah”, jika kita gabungkan akan mempunyai arti “Obrolan yang isinya tangkapan foto maupun video”.

Selain bisa di gunakan untuk berbagi foto maupun video, di dalam aplikasi ini kita juga bisa mengirimkan sebuah pesan teks seperti biasa. Di sini termasuk juga untuk sticker serta melakukan panggilan ke orang lain yang menggunakan Snapchat.

Meski sistemnya hampir sama dengan aplikasi sosial media lainnya, namun Snapchat mempunya satu perbedaan yang cukup mencolok. Yang mana semua media yang sudah kita kirimkan akan terhapus secara otomatis oleh sistem aplikasinya. Sehingga media tersebut tidak akan tersimpan pada perangkat yang kita gunakan.

Aplikasi Snapchat pertama kali di rilis pada bukan September 2011. Dan saat ini sudah mempunya banyak pengguna aktif serta menjadi salah satu aplikasi sosial media yang cukup populer.

Fitur-Fitur Didalam Snapchat

Seperti halnya aplikasi sosial media lainnya, di mana Snapchat tentu juga mempunyai beberapa fitur di dalamnya. Karena tanpa adanya fitur-fitur di dalamnya, sudah pasti tidak akan pernah bisa membuat aplikasi ini populer dan mempunyai ratusan juta pengguna aktif.

Bila kalian penasaran dengan fitur-fiturnya, berikut akan saya jelaskan.

1. Filter Dengan AR (Augmented Reality)

Salah satu fitur unik yang ada di dalam aplikasi Snapchat adalah dukungan fitur AR ( Augmented Reality ).

Fitur ini memiliki bentu filter dan nantinya bisa kita gunakan untuk banyak hal di dalam aplikasinya. Misalnya saja untuk keperluan menambahkan efek pada objek tertentu, memunculkan suatu benda tertentu sampai mengubah bentu suatu objek juga bisa.

Setiap tahunnya, fitur AR ini terus di kembangkan. Sehingga dari waktu ke waktu, fitur AR terus memunculkan fungsi-fungsi menarik lainnya. Yang pastinya akan membuat para penggunanya merasa puas dengan fungsi dari fitur AR ini.

2. Lens Learning

Selain sudah di bekali dengan fitur AR, aplikasi Snapchat juga sudah di lengkapi dengan machine learning dengan basis AI. Dan fitur ini memiliki nama Lens Learning. Dengan adanya fitur AI ini, aplikasi Snapchat bisa dengan mudah mendeteksi lebih dari 1000 objek.

Mula dari benda, lagu sampa dengan tanaman pun bisa di deteksi. Baiknya lagi, sekarang ini fitur Lens Learning juga sudah mendukung bahasa Indonesia.

3. Membuat Bitmoji Sendiri

Untuk kalian yang mungkin belum tahu kalau Bitmoji sendiri merupakan emoticon yang bisa kita gunakan pada avatar profil akun Snapchat. Selain bitmoji yang sudah di sediakan oleh aplikasi, kita sendiri juga bisa membuatnya agar terlihat original.

Sama seperti membuat stiker di Telegram, aplikasi Snapchat juga memungkinkan penggunanya untuk membuat emoticon sendiri. Hanya saja cara atau proses dan hasilnya akan sedikit berbeda, ya.

Cara kerjanya juga lebih simpel, di mana aplikasi Snapchat akan mendeteksi wajah kalian terlebih dahulu. Setelah itu akan di sesuakan lagi bentuk wajah, pakaian dan aksesoris yang ada pada bitmoji. Untuk hasil bitmoji yang kita buat akan tersimpan di dalam perangkat.

4. Cameo Stickers

Cameo Stickers merupakan salah satu fitur yang memungkinkan penggunanya untuk bisa membuat stiker menggunakan wajah sendiri. Namun bukan hanya satu atau dua stiker saja, tapi kita bisa membuat banyak stiker dengan wajah sendiri memaka fitur Cameo Stickers.

Nah, stiker yang sudah berhasil di buat nantinya bisa kita kirimkan ke teman melalui obrolan seperti biasa.

Karena langkah-langkahnya agak panjang, khusus untuk membuat stiker ini akan saya jelaskan di pembahasan berikutnya saja.

5. Bermain Game

Masih sama seperti Telegram, yang mana kita bisa bermain game di Telegram tanpa harus menginstal aplikasi lain, dan ini juga bisa di lakukan dalam aplikasi Snapchat. Menariknya lagi, kita juga bisa mengajak orang lain untuk bermain game bersama-sama.

Pilihan game yang bisa kita mankan di dalam aplikasi juga cukup banyak dan beragam tema. Mulai dari tema mini-games, puzzle dan game-game menarik lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Snapchat

Kelebihan dan Kekurangan Snapchat

Masih sama dengan aplikasi-aplikasi sosial media yang lainnya, di mana Snapchat juga mempunya beberapa kelebihan maupun kekurangan di dalamnya. Hanya saja, kelebihan dan kekurangan di masing-masing aplikasi itu berbeda-beda, ya.

Apabila kalian ingin tahu lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan Snapchat, maka bisa mengetahuinya di bawah ini.

1. Kelebihan Snapchat

  • Mempunya fitur avatar.
  • Mampu membuat stiker sendiri dan bisa di gunakan untuk mengobrol dengan orang lain.
  • Bisa berman game dan mengajak teman untuk ikut berman bersama.
  • Memiliki fitur Augmented Reality dan Machine Learning yang masih jarang ada di aplikasi lain yang serupa.
  • Tidak membebani ruang penyimpanan pada HP, karena media (foto atau video) tidak akan tersimpan pada perangkat.
  • Konten yang di lihat adalah konten terbaru secara langsung.

2. Kekurangan Snapchat

  • Semua foto dan video yang di bagikan tidak bisa tersimpan pada perangkat (kecuali di screenshoot).
  • Batas waktu hanya 10 detik, sehingga kita harus memiliki fokus lebih agar bisa menikmati video. Artinya akan sangat sulit untuk menjalankan aplikasi Snapchat dengan aplikasi lainnya.
  • Penyebaran dan pencarian konten masih tergolong sempit.
  • Cukup menguras daya baterai HP.

Penutup

Untuk penjelasan di atas tadi itu hanya baru sebagian saja, karena masih ada banyak lagi pembahasan lain yang menarik dari aplikasi Snapchat. Atau agar kalian bisa lebih mudah memahami dan mengenal fitur-fitur yang ada di dalamnya, silakan install saja aplikasinya.

Sama seperti pembahasan-pembahasan lainnya, jika ada yang masih kurang jelas atau ada yang ingin kalian tanyakan, silakan tuliskan saja di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.