Cara Menghapus Akun Snapchat

Cara Menghapus Akun Snapchat

Cara Menghapus Akun Snapchat – Sama seperti aplikasi yang lainnya, di mana Snapchat juga mengharuskan penggunanya untuk membuat sebuah akun terlebih dahulu jika ingin menggunakan semua fitur yang ada di dalamnya.

Namun untuk pembahasan kali ini, saya tidak akan menjelaskan cara membuat akun Snapchat, melainkan cara menghapusnya. Karena ketika kita sudah merasa bosan menggunakan aplikasi Snapchat, maka kita juga bisa menghapus akun yang sudah di buat.

Untuk caranya tentu tidak susah, karena saya rasa langkah-langkahnya sama seperti menghapus akun Telegram atau aplikasi serupa lainnya. Selain itu, pengaturan hapus akun ini juga memang sudah di sediakan langsung oleh pihak Snapchat.

Jika saat ini kalian memang sedang berencana untuk menghapus akun Snapchat pribadi, maka bisa mengikuti tutorial lengkapnya di bawah ini.

Penting Sebelum Menghapus Akun Snapchat

Semua aplikasi sosial media yang mewajibkan penggunanya untuk membuat sebuah akun, sudah pasti menyimpan data pribadi dari penggunanya itu sendiri. Hal ini juga termasuk aplikasi Snapchat.

Di dalam situs resmi Snapchat juga sudah di jelaskan, ketika akun Snapchat yang di gunakan sudah nonaktif, maka semua teman yang di miliki tidak akan pernah bisa menghubunginya kembali.

Selain itu, semua data yang sudah tersimpan pada akun Snapchat juga akan terhapus secara otomatis setelah akun berhasil di nonaktifkan. Untuk data-data yang akan hilang, seperti:

  1. Data media, seperti foto, video dan lainnya akan terhapus permanen.
  2. Semua pengaturan akun yang sudah di buat akan hilang.
  3. Lokasi yang sudah di tetapkan pada akun Snapchat akan hilang.
  4. Filter yang tersimpan pada akun juga akan hilang.
  5. Serta data lain yang berhubungan dengan akun Snapchat.

Walaupun data akun akan hilang setelah berhasil di hapus, Snapchat sebenarnya juga menyediakan opsi untuk membackup data-data penting yang di miliki. Jadi, jika kalian tidak ingin kehilangan data-data penting setelah menghapus akun Snapchat, maka saya sarankan untuk membakcup terlebih dahulu.

Cara Menghapus Akun Snapchat Permanen

Jika kalian berencana untuk menghapus akun Snapchat yang di miliki, maka persiapkan dulu browser pada perangkat yang di gunakan. Karena menghapus akun Snapchat itu hanya bisa kita lakukan melalui situs resminya saja.

Caranya kalian tinggal masuk atau login ke akun Snapchat yang di miliki pada situs resmi Snapchat, kemudian tinggal mencari menu Hapus Akun. Setelah itu, lakukan konfirmasi penghapusan akun. Maka nanti akun Snapchat kalian akan terhapus secara otomatis.

Singkatnya akan seperti itu, namun jika kalian ingin lebih jelas lagi, maka akan saya jelaskan di bawah.

1. Masuk ke Akun Snapchat

Langkah pertama, silakan kalian persiapkan browser pada perangkat yang akan di gunakan. Bisa memakai browser Chrome atau bisa juga Mozilla Firefox.

Lalu silakan kalian kunjungi halaman resmi Snapchat untuk bisa membuka halaman login akun. Jika sudah terbuka, masukan username dan password akun Snapchat kalian agar bisa masuk tahap berikutnya.

2. Masukan Kode Verifikasi

Sebelum bisa login akun Snapchat, biasanya kita akan di haruskan untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu. Caranya dengan membuka kode verifikasi yang telah di kirimkan oleh pihak Snapchat ke nomor telepon yang telah kita daftarkan sebelumnya.

Silakan kalian periksa pesan kotak masuk ke nomor yang sudah di daftarkan. Nanti kode verifikasi dari Snapchat akan ada di dalam pesan tersebut, catat kodenya dan masukan ke kolom yang sudah di sediakan di dalam situs. Apabila sudah, silakan klik opsi Kirim untuk lanjut ke tahapan selanjutnya.

3. Ketuk Menu Hapus Akun Saya

Di tahap ini kita akan di arahkan ke sebuah halaman akun Snapchat. Penting untuk kalian ketahui, kalau pada dasarnya halaman ini bukan untuk keperluan menggunakan Snapchat, ya. Karena tepatnya itu, halaman ini berguna untuk mengelola akun Snapchat saja.

Pada halaman pengaturan akun Snapchat, kita akan melihat beberapa opsi di dalamnya, seperti Pengelola Iklan, Snapcode, Ubah Kata Sandi, Membuka Kunci Akun dan lainnya. Namun di sini kalian bisa memilih opsi Hapus Akun Saya.

4. Konfirmasi Hapus Akun Snapchat

Sebelum akun Snapchat bisa kita hapus, kita di haruskan melakukan konfirmasi terlebih dahulu. Selain itu, di sini kita juga akan melihat sebuah catatan mengenai penghapusan akun, isinya seperti yang sudah saya jelaskan tadi.

Cara melakukan konfirmasi, silakan isikan username dan password akun Snapchat di kolom yang sudah tersedia. Setelah itu, klik saja menu Lanjutkan.

5. Tunggu Proses Hapus Akun

Setelah tahapan tad sudah selesai, maka secara otomatis Snapchat akan masuk ke proses penghapusan akun. Tidak hanya itu, pada proses ini, secara otomatis akun yang ada di dalamnya akan di nonaktifkan oleh pihak Snapchat.

Proses penghapusan akun akan memakan waktu selama 30 hari dari awal menghapusnya. Jika sudah melewati 30 hari, maka secara otomatis akun Snapchat tidak akan aktif lagi atau terhapus secara permanen.

Jika kalian berbah fikiran dan ingin membatalkan prosesnya, sebelum rentang waktu 30 hari yang di berikan, kalian bisa login ke akun Snapchat. Nanti akan akan kembali aktif dan bisa kalian gunakan seperti biasanya lagi.

Cara Menghapus Akun Snapchat Sementara

Cara Menghapus Akun Snapchat Sementara

Dengan langkah-langkah di atas saja, akun Snapchat kalian sudah berhasil di nonaktifkan sementara selama 30 hari sebelum benar-benar terhapus permanen. Hanya saja, mungkin beberapa dari kalian tidak ingin ribet dan hanya ingin menghapus akun sementara saja, maka cara selanjutnya ini mungkin bisa di coba.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama silakan buka Pengaturan pada HP.
  • Kemudian klik menu Aplikasi.
  • Lanjut pilih Daftar Aplikasi.
  • Sekarang cari aplikasi Snapchat.
  • Jika sudah, langsung klik aplikasinya.
  • Kemudian pilih Bongkar.
  • Selesai, deh.

Cara ini memang jauh lebih simpel dari sebelumnya, hanya saja akun Snapchat kalian masih bisa di akses pada perangkat lain.

Penutup

Mungkin sekian dulu pembahasan tentang cara menghapus akun Snapchat. Perlu kalian ingat lagi, kalau penghapusan ini sifatnya itu permanen, ya. Tapi jika sudah melewati batasa waktu yang di berikan, yakni 30 hari. Bila sudah melewati batas waktu tersebut, secara otomatis akun akan terhapus permanen dan tidak bisa di pulihkan kembali.

Oleh sebab itu, silakan pertimbangkan bak-bak dulu. Tapi jika sudah terlanjur melakukan proses hapus akun, silakan login saja dalam rentang waktu sebelum 30 hari berakhir.

Jika mengalami kendala atau ada hal penting yang ingin kalian tanyakan, silakan tuliskan saja di kolom komentar yang sudah saya siapkan di bawah.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.