Update! 12 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP, Dijamin Berhasil

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus РBagi sebagian orang pastinya akan merasa panik dan khawatir saat tidak sengaja menghapus foto penting yang ada didalam ponsel Android. Apalagi biasanya foto di ponsel Android akan terhapus secara langsung tanpa perlu masuk terlebih dahulu kedalam menu recycle bin seperti yang ada pada perangkat PC atau Laptop.

Meski sebagian dari orang sering beranggapan kalau foto yang sudah terhapus di HP itu akan sulit untuk bisa di kembalikan lagi, tapi sebenarnya itu tidak selamanya benar. Sebab cara mengembalikan foto yang terhapus pada hp Android itu tidaklah mustahil untuk kita lakukan, pasalnya saat sebuah foto itu terhapus, sebenarnya foto tersebut masih belum benar-benar terhapus lho.

Hal ini dikarenakan smartphone terbaru saat ini memiliki semacam fitur yang akan menyimpan semua file media yang sudah terhapus kedalam sebuah folder didalam ponsel. Tapi, yang jadi masalahnya itu, folder ini tidak bisa kalian lihat begitu saja.

Namun kalian tidak perlu khawatir dengan masalah tersebut, karena dalam artikel ini admin akan membagikan kalian sebuah cara mengembalikan foto yang terhapus lama di hp Android dengan mudah dan pastinya tidak perlu melakukan rooting.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Tanpa Aplikasi

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Tanpa Aplikasi

Bagi kalian yang mungkin tidak memiliki cukup ruang penyimpanan didalam ponsel untuk menginstal aplikasi pihak ketiga dalam membantu mengembalikan foto yang sudah terhapus, maka kalian bisa mencoba cara yang pertama ini.

Dalam tips ini, admin membaginya menjadi dua jenis cara yang mungkin dapat kalian coba lakukan dirumah. Berikut adalah 2 cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Android tanpa aplikasi tambahan.

1. Menggunakan File Sampah

Untuk cara yang pertama ini kalian juga bisa mengambalikan semua foto yang terhapus tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Tapi sebelum itu kalian juga wajib tahu, kalau cara ini tidak tersedia di semua ponsel Android dan hanya tersedia di smartphone tertentu saja.

Meski begitu, kalian masih bisa mencoba memeriksa apakah ponsel yang kalian gunakan itu memungkinkan untuk menggunakan cara ini atau tidak. Kalau begitu, langsung saja kita coba caranya dibawah ini:

  • Langkah pertama kalian bisa membuka aplikasi “Galeri” yang ada didalam ponsel.
  • Kemudian pada tampilan utama kalian cari icon “Titik Tiga” yang biasanya ada di pojok kanan atas.
  • Berikutnya kalian cari lagi opsi “File Sampah“.
  • Didalam menu ini kalian akan melihat semua foto yang pernah dihapus sebelumnya dan kalian bisa memilih beberapa foto yang mau dikembalikan.
  • Jika sudah, langsung pilih opsi “Pulihkan“.

Selesai dan semua foto yang sudah terhapus tadi telah kembali kedalam galeri ponsel kalian. Namun untuk cara ini mempunyai batasan foto yang bisa kalian pulihkan, karena jika sudah lewat dari 15 hari, sistem akan secara otomatis menghapus foto tersebut secara permanen.

2. Memakai Bantuan PC

Jika ponsel kalian tidak memiliki fitur seperti yang admin sebutkan diatas, maka jangan bersedih karena kalian juga masih bisa mengembalikan foto yang sudah terhapus dengan menggunakan PC atau Laptop.

Cara ini juga tidak terlalu sulit untuk kalian lakukan dirumah, karena kalian hanya memerlukan peralatan seperti PC atau Laptop, kabel USB, Sofware Recuva dan yang paling penting adalah ponsel.

Jika semua perlengkapan tadi sudah siap, maka kalian bisa mengikuti cara mengembalikan foto yang terhapus dengan PC dibawah ini:

  • Tahap pertama kalian bisa menginstal Sofrware bernama “Recuva” pada PC atau Laptop yang akan kalian gunakan.
  • Lakukan proses instalasi sampai benar-benar selesai dan bisa digunakan.
  • Setelah itu kalian tinggal menghubungkan ponsel dengan PC atau Laptop menggunakan kabel USB.
  • Jalankan Sofware yang kalian instal tadi di PC.
  • Dalam sofware ini kalian akan melihat seluruh file yang ada didalam ponsel kalian dan kalian dapat memilih beberapa file yang hendak di pulihkan.
  • Berikutnya jangan lupa juga untuk memilih lokasi penyimpanan.
  • Apabila kalian tidak menemukan file yang dicari, maka bisa mencentang menu Enable Deep Scan.
  • Setelah itu kalian klik menu “Start” untuk mencari file yang tersembunyi lebih mendalam.
  • Apabila file yang kalian cari udah di temukan, maka centang file tersebut kemudian klik kanan dan pilih menu “Recover Checked“.
  • Selanjutnya kalian hanya perlu menentukan lokasi penyimpanan didalam ponsel dan klik “OK“.

Maka selamat, foto yang sebelum tidak sengaja terhapus kini sudah kembali lagi dan bisa kalian temukan didalam galeri. Selain itu, cara ini juga terbukti cukup ampuh untuk mengembalikan foto yang sudah terhapus lama pada ponsel kalian.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Dengan Aplikasi

Jika pada tahap pertama kalian sudah melihat sebuah cara mengembalikan foto yang terhapus tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga, maka untuk selanjutnya admin juga akan membagikan kepada kalian beberapa aplikasi yang bisa membantu untuk mengembalikan foto yang sudah terhapus lama di ponsel Android.

Dalam pembahasan ini, admin sudah menyiapkan 10 daftar aplikasi yang dapat membantu kalian untuk mengembalikan foto yang sudah lama terhapus. Apa saja itu? Yuk, kita lihat daftarnya dibawah ini:

1. Menggunakan Aplikasi Dumpster

Aplikasi pertama yang mungkin bisa kalian gunakan untuk mengembalikan foto yang tidak sengaja terhapus adalah Dumpster. Dumpster adalah salah satu aplikasi yang menawarkan sebuah fitur untuk mengembalikan semua foto-foto yang telah terhapus sebelumnya.

Dumpster akan menjadi aplikasi layaknya cloud strorage, karena aplikasi ini akan menyimpan semua foto yang kalian miliki didalam ponsel. Proses penyimpanannya juga berlangsung otomatis dan kalian tidak perlu melakukannya dengan manual lagi.

Untuk masalah keamanan, Dumpster menjamin keamanan yang terbaik kepada semua penggunanya terhadap foto yang disimpan didalamnya. Jadi, kalian tidak perlu khawatir kalau nanti semua foto-foto yang kalian simpan dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Apabila kalian berminat untuk menggunakan aplikasi ini, maka bisa menginstalnya didalam Google Play Store yang ada pada ponsel Android dengan mengetikan nama aplikasi Dumpster.

2. Memakai Aplikasi DiskDigger Photo Recovery

Selain yang pertama tadi, kalian juga bisa mencoba menggunakan aplikasi yang satu ini untuk membantu mengembalikan foto yang terhapus pada ponsel Android. Aplikasi yang kedua ini bernama DiskDigger Photo Recovery.

DiskDigger Photo Recovery juga merupakan salah satu aplikasi yang memiliki fitur tidak jauh berbeda dengan aplikasi yang pertama, selain itu sistem kerja dari aplikasi ini adalah untuk melakukan restore pada foto yang sudah terhapus sebelumnya.

Untuk menggunakan semua fitur yang ada didalam aplikasi ini, ponsel kalian juga tidak peru di root. Namun sebaliknya jika ponsel kalian di root maka aplikasi tersebut tidak akan bisa berjalan dengan baik pada smartphone kalian.

Jadi jika kalian berminat untuk menggunakan aplikasi ini, maka bisa mengunduhnya lewat google play store yang sudah tersedia didalam ponsel kalian. Atau kalian juga bisa menguduhnya lewat link ini.

3. Melalui Aplikasi DigDeep Image Recovery

Cara mengembalikan foto yang terhapus lama di Android yang ketiga itu kalian bisa menggunakan aplikasi yang bernama DigDeep Image Recovery. Hal ini dikarenakan pihak pengembang aplikasi ini menjamin kalau penggunanya bisa melakukan restore semua foto yang sudah dihapus lama dari memori internal maupun juga dengan memori eksternal.

Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga sangat mudah dan simpel untuk kita gunakan dan yang tidak kalah pentingnya, aplikasi ini bisa digunakan hampir pada semua ponsel Android.

Dalam mengoperasikan aplikasi ini, kalian hanya perlu masuk kedalam Digdeep Image Recovery dan secara otomatis akan melakukan scanning pada ruang penyimpanan yang ada didalam ponsel kalian.

Bagi kalian yang mungkin berminat untuk menggunakan aplikasi ini, maka masih sama dengan deretan aplikasi diatas. Kalian bisa mengunduhnya melalui google play store dengan mengetikan kata kunci DigDeep Image Recovery.

4. Dengan Aplikasi Deleted Photo Recovery Free

Untuk saat ini memang hampir semua aplikasi restore di Android itu berbayar, tapi berbeda dengan salah satu aplikasi yang berikut ini. Yup, ini adalah aplikasi restore untuk Android yang bernama Deleted Photo Recovery Free.

Pihak developernya sendiri mengklaim kalau aplikasi buatannya ini mampu untuk membantu penggunanya dalam mengembalikan foto yang sudah terhapus dari memori internal maupun eksternal. Hal ini juga dikarenakan kerja dari aplikasi ini adalah mencari dan juga memindai semua foto yang terhapus dan akan mengembalikannya seperti semula.

Selain gratis, aplikasi ini juga sangat mudah dan gampang untuk kalian gunakan. Tidak hanya itu saja, aplikasi Deleted Photo Recovery Free juga sangat ringan dan mampu untuk berjalan dengan baik di setiap ponsel Android.

Jadi, apabila kalian berminat untuk menggunakan aplikasi yang satu ini maka bisa langsung menguduhnya disini.

5. Mengembalikan Foto yang Terhapus Dengan Restore Image

Selain menggunakan aplikasi diatas, cara mengembalikan foto yang terhapus lama di hp Android dengan cepat dan akurat juga bisa kalian lakukan dengan memanfaatkan aplikasi bernama Restore Image.

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi pihak ketiga yang mampu untuk membantu penggunanya dalam mengembalikan foto yang terhapus secara tidak sengaja. Selain itu cara kerja dari aplikasi ini juga tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya.

Selain tidak perlu melakukan rooting pada ponsel, kalian juga perlu meragukan keamanan yang diberikan oleh aplikasi ini. Nah, jika kalian berminat untuk memakai aplikasi ini, maka bisa menguduhnya didalam play store atau bisa juga lewat link ini.

6. Menggunakan Aplikasi Photo Recovery Workshop

Aplikasi selanjutnya yang bisa membantu kalian untuk mengembalikan foto yang sudah terhapus di ponsel Android adalah Photo Recovery Workshop. Dimana kalian dapat menggunakan bantuan aplikasi ini untuk memulihkan semua foto yang pernah terhapus seblumnya dengan lebih mudah.

Format foto yang bisa dipulihkan oleh aplikasi ini juga terbilang banyak seperti JPEG, PNG, TIFF, GIF, BMP, JPG, TIF dan tidak ketinggalan juga bisa mengambalikan video yang hilang dari ruang penyimpanan ponsel.

Masih tidak jauh berbeda dengan beberapa aplikasi yang sudah admin hadirkan diatas, dimana Photo Recovery Workshop ini juga bisa kalian unduh melalui Google Play Store atau bisa juga disini.

7. Memakai Aplikasi Deleted Image Recovery

Untuk cara mengembalikan foto yang terhapus di ponsel Android yang aman selanjutnya ini kalian bisa menggunakan sebuah aplikasi pihak ketiga yang bernama Deleted Image Recovery.

Aplikasi yang bernama Deleted Image Recovery ini adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Great Stuff Apps. Dimana aplikasi tersebut mampu untuk memulihkan semua foto yang pernah terhapus sebelumnya dengan lebih mudah dan pastinya lebih simpel.

Deleted Image Recovery juga mampu untuk memulihkan foto yang terhapus dengan format JPG, JPEG, dan PNG. Selain itu, aplikasi ini juga masih sama dengan deretan aplikasi diatas yang dimana penggunannya tidak perlu melakukan rooting untuk bisa memakainya dengan lancar.

Nah, jika kalian berminat dan ingin menggunakan aplikasi ini untuk membantu memulihkan semua foto yang tidak sengaja terhapus maka bisa mengunduh aplikasi ini disini.

8. Memulihkan Foto yang Terhapus Dengan Aplikasi Photo Recovery

Sebuah aplikasi yang bisa membantu kalian dalam memulihkan foto yang tidak sengaja terhapus adalah Photo Recovery. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang mungkin tidak jauh berbeda dengan beberapa aplikasi yang sudah admin sebutkan diatas. Serta Photo Recovery juga sangat mudah dan gampang sekali untuk kalian operasikan.

Tidak hanya itu, pihak pengembangnya juga mengklaim kalau aplikasi ini mampu mengembalikan semua foto yang terhapus dengan lebih baik. Hal ini dikarenakan aplikasi ini mampu melakukan scanning pada ruang penyimpanan didalam ponsel dengan lebih mendalam.

Jadi kalian akan lebih mudah menemukan semua foto yang terhapus dari galeri ponsel. Nah, jika kalian penasaran dan ingin menggunakan aplikasi ini maka bisa mengunduhnya melalui play store yang ada didalam ponsel atau bisa juga lewat link ini.

9. Melalui Aplikasi Deleted Photo Recovery – Abdelrahman M. Sid

Aplikasi yang bernama Deleted Photo Recovery ini didirikan oleh Abdelrahman M.Sid yang mempunyai fungsi untuk mengembalikan sebuah foto yang terhapus sebelumnya. Namun ada beberapa fitur yang membedakan aplikasi ini dari beberapa aplikasi diatas, yaitu fitur bin yang dapat membantu kalian mencari foto dengan lebih cepat dan akurat.

Kalian juga bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah serta simpel, serta tidak membutuhkan rooting pastinya. Nah, untuk kalian yang mungkin saja berminat menggunakan aplikasi yang satu ini maka bisa mengunduhnya di google play store yang ada pada ponsel atau bisa bisa juga disini.

10. Mengembalikan Foto yang Sudah Lama Terhapus Dengan Deleted Photo Recovery

Nama aplikasi yang selanjutnya ini memang mirib dengan aplikasi diatas tadi, tapi yang membedakannya adalah pengembangnya. Dimana aplikasi ini dikembangkan oleh Great Stuff Apps yang juga mengembangkan aplikasi sebelumnya.

Didalam aplikasi ini kalian juga bisa menemukan beberapa fitur yang akan membantu dalam proses mengembalikan semua foto yang sudah terhapus sebelumnya dengan lebih cepat dan pastinya lebih mudah.

Kalian hanya perlu menginstal aplikasi ini dan membukanya saja, maka secara otomatis Deleted Photo Recovery akan melakukan scanning pada ruang penyimpanan yang ada didalam ponsel kalian. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga tidak membutuhkan rooting untuk bisa berjalan dengan lancar pada ponsel Android.

Apabila dari kalian ada yang berminat untuk menggunakan aplikasi ini, maka bisa mengunduhnya melalui link ini.

Penutup

Dari semua aplikasi yang admin sebutkan diatas, memang tidak semuanya gratis karena ada beberapa yang mewajibkan kalian untuk membayar agar bisa menggunakan semua fitur pada aplikasi tersebut. Tapi jika memang foto yang kalian hapus itu sangat penting, maka mengeluarkan sedikit uang untuk membeli aplikasi tersebut tidaklah seberapa dibandingkan dengan kenangan yang ada pada foto kalian yang hilang itu.

Namun dari pengalaman admin sendiri, cara mengembalikan foto yang terhapus lama di Android itu lebih ampuh menggunakan perangkat PC atau laptop. Hal ini dikarenakan sofware yang sudah admin sebutkan diatas tadi, mampu untuk mengembalikan semua foto yang terhapus lama dengan lebih cepat serta akurat.

Nah, mungkin hanya itu saja sedikit ulasan yang dapat admin hadirkan untuk kalian hari ini mengenai cara mengembalikan foto yang terhapus lama di hp Android. Semoga bermanfaat dan jangan lupa nantikan informasi keren seputar gadget lainnya hanya di Kampung Gadget.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.