Tri Tidak Bisa Menerima SMS

Tri Tidak Bisa Menerima SMS

Tri Tidak Bisa Menerima SMS – Tri merupakan salah satu operator seluler terpopuler yang ada di Indonesia. Kenapa? Karena provider Tri selalu menghadirkan promo-promo menarik setiap harinya, mulai dari kuota internet, telpon sampai promo SMS.

Selain itu, Tri juga terkenal dengan layanannya yang cukup baik di hampir semua daerah yang ada di Indonesia. Walaupun begitu, bukan berarti juga kalau provider Tri tidak pernah mengalami masalah atau gangguan.

Nah, belakangan ini ada beberapa pengguna Tri yang mengalami masalah. Yaitu kartu Tri yang mereka gunakan tidak bisa menerima SMS dari sesama maupun operator lain.

Kondisi seperti ini juga pernah terjadi pada saya dan masalahnya itu sering terjadi berulang-ulang. Walaupun bisa teratasi dengan sendirinya, tapi tetap saja membuat kita terganggu. Apalagi kalau SMS yang kita nantikan itu sangat penting, pastinya bikin jengkel deh.

Oleh sebab itu, pada pembahasan kali ini saya ingin berbagi beberapa cara untuk mengatasi kartu Tri yang tidak bisa menerima SMS. Cara ini bisa kalian gunakan di ponsel Android apapun, seperti Samsung, Oppo, Vivo, Realme dan lainnya.

Cara Mengatasi Kartu Tri Tidak Bisa Menerima SMS

Pada dasarnya ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kartu Tri tidak dapat menerima SMS masuk. Seperti:

  • Gangguan pada layanan Tri.
  • Ada perbaikan.
  • Sistem pada HP error.
  • Dan masih banyak lagi.

Karena penyebabnya sangat beragam, maka tidak akan bisa kita atasi hanya dengan satu atau dua cara saja. Melainkan harus lebih dari itu, karena sangat sulit juga untuk mengetahui penyebab pasti dari masalah tersebut.

Berikut, ada beberapa cara yang sudah pernah saya coba ketika mengalami masalah Tri tidak dapat menerima SMS.

1. Pastikan Mengirim ke Nomor Tri yang Valid

Meski terdengar sederhana, namun kondisi ini bisa saja terjadi. Di mana orang sering salah dalam memasukan nomor ketika ingin mengirimkan sebuah SMS, sehingga pesan tersebut tidak pernah masuk ke nomor yang di tuju.

Nah, apabila kalian memang sedang menantikan SMS dari keluarga, teman atau orang yang di kenal. Cobalah untuk suruh mereka memeriksa kembali nomor Tri kalian lagi. Sapa tahu ada salah satu angka pada nomor Tri kalian yang tidak sesuai.


Baca Juga : Cara Menggunakan Kuota Streaming Tri


2. Mulai Ulang Ponsel

Seperti yang saya katakan tadi, kalau bisa saja masalah kartu Tri yang tidak bisa menerima SMS di sebabkan oleh error pada sistem HP. Terutama pada sistem yang berhubungan dengan SIM dan sinyal pada ponsel.

Solusi sederhana yang dapat kita lakukan ketika sistem pada HP error adalah dengan memulai ulang ponsel. Dengan begitu, error yang terjadi bisa di teratasi ketika HP kembali menyala.

Cara restart HP seperti ini:

  • Tekan dan tahan Tombol Power pada HP.
  • Kemudian pilih menu Matikan Daya.
  • Jika memungkinkan, lepaskan baterai HP.
  • Tunggu beberapa saat.
  • Lalu nyalakan kembali HP.
  • Selesai.

3. Pakai Fitur Airplane Mode

Cara mengatasi kartu Tri yang tidak bisa menerima SMS selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur airplane mode (mode pesawat).

Fitur mode pesawat ini dapat membuat jaringan yang tadinya bermasalah bisa di perbaiki kembali.

Caranya mudah sekali:

  1. Pertama aktifkan mode Pesawat.
  2. Lalu tunggu beberapa menit.
  3. Kemudian nonaktifkan kembali mode Pesawat.
  4. Selesai.

Langkah tadi juga bisa membantu apabila ada masalah pada sistem di HP, misalnya error.

4. Gunakan Kartu Tri Lain

Jika dengan fitur aiplane mode belum juga dapat mengatasi masalah kartu Tri yang tidak dapat menerima SMS. Maka kalian bisa mencoba melepaskan kemudian memasang kembali kartu SIM Tri.

Apabila masih belum bisa, coba ganti dengan kartu Tri lain. Namun jika tidak memungkinkan, bisa juga memasukkan kartu SIM Tri kalian ke ponsel lain.

Dengan begitu kita akan tahu, apa penyebab yang sebenarnya dari masalah ini, apakah dari SIM atau memang ada kerusakan pada ponsel.

5. Rubah Jaringan Tri ke 3G

Mungkin sudah sering saya jelaskan di beberapa artikel, kalau jaringan 4G itu memang mempunyai kecepatan internet yang lebih baik. Hanya saja jaringan 4G mempunyai sebuah kekurangan, yaitu tidak dapat di gunakan untuk melakukan panggilan telepon, mengirim ataupun menerima SMS.

Meski pengaturan jaringan bisa di atur otomatis sesuai dengan kebutuhan, namun bisa saja pengaturan itu berubah. Bisa karena kesalahan sistem HP atau bisa saja kita lupa pernah mengatur jaringan menjadi 4G only.

Untuk itu, cobalah periksa kembali pengaturan jaringan yang ada pada HP kalian. Caranya seperti berikut:

  • Buka Pengaturan pada HP.
  • Kemudian pilih Kartu SIM & Data Seluler.
  • Lalu pilih SIM yang menggunakan kartu Tri.
  • Geser ke bagian bawah, pilih Jenis Jaringan yang Disukai.
  • Lalu rubah ke 3G atau pilih 2G/3G/4G Otomatis.
  • Selesai.

Setelah pengaturan jaringan sudah di rubah, maka sekarang biasanya ponsel sudah bisa menerima SMS. Tapi jika ternyata masih belum, silakan coba cara selanjutnya.

6. Hapus Cache Aplikasi SMS

Selain masalah sistem, adanya error pada aplikasi SMS di HP juga bisa menjadi penyebab kartu Tri tidak bisa menerima SMS masuk.

Error yang terjadi bisa di sebabkan oleh bug atau file cache yang sudah menumpuk terlalu banyak. File cache pada aplikasi memang cukup berguna, tapi jika sudah menumpuk juga dapat menimbulkan banyak masalah.

Nah, di sini cobalah untuk membersihkan file cache yang ada di dalam aplikasi pesan. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama buka menu Pengaturan.
  2. Kemudian pilih Daftar Aplikasi.
  3. Maka akan muncul deretan aplikasi yang terpasang, pilih aplikasi Pesan.
  4. Lalu pilih opsi Hapus Cache.
  5. Kembali ke tampilan Home ponsel.
  6. Tekan dan tahan tombol Power.
  7. Pilih Mulai Ulang.
  8. Selesai.

Kenapa harus memulai ulang ponsel? Karena agar bisa membuat sistem di dalam HP kembali di reset atau di setel ulang.


Baca Juga : Cara Cek Pulsa Tri


7. Hapus Semua Pesan Pada Kontak Masuk

Ini sebenarnya merupakan tambahan dari cara sebelumnya, karena saya rasa cukup terkait. Yang mana ketika kalian selesai menghapus file cache pada aplikasi pesan, bisa di lanjutkan dengan membersihkan kota masuknya.

Mengapa? Karena setiap ponsel mempunyai batasan tersendiri terhadap jumlah penyimpanan internal. Ketika ruang penyimpanan internal penuh, maka bisa membuat beberapa masalah terjadi. Contohnya seperti SMS yang tidak bisa masuk ke HP.

Jadi, cobalah untuk selalu dan rutin membersihkan kotak masuk yang ada di aplikasi pesan.

8. Tunggu Beberapa Saat

Jika semua cara di atas sudah kalian terapkan, namun masalah kartu Tri tidak bisa menerima SMS belum juga teratasi. Maka kemungkinan besar, memang sedang ada gangguan dari operator Tri-nya.

Solusinya bagaimana? Ya, kalian bisa bersabar dan menunggu sampai jaringan dari Tri normal kembali.

Biasanya tidak membutuhkan waktu lama jika memang terjadi gangguan dari pusat. Umumnya hanya 15 sampai 30 menit saja jaringan sudah kembali normal.

Tapi jika lebih dari itu, kalian bisa langsung menghubungi customer service Tri untuk menanyakan perihal masalah jaringan.

9. Reset HP ke Pabrik

Haruskan kita me-reset HP ke pabrik untuk mengatasi masalah ini? Tidak, jika masalahnya memang di sebabkan oleh operator Tri, seperti gangguan layanan misalnya.

Tapi iya, apabila masalah ini di sebabkan karena adanya error pada sistem HP dan tidak bisa di atasi hanya dengan memulai ulang ponsel saja.

Opsi reset ke pabrik adalah solusi terakhir yang saya rasa cukup beresiko namun manfaatnya banyak. Kenapa beresiko, karena jika kita me-reset HP maka semua pengaturan dan data akan terhapus secara permanen.

Tapi itu masih bisa kalian cegah, caranya dengan melakukan backup data penting di Android. Dengan begitu, seluruh data penting yang kalian miliki akan aman.

Nah, untuk manfaatnya itu, performa HP akan kembali membaik serta error atau bug yang sebelumnya terjadi akan hilang.

Caranya mudah sekali:

  1. Pergi ke Pengaturan HP.
  2. Kemudian cari menu Pengaturan Tambahan.
  3. Geser ke bawah, pilih Cadangkan dan Reset.
  4. Lalu pilih Reset ke Setelan Pabrik.
  5. Terakhir tunggu sampai ponsel kembali menyala.
  6. Selesai.

Penting:

Kemungkinan di masing-masing ponsel Android memiliki cara reset yang berbeda-beda. Tapi dari pengalaman saya pribadi, hanya letak pengaturannya saja yang berbeda.

Penutup

Mungkin itu saja sedikit tutorial untuk mengatasi kartu Tri yang tidak bisa menerima SMS masuk. Kalian bisa memilih salah satu cara di atas, atau agar lebih bagusnya sih mengikuti step-stepnya sesuai dengan urutan.

Jika ada pertanyaan atau ada hal lain yang ingin kalian tanyakan, silakan tuliskan saja pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.