Cara Upgrade Kartu 3 ke 4G

Cara Upgrade Kartu 3 ke 4G

Cara Upgrade Kartu 3 ke 4G – Sekarang ini, tentunya sudah semua provider di Indonesia menyediakan jaringan 4G untuk penggunanya. Termasuk juga provider Tri yang akan kita bahas hari ini.

Jaringan internet 4G dari Tri juga sudah menyebar luas dan hampir semua wilayah di Indonesia bisa mendapatkannya. Terlepas dari itu, ternyata masih banyak pengguna Tri yang menggunakan jaringan 3G ketika mengakses internet.

Penyebabnya tentu beragam, mulai dari daerahnya yang tidak tercover layanan 4G sampai kartu SIM-nya yang belum support 4G.

Untuk pembahasan kali ini, kita berfokus ke masalah kartu SIM Tri yang belum support 4G. Meski pada dasarnya semua kartu SIM yang di sediakan oleh provider Tri sudah support 4G, tapi ternyata masih ada beberapa yang belum. Terutama untuk mereka pengguna kartu Tri lama, atau sebelum provider Tri menyediakan layanan 4G.

Lalu, bagaimana solusi agar pengguna kartu Tri lama bisa menikmati jaringan 4G? Caranya sangat mudah, kita hanya perlu melakukan upgrade kartu Tri yang di gunakan saja.

Selengkapnya akan saya jelaskan di bawah ini.

Cara Upgrade Kartu 3 ke 4G Tanpa ke 3Store

Seperti operator pada umumnya, ketika ingin melakukan upgrade kartu dari jaringan 3G ke 4G itu ada beberapa cara yang bisa di lakukan. Mulai dari mengganti kartu yang di gunakan sampai datang langsung ke store provider masing-masing.

Tapi khusus untuk pengguna kartu Tri, kita saat ini sudah bisa melakukan upgrade kartu SIM tanpa harus datang ke 3Store. Artinya, kita bisa melakukan upgrade kartu SIM dari 3G ke 4G di rumah dan tanpa harus takut kehilangan nomor yang digunakan.

Ingin mencobanya? Berikut langkah-langkahnya.

1. Dapatkan Kartu Upgrade

Pertama yang harus kalian lakukan adalah mendapatkan kartu upgrade khusus pengguna Tri. Untuk mendapatkannya, kalian bisa membelinya di toko offline ataupun online.

Umumnya harga kartu ini bervariasi, mulai dari Rp800 rupiah sampai ada juga yang di jual dengan harga 20 ribu rupiah.


Baca Juga : Cara Settings APN Tri


2. Catat Nomor CCID Pada Kartu

Setelah mendapatkan kartu Upgrade Tri, maka sekarang kalian bisa mencatat nomor CCID-nya.

Biasanya untuk nomor CCID dari kartu Upgrade bisa kalian lihat di bagian barcode yang ada di bawahnya. Jumlah nomor CCID adalah 20 angka tanpa ada penambahan huruf.

3. Buka Aplikasi Pesan

Langkah selanjutnya, kita akan mengirimkan sebuah pesan dengan format khusus untuk melakukan upgrade. Caranya seperti ini:

  • Buka aplikasi Pesan di HP.
  • Kemudian pilih Buat Pesan Baru.
  • Lalu ketikan format SIM(spasi)Nomor CCID.
  • Kirim ke 123.

4. Tunggu Balasan Dari Pihak Tri

Sekarang kalian bisa menunggu balasan dari pihak Tri, biasanya prosesnya tidak terlalu lama.

Nah, setelah memperoleh balasan dari pihak Tri, silakan kalian buka pesannya. Jika berisi informasi tentang proses upgrade dan kode aktivasi, maka segera balas OK untuk lanjut.

5. Matikan HP dan Ganti Kartu

Setelah membalas OK tadi, maka kita akan mendapatkan balasan kembali dari pihak Tri. Balasannya akan berisi perintah untuk mematikan ponsel dan mengganti kartu Tri lama dengan kartu Upgrade tadi.

Langsung saja kalian bisa mematikan ponsel seperti biasa, kemudian masukkan kartu Upgrade ke slot SIM di HP. Jika sudah, nyalakan kembali HP seperti biasa.

6. Masukkan Kode Aktivasi

Ketika HP sudah menyala kembali, kalian akan langsung mendapatkan SMS yang meminta kita untuk memasukkan kode rahasia.

Kode rahasia ini bisa kalian lihat di pesan sebelumnya yang di kirim oleh pihak Tri. Masukkan kode rahasia dengan cara:

  1. Membalas pesan tersebut.
  2. Lalu mengetikkan format CODE(spasi)Kode Rahasia.
  3. Terakhir klik Kirim.
  4. Selesai.

7. Kartu Tri Berhasil di Upgrade

Jika berhasil, kalian akan memperoleh sebuah pesan dari pihak Tri. Pesan ini berisikan informasi konfirmasi proses upgrade kartu Tri dari 3G ke 4G terlah berhasil.

Selamat, kini kartu Tri kalian sudah 4G.


Baca Juga : Cara Cek Umur Kartu Tri


Cara Upgrade Kartu 3 ke 4G Melalui 3Store

Cara Upgrade Kartu 3 ke 4G Melalui 3Store

Apabila kalian tidak ingin repot saat ingin melakukan upgrade kartu Tri 3G ke 4G, maka bisa menggunakan cara ini. Karena di sini kalian tidak perlu capek-capek lagi untuk melakukan pengaturan seperti tadi, karena semuanya akan di lakukan oleh Customer Service Tri.

Silakan kalian bisa data langsung ke 3Store untuk melakukan penggantian kartu 3. Prosesnya juga cepat dan kalian hanya perlu duduk manis menunggu CS menyelesaikan proses upgrade-nya.

Oh ya, jangan lupa juga untuk menyiapkan KTP dan data lain yang kalian pakai saat mendaftar pertama kali di kartu Tri sebelumnya. Ini agar proses upgrade kartu Tri kalian bisa berjalan dengan lancar.

Penutup

Mungkin itu saja pembahasan yang dapat saya sajikan hari ini tentang cara upgrade kartu 3 ke 4G secara mandiri ataupun datang ke 3Store. Saya berharap dengan pembahasan di atas itu bisa membantu kalian semuanya yang memang sedang membutuhkan.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.