14 Cara Mengatasi Facebook Terhenti Pada HP Android Terbaru

Cara Mengatasi Facebook Terhenti Pada HP Android

Cara Mengatasi Facebook Terhenti – Facebook adalah salah satu aplikasi sosial media yang sudah ada sejak lama serta paling banyak mempunyai pengguna aktif. Hal ini dikarenakan hampir semua orang bisa menggunakan aplikasi facebook di ponselnya, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa sampai orang tua pun bisa menggunakan facebook dengan lancar.

Hingga saat ini, facebook sering digunakan sebagai tempat berbagi informasi seputar kejadian-kejadian yang terjadi setiap hari di seluruh belahan dunia termasuk juga di Indonesia.

Facebook juga dikenal mempunyai beragam fitur terbaru yang berguna untuk seluruh aktivitas penggunanya dan membuat aplikasi ini lebih digandrungi oleh banyak orang-orang yang ada didunia selain aplikasi Instagram.

Tapi seiring berjalannya waktu, banyak pengguna facebook yang mulai mengeluhkan sebuah masalah yang sering mereka alami. Salah satu masalah yang sering mereka alami saat ini adalah notifikasi “Sayangnya facebook telah berhenti”.

Saat notifikasi tersebut muncul, dapat dipastikan kita tidak akan bisa membuka ataupun menggunakan aplikasi facebook lagi. Lalu bagaimana cara mengatasi facebook terhenti di hp Android? Yuk, kita intip informasinya dibawah ini.

Penyebab Facebook Force Close di HP Android

Penyebab Facebook Force Close di HP Android

Sebelum kita mencari tahu bagaimana cara mengatasi facebook terhenti di ponsel Android, ada baiknya kita lihat dulu apa yang biasanya menjadi penyebab aplikasi facebook mengalami masalah tersebut. Karena dengan mengetahui penyebabnya, kita akan lebih mudah untuk mengatasinya.

Aplikasi facebook yang terhenti tiba-tiba atau sering juga disebut force close ini dapat disebabkan oleh beberapa hal sederhana yang sering tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Hal sederhana tersebut adalah sebagai berikut:

1. Ruang Penyimpanan Penuh

Ruang penyimpanan yang penuh tidak hanya akan membuat kalian kesulitan saat menginstal aplikasi baru kedalam ponsel tapi juga bisa membuat kinerja ponsel kalian menjadi lebih lamban. Saat kinerja ponsel Android sudah melamban, maka dapat dipastikan sistem yang ada didalamnya akan mengalami crash. Jika sudah begini semua aplikasi yang sedang kamu gunakan atau yang akan digunakan bisa terhenti atau keluar dengan sendirinya.

2. Ponsel Terserang Virus dan Malware

Selain karena ruang penyimpana yang penuh, aplikasi facebook keluar sendiri juga bisa disebabkan oleh serangan virus dan malware. Meski HP android lebih jarang terserang oleh virus dan malware, namun tidak menutup kemungkinan kalau penyebab facebook terhenti itu bisa dipicu oleh serangan virus.

3. Memori RAM yang Penuh

Memori RAM sangat penting didalam sebuah smartphone, karena dengan RAM ponsel bisa bekerja dengan baik saat mengambil dan mengolah data yang diperlukan oleh aplikasi. Namun ketika kapasitas RAM di ponsel sudah penuh maka ini akan membuat semua aplikasi yang sedang berjalan ataupun yang akan berjalan mengalami masalah dan salah satunya itu aplikasi bisa menutup dengan sendirinya.

4. File Cache Menumpuk di Ponsel

Hampir semua aplikasi yang kita instal didalam ponsel itu menyimpan file cache di memori internal, file cache ini berfungsi untuk mempercepat aplikasi dalam mengambil data yang kalian butuhkan. Tapi saat file Cache ini menumpuk terlalu banyak di dalam memori ponsel, maka dapat menyebabkan penyimpanan internal menjadi sesak dan akhirnya konerja ponsel menjadi lambat. Terakhir sistem didalam ponsel bisa mengalami crash saat membuka dan menjalankan sebuah aplikasi.

5. Aplikasi Facebook Kadaluarsa

Ampir semua aplikasi akan mendapatkan sebuah pembaharuan dari pihak developernya masing-masing, ini juga termasuk aplikasi facebook. Pembaharuan ini bertujuan untuk memperbaiki masalah yang sedang terjadi didalam aplikasi, termasuk juga masalah yang sedang kamu hadapi saat ini.

6. Spesifikasi HP Tidak Mendukung

Masih ada kaitan dengan pembaharuan tadi, dimana saat sebuah aplikasi itu mendapatkan pembaharuan maka dapat dipastikan kalau spesifikasi ponsel yang bisa menjalankannya akan semakin meningkat dan ini juga termasuk aplikasi facebook. Ketika spesifikasi ponsel kita tidak mendukung, tentu sistem yang ada didalamnya akan mengalami kesulitan saat membuka atau menjalankan semua fitur yang ada didalam aplikasi itu sendiri.

Begini Cara Mengatasi Facebook Terhenti Pada HP Android

Begini Cara Mengatasi Facebook Terhenti Pada HP Android

Jika kita sudah bisa mengetahui apa saja yang bisa menjadi penyebab aplikasi facebook force close, maka dapat dipastikan kita akan menjadi lebih mudah dalam mengatasinya.

Cara mengatasi facebook terhenti yang akan admin rangkumkan hari ini juga bisa kalian gunakan di semua ponsel Android, mulai dari HP Samsung, Oppo, Realme, Asus, Vivo, Redmi dan lainnya. Namun untuk iPhone, admin akan mejelaskannya di artkel berikutnya.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi facebook terhenti di HP Android terbaru yang dapat admin hadirkan.

1. Reboot HP Android Kalian

Pertama kita bisa mengatasi aplikasi facebook terhenti dengan melakukan reboot pada ponsel yang sedang digunakan. Hal ini bertujuan untuk memberikan sistem yang ada didalam ponsel beristirahat sejenak dan juga akan membuat ponsel mengulang seluruh aktivitas sebelumnya yang dikerjakan oleh sistem.

Cobalah untuk reboot ponsel kamu dan setelah terbuka coba jalankan kembali aplikasi facebook. Biasanya jika sebelumnya terjadi error pada aplikasi, dengan reboot error tersebut pastinya akan teratasi dengan lebih mudah.

2. Perbaharui Aplikasi Facebook

Seperti yang sudah admin jelaskan di atas tadi, dimana sebuah aplikasi itu akan mendapatkan pembaharuan secara berkalan dan pembaharuan ini dilakukan untuk memperbaiki seluruh bug atau error yang terjadi didalamnya. Oleh sebab itu, jika cara pertama belum berhasil kamu lakukan, maka cobalah untuk memeriksa pembaharuan yang tersedia untuk aplikasi facebook.

Kamu bisa melihat pembaharuan aplikasi facebook didalam Google Play Store yang sudah ada pada ponsel Android. Jika ada, maka cobalah untuk segera memperbaharuinya dan setelah selesai coba buka kembali aplikasi facebook tadi.

Dalam beberapa kasus, aplikasi yang belum diperbaharui sering mengakibatkan sistem didalam ponsel mengalami masalah saat menjalankan beberapa fitur terbaru yang dibawa saat mendapatkan update dari developernya. Jadi jangan lupa untuk memperbaharui aplikasi yang sering kamu gunakan di dalam ponsel ya.

3. Hampus File Cache di Aplikasi Facebook

File cache memang diperlukan oleh setiap aplikasi yang sering kita gunakan didalam ponsel, hal ini karena file cache tersebut berfungsi menyimpan seluruh arsip dari aktivitas yang kita lakukan saat menggunakan aplikasi. Dengan adanya file cache, aplikasi akan lebih cepat dalam menanggapi setiap perintah yang kita lakukan.

Tapi beberapa aplikasi yang ada di ponsel Android sering menyimpan file cache dalam jumlah besar kedalam ruang penyimpanan ponsel dan ini akan menyebabkan memori internal menjadi sesak. Ketika sudah begini, kinerja ponsel kita akan melambat dan mengakibatkan sistem yang bekerja untuk menjalankan aplikasi mengalami carsh yang membuat aplikasi terhenti tiba-tiba.

Bagitu juga yang sedang kamu alami saat ini pada aplikasi facebook, dimana besar kemungkinan kalau file cache sudah menumpuk terlalu banyak di ruang penyimpanan internal. Jadi, cobalah untuk menghapusnya secara manual atau bisa juga menggunakan aplikasi tambahan yang ada di Play Store.

Untuk cara manual, kamu bisa mengunjungi menu Pengaturan lalu Managar Aplikasi setelah itu cari aplikasi yang akan dibersihkan dan terakhir bersihkan File Cache.

4. Hapus Data Aplikasi Facebook

Jika dengan membersihkan file cache pada aplikasi facebook namun masalah yang sedang kita alami belum bisa teratasi, maka kamu bisa mencoba untuk menghapus data yang ada didalam aplikasi facebook.

Dengan menghapus data, kamu akan membuat facebook memasang kembali seluruh data dari awal lagi. Namun cara ini juga akan membuat akun yang kamu gunakan didalam facebook akan hilang, tapi kamu bisa melakukan login kembali.

Untuk menghapus data pada aplikasi facebook, kamu bisa mengikuti caranya seperti berikut:

  • Buka menu “Pengaturan” yang ada didalam ponsel.
  • Setelah itu kamu cari lagi menu “Manager Aplikasi“.
  • Dalam menu tersebut kamu cari aplikasi “Facebook“.
  • Terakhir pilih menu “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data“.

Dengan begitu aplikasi facebook akan direset kembali seperti awal kamu mendownloadnya dan ini juga bisa mengatasi masalah saat selesai melakukan pembaharuan.

5. Periksa Memori RAM Pada HP

Cara mengatasi facebook terhenti di ponsel Android yang selanjutnya adalah dengan memeriksa kapasitas memori RAM yang tersedia didalam smartphone.

RAM mempunyai fungsi yang sangat penting didalam ponsel, karena memori RAM digunakan oleh setiap aplikasi untuk menyimpan data sementara sebelum akhirnya di proses oleh aplikasi itu sendiri. Nah, jika memori RAM ponsel kita penuh atau tiba-tiba full, maka beberapa aplikasi yang sedang berjalan ataupun yang akan berjalan bisa mengalami masalah dan masalah ini sering di sebut force close.

Kondisi ini juga lebih sering dialami oleh pengguna ponsel Android yang memiliki kapasitas RAM terbatas dan membuat sistem didalam hp tidak bisa menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Nah, cobalah untuk memeriksa terlebih dahulu kapasitas RAM yang masih tersedia didalam ponsek dan usahakan masih ada space sekitar 200MB keatas. Apabila kapasitas yang tersisa dibawah itu atau sampai kosong saat digunakan, maka dapat dipastikan kalau ponsel kalian tidak akan mampu menjalankan aplikasi facebook.

6. Instal Ulang Facebook

Apabila semua cara yang diatas tadi sudah kamu lakukan namun hasilnya masih belum sesuai dengan harapan, maka cobalah untuk menginstal ulang aplikasi facebook.

Dalam beberapa kasus, dengan melakukan reinstall (instal ulang) bisa membantu kita saat mengalami masalah seperti munculnya notifikasi “Sayangnya Facebook Telah Berhenti”.

Dengan cara ini kita juga sudah melakukan beberapa langkah diatas seperti menghapus file cache, data serta juga bisa memperbaharui aplikasi facebook itu sendiri.

Caranya juga sangat mudah untuk kamu lakukan dirumah, langkahnya seperti:

  • Masuk kedalam menu “Pengaturan” kemudian “Manager Aplikasi“.
  • Setelah itu cari aplikasi “Facebook” dan “Hapus Aplikasi“.
  • Berikutnya buka “Play Store“.
  • Cari di kolom pencaharian dengan nama “Facebook“.
  • Pilih dan “Instal“.

Tunggu sampai proses instalasi selesai dan jika sudah coba jalankan aplikasi facebook kembali. Biasanya dengan cara ini masalah tadi sudah bisa diatasi.

7. Belum Berhasil? Gunakan Aplikasi Antivirus

Jika cara mengatasi facebook terhenti diatas belum bisa mengatasi masalah yang sedang kamu hadapi, maka besar kemungkinan kalau ponsel Android yang kamu gunakan sudah diserang oleh virus atau malware. Meski sangat jarang, namun besar kemungkinan ini bisa menjadi penyebab masalah tersebut.

Dimana virus yang menyerang ponsel Android bisa menimbulkan beberapa masalah dan selain bisa mengakibatkan konsumsi daya baterai cepat habis, virus juga bisa membuat kinerja ponsel menjadi lambat dan membuat sistem mengalami crash saat menjalankan aplikasi termasuk facebook.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu membaca artikel sebelumnya yang menjelaskan tentang cara menghapus virus dan malware di Android terbaru.

8. Restat HP Android Kalian

Ini merupakan solusi terakhir dalam cara mengatasi facebook terhenti di hp Android, dimana kamu bisa melakukan factory reset atau merestat ulang ponsel ke setelan pabrik.

Ini bertujuan untuk mengembalikan ponsel Android kamu ke posisi awal seperti saat pertama kali membeli ponsel baru. Karena dengan cara ini seluruh data serta pengaturan yang ada didalam ponsel akan di hapus dan dikembalikan ke setingan awal pabrik.

Namun sebelum melakukan cara ini, ada baiknya kamu membackup seluruh data penting yang dimiliki. Jika kamu belum tahu bagaimana cara membackup data penting didalam ponsel, maka bisa mengikuti tutorial lengkap pada pembahasan sebelumnya tentang cara backup data penting di hp Android.

Jika proses backup sudah selesai, kamu bisa melakukan factory reset pada ponsel Android yang mengalami masalah diatas. Untuk langkah-langkahnya, kamu bisa melihatnya disni.

Penutup

Bagaimana, cukup mudah bukan cara mengatasi facebook terhenti di ponsel Android? Meski masih ada banyak cara lainnya, namun pengalaman pribadi admin sendiri, kalau 8 cara diatas itu sudah pasti bisa mengatasi masalah aplikasi facebook berhenti tiba-tiba.

Nah, selain itu pastikan juga spesifikasi dari ponsel kamu sudah sesuai dengan spesifikasi yang diperlukan oleh aplikasi facebook. Hal ini bertujuan agar kalian bisa menggunakan aplikasi facebook dengan baik dan lancar.

Apabila kamu mempunyai pertanyaan seputar pembahasan diatas, maka jangan sungkan untuk menulisnya pada kolom komentar yang ada dibawah ini. Jika ada waktu, admin akan membatu untuk mengatasi masalah yang sedang kamu alami.

Cukup sekian informasi yang bisa admin rangkumkan tentang cara mengatasi facebook terhenti di HP Android, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikannya ke pada teman atau saudaramu ya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.