Cici-ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai yang Bocor Dengan Aman

Kampung Gadget – Apakah dari kalian ada yang pernah mengalami masalah pada baterai, seperti baterai yang bocor? Jika iya, sebaiknya jangan buru-buru untuk menggantinya dengan baterai yang baru. Sebab ada sebuah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi baterai HP yang bocor.

Ketika baterai hp kita bocor maka kinerja dari ponsel yang kita gunakan tidak akan bisa maksimal seperti awal kita membelinya. Oleh sebab itu, menjaga agar baterai ponsel kita tetap baik adalah cara yang utama untuk mencegah kebocoran pada baterai.

Sebelum kita lanjut kedalam pembahasan mengenai cara mengatasi baterai HP yang bocor, ada baiknya kita mencegahnya terlebih dahulu dengan melihat faktor penyebab dan ciri-ciri baterai ponsel yang bocor.

Cara Mengatasi Baterai yang Bocor

Ciri-ciri Baterai HP yang Bocor

Dalam melihat baterai ponsel yang bocor tidaklah sulit, karena pada umumnya sebuah baterai yang bocor akan menimbulkan beberapa masalah. Barikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang sering timbul saat baterai ponsel kita mengalami kebocoran.

1. Baterai yang cepat penuh dan juga cepat habis

Ketika kamu melakukan pengisian daya pada baterai dan prosesnya lebih cepat dari biasanya serta saat digunakan secara normal daya pada baterai juga cepat terkuras habis maka dapat kita simpulkan kalau baterai ponsel kalian itu mengalami kerusakan seperti lemah atau kebocoran.

2. Casing belakang ponsel terlihat mengembung

Ciri-ciri yang berikutnya bisa kalian lihat dari bentuk casing belakang ponsel, jika bagian belakang hp kalian menggelembung maka itu tandanya baterai sedang mengalami masalah. Namun masalah ini lebih terlihat pada ponsel yang memiliki baterai tanam.

3. Ponsel menjadi cepat panas

Tanda lain yang bisa kita jadikan acuan ketika baterai ponsel kita mengalami masalah seperti kebocoran adalah HP yang menjadi cepat panas meski tidak digunakan secara berat. Terkadang baterai yang mengalami masalah juga bisa membuat HP kita panas saat melakukan pengisian daya, meski keadaan mati sekalipun.

4. Baterai HP yang sulit terisi penuh

Saat mengisi daya pada baterai dalam jangka waktu yang lama dan belum juga bisa terisi dengan penuh maka itu dapat kita pastikan kalau baterai ponsel kita mengalami masalah seperti kebocoran.

Karena pada dasarnya baterai ponsel akan terisi penuh selama 2 sampai dengan 3 jam, tapi pada ponsel terbaru, proses pengisian daya bisa kurang dari 1 jam.

5. Indikator baterai yang tidak muncul

Ciri-ciri yang terakhir saat baterai ponsel kita mengalami kebocoran adalah indikator baterai yang tidak muncul saat melakukan pengisian daya. Karena untuk baterai ponsel yang normal, ikon baterai biasa muncul di samping simbol baterai saat melakukan pengisian daya.

Penyebab Baterai HP Bocor

Setelah kita tahu ciri-ciri baterai ponsel yang bocor, maka untuk selanjutnya kita akan mencari tahu tentang penyebab baterai ponsel mengalami kebocoran. Berikut ini adalah 3 penyebab baterai ponsel mengalami kebocoran berdasarkan pengalaman admin sendiri.

1. Mengisi daya menggunakan powerbank

Penyebab yang pertama adalah kebiasaan mengisi daya dengan menggunakan powerbank. Meski alat ini sangat berguna bagi kehidupan kita, namun sangat disayangkan kalau mengisi daya menggunakan powerbank dapat memperpendek umur baterai ponsel kita.

Oleh sebab itu, jika tidak dalam keadaan terpakas, ada baiknya kalian menghindari mengisi daya pada baterai ponsel menggunakan powerbank. Jika terpakasa, cobalah mematikan ponsel kalian saat mengisi daya dengan powerbank.

2. Memakai ponsel saat sedang mengisi daya

Faktor selanjutnya yang bisa menjadi penyebab baterai mengalami kebocoran adalah melakukan aktifitas seperti menelpon, bermain game atau membuka aplikasi saat sedang mengisi daya. Selain bisa memperpendek umur baterai ponsel kalian, kebiasaan ini juga dapat menyebabkan ponsel cepat panas.

3. Sering membiarkan baterai sampai habis total

Penyebab terakhir yang membuat baterai ponsel kita mengalami kebocoran adalah kebiasaan membiarakan ponsel kehabisan daya sampai 0% alias mati total. Ada baiknya melakukan pengisian daya saat baterai saat sudah tersisa 10-15%, karena cara ini akan memperpanjang umur baterai ponsel kalian.

Cara Mengatasi Baterai HP yang Bocor Secara Aman

Jika diatas tadi kita sudah tahu mengenai ciri-ciri dan juga penyebab baterai mengalami kebocoran, maka untuk selanjutnya admin akan membahas mengenai cara mengatasi baterai yang bocor dengan aman dan pastinya mudah untuk kalian lakukan dirumah.

Tapi sebelum itu penting untuk kalian ketahui kalau cara ini hanya bisa dilakukan oleh pengguna ponsel lama atau ponsel dengan baterai yang bisa di copot. Jadi bagi kalian pengguna ponsel baru dengan baterai tanam, cara ini tidak akan bisa kalian lakukan.

Namun jika kalian pengguna posel dengan baterai copot, bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Langkah pertama kalian harus mencopot baterai ponsel yang mengalami kebocoran
  • Jika baterai dalam keadaan panas, maka diamkan terlebih dahulu sampai suhu panas pada baterai hilang
  • Selanjutnya siapkan sebuah plastik transparan untuk membungkus baterai ponsel tadi
  • Usahakan jangan sampai ada celah udara yang bisa masuk kedalam baterai yang sudah kalian bungkus
  • Langkah selanjutnya adalah memasukan baterai yang sudah di bungkus tadi kedalam freezer selama 9 sampai 12 jam.
  • Apabila waktunya sudah cukup maka kalian bisa mengeluarkannya dari freezer
  • Buka pembungkusnya dan biarkan di suhu ruangan selama 2 jam
  • Jika sudah kalian bisa langsung memasukannya kembali kedalam ponsel dan jangan dihidupkan dulu
  • Lakukan pengisian daya dengan keadaan ponsel mati sampai penuh (4-6 jam)
  • Selesai dan kalian bisa langsung menghidupkan kembali ponsel kalian

Cara ini memang tidak sepenuhnya membuat baterai kalian kembali baru seperti pertama membelinya, tapi dari pengalaman admin pribadi, cara ini dapat memberikan baterai kita sedikit umur tambahan.

Mungkin itu saja sedikit ulasan yang bisa admin hadirkan untuk kalian mengenai cara mengatasi baterai yang bocor, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.