Inilah 9 Kekurangan dan Kelebihan Android Pie Terbaru

Meski sampai saat ini google sudah merilis sebuah Android Q versi terbaru, namun hingga sampai saat ini ternyata masih banyak orang yang belum sadar tentang kekurangan dan kelebihan Android Pie sebelumnya.

Mungkin ini dikarenakan sebagian orang yang hanya menggunakannya saja tanpa ingin tahu mengenai kekurangan serta kelebihan pada Android yang sedang mereka gunakan di ponselnya.

Baca Juga : Penyebab & Cara Mengatasi HP Cepat Panas

Android Pie memang sudah lama dirilis oleh Google, tepatnya pada bulan maret 2018 lalu. Memang sudah cukup lama, tapi masih banyak orang yang tidak sadar tentang fitur-fitur terbaru yang ada pada Android tersebut.

Kekurangan Android Pie

Sebelum kita beranjak pada pembahasan mengenai kelebihan yang dimiliki oleh Android Pie, ada baiknya kita cari tahu terlebih dahulu apa saja kekurangan yang ada pada Android versi 9 ini.

Berikut ini Kampung Gadget sudah merangkumkan tiga kekurangan yang cukup mencolok pada Android Pie.

1. Sitem Pengaturan Bertambah Rumit

Kekurangan yang paling pertama dalam Android Pie adalah letak dari pengaturannya yang terlihat sedikit lebih rumit, apalagi bagi mereka yang baru pertama kali memakainya.

Berdasarkan dari pengalaman admin saat memakai sebuah ponsel pintar berbasis Andorid Pie ini, saya merasa memang hampir seluruh menu dalam pengaturan letaknya berbeda dan sedikit lebih rumit dari Android sebelumnya.

Namun jika dipakai dan di pelajari secara bertahap, tentu kamu akan mulai terbiasa dengan tampilan dari Android Pie tersebut.

2. Navigasi Gesture Tidak Stabil

Seperti yang kita tahu kalau menu yang satu ini tergolong baru pada sebuah Android, dan menu gesture ini juga hanya ada pada Android Pie saja.

Saat navigasi itu digunakan, masih ada banyak masalah yang terjadi seperti gerakan yang terkadang tidak mau direspon sampai loadingnya yang sedikit lambat. Mungkin juga ini dikarenakan masih terdapat banyak bug didalamnya.

Selain itu hal ini juga masih tergolong wajar, sebab menu navigasi gesture tersebut masih tergolong baru dan masih membutuhkan banyak perbaikan agar bisa tercipta menu yang stabil.

3. Tampilan Desain yang Tergolong Kurang Menarik

Kekurangan yang terakhir pada Android Pie juga bisa kita rasakan dari segi tampilannya. Dimana masih banyak pengguna yang kurang suka dengan tampilan pada Android tersebut.

Mungkin hal tersebut dikarenakan sebagian orang masih terbiasa dengan tampilan dari Android sebelumnya dan membuat tampilan baru tersebut menjadi terlihat sedikit tidak menarik.

Kelebihan Android Pie

Setelah kita tahu apa saja kekurangan yang ada didalam Android Pie, maka tidak lengkap jika kita tidak melihat apa saja kelebihan yang ada didalamnya.

Mari kita cari tahu apa saja kelebihan Android Pie yang akan membuat kamu kagum.

1. Fitur Dark Mode

Pada Android versi sebelumnya kamu harus menggunakan sebuah wallpaper dengan nuansa gelap agar bisa mengubah ponselmu menjadi dark mode.

Tapi pada android Pie kamu tidak perlu mengganti wallpaper untuk bisa merasakan mode gelap (dark mode) karena kamu hanya perlu menyetingnya di menu pengaturan saja.

Untuk caranya kamu bisa masuk kedalam menu setelan lalu cari tampilan dan terakhir klik menu tema perangkat. Maka secara otomatis tampilan ponselmu akan berubah menjadi mode gelap meskipun kamu mengganti wallpaper dengan gambar yang lebih terang.

Salah satu kelebihan yang akan kamu rasakan pada fitur ini adalah konsumsi baterai yang semakin hemat, tapi ini tidak terlalu cocok saat digunakan di bawah sinar matahari.

2. Pengaturan Notifikasi Lebih Baik

Tentu sebagian pengguna smartphone pernah merasa kesal apabila satu atau lebih dari aplikasi telah mengirim banyak notifikasi secara bersamaan, apalagi saat kita sedang asik menonton atapun bermain game.

Tentu hal ini akan membuat kita tidak nyaman dan hal ini juga sering membuat sebagian orang lebih memilih untuk menghapus aplikasi tersebut.

Nah, pada Android Pie ini kamu sudah bisa menonaktifkan notifikasi yang muncul dari aplikasi tanpa harus menghapusnya.

Caranya juga simpel, tinggal masuk kedalam menu setelan lalu cari menu aplikasi & notifikasi.

Jika sudah klik pada bagian “lihat semua dari 7 hari terakhir”.

Maka selanjutnya kamu hanya perlu memfilter menjadi “paling sering” maka akan muncul beberapa aplikasi yang paling banyak mengirim notifikasi.

3. Navigasi Gestur Terbaru

Saat ini hampir seluruh dari smartphone sudah menggunakan notch yang kecil yang menjadikan ponsel terlihat full screen.

Pada Android sebelumnya kamu akan menggunakan 3 tombol navigasi tapi pada Android Pie tombol tersebut diganti dengan model yang lebih baru.

Sistem navigasi yang ada pada Android Pie ini sudah diganti menjadi lebih simpel, yakni menggunakan gestur atau gerakan menggeser kekanan dan kekiri, keatas dan kebawah.

4. Single Home Button

Konsep baru ini tentu terlihat sama persis dengan tombol navigasi yang ada pada iPhone atau iOS.

Kini Android Pie hanya menyisakan satu tombol navigasi saja yakni tombol home yang dikombinasikan dengan fitur gesture dan sweep.

Tentu hal ini akan membuat Android Pie akan menjadi semakin asyik saat dipakai multitasking serta penggunaanya juga akan semakin mudah lagi.

Namun tidak semua ponsel akan mendapatkan fitur ini, sebab hanya pengguna Google PIXEL 3 saja yang bisa merasakanya.

5. Konsumsi Baterai Lebih Irit

Dalam sistem operasi Android terbaru ternyata sudah mempunyai fitur adaptive battery. Dimana fitur ini akan membuat daya tahan baterai lebih baik.

Selain penggunaan fitur tema gelap, menghemat konsumsi baterai pada smartphone juga bisa dilakukan dengan mengaktifkan fitur Adative Battery.

Cara untuk mengaktifkannya juga tergolong mudah, kamu hanya perlu masuk kemenu pengaturan lalu baterai dan pilih adaptive baterai.

6. User Interface yang Lebih Keren

User interface adalah sebuah desain grafis yang menjadi penghubung antara pengguna dengan sistem operasi sebuah ponsel.

Tujuan diciptakannya user interface ini untuk membuat pengguna lebih mudah dalam mengontrol sistem operasi yang mereka gunakan.

Tampilan user interface yang disajikan oleh Android Pie ini juga terbilang lebih menarik dengan desain pinggir ikon yang sedikit melengkung.

Tidak hanya itu saja, gerakan dari animasi pada Android Pie juga tergolong lebih halus dibandingkan dengan Android versi sebelumnya.

Mungkin itu saja sedikit pembahasan yang bisa Kampung Gadget rangkumkan mengenai 9 kekurangan dan kelebihan Android Pie.

Semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan acuan sebelum melakukan upgrade Android ke versi terbaru.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.