Inilah 10 Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Update di Android Terbaru

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Update

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Update – Aplikasi adalah salah satu sistem yang dapat membantu setiap orang, mulai dari menghubungkan orang yang jauh, menyelesaikan pekerjaan, bermain game, membuka dokumen, bertransaksi, berbelanja dan masih banyak hal lainnya yang berhubungan dengan aplikasi yang ada didalam smartphone.

Untuk mendapatkan sebuah pengalaman terbaik didalam sebuah aplikasi tentu kalian diwajibkan untuk selalu ikut dalam setiap proses yang dilakukan oleh developer aplikasi itu sendiri, misalnya update. Setiap aplikasi, pasti akan melakukan sebuah update secara berkala. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki masalah-masalah yang terjadi serta memberikan pengalaman terbaik bagi seluruh penggunanya.

Namun tidak sedikit dari orang yang malah mengalami masalah saat ingin melakukan update pada aplikasi yang sedang digunakan. Padahal ini sangat kita perlukan agar bisa memperoleh pengalaman yang lebih baik, keamanan serta kinerja yang lebih baik dari sebelumnya. Karena pada umumnya di setiap aplikasi yang mendapatkan update itu akan hadir sebuah fitur baru.

Lalu apa penyebab aplikasi tidak bisa di update? Biasanya penyebab umum dari masalah ini adalah jaringan internet yang kurang bagus, ruang penyimpanan yang habis sampai aplikasi play store yang sedang bermasalah atau belum di update.

Tapi kalian tidak usah khawatir dengan masalah tersebut, sebab admin akan memberikan beberapa cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa update di Play Store berdasarkan pengalaman sendiri. Penasaran? Berikut cara lengkapnya.

Beginilah cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa update di Playstore

Beginilah cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa update di Playstore

Saat kalian mengalami masalah ini, ada baiknya kalian jangan terlalu terburu-buru untuk menghapus aplikasi atau mengganti ponsel lama kalian dengan yang baru. Karena sebenarnya ada cara yang bisa kalian lakukan dirumah dalam mengatasi masalah tersebut. Ini 10 cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa update di play store terbaru yang dapat kalian coba dirumah.

1. Hapus Data dan File Cache

Cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa update yang pertama itu adalah dengan membersihkan file cache atau data yang ada didalam aplikasi tersebut. Seperti yang sudah admin jelaskan kalau setiap aplikasi yang kita instal didalam ponsel itu memiliki file cache yang berfungsi untuk mempercepat proses pengambilan data.

Meski ini berguna untuk mempercepat proses loading pada aplikasi, namun dalam beberapa kasus file cache juga bisa menjadi penyebab timbulnya masalah tersebut. Oleh karena itu, jika kalian mengalami masalah ini, cobalah untuk menghapus file cache dan juga data yang dimiliki oleh aplikasi itu sendiri.

Cara menghapus data dan file cache pada aplikasi Android itu tidaklah sulit, kalian bisa melakukannya lebih mudah dengan mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Langkah pertama kalian harus masuk kedalam menu “Pengaturan“.
  • Setelah itu kalian juga harus mencari menu “Manager Aplikasi“.
  • Berikutnya pilih menu “Daftar Aplikasi“.
  • Selanjutnya kalian pilih terlebih dahulu aplikasi yang mengalami masalah.
  • Jika sudah ketemu, tekan aplikasi tersebut dan cari menu “Penggunaan Penyimpanan“.
  • Terakhir pilih “Hapus Cache” dan “Hapus Data“.

Maka dengan begini, kalian bisa mencoba kembali untuk melakukan update pada aplikasi tersebut.

2. Update Aplikasi Play Store

Penyebab masalah aplikasi yang tidak bisa di update yang selanjutnya itu bisa saja terjadi karena versi aplikasi Play Store yang ada di ponsel kalian belum ditingkatkan. Karena data yang ada pada aplikasi play store lama dengan yang baru itu memiliki perbedaan yang cukup jauh.

Oleh karena itu, cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa update adalah dengan memperbaharui play store yang ada pada ponsel Android.

3. Lihat Antrian Unduhan Pada Aplikasi

Jika cara diatas sudah kalian lakukan, namun proses update pada aplikasi masih saja gagal atau tertunda, maka bisa saja didalam play store sedang ada antrian update yang cukup banyak. Sebab play store tidak bisa melakukan update secara bersaam pada semua aplikasi yang di-instal.

Jadi cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa update selanjutnya adalah dengan melihat antrian download yang sedang berjalan didalam play store. Caranya seperti berikut.

  • Pertama kalian buka aplikasi “Play Store“.
  • Selanjutnya kalian pilih icon “Garis tiga” yang ada di pojok kiri atas.
  • Berikutnya pilih menu “Aplikasi & Game Saya“.

Maka dalam menu itu kalian akan melihat daftar aplikasi yang sedang melakukan update secara otomatis.

4. Chek Koneksi Internet

Selanjutnya cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa update adalah dengan memeriksa jaringan internet Hp kalian. Karena selain menjalankan sebuah aplikasi, melakukan update pada aplikasi juga membutuhkan jaringan internet yang baik. Jadi, ketika kalian mengalami masalah saat ingin meng-update aplikasi yang digunakan, maka bisa saja ini disebabkan oleh koneksi internet yang tidak stabil.

Jadi, sebelum kalian ingin melakukan update pada aplikasi di play store, maka ada baiknya untuk melihat koneksi internet HP kalian terlebih dahulu.

5. Perbaiki Pengaturan Download di Playstore

Untuk penyebab aplikasi yang tidak bisa di update yang selanjutnya ini bisa saja terjadi dikarenakan menu pengaturan pada aplikasi play store yang kurang tepat. Jadi pastikan terlebih dahulu, apakah pengaturan unduhan dan pembaharuan yang ada didalam play store sudah tepat atau belum.

Karena play store mempunyai dua opsi yang dapat dipilih oleh setiap pengguna saat ingin melakukan update, seperti penggunaan Wi-Fi atau data seluler. Jadi kalian harus menentukan salah satu dari kedua opsi tersebut saat ingin melakukan update.

6. Lihat Jumlah Memori Internal

Kapasitas ruang penyimpanan juga bisa menjadi salah satu penyebab masalah gagalnya update pada sebuah aplikasi sosmed ataupun game. Saat ruang penyimpanan internal Hp kalian penuh maka proses update pada sebuah aplikasi tidak akan bisa dilakukan.

Jadi cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa update yang berikutnya adalah melihat kepasitas ruang penyimpanan yang masih tersisa pada ponsel Android kalian. Jika sudah penuh, kalian bisa mencoba menghapus beberapa aplikasi yang sudah tidak digunakan.

7. Restat Ponsel Seperti Biasa

Ketika terjadi masalah seperti bug, blank atau error pada sistem Android juga bisa menjadi penyebab gagalnya melakukan update pada aplikasi di Play store. Jika sudah begini, hanya satu cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasinya, yaitu dengan melakukan restat atau reboot pada ponsel Android yang digunakan.

Dengan cara ini, biasanya masalah yang menjadi penyebab gagalnya proses update pada aplikasi dapat diatasi dengan mudah.

8. Bersihkan File Sampah Dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kalau file sampah yang menumpuk pada aplikasi dalam waktu yang lama itu tidak hanya akan membuat memori internal ponsel kalian penuh tapi juga membuat kinerja ponsel semakin berat lalu akhirnya membebani kinerja prosesor dan terkahir membuat Hp menjadi cepat panas.

Membersihkan file cache atau file sampah pada aplikasi memang bisa dilakukan secara manual, tapi cara tersebut akan membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu menggunakan aplikasi tambahan untuk melakukannya adalah cara yang akan menghemat banyak waktu kalian.

9. Gunakan Toko Aplikasi Lain Untuk Melakukan Update

Ketika kalian melakukan update aplikasi pada play store dan prosesnya tertunda atau gagal, maka menggunakan market aplikasi lain adalah solusinya. Saat ini sudah tersedia market aplikasi yang cukup banyak untuk membantu proses update aplikasi pada ponsel Android kalian.

  • ApkPure
  • Aptoide
  • ApkMirror

Selain 3 martket aplikasi yang disebutkan, tentu masih ada market lainnya yang masih bisa kalian gunakan. Namun usahakan untuk memilih market aplikasi yang sudah terpercaya dan terjamin keamanannya.

10. Lakukan Factory Reset

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Update Dengan Factory Reset

Cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa update yang terakhir adalah dengan melakukan Factory Reset atau menyetel ulang ponsel Android yang kita miliki. Ini merupakan cara yang paling terakhir yang bisa dilakukan apabila semua cara yang diatas tidak berhasil untuk mengatasi masalah gagal saat proses update aplikasi.

Namun sebelum kalian melakukan cara ini, alangkah baiknya kalian membackup data penting yang ada didalam ponsel. Jika kalian belum tahu caranya, bisa membacanya pada artikel sebelumnya yang menjelaskan secara detail mengenai cara backup data penting di Android.

Nah, jika kalian sudah selesai membackup seluruh data penting yang ada didalam ponsel seperti kontak, foto, dokumen dan data lainnya, maka kalian bisa langsung menyetel ulang ponsel dengan mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Pertama kalian masuk kedalam menu “Pengaturan“.
  • Setelah itu kalian cari menu “Pengaturan Tambahan“.
  • Setelah itu pilih menu “Reset ke setelan pabrik“.

Terakhir kalian tinggal menunggu sampai proses reset selesai, jika sudah kalian bisa mengikuti langkah-langkah yang ada pada ponsel.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa update di play store menurut pengalaman pribadi admin sendiri. Semoga cara-cara diatas bisa berguna bagi kalian semuanya dan jangan lupa membagikannya jika kalian merasa artikel di atas bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.