Mengembalikan Kontak HP Terhapus

Mengembalikan Kontak HP Terhapus

Mengembalikan Kontak HP Terhapus – Hampir semua orang yang menggunakan ponsel akan menganggap kalau kontak yang di simpan adalah salah satu dari sekian data-data penting. Kenapa seperti itu? Ini tentu karena di kontak ini tersimpan informasi-informasi penting dari seseorang yang nantinya bisa kita hubungi.

Biasanya data penting yang tersimpan di dalam kontak berupa, nomor telepon, alamat email dan lainnya. Selain itu, keperluan telepon, SMS sampai nomor WhatsApp pun membutuhkan asalnya dari kontak pada HP.

Mengingat begitu pentingnya fungsi kontak pada HP, apa yang akan terjadi dan di rasakan oleh orang yang jika kontak HP-nya terhapus? Sudah pasti bingung dan panik bukan. Apalagi kalau kontak yang hilangnya dalam jumlah banyak, pasti tidak akan terbayang deh.

Nah, jika kondisi yang saat ini kalian alami sama seperti masalah yang akan saya bahas di sini. Silakan simak ulasan lengkapnya sampai akhir ya, agar nanti kalian bisa lebih paham.

Cara Mengembalikan Kontak HP Terhapus

Bagi kalian yang menggunakan HP Android, maka saat mengalami kondisi seperti ini, jangan terlalu panik ya. Karena masih ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mengembalikan kontak HP yang terhapus.

Oh ya, untuk tutorial kali ini itu bisa kalian gunakan di semua tipe HP Android kok. Mulai dari HP Android Samsung, Vivo, Xiaomi, Oppo, Realme, Asus dan merek lainnya.

Penasaran? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

1. Coba Periksa Pengaturan Kontak

Pada dasarnya, kontak HP itu dapat kita simpan pada beberapa tempat. Mulai dari bisa di simpan pada akun Google (Gmail), kartu SIM atau memori internal ponsel.

Hal ini juga sering membuat beberapa orang salah kaprah dan mengira kalau kontak di HP mereka sudah terhapus dengan sendirinya. Padahal jika kita telusuri, hal tersebut tidaklah selamanya benar adanya.

Karena terkadang bisa saja terdapat pengaturan yang berubah dengan sendirinya pada HP (terutama pada aplikasi telepon). Sehingga membuat beberapa kontak yang kita simpan menjadi tidak terlihat atau tersembunyi.

Lalu bagaimana solusinya?

  1. Pertama buka dulu aplikasi Telepon atau Kontak pada HP.
  2. Lalu ketuk ikon titik tiga yang ada di bagian kanan atas.
  3. Setelah itu pilih menu Setelan.
  4. Berikutnya silakan kalian atur kembali pengaturan kontak.
  5. Jika sudah berhasil di atur ulang, maka kontak-kontak yang tadinya hilang akan terlihat kembali.
  6. Selesai.

Catatan:

Misalnya Tampilan Kontak SIM, maka hilangkan saja centang Sembunyikan Nomor Tidak Lengkap. Selain itu coba juga pengaturan lainnya yang sekiranya mempengaruhi hal ini atau yang sebelumnya pernah kalian rubah tanpa sadar.


Baca Juga Yuk : Cara Atasi HP Tidak Keluar Suara


2. Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus Dengan Bantuan Aplikasi

Selain memeriksa pengaturan pada ponsel, mengembalikan kontak terhapus di HP Android juga bisa di lakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Ada banyak aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk membantu memulihkan kontak yang terhapus. Tapi, dalam tutorial kali ini saya akan menggunakan aplikasi yang bernama Restore Contact. Kenapa? Karena saya rasa aplikasi ini mudah untuk di operasikan oleh seorang pemula sekalipun.

Caranya dengan memasang aplikasi Restore Contact pada HP melalui Google Play Store. Kemudian buka aplikasinya dan di halaman utama klik menu restore kontak. Selesai dan kontak yang tadinya hilang akan muncul di daftar.

Jika kurang jelas, begini langkah-langkahnya:

  • Silakan kalian install dulu aplikasi Restore Contact.
  • Jika sudah, langsung saja buka aplikasinya.
  • Nanti akan muncul data-data kontak yang terhapus sebelumnya.
  • Periksa satu-satu data kontak yang ingin di pulihkan.
  • Di sini kalian tinggal mengembalikannya seperti biasa.
  • Bisa dengan cara menekan kontak yang di inginkan, kemudian tekan restore.
  • Atau bisa juga dengan cara manual, yaitu dengan mendaftarkan ulang nomor serta nama kontaknya.
  • Selesai, deh.

Catatan:

Apabila nanti kalian menemukan ada kontak yang hanya tertera nomor saja (tanpa nama), kemungkinan kalian sendiri memang belum mengetikkan nama pada nomor tersebut sebelum terhapus.

3. Lewat Google Contact

Beberapa ponsel Android biasanya data kontak yang ada pada ponsel akan tersimpan secara otomatis pada akun Google yang terkait. Meski tidak semua HP Android memiliki fitur ini, namun tidak ada salahnya juga untuk kita memastikannya.

Di mana kita bisa mencoba membuka data kontak melalui sebuah halaman yang bernama Google Contact. Menariknya, di dalam halaman Google Contact itu terdapat fitur yang bisa mengembalikan perubahan kontak.

Dengan adanya fitur ini, data kontak yang terhapus akan terjaga dengan lebih aman dan bisa kita pulihkan dengan mudah.

Caranya dengan:

  • Membuka halaman Google Contact melalui komputer atau laptop.
  • Pada menu yang ada di bagian kiri, silakan tekan Lainnya.
  • Lalu ketuk lagi menu Urungkan Perubahan.
  • Di sini kalian tinggal mengatur waktu recover kontak ke saat belum terhapus.
  • Pastikan waktunya sesuai, ya.
  • Selanjutnya kita beralih ke HP dan buka menu Pengaturan.
  • Klik menu Akun dan buka Akun Google.
  • Ketuk menu yang ada di bagian bawah, lalu pilih Sinkronkan Sekarang.
  • Terakhir tunggu sampai prosesnya selesai.

Catatan:

Saat memilih waktu pada Google Contact, usahakan waktunya sesuai sebelum kotak pada HP terhapus. Atau jika kalian lupa, coba saja masukan waktunya satu-satu sambil mengingat kembali kapan terakhir kontak terhapus.

Karena jika tidak tahu waktu terakhir kontak terhapus, maka datanya akan sulit untuk bisa kita pulihkan.

4. Dengan Bantuan EaseUS MobiSaver

Jika sebelumnya data kontak yang ada pada HP tidak kalian sinkronisasikan, maka sudah pasti kontak tersebut tidak akan bisa di kembalikan. Meski begitu, bukan berarti kita harus putus asa, ya.

Karena masih ada solusi lain yang dapat di coba, yaitu dengan bantuan aplikasi EaseUS MobiSaver for Android.

Yang mana aplikasi ini mempunyai fungsi untuk mengembalikan kontak pada HP yang hilang atau terhapus. Tidak hanya itu, EaseUS MobiSaver ini juga bisa memulihkan file-file lain yang sebelumnya terhapus karena corrupt (rusak).

Cara mengembalikan kontak HP Android yang terhapus dengan EaseUS MobiSaver:

  1. Langkah pertama, siapkan PC atau Laptop.
  2. Kemudian silakan install aplikasi EaseUS MobiSaver for Android.
  3. Selanjutnya hubungkan HP ke PC atau laptop menggunakan kabel USB.
  4. Tekan menu Start dan tunggu prosesnya.
  5. Lakukan scan untuk mencari kontak-kontak yang sudah terhapus.
  6. Cek juga preview file-file kontak yang sudah di temukan.
  7. Kalian bisa memilih kontak yang ingin di restore.
  8. Selesai.

Aplikasi EaseUS sendiri juga sudah terkenal cukup lama di beberapa kalangan, karena sangat berguna bagi seorang developer data recovery.


Kamera HP selalu error saat ingin di gunakan? Coba simak cara memperbaiki kamera Android Error Tidak Bisa Dibuka


5. Mengembalikan Kontak HP Terhapus Melalui Kartu SIM

Sebenarnya, menyimpan data kontak di kartu SIM bisa di bilang merupakan salah satu cara yang paling aman dan praktis selain memakai akun Google. Hanya saja, informasi kontak yang bisa kita tambahkan sangatlah terbatas.

Selain itu, jika kontak yang kita simpan di kartu SIM terhapus, maka untuk mengembalikannya tidaklah mudah. Kemungkinan besar akan sangat sulit, atau bahkan juga mustahil.

Meski begitu, ada satu cara alternatif yang masih bisa kalian coba lakukan. Yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi Recover Deleted Contacts. Ingin mencobanya? Begini langkah-langanya:

  • Pertama install aplikasi Recover Deleted Contacts.
  • Jika sudah, langsung saja buka aplikasinya.
  • Kemudian pilih menu Recover Contacts.
  • Nanti akan terlihat beberapa daftar kontak yang pernah terhapus.
  • Silakan pilih kontak yang ingin kalian pulihkan.
  • Ketuk Recover untuk memulihkannya.
  • Selesai.

Penting:

Setelah saya coba aplikasinya, ternyata tida semua kontak yang sudah terhapus pada kartu SIM dapat di pulihkan dengan aplikasi ini. Tapi tidak ada salahnya juga untuk kalian mencobanya terlebih dahulu.

Bagaimana Cara Mengembalikan Kontak yang Hilang Karena di Reset?

Pada dasarnya, fungsi reset adalah untuk mengembalikan semua pengaturan pada HP kembali ke defaout-nya. Pada saat proses reset, semua data-data yang kita simpan pada HP akan terhapus, termasuk juga data kontak.

Hanya saja, data kontak yang akan terhapus ini adalah data yang tersimpan pada memori internal saja. Jadi, jika kalian menyimpannya pada kartu SIM, kartu SD atau akun Google, maka data kontak ini tidak akan hilang.

Untuk memulihkannya itu kalian bisa mengikuti tutorial yang di atas tadi, namun dengan catatan kalian sudah menyinkronkan data kontak pada akun Google. Atau sudah memindahkannya ke kartu SD maupun kartu SIM.

Bagaimana jika lupa? Maka sudah pasti data kontak yang terhapus tidak akan bisa kalian pulihkan lagi. Karena seperti fungsi reset, semua data pada HP akan di hapus secara permanent dan membuat ponsel tampak seperti baru lagi.

Jangan Lupa Backup Kontak Untuk Jaga-jaga

Setelah data kontak sudah berhasil kalian pulihkan, maka untuk jaga-jaga, ada bagusnya kalian melakukan backup terlebih dahulu. Ini agar kita bisa hati-hati kedepannya, karena kita tidak akan tahu secara pasti kejadian yang akan menipa di masa mendatang.

Cara backup-nya bagaimana? Dapat kalian lakukan dengan cara membuka aplikasi Kontak, kemudian tekan ikon titik tiga dan terkahir klik menu Ekspor Kontak.

Nanti ekspornya itu bisa kalian pilih, bisa ke memori ekternal atau sebagainya. Nanti hasilnya akan berbentuk sebuah file. Simpan baik-baik, file hasil dari backup data kontak kalian ya.

Penutup

Jadi, begitulah beberapa tutorial untuk mengembalikan kontak HP yang terhapus di Android. Pada dasarnya sih, restore kontak itu tidaklah sulit di lakukan. Hanya saja kemungkinan berhasil dan gagalnya itu tergantung beberapa faktor juga sih.

Saya berharap dengan adanya tutorial ini bisa membantu kalian yang saat ini mungkin sedang mengalami masalah kontak pada HP terhapus. Jika masih ada hal yang ingin di tanyakan, silakan tuliskan saja di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.