Cara Membuat Broadcast di WhatsApp

Cara Membuat Broadcast di WhatsApp ke Semua Kontak

Cara Membuat Broadcast di WhatsApp – Selain aplikasi Telegram, WhatsApp juga menjadi salah satu aplikasi chatting yang sangat populer. Hal tersebut tentu karena WhatsApp menyediakan banyak fitur dan manfaat bagi semua penggunanya.

Hingga sampai saat ini, WhatsApp sering di gunakan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi sehari-hari oleh banyak orang. Mulai dari keperluan mengirim pesan, foto, video, dokumen, melakukan panggilan, share lokasi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Fitur di dalam aplikasi WhatsApp memang sangat beragam, namun salah satu yang paling banyak diminati adalah broadcast atau pesan siaran.

Mari kita bahas lebih jauh mengenai fitur broadcast di WhatsApp.

Apa itu Broadcast di WhatsApp?

Sampai sekarang, masih tetap banyak yang belum tahu mengenai fitur ini dan bertanya-tanya tentang apa itu broadcast di WhatsApp?

Broadcast adalah salah satu fitur yang memiliki fungsi untuk mengirimkan sebuah pesan ke dua atau lebih kontak yang di miliki secara bersamaan. Sehingga kita tidak perlu lagi repot-repot mengirim pesan satu-satu ke kontak yang kita miliki di dalam WhatsApp.

Jumlah kontaknya juga dapat kita atur sesuai keinginan. Hanya saja untuk jumlah kontak WhatsApp yang bisa kita kirimkan pesan memiliki batasan ya.

Batasan maksimal jumlah kontak broadcast yang dapat kita kirimkan sebuah pesan secara sekaligus adalah 256 dalam satu waktu. Jika lebih dari itu, biasanya akun WhatsApp kita akan terdeteksi spam oleh pihak WhatsApp.

Jadi, fitur ini sangat cocok sekali untuk di gunakan dalam berbagai hal. Kalau saya sendiri sih sering memakai fitur ini untuk mengumumkan suatu acara ke teman di WhatsApp.

Syarat Untuk Mengirim Broadcast

Sebelum mulai ke pembahasan utama, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu syarat untuk membuat broadcast di WhatsApp. Untuk syaratnya sendiri ada sebenarnya ada tiga dan ini juga sudah tertulis di dalam halaman resmi WhatsApp.

Berikut syarat tersebut:

  1. Pastikan semua kontak yang ingin di kirimkan broadcast, nomor kontaknya sudah tersimpan pada HP.
  2. Tidak ada batasan atas banyaknya pesan broadcast yang dapat di buat.
  3. Kita bisa mengirim pesan broadcast ke kontak sampai dengan 256.
  4. Hindari mengirim banyak pesan broadcast dalam waktu singkat agar tidak terdeteksi spam.

Cara Membuat Pesan Broadcast di WhatsApp

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat broadcast di aplikasi WhatsApp:

1. Buka Aplikasi WhatsApp

Langkah pertama yang paling penting adalah membuka aplikasi WhatsApp yang sedang di gunakan. Karena tanpa adanya aplikasi WhatsApp, sudah pasti kita tidak akan bisa membuat broadcast.

Catatan:

Untuk fitur broadcast ini sangat saya sarankan untuk dilakukan pada aplikasi WhatsApp versi terbaru. Hal ini sudah pasti untuk menghindari terjadinya error yang mungkin saja terjadi karena adanya perbedaan versi dengan penerima pesan.

Oleh sebab itu, kalian bisa memeriksa terlebih dahulu pembaharuan aplikasi WhatsApp di Play Store.

2. Pilih Menu Siaran Langsung

Ketika aplikasi WhatsApp sudah terbuka, maka langkah selanjutnya kalian dapat menekan ikon titik tiga yang ada di kanan atas layar.

Setelah kalian menekannya, maka akan muncul kembali beberapa menu. Namun di sini kalian bisa memilih menu Siaran Baru.

Menu inilah perjalanan awal yang akan kalian lalui sebelum menemukan fitur broadcast.

3. Pilih Kontak WhatsApp

Pada halaman selanjutnya, kalian akan melihat daftar kontak yang tersimpan pada akun WhatsApp. Silakan kalian pilih beberapa kontak yang ingin kalian kirimkan broadcast. Minimal kontak yang di pilih adalah 2 dan maksimalnya adalah 256.

Kalian juga dapat menggeser ke bagian bawah untuk mencari nama kontak yang di inginkan. Atau agar lebih cepat lagi, kalian bisa mengetikkan nama kontak di kolom pencarian yang ada pada bagian atas.

Apabila sudah di rasa cukup, maka kalian dapat mengetuk ikon centang yang ada di bawah layar.

4. Buat Isi Pesan Broadcast

Selanjutnya kalian akan di hadapkan dengan jendela chat. Di mana jendela chat ini akan mengarah ke kontak yang sudah kalian pilih sebelumnya.

Lanjutkan saja untuk mengisi pesan yang ingin kalian sampaikan melalui broadcast.

Jika sudah di rasa cukup, kalian dapat mengetuk ikon Send untuk mengirim pesan broadcast yang di buat ke semua kontak yang di pilih.

5. Lihat Hasil Broadcast

Jika semua langkah-langkah di atas sudah kalian terapkan dengan benar, maka sekarang kita tinggal memeriksa hasil pesan broadcast.

Untuk ciri-ciri pesan sudah di terima dan di baca oleh kontak, maka centang di samping pesan akan berubah menjadi dua (tapi tidak sampi berwarna biru).


Masih bingung dengan centang di aplikasi WhatsApp? Coba kalian simak arti centang pada WhatsApp di sini.


Penting:

  • Apabila jumlah kontak pada HP kalian masih berada di bawah 256, maka kalian bisa langsung mengirim pesan broadcast ke semua kontak tersebut secara bersamaan.
  • Jika pesan broadcast kalian belum bisa terkirim, maka coba deh ulangi langkah-langkah di atas dengan teliti. Selain itu pastikan juga internet yang di gunakan tidak sedang gangguan.
  • Untuk pesan yang dapat kalian kirim di broadcast tidak hanya berupa teks saja lho. Karena kita bisa mengirim pesan berupa gambar, file dokumen, nomot kontak, video dan masih banyak lagi.

Kenapa Broadcast WhatsApp Tidak Terkirim?

Memang tidak semua yang kita lakukan akan berjalan sesuai rencana, salah satunya seperti broadcast di WhatsApp misalnya.

Kenapa pesan broadcast tidak terkirim? Ini karena kita mengirimkan pesan broadcast ke teman WhatsApp yang nomor kontaknya belum tersimpan pada HP. Begitu juga sebaliknya, kontak yang dikirimkan broadcast belum menyimpan nomor kontak kita pada HP-nya.

Alasan mengalami ke gagalan saat melakukan broadcast sebenarnya juga sudah di tulis salam halaman resmi WhatsApp. Bunyinya seperti berikut:

Hanya kontak yang telah menambahkan Anda ke buku alamat telepon mereka yang akan menerima pesan siaran Anda. Jika kontak Anda tidak menerima pesan siaran, harap memastikan bahwa mereka telah menambahkan Anda ke buku alamat telepon mereka.

Pastikan semua kontak di Daftar Siaran Anda telah menyimpan nomor telepon Anda di buku alamat mereka.

Bisakah Kita Membuat Broadcast di WhatsApp Web?

Bagi kalian yang belum tahu dan masih bertanya-tanya mengenai hal tersebut, maka saya akan menjawabnya di sini. Di mana khusus untuk pengguna WhatsApp versi Web, kalian tidak akan menemukan fitur broadcast di dalamnya.

Hal ini juga berlaku untuk aplikasi WhatsApp versi Windows ya.

Untuk alasannya sih mungkin karena di dalam fitur pesan broadcast ini kita di wajibkan untuk memilih data kontak yang tersimpan. Kita juga di wajibkan untuk menyimpan terlebih dahulu nomor serta nama kontaknya pada perangkat.

Meski memang tidak di sediakan, namun bukan berarti tidak ada jalan lain untuk bisa melakukan broadcats di WhatsApp Web.

Cara alternatifnya seperti ini:

  1. Kalian bisa menginstall aplikasi sejenis emulator. Contohnya saja seperti emulator Nox, Bluestack dan jenis lainnya.
  2. Pada emulator yang sudah kalian install, pasa saja aplikasi WhatsApp di dalamnya. Setelah itu login dengan akun yang kalian miliki.
  3. Langkah selanjutnya kalian dapat menyalin data kontak dari HP ke emulator. Namun pastikan data kontak bisa terbaca dengan baik pada emulator.

Apabila sudah, kalian tinggal mengikuti langkah-langkah di atas tadi untuk mengitim broadcast di WhatsApp Web maupun Windows.

Penutup

Mungkin cukup sekian informasi yang bisa saya sampaikan untuk kalian mengenai cara membuat broadcast di WhatsApp.

Jika kalian mengalami masalah atau ada hal yang ingin di tanyakan, mungkin bisa menyampaikannya melalui kolom komentar yang ada di bawah.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.