Cara Mengganti Foto Profil WhatsApp

Cara Mengganti Foto Profil WhatsApp Agar Tidak Terpotong

Cara Mengganti Foto Profil WhatsApp – Untuk mengganti foto profil di akun WhatsApp yang kita miliki memang tidaklah sulit. Karena pengaturan tersebut sudah langsung tersedia di dalam akun, sehingga kita tidak perlu memakai bantuan aplikasi lain.

Namun yang jadi masalah di sini, bagaimana jika foto yang akan kita gunakan ukurannya terlalu besar? Jika kita paksakan menggunakan foto tersebut, maka hasilnya sudah pasti tidak akan sesuai. Di mana sebagai foto yang kita upload akan terpotong.

Lalu adakah cara mengganti foto profil WhatsApp agar utuh (full) atau tanpa terpotong? Tentu saja ada kok. Caranya juga tidak sulit dan bahkan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk melakukannya.

Penasaran? Mari simak pembahasan lengkapnya di sini.

Berapa Ukuran Foto Profil WhatsApp?

Sama seperti aplikasi pesan singkat lainnya, di mana WhatsApp juga mempunyai batasan tersendiri untuk penggunanya yang ingin mengganti foto profil. Untuk ukuran foto profil WhatsApp yang pas itu adalah 192 x 192 pixels.

Ukuran foto tersebut masih akan terlihat jelas di layar HP yang berukuran 5 inci sampai 4 inci. Tidak hanya itu, kalian juga bisa menggunakan foto profil dengan ukuran 140 x140 pixels (square).

Dengan ukuran foto profil tersebut, nanti kalian tidak harus melewati pemotongan (cropping) saat menggantinya. Tapi jika melebihi dari ukuran yang sudah di tetapkan oleh WhatsApp, maka foto kalian nantinya harus melewati cropping terlebih dahulu.

Cara Mengganti Foto Profil WhatsApp Supaya Full

Di dalam aplikasi WhatsApp, kita bisa melakukan banyak hal yang mungkin tidak bisa di lakukan pada aplikasi serupa lainnya. Contohnya saja seperti membuat Broadcast, Link WhatsApp dan membuat foto profil WA full yang seperti sedang saya bahas hari ini.

Agar foto yang ingin kita gunakan sebagai profil di WhatsApp tidak terpotong, maka kita perlu mengubahnya terlebih dahulu. Untuk mengubahnya, kita wajib menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Berikut penjelasan lengkapnya, dijamin berhasil deh.

1. Dengan Aplikasi Foto Kolase

Seperti yang saya jelaskan tadi, kalau cara yang paling mudah dalam mengatasi masalah ini tentu dengan menggunakan bantuan aplikasi. Nah, untuk aplikasi pertama yang saya rekomendasikan adalah Square Pic.

Kenapa harus aplikasi Square Pic? Karena aplikasi ini sangat mudah untuk di gunakan oleh seorang pemula sekalipun.

Cara menggunakannya seperti ini:

  1. Pertama kalian download dulu aplikasi Square Pic di Google Play Store.
  2. Jika sudah, langsung saja buka aplikasinya.
  3. Kemudian pilih foto yang ingin di gunakan sebagai foto profil WhatsApp.
  4. Berikutnya buka menu Tata Letak, lalu pilih bentuk bulat.
  5. Ketuk menu Pengaturan yang ada di sebelah kanan setting Shape.
  6. Sekarang atur rasio gambar menjadi lebih kecil.
  7. Apabila tampilan foto sudah sesuai, maka klik Simpan.
  8. Tunggu sampai prosesnya selesai.
  9. Buka aplikasi WhatsApp.
  10. Pergi ke menu Profil.
  11. Ganti foto profil WhatsApp dengan gambar yang sudah kalian atur tadi.
  12. Silakan sesuaikan saja dengan keinginan kalian.
  13. Selesai.

Catatan:

Nanti secara otomatis foto profil WhatsApp yang kalian gunakan akan terlihat lebih full dari sebelumnya. Karena pada tahap 6 tadi kita sudah membuat rasio gambar menjadi lebih kecil.

Sedikit tambahan untuk kalian, fungsi dari aplikasi tersebut adalah untuk mengedit foto dan memberikan efek-efek tertentu. Biasanya saya sering menggunakan aplikasi ini agar foto profilnya terlihat utuh dan bulat seperti contoh yang kalian buat tadi.

Jika kalian ingin bentuk yang lain juga bisa kok. Sesuaikan saja dengan selera kalian masing-masing.

2. Dengan Aplikasi No Crop For WhatsApp

Jika kalian kurang suka dengan aplikasi yang pertama, maka bisa coba menggunakan aplikasi berikut ini. No Crop For WhatsApp merupakan aplikasi yang akan memungkinkan penggunanya untuk bisa meminimalisir foto terpotong saat di upload sebagai foto profil.

Sama seperti yang pertama, aplikasi ini juga sangat mudah untuk di gunakan. Sehingga kita tidak perlu keahlian khusus untuk menggunakannya.

Cara mengganti foto profil WhatsApp agar tidak terpotong dengan No Crop For WhatsApp:

  1. Pertama kalian install dulu aplikasi No Crop For WhatsApp.
  2. Setelah berhasil, langsung saja buka aplikasinya.
  3. Jika sudah terbuka, tekan Click Here to Open Image.
  4. Lalu cari foto yang ingin dijadikan profil WhatsApp.
  5. Sekarang atur background fotonya.
  6. Bila sudah sesuai, klik menu Simpan.
  7. Berikutnya buka aplikasi WhatsApp.
  8. Pergi ke menu Profil.
  9. Tap foto profil dan ganti dengan foto yang kalian buat tadi.
  10. Selesai, deh.

3. Mengganti Foto Profil WhatsApp Dengan SquareDroid

Mengganti Foto Profil WhatsApp Dengan SquareDroid

Aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mengganti foto profil WhatsApp agar tidak terpotong adalah SquareDroid. Sebenarnya aplikasi ini masih mempunyai kemiripan dengan aplikasi sebelumnya, di mana kita bisa menambahkan berbagai macam efek dan editing pada foto.

Salah satu fungsi dari aplikasi ini, yang mana ukuran foto yang sebelumnya sangat besar bisa di kecilkan tanpa merusak kualitasnya. Jadi sangat cocok di gunakan saat foto profil WhatsApp yang akan kita pakai terpotong.

Cara membuat DP WhatsApp menjadi full dengan aplikasi SquareDroid:

  • Pertama-tama install dulu aplikasi SquareDroid pada HP.
  • Setelah terpasang, kalian bisa membuka aplikasinya.
  • Berikutnya buka menu Edit.
  • Lalu pilih foto yang akan di gunakan.
  • Pakai fitur edit Square Fit.
  • Sekarang kalian atur dulu bentuk fotonya.
  • Jika sudah, ketuk menu Simpan.

Untuk tahap berikutnya, kalian bisa langsung mengganti profil di akun WhatsApp seperti biasanya. Tapi jika nanti kalian harus melewati proses crop, maka potong saja bagian yang blurnya saja.


Sering melihat status WA teman yang keren-keren dan ingin menyimpannya pada HP. Coba lihat cara download status WhatsApp di sini.


4. Menggunakan Fitur Screenshots Pada HP

Bagi kalian yang mungkin belum tahu, kalau fitur screenshots ini memungkinkan kita untuk menangkap tampilan layar pada HP. Sehingga kita tidak perlu lagi menggunakan bantuan kamera HP lain untuk mengambil tampilan layar.

Sudah pasti dengan adanya fitur ini akan sangat menguntungkan. Salah satunya itu bisa kita gunakan untuk mengakali agar foto profil WA yang akan kita upload dapat tampil full.

Hanya saja, fitur screenshots  di setiap HP itu berbeda-beda. Sehingga kalian bisa mencari caranya di Google saja, ya. Untuk mencarinya, kalian bisa memasukan kata kunci cara screenshot HP Oppo, Xiaomi, Samsung dan mer

k HP lainnya.

Untuk caranya seperti ini:

  • Buka dulu Galeri pada HP kalian.
  • Cari gambar yang ingin di jadikan foto profil WhatsApp.
  • Lalu zoom out gambar yang kalian pilih.
  • Kemudian Screenshots jika tampilannya sudah sesuai.
  • Sekarang buka aplikasi WhatsApp.
  • Masuk ke Profil WA.
  • Tap foto profil dan ganti dengan gambar yang kalian screenshots tadi.
  • Crop saja bagian-bagian yang tidak di butuhkan.
  • Selesai.

Untuk caranya saya rasa kurang lebih seperti itu. Kelebihan dari cara ini, kita tidak perlu lagi melewati proses edit maupun membuka aplikasi tambahan.

Sedikit penjelasan untuk kalian, saat foto diambil menggunakan kamera maka resolusi yang di hasilkan akan penuh. Nah, dengan memanfaatkan fitur screenshots ini, nanti hasil resolusi gambarnya akan terpotong secara otomatis.

5. Memakai Aplikasi Photo & Picture Resizer

Seperti nama aplikasi yang satu ini, di mana Photo & Picture Resizer mempunyai fungsi untuk mengatur ulang ukuran atau resolusi foto ke ukuran tertentu. Sehingga foto yang di hasilkan oleh kamera HP dapat kita kecilkan resolusinya.

Untuk menggunakan aplikasinya sangat mudah, begini caranya:

  • Pertama tentu kalian harus install dulu aplikasinya.
  • Jika sudah, langsung saja buka.
  • Sekarang kalian pilih foto yang ingin di kecilkan.
  • Atur ukuran foto sesuai dengan keinginan kalian.
  • Bila sudah, jangan lupa klik Simpan.
  • Langkah selanjutnya, buka WhatsApp pada HP.
  • Pergi ke menu Profil.
  • Ketuk foto profil dan ganti dengan foto yang sudah di ubah tadi.
  • Selesai.

Saya sendiri juga sudah pernah mencoba menggunakan aplikasi ini dan hasilnya sangat efektif dalam mengubah resolusi gambar menurut saya. Sebenarnya tidak hanya bisa mengecilkan resolusi saja, tapi juga bisa mengurangi size atau ukuran foto tersebut.


Merasa bosan dengan tampilan font yang itu-itu saja di WhatsApp? Kenapa tidak coba untuk mengubah font WhatsApp agar menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.


6. Mengganti Foto Profil WhatsApp Menggunakan PicsArt

Mengganti Foto Profil WhatsApp Menggunakan PicsArt

Sudah pasti dari kalian sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini bukan? Meski belum pernah menggunakannya, tapi kalian mungkin pernah mendengar nama aplikasinya.

Yup, PicsArt  merupakan salah satu aplikasi Photo Editing yang dapat di katakan sudah ada sejak lama dan sangat terkenal di pengguna HP Android.

Fitur yang ada di dalam aplikasi PicsArt cukup banyak. Salah satu fiturnya seperti mengubah ukuran gambar agar saat di jadikan sebagai foto profil WA tidak akan terpotong. Cara yang akan di gunakan, yakni dengan resize gambar yang akan dijadikan sebagai foto profil.

Untuk prosesnya seperti ini:

  1. Install dulu aplikasi PicsArt pada perangkat.
  2. Jika sudah, buka aplikasinya.
  3. Kemudian pilih foto yang ingin di jadikan sebagai DP WA.
  4. Berikutnya pilih menu Pengaturan Resize.
  5. Lalu atur gambarnya sesuai keinginan kalian.
  6. Apabila sudah sesuai, klik menu Simpan.

Langkah selanjutnya kalian bisa langsung menggunakan foto yang sudah di edit tadi sebagai DP WhatsApp. Caranya masih sama seperti yang saya jelaskan di atas tadi. Jika di rasa kurang full, maka kalian bisa mengubah kembali resolusinya seperti tadi.

Aplikasi Lain Untuk Mengganti Foto Profil WhatsApp Agar Tidak Kepotong

Selain dengan beberapa aplikasi yang sudah saya jelaskan di atas, sebenarnya masih ada aplikasi lain yang dapat kita gunakan untuk membuat foto profil WhatsApp tidak terpotong. Namun untuk aplikasi lain yang saya jelaskan di sini itu belum pernah saya coba.

Tapi jika di lihat dari comment serta ranting aplikasinya, saya rasa cocok untuk di gunakan.

Contohnya seperti:

  1. WhatsCrop
  2. No Crop DP
  3. No Crop For WhatsApp
  4. DP Without Croup
  5. No Crop DP Maker
  6. InSquare Pic

Dan masih banyak lagi yang lainnya. Kalian bisa mencobanya sendiri ya. Intinya sih fungsi dari aplikasi tersebut sama dengan aplikasi yang saya jelaskan di atas.

Penutup

Jadi, dapat kita simpulkan kalau memasang foto profil WhatsApp full tanpa terpotong itu bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Dengan menerapkan beberapa cara di atas tadi, saya jamin foto yang akan kalian pasang sebagai DP WA bisa terlihat penuh sesuai aslinya.

Saya sendiri juga sudah mencoba menerapkan semua cara tersebut dan bisa di katakan cukup efektif dalam mengubah ukuran DP WhatsApp. Karena ukuran foto yang saya upload tidak terpotong, walaupun ukuran foto yang di gunakan relatif besar.

Mungkin saya cukupkan dulu sampai di sini pembahasan tentang cara mengganti foto profil WhatsApp agar tidak terpotong. Jika dari kalian ada yang memiliki pertanyaan atau ada yang masih kurang jelas, maka bisa menuliskannya di kolom komentar.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.