Update! 14 Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Dibuka – Seperti yang pernah admin jelaskan sebelumnya kalau aplikasi merupakan salah satu bagian yang cukup penting ada didalam sebuah smartphone Android, karena jika tidak maka ponsel Android tidak bisa digunakan sebagai mana fungsinya.

Dalam sebuah smartphone, sebagian dari pengguna pasti sudah tahu kalau ada dua jenis aplikasi didalamnya, seperti aplikasi bawaan ponsel dan juga aplikasi tambahan yang dapat di instal oleh penggunannya dengan mudah pada market aplikasi.

Tapi terlepas dari fungsi aplikasi pada ponsel Android, ternyata ada sebuah masalah yang saat ini cukup sering dialami oleh sebagian pengguna. Masalah tersebut seperti aplikasi Android yang tidak bisa dibuka atau muncul pesan “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti”.

Jika sudah begini, tentu kita tidak akan bisa membuka ataupun menggunakan aplikasi tersebut sesuai dengan fungsinya. Lalu apa penyebab aplikasi Android tidak bisa dibuka?

Apabila kita melihat penyebabnya tentu akan ada banyak hal yang dapat memicu terjadinya masalah tersebut, mulai dari ponsel terserang virus, file cache yang penuh, RAM hp penuh, bugs pada aplikasi dan tentunya masih banyak penyebab aplikasi Android tidak bisa dibuka lainnya.

Tapi untuk saat ini kalian tidak perlu khawatir dan panik dengan masalah tersebut, karena dalam artikel ini admin akan menjelaskan tetang cara mengatasi aplikasi Android tidak bisa dibuka dengan aman dan pastinya kalian tidak perlu melakukan root. Untuk lebih jelasnya, kalian dapat menyimak tipsnya dibawah ini.

Begini Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Dibuka

Hingga saat ini masih banyak pengguna yang mengalami masalah tersebut, namun masing-masing pengguna tentu mengalami kerusakan yang berbeda-beda, entah itu pada aplikasi bawaan ponsel atapun pada aplikasi tambahan yang di instal melalui market aplikasi seperti Google Play Store.

Tingkat masalah yang terjadi juga pastinya beragam, namun kalian masih bisa mencoba cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka pada hp Android yang sudah admin rangkumkan dibawah ini:

#1. Restat Ponsel Seperti Biasa

Cara mengatasi aplikasi Android yang tidak bisa dibuka pertama adalah dengan merestat ponsel seperti biasanya. Ini dikarenakan dalam beberapa kasus, aplikasi yang tidak bisa terbuka dapat dipicu oleh adanya bugs atau error pada sistem Android.

Maka dengan cara merestat ponsel seperti biasa, semua sistem Android yang mengalami error akan di setel ulang kembali. Dengan cara ini biasanya akan sangat ampuh untuk mengatasi error dan juga bugs yang terjadi pada ponsel.

#2. Hapus File Cache

File cache yang menumpuk didalam ponsel juga bisa mengakibatnya terjadinya error saat sistem membaca data dari aplikasi yang hendak di buka. Oleh sebab itu, menghapus file cache didalam aplikasi secara berkala adalah hal yang wajib untuk dilakukan.

Meski tidak terlalu sering, aplikasi Android tidak bisa dibuka juga bisa disebabkan oleh menumpuknya file cache didalam aplikasi tersebut. Kalian bisa mencoba untuk menghapusnya dengan cara yang manual, atau bisa juga dengan memanfaatkan sebuah aplikasi pihak ketiga.

#3. Paksa Berhenti dan Hapus Data Aplikasi

Paksa Berhenti dan Hapus Data Aplikasi

Selain dengan menghapus file cache, cara mengatasi aplikasi Android tidak bisa dibuka juga bisa kalian lakukan dengan memaksa berhenti dan menghapus data dari aplikasi itu sendiri. Hal ini biasanya akan membuat aplikasi tersebut kembali seperti pertama kalian mendownloadnya.

Untuk caranya juga sangat mudah, kalian dapat mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Buka menu “Pengaturan” yang ada didalam ponsel.
  • Selanjutnya kalian bisa mencari menu “Manager Aplikasi“.
  • Berikutnya kalian cari lagi “Daftar Aplikasi” atau “Aplikasi“.
  • Maka kalian bisa mencari Aplikasi yang mau dihapus.
  • Setelah ketemu, pilih dan cari opsi “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data“.

Dengan cara ini biasanya aplikasi yang error tadi akan kembali pulih seperti semula.

#4. Perbaharui Aplikasi

Sebagian masalah yang terjadi pada aplikasi Android, biasanya dapat diakibatkan oleh bugs. Bugs ini dapat terjadi ketika selesai pembaharuan atau bisa juga karena belum di perbaharui.

Nah, jika kalian mendapati aplikasi yang digunakan mengalami masalah saat selesai pembaharuan maka kalian bisa melakukan downgrade pembaharuan tadi. Atau bisa juga kalian mengecek pembaharuan terbaru dari aplikasi tersebut, karena beberapa aplikasi sering mendapatkan update secara berkala dari developernya.

Pembaharuan tersebut biasanya dilakukan untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi sebelumnya dan salah satunya seperti bugs.

#5. Ganti Aplikasi Dengan Versi Lain

Apabila kalian sebelumnya menginstal aplikasi tersebut melalui file APK atau mendownloadnya di luar Play Store, maka kemungkinan besar aplikasi tidak bisa dibuka karena spesifikasi di ponsel kalian kurang kompatible dengan aplikasi itu sendiri.

Nah, untuk mengatasi masalah aplikasi Android tidak bisa dibuka ini adalah dengan menggantinya dengan versi bawaan yang sesuai dengan spesifikasi ponsel kalian. Untuk menghapus aplikasi sebelumnya kalian bisa melalui menu “Pengaturan” > “Manager Aplikasi” > “Daftar Aplikasi” terakhir kalian bisa memilih aplikasi yang mau dihapus.

Jika sudah, selanjutnya kalian bisa mencari aplikasi tersebut yang sesuai dengan spesifikasi smartphone atau bisa juga mengunduhnya di Play Store yang sudah tersedia didalam ponsel Android.

#6. Instal Ulang Aplikasi yang Digunakan

Masih ada kaitannya dengan yang sebelumnya, kendala yang biasanya menyebab aplikasi Android tidak bisa dibuka adalah versi dari aplikasi itu sendiri yang tidak sesuai dengan spesifikasi Android pada ponsel. Apalagi saat ini, hampir seluruh aplikasi Android itu terus mendapatkan pembaharuan, mulai dari perbaikan masalah dan bugs yang terjadi sampai menghadirkan fitur-fitur terbaru.

Nah, jika sudah begini, tentu spesifikasi ponsel lama tidak akan sanggup lagi untuk menjalankan aplikasi yang sudah diperbaharui tersebut. Jika sudah begini, tentu kalian harus melakukan downgrade versi aplikasi tersebut ke versi sebelumnya.

#7. Aplikasi yang Digunakan Tidak Kompatible

Hal lain yang juga biasanya menjadi penyebab aplikasi Android tidak bisa dibuka adalah aplikasi tersebut tidak kompatible dengan versi Android yang ada pada ponsel kalian. Meski kalian mengunduhnya didalam play store, bukan berarti aplikasi tersebut bisa sesuai dengan perangkat yang digunakan.

Jika aplikasi yang hendak kalian gunakan terus saja keluar dengan sendirinya atau memunculkan pesan “Sayangnya, aplikasi telah berhenti”, maka dapat dipastikan perangkat yang kalian gunakan tidak kompatible dengan versi aplikasi tersebut.

Cobalah untuk menggantinya ke versi sebelumnya atau bisa juga menggantinya dengan aplikasi lain yang mungkin memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi tersebut.

#8. Cobalah Untuk Scan Virus

Selain masalah diatas tadi, penyebab aplikasi Android tidak bisa dibuka juga dapat diakibatkan oleh serangan virus. Meski kejadian ini sangat jarang terjadi, namun tidak menutup kemungkinan juga kalau perangkat Android kita diserang oleh virus atau malware.

Nah, untuk mengatasi masalah ini tentu kalian harus membersihkan virus dan malware tersebut dengan cara menggunakan aplikasi antivirus pihak ketiga atau bisa juga dengan cara manual. Untuk cara manual kalian dapat mengikuti langkah-langkah menghapus virus dan malware di artikel sebelumnya.

#9. Aplikasi Masih Dalam Pengembangan

Aplikasi Masih Dalam Pengembangan

Kemungkinan lain yang bisa saja menjadi penyebab aplikasi Android tidak bisa dibuka adalah aplikasi tersebut masih dalam masa pengembangan oleh develover atau sering juga disebut dengan aplikasi versi beta. Ini mengartikan kalau aplikasi yang kalian gunakan masih dalah tahap uji coba pada pengguna ponsel Android.

Jika kalian menguduhnya melalui play store, maka develover aplikasi itu sendiri akan memberikan informasi kalau aplikasi tersebut masih dalam tahap pengembangan (Versi Beta). Untuk informasi ini biasanya akan ditulis pada judul aplikasi.

#10. Aplikasi Tidak Pernah Mendapatkan Pembaharuan dari Pihak Develover

Jika kita lihat perkembangan teknologi saat ini, sistem operasi Android terus mendapatkan pembaharuan atau upgrade dari penciptanya. Hal ini juga akan membuat seluruh sistem, pengaturan dan hal lainnya yang ada di OS Android sebelumnya akan dirubah serta diperbaiki lagi.

Nah, hal ini yang juga sering membuat beberapa aplikasi tidak support ketika di instal pada versi OS Android terbaru. Serta ini juga mengartikan kalau developer aplikasi yang ingin kalian gunakan itu sudah tidak pernah melakukan pembaharuan pada aplikasi yang iya ciptakan. Sehingga sering mengakibatkan beberapa masalah dan salah satunya itu aplikasi Android tidak bisa dibuka.

#11. Update OS Android yang Digunakan

Selanjutnya penyebab terjadi masalah seperti aplikasi Android tidak bisa dibuka juga dapat diakibatkan oleh versi OS Android yang ada didalam ponsel kalian belum di perbaharui. Oleh sebab itu, kalian bisa memeriksa pembaharuan yang tersedia untuk OS Android yang ada didalam smartphone.

Untuk cara pembaharuan OS Android tidaklah sulit untuk kalian lakukan dirumah, pertama-tama kalian cari dulu menu “Pengaturan” setelah itu cari lagi menu “Pembaharuan Sistem” terakhir “Periksa Pembaharuan“. Tunggu sampai ponsel kalian selesai memeriksa pembaharuan yang ada pada OS Android, jika tersedia maka segeralah lakukan pembaharuan.

#12. Lakukan Factory Reset

Metode lain yang bisa kalian lakukan dalam mengatasi masalah aplikasi Android tidak bisa dibuka adalah dengan melakukan factory reset. Metode ini sebenarnya pilihan terakhir yang bisa kalian gunakan apabila semua cara diatas sudah kalian lakukan, namun hasilnya tidak sesuai.

Factory Reset atau sering juga disebut Reset Pabrik adalah cara untuk menyetel ulang seluruh sistem dan pengaturan yang ada didalam ponsel kembali seperti baru. Namun perlu juga kalian ketahui kalau cara ini akan mengahpus seluruh data dan aplikasi yang ada pada ponsel Android.

Maka sebelum kalian melakukan cara ini, ada baiknya untuk membackup data penting yang kalian miliki terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah hilangnya data penting tersebut saat proses reset ponsel Android berlangsung.

#13. Instal Ulang Android

Instal ulang OS Android atau sering juga disebut dengan Flashing ini juga salah satu cara yang cukup extrim yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah aplikasi Android tidak bisa dibuka. Nah, cara ini mungkin bisa kalian lakukan apabila aplikasi yang bermasalah tersebut merupakan aplikasi yang sangat penting untuk kalian miliki.

Bahan-bahan yang kalian perlukan juga tidak sedikit serta cara untuk melakukan Flashing ini juga tidak mudah. Jadi jika kalian masih awam dalam masalah ini, ada baiknya kalian meminta bantuan orang lain yang memang sudah ahli dalam bidang tersebut.

#14. Ganti Ponsel

Ini merupakan cara yang terakhir dan cara yang paling aman untuk kalian lakukan dalam mengatasi masalah seperti aplikasi Android tidak bisa dibuka atau rusak. Caranya tentu dengan mengganti ponsel Android kalian saat ini dengan hp yang beru serta spesifikasi yang lebih baik tentunya.

Selain aman, mengganti smartphone lama dengan yang baru juga tidak ribet karena saat ini sudah ada banyak sekali konter-konter ponsel baru yang menawarkan smartphone Android dengan spesifikasi terbaru serta dengan harga yang cukup terjangkau.

Namun jika kalian tidak ada waktu pergi ke toko ponsel untuk melihat-lihat smartphone Android terbaru saat ini, maka jangan bersedih karena admin disini juga sudah menyediakan sebuah halaman khusus yang menghadirkan informasi seputar harga gadget terbaru di Indonesia.

Penutup

Semua cara diatas bisa kalian gunakan untuk mengatasi masalah yang terjadi di semua hp Android seperti aplikasi tidak bisa dibuka. Namun kemungkinan besar, masing-masing ponsel memiliki sistem dan cara yang sedikit berbeda tapi kalian bisa mencoba untuk menyesuaikannya.

Baik, mungkin untuk saat ini hanya itu saja informasi yang bisa admin hadirkan untuk kalian mengenai cara mengatasi aplikasi Android tidak bisa dibuka. Selamat mencoba dan jika mengalami masalah kalian bisa mendiskusikannya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.