Cara Mengamankan Akun Gmail

cara mengamankan akun Gmail dengan verifikasi 2 langkah di Android agar tidak di hack oleh orang lain

Cara Mengamankan Akun Gmail – Pada dasarnya, keamanan akun Gmail dari seorang hacker itu tergantung dari pemiliknya masing-masing. Karena ini berhubungan tentang bagaimana cara pengguna mengelola dan mengantisipasi permasalahan yang terjadi di akunnya.

Apalagi saat ini Google sudah menyediakan berbagai fitur yang dapat di gunakan oleh seluruh penggunanya untuk mengamankan akun. Tapi, tidak sedikit dari pengguna akun Gmail malah tidak mengaktifkan fitur keamanan tersebut, sehingga akunnya mudah di hack oleh orang lain.

Jika sudah seperti itu, kemungkinan besar akun Gmail kalian akan hilang dan biasa saja informasi yang ada di dalamnya bisa di salah gunakan. Jadi, jika akun kalian memang sangat penting karena berisi informasi pribadi, maka sudah sepatutnya kalian mengaktifkan fitur keamanan terbaru dari Google.

Mengamankan akun Gmail dari seorang hacker itu sebenarnya tidak sulit, karena informasi ini sebenarnya sudah tertulis ketika kita membuat akun Gmail baru. Meski begitu, tidak sedikit dari pengguna malah mengabaikan hal tersebut dan baru sadar saat akunnya sudah di rampas.

Nah, untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan terjadi pada akun Gmail, maka kalian bisa mencoba beberapa tips mengamankan akun Gmail terbaru yang di sediakan oleh Google.

Cara Mengamankan Akun Gmail di Android

Seperti yang sudah kalian ketahui, kalau akun Gmail itu mempunyai fungsi yang sangat banyak. Selain bisa kita gunakan untuk menerima dan mengirimkan surat, akun Gmail juga bisa kalian untuk mengakses seluruh produk yang dimiliki oleh Google.

Oleh sebab itulah, penting hukumnya bagi kalian untuk mengamankan akun yang dimiliki. Sebenarnya cara yang saya sampaikan di sini juga sangat cocok untuk akun Gmail baru ataupun akun lama.

1. Mengamankan Akun Gmail Buat Sandi yang Rumit

Password atau kata sandi merupakan hal yang paling penting, karena ini merupakan bentang utama untuk mengamankan akun kita. Sehingga, kalian sangat di sarankan untuk membuat kata sandi yang lebih rumit namun tetap mudah untuk kalian ingat.

Saran dari saya, sebaiknya kalian hindari menggunakan kata sandi yang berhubungan dengan identitas pribadi, seperti tanggal lahir, tanggal ulang tahun dan lainnya. Jika memungkinkan, kalian bisa memakai kombinasi angka dan huruf serta simbol ketika membuat kata sandi.

Ini bertujuan agar kata sandi yang kalian buat itu benar-benar kuat dan sulit untuk di bobol oleh orang lain. Namun yang terpenting, kalian bisa mengingatnya dengan mudah. Agar nanti kalian tidak sampai lupa password Gmail sendiri, ya.

2. Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Selain dengan cara membuat password yang rumit, mengamankan akun Gmail juga bisa kalian lakukan dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah. Sehingga keamanan akun kalian akan lebih terjaga, karena ketika ada orang yang hendak login, maka iya harus melewati verifikasi 2 langkah ini.

Fitur ini juga sudah tersedia secara resmi di Google dan bisa digunakan oleh semua pengguna akun Gmail. Selain itu, fitur verifikasi 2 langkah juga biasanya sering di tawarkan oleh Google ketika kalian membuat akun baru.

Pada akun lama, kalian bisa mengaktifkan fitur ini dengan mudah, namun sebelum itu kalian wajib melihat password akun Gmail sendiri terlebih dahulu. Jangan lupa juga, kalau nomor HP yang kalian masukkan pada akun masih aktif, ya. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kalianlah pemilik dari akun Gmail tersebut.

Caranya seperti ini:

  1. Pertama kunjungi halaman resmi verifikasi 2 langkah Google.
  2. Berikutnya kalian tap menu Mulai.
  3. Sekarang kalian login terlebih dahulu seperti biasa.
  4. Setelah itu, masukkan nomor telepon yang aktif.
  5. Di halaman, Bagaimana Anda ingin mendapatkan kode, pilih saja langsung SMS dan klik Selanjutnya.
  6. Tunggu sampai kalian mendapatkan SMS dari Google.
  7. Jika sudah menerima SMS, masukan kode verifikasi yang ada di SMS ke kolom yang di sediakan dan klik menu Selanjutnya.
  8. Apabila sudah berhasil, kalian tap menu Aktifkan.
  9. Selesai, sekarang verifikasi 2 langkah di akun Gmail kalian sudah aktif.

Sekarang, saat verifikasi 2 langkah ini sudah aktif, maka setiap kalian ingin login ke akun Gmail, maka harus memasukkan kode yang di kirimkan oleh Google. Namun ini biasanya hanya berlaku pada perangkat yang belum pernah login menggunakan akun Gmail kalian.

3. Gunakan Perintah Google

Jika dilihat-lihat, ini masih berhubungan dengan verifikasi 2 langkah yang sudah kalian aktifkan tadi. Namun bedanya itu, di sini kalian tidak perlu memasukkan kode yang di kirim oleh Google melalui SMS, karena kita hanya perlu menekan tap Ya saja pada HP yang terhubung.

Nah, berikut langkah-langkah mengaktifkan fitur ini:

  1. Pertama, kalian bisa masuk ke halaman verifikasi 2 langkah seperti cara di atas tadi.
  2. Lalu klik menu Tambahkan Perintah Google dan jika muncul sebuah jendela, tap menu Mulai.
  3. Berikutnya silakan kalian pilih smartphone yang terhubung dengan akun Gmail.
  4. Jika akun belum terhubung dengan ponsel, maka kalian bisa login terlebih dahulu dengan akun Gmail pada HP.
  5. Bila sudah, langsung saja tap menu Selanjutnya.
  6. Sekarang ikuti saja perintah yang di minta oleh Google sampai selesai.

Nanti jika sudah berhasil, kalian bisa mencoba login dengan akun di perangkat lain dan lihat hasilnya.

4. Cara Mengamankan Akun Gmail Dengan Masukan Email Pemulihan

Cara Mengamankan Akun Gmail Dengan Masukan Email Pemulihan

Selain dengan menambahkan nomor telepon yang aktif, mengamankan akun Gmail di Android juga bisa dilakukan dengan memasukkan email pemulihan.

Penambahan email pemulihan ini berfungsi sebagai pemulihan akun saat kita sendiri lupa dengan password nya. Jadi, nantinya kita bisa memulihkannya dengan memasukkan kode yang sudah di kirimkan oleh Google ke email yang di tambahkan.

Namun opsi ini sebenarnya akan di tawarkan oleh Google ketika kalian membuat akun Gmail baru. Tapi, kita masih tetap bisa menambahkannya kembali di akun Gmail lama.

Caranya seperti berikut:

  • Buka halaman akun Gmail kalian di sini.
  • Lalu klik saja menu Tambahkan Email Pemulihan.
  • Biasanya kalian akan diminta untuk login, masukan saja akun Gmail yang ingin kalian amankan.
  • Selanjutnya Tambahkan Email Pemulihan (pastikan email aktif).
  • Jika berhasil, maka kalian akan melihat email pemulihan di halaman ini.
  • Selesai, deh.

5. Jangan Gunakan Password yang Sama di Situs Lain

Mungkin banyak dari kalian yang tidak sadar kalau ternyata menggunakan password yang sama di situs lain itu bisa memudahkan orang lain meretas akun kita. Coba saja kalian bayangkan, apabila ada seseorang yang tahu salah satu akun kita, maka tidak menutup kemungkinan iya akan lebih mudah masuk ke akun lainnya yang kita miliki.

Maka dari itu, sebaiknya kalian menghindari penggunaan password yang sama di beberapa situs yang kalian miliki. Selain itu, hindari juga untuk memakai password yang sama pada email pemulihan yang kalian daftarkan pada akun sebelumnya.

6. Selalu Periksa Sistem Keamanan Akun

Selain dengan menambah beberapa verifikasi untuk mengamankan akun Gmail, sebenarnya masih ada hal penting yang tidak boleh kalian lewatkan. Di mana kalian juga harus lebih sering memeriksa keamanan akun Gmail yang di gunakan.

Karena tidak menutup kemungkinan kalau kita pernah melakukan kesalahan, seperti secara tidak sengaja membagikan password akun ke orang lain.

Oleh karena itu, dengan melakukan pemeriksaan akun secara rutin, kita akan lebih mudah jika ternyata ada orang yang tidak kita tahu sedang login dengan akun kita. Untuk melakukannya, kalian bisa langsung mengunjungi Akun Saya di Google dan masuk ke bagian Privacy Checkup.

Setelah itu, kalian langsung tap menu Mulai dan ikuti setiap petunjuk yang di berikan oleh Google. Sampai pemeriksaan keamanan akun kalian selesai.

7. Perbaharui Sistem Operasi Secara Rutin

Cara mengamankan akun Gmail yang selanjutnya juga bisa kalian lakukan dengan melakukan pembaharuan secara runtin pada sistem operasi pada HP Android. Karena seperti yang pernah saya jelaskan sebelumnya, kalau perangkat yang aman itu adalah perangkat yang sering mendapatkan update sistem.

Tidak dapat kita pungkiri juga kalau setiap pembaharuan sistem, pihak pengembang juga sering menyisipkan pembaharuan pada keamanannya.

Oleh sebab itu, jangan sampai kalian tidak pernah memperbaharui sistem operasi pada perangkat yang sering di gunakan. Karena kita tidak akan pernah tahu kapan masalah itu datang pada akun, sehingga lebih baik mencegahnya agar tidak terjadi.

8. Ganti Password Akun Gmail Secara Rutin

Membuat password yang rumit memang bisa mengamankan akun, tapi jika kita bisa mengganti password secara rutin maka keamanan akun Gmail akan lebih kuat lagi. Hal ini juga bertujuan untuk mengantisipasi apabila password lama kita telah di ketahui oleh orang lain sebelumnya.

Tapi, jangan lupa juga untuk menggunakan kombinasi huruf, angka dan simbol pada akun Gmail yang kalian buat. Agar keamanan akun dapat terjaga dengan baik, dan akun Gmail kalian juga akan lebih sulit di bobol oleh orang lain.

Penutup

Baik, itulah beberapa cara mengamankan akun Gmail dengan verifikasi 2 langkah di Android agar tidak di hack oleh orang lain. Kalian bisa menerapkan beberapa tips di atas untuk membuat sistem keamanan di akun Gmail kalian lebih kuat dan terjaga.

Apabila kalian memiliki saran atau pertanyaan seputar gadget lainnya, maka bisa menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.