Mengecek Touchscreen Android

Cara Mengecek Touchscreen Android

Cara Mengecek Touchscreen Android – Pada HP Android, Touchscreen merupakan salah satu komponen terpenting yang harus ada. Karena jika tidak adanya Touchscreen, ponsel Android akan kurang menarik dan tidak bisa berfungsi seperti yang di inginkan.

Bahkan, hampir semua produk HP Android saat ini sudah dominan mengusung jenis layar Touchscreen. Mulai dari Samsung, Oppo, Vivo, Realme, Xiaomi, Asus, Advan dan merek HP Android lainnya pun sudah menggunakan jenis layar ini.

Berbicara mengenai Touchscreen, apabila kalian mendapati error seperti layar tidak bisa di sentuh atau layar bergerak sendiri. Maka itu kemungkinan besar layar ponsel kalian mengalami kerusakan.

Agar bisa memastikannya, tentu kita harus mengeceknya dengan benar. Agar nantinya kita bisa lebih mudah mengidentifikasi, apakah layar HP memang benar-benar rusak atau tidak. Berikut pembahasan selengkapnya.

Cara Mengecek Touchscreen Android Dengan Akurat

Dari pengalaman saya pribadi, untuk mengecek touchscreen pada HP Android itu bisa di lakukan dengan beberapa cara sederhana. Meski begitu, di sini saya tidak akan menjelaskan semua caranya secara lengkap, ya.

Tapi saya akan menjelaskan beberapa cara yang sudah pernah saya coba sendiri, seperti:

  1. Dengan kode dial rahasia
  2. Menggunakan aplikasi pihak ketiga
  3. Dan menggunakan aplikasi gambar

Kalian bisa memilih salah satu dari cara tersebut, ketika memang sedang membutuhkannya.

Oh ya, cara pengecekan tersebut bisa kalian gunakan jika di kemudian hari kalian membeli HP bekas atau ingin menjual HP ke orang lain. Karena saya rasa, hasil dari pengecekan dengan cara itu cukup akurat.

Agar tidak terlalu lama, berikut beberapa cara mengecek touchscreen Android dengan akurat.


Pengguna HP Samsung? Layar menampilkan bayangan warna saat di gunakan? Berikut cara mengatasi Shadow di layar Samsung.


1. Mengecek Touchscreen Android Dengan Kode Rahasia

Mengecek Touchscreen Android Dengan Kode Rahasia

Pada HP Android, sebenarnya sudah ada beberapa kode rahasia yang bisa kita manfaatkan sesuai kebutuhan. Misalnya saja seperti mengecek IMEI, informasi HP, cek keaslian HP, sampai dengan kode reset HP.

Dari deretan kode rahasia tersebut, ada salah satu kode yang mempunyai fungsi untuk mengecek keadaan HP. Misalnya seperti:

  • Mengecek fungsi getar
  • Panggilan suara telepon
  • Touchscreen HP
  • Dan masih banyak lagi.

Untuk tutorial kali ini, kita akan menggunakan salah satu kode tersebut untuk mengecek keadaan touchscreen HP.

Cara mengecek touchscreen HP dengan kode rahasia:

  1. Pertama buka aplikasi Telepon.
  2. Kemudian ketikan kode *#0*#* atau #*#0*#*#*.
  3. Nanti akan muncul sebuah jendela Touchscreen Test.
  4. Silakan coba satu-satu menu yang ada di halaman ini.
  5. Selesai.

Catatan:

Kode rahasia tersebut di beberapa HP Android tertentu memang ada yang berfungsi dengan baik dan ada juga yang tidak. Ini kemungkinan besar tergantung dari sistem HP Android itu sendiri.

Meski begitu, silakan coba saja dulu kode tersebut. Jika memang gagal atau tidak berfungsi dengan baik, maka gunakan metode lainnya yang ada di bawah.

2. Cek Touchscreen Android Menggunakan Aplikasi

Selain menggunakan kode rahasia di atas, sebenarnya kita juga bisa mengecek touchscreen HP Android dengan bantuan aplikasi. Saat ini di Google Play Store juga sudah ada beberapa aplikasi yang bisa di pakai saat ingin mengecek keadaan touchscreen HP.

Aplikasi tersebut juga gratis dan kalian bisa memilihnya sesuai dengan keingan. Tapi di sini, saya akan membagikan dua jenis aplikasi yang sudah pernah saya coba.

Multi-Touch Test

  • Install aplikasi Multi-Touch Test pada HP.
  • Tunggu sampai berhasil terpasang.
  • Jika sudah, silakan buka aplikasinya.
  • Nanti di halaman utama akan ada tiga pilihan menu, seperti Multi Touch Test, Paint Test dan Colour Test.
  • Pilih saja salah satu atau bisa juga coba semua menunya.
  • Selesai.

Catatan:

Multi Touch Test ini bisa kalian pakai jika ingin mengecek sentuhan pada layar, Colour Test berfungsi untuk mengecek keadaan warna yang di tampilkan oleh layar. Sedangkan Paint Test fungsinya hampir sama dengan menu colour test tadi.

Touch Screen Test

  • Install aplikasi Touch Screen Test terlebih dahulu.
  • Jika sudah, langsung saja buka aplikasinya.
  • Nanti akan terlihat sebuah layar biru.
  • Untuk membuka dan memilih menu, tekan volume UP.
  • Sedangkan untuk menggeser menu, tekan volume Down.
  • Silakan pilih salah satu menu yang ingin kalian pakai.
  • Selesai.

Silakan kalian bisa mencoba satu persatu menu yang ada di aplikasi untuk mengcek keadaan touchscreen pada HP.

3. Mengecek Touchscreen dengan Aplikasi Gambar

Masih banyak dari orang yang ternyata belum tahu, kalau sebenarnya aplikasi untuk menggambar di HP Android itu bisa di gunakan untuk mengecek kondisi touchscreen.

Kenapa menggunakan aplikasi gambar? Ini karena cara kerja dari aplikasi ini mirip seperti saat kita ingin melakukan pengecekan touchscreen. Yaitu dengan menyentuhkan jari pada layar, kemudian mengusapnya untuk membuat sebuah gambar.

Penasaran? Silakan simak selengkapnya di bawah ini.

Cara cek touchscreen HP Android dengan aplikasi gambar:

  1. Pertama install dulu aplikasi gambar di Play Store.
  2. Pilih satu aplikasi yang ingin di gunakan.
  3. Setelah terpasang, silakan buka aplikasinya.
  4. Kemudian usap dengan jari ke seluruh bagian layar HP.
  5. Kemudian cek kondisi touchscreen apakah merespon atau tidak.
  6. Selesai.

Catatan:

Untuk kondisi layar yang normal, maka saat di sentuh layar akan secara otomatis merespon dengan baik. Namun jika layar mengalami kerusakan, maka saat di sentuh akan ada sebagian layar yang tidak merespon.

Selain itu, ada baiknya juga untuk memilih aplikasi gambar yang mendukung fitur full screen ketika membuat sebuah gambar. Kenapa? Tentu agar pengecekan bisa di lakukan secara menyeluruh.


HP jatuh atau terkena air? Jangan panik, begini cara mengatasi HP terkena air dengan aman.


4. Periksa Fisik Layar HP

Beberapa cara di atas itu hanya berlaku untuk melakukan pengecekan kondisi layar dari segi software-nya saja. Nah, selain dari segi software, sebenarnya kalian juga harus memeriksa keadaan layar dari segi hardware-nya. Alias dari fisik layarnya secara langsung.

Misalnya saja seperti ini:

  • Mengecek kondisi layar, apakah ada haris pada LCD atau tidak.
  • Cek di bagian fisiknya, mungkin ada retakan pada layar.
  • Atau periksa juga seperti apa respon touchscreen saat di gunakan.

Masalah-masalah seperti itu juga sangat wajib sekali untuk kita cek.

Tentu ini bukan tanpa alasan, meski terkadang tidak terlalu berpengaruh. Namun dalam jangka waktu tertentu, hal ini di khawatirkan dapat mengakibatkan masalah pada layar jika tidak di lakukan.

Sebagai contoh, seperti layar yang tiba-tiba menjadi berwarna abu-abu, sampai mengalami blank putih atau hitam (balckscreen).

Penting:

Cara ini sebenarnya lebih di khususkan untuk kelian yang suka atau sedang membeli HP Android bekas. Tapi untuk HP Android keluaran baru, mungkin cara ini tidak terlalu penting untuk kalian terapkan. Sebab dari kalian sudah pasti tahu kondisi HP baru itu seperti apa.

Penutup

Baiklah, mungkin sampai di sini dulu pembahasan mengenai cara mengecek touchscreen HP Android yang bisa saya rangkumkan. Silakan kalian pilih dan gunakan salah satu cara di atas sesuai dengan kebutuhan.

Oh ya, cara di atas tadi juga tergolong universal, ya. Maksud universal itu, bisa di gunakan untuk semua jenis HP Android yang ada saat ini dan yang pasti memakai touchscreen.

Apabila masih ada yang kurang jelas atau ada hal lain yang ingin kalian tanyakan, silakan tuliskan saja di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.