Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagian

Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagian

Layar Sentuh Tidak Berfungsi – Bagaimana jika layar sentuh HP kita rusak? Sudah pasti akan sangat merepotkan sekali bukan? Apalagi kita yang memang harus menggunakan ponsel setiap hari dalam beraktivitas.

Kita ambil sebuah contoh sederhana kerusakan layar HP yang sering terjadi, seperti layar yang berubah warna (kuning, putih, hitam dan pudar), sampai munculnya garis-garis pada layar.

Nah, yang paling merepotkannya lagi, ada satu masalah yang saya rasa sangat sering di alami oleh beberapa pengguna HP Android. Di mana layar sentuh pada HP tidak berfungsi sebagian ketika di gunakan.

Misalnya bagian kanan normal, namun yang kirim tidak dan begitu juga sebaliknya.

Pada beberapa waktu lalu, saya juga sempat mengecek beberapa forum teknologi di internet, ternyata banyak sekali pertanyaan mengenai hal ini. Dan oleh karena itu juga, saya akan mencoba menguraikan jawabannya secara lengkap di sini.

Apa Penyebab Layar Sentuh tidak Berfungsi Sebagian?

Penyebab Layar Sentuh tidak Berfungsi Sebagian

Sebelum lanjut ke pembahasan utama, ada bagusnya kita cari tahu dulu penyebab munculnya masalah ini. Setelah saya telusuri, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab layar HP tidak berfungsi sebagian.

Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Terjatuh
    Adanya benturan pada HP ketika terjatuh juga bisa mengakibatkan layar sentuh tidak berfungsi dengan baik. Apalagi kalau benturan tersebut langsung mengenai layarnya.
  2. Terkena air
    HP terkena air juga bisa mengakibatkan terjadinya masalah pada layar. Karena biasanya air akan masuk ke bagian tertentu pada layar dan mengakibatkan touchscreen tidak bekerja sebagian.
  3. Faktor Umur HP
    Umur sebuah HP juga bisa menimbulkan banyak masalah, seperti mengalami keluhan layar HP yang tidak berfungsi sebagian.
  4. Tertimpa Benda Berat
    Apabila HP tertekan sebuah benda berat, akan sangat mungkin bisa merusak touchscreen-nya. Terutama kalau terkena pada bagian ujung layar HP.

Selain itu, sebenarnya masalah ini juga bisa di picu oleh sistem pada HP. Misalnya seperti RAM HP penuh, suhu HP terlalu panas dan masalah sistem lainnya. Atau yang lainnya, penggunaan charger yang tidak sesuai juga bisa menjadi salah satu pemicu munculnya masalah pada touchscreen.

Cara Sederhana Mengecek Layar Sentuh yang Error

Cara Sederhana Mengecek Layar Sentuh yang Error

Tahapan berikutnya, kalian juga harus mengetahui terlebih dahulu bagian touchscreen mana yang mengalami error. Kenapa? Tentu agar mempermudah kita nantinya saat ingin melakukan perbaikan.

Kalau pribadi sih biasanya lebih suka menggunakan bantuan aplikasi, karena saya rasa tidak akan ribet saat ingin mengeceknya. Namun kalian bisa juga memakai cara lainnya saat ingin mengecek keadaan layar pada HP.

Cara cek layar sentuk yang error dengan aplikasi:

  • Langkah pertama, silakan buka Google Play Store.
  • Lalu cari aplikasi Touchscreen Test.
  • Install aplikasi tersebut seperti biasa.
  • Jika sudah, silakan buka aplikasinya.
  • Kemudian klik Start Test.
  • Silakan lakukan pengetesan LCD HP kalian.
  • Selesai.

Atau jika kalian ingin menggunakan cara lain yang lebih akurat, bisa coba cari tahu caranya di artikel saya sebelumnya tentang cara mengecek touchscreen Android.

Catatan:

Oh ya, aplikasi itu juga bisa kalian pakai di semua HP Android yang menggunakan layar sentuh. Seperti Samsung, Sony, Xiaomi, Oppo, Realme, Asus, Vivo, dan HP Android lainnya.


Baca Juga Yuk : Cara Kompres Video di HP Android


Cara Mengatasi Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagian

Setelah memahami penyebab dan cara mengeceknya, maka untuk selanjutnya kita akan cari tahu cara untuk mengatasinya.

Dengan menyimpulkan dari beberapa penyebab di atas, rata-rata layar sentuh yang tidak berfungsi sebagian itu dikarenakan kerusakan pada komponen dan kemungkinan besar harus di ganti LCD-nya.

Namun sebelum kalian benar-benar mengganti LCD HP, ada baiknya untuk mencoba terlebih dahulu beberapa tips berikut. Siapa tahu, dengan menerapkan beberapa tips ini bisa membuat layar sentuh di HP kalian kembali normal.

1. Bersihkan Layar HP Terlebih Dahulu

Yang pertama, kita bisa mencoba memakai cara yang paling sederhana terlebih dahulu. Silakan kalian coba bersihkan layar HP dengan menggunakan tisu atau lap sampai benar-benar bersih.

Mengapa harus di bersihkan? Ini karena tidak menutup kemungkinan kalau layar HP yang kotor itu bisa menjadi pengaruhnya. Misalnya saja terkena minyak atau terkadang juga ada kotoran tidak terlihat menempel pada layar.

Dampaknya, sudah pasti akan membuat jari kita tidak sepenuhnya akan langsung menyentuh ke bagian layar HP. Maka dari itu, tidak ada salahnya juga untuk membersihkan terlebih dahulu layar HP kita.

Caranya dengan menyiapkan sebuah tisu atau lap, kemudian tambahkan sedikit air dan gosok secara pelan-pelan pada layar HP. Apabila sudah, gosok lagi dengan tisu yang baru supaya bagian layar kering dengan baik.

2. Coba Tekan Layar

Kalau saya pribadi sih sangat suka menggunakan cara ini juga. Mengapa? Karena mungkin juga ada bagian layar yang longgar. Dengan cara menekannya, di harapkan bagian tersebut bisa kencang kembali seperti semula.

Caranya sangat mudah sekali kok:

  • Tekan pada setiap bagian layar dengan hati-hati.
  • Misalnya jepit dengan jari telunjuk dan jempol pada bagian layar yang tidak berfungsi.
  • Atau cukup dengan tekan-tekan layarnya menggunakan jari dengan cukup keras tapi tetap hati-hati, ya.

3. Periksa dan Bersihkan Penggunaan RAM HP

Seperti yang sudah saya katakan, kalau masalah pada sistem juga bisa berpengaruh ke penggunaan layar HP. Salah satunya itu, karena memori RAM yang penuh.

Nah, ketika memori RAM pada HP sudah penuh, maka secara otomatis respon sistem akan menjadi berkurang. Ketika sudah seperti itu, bug tertentu akan muncul dan ikut berjalan di dalamnya.

Salah satu dampak yang sering terjadi dan pernah saya sendiri alami itu, di mana pada bagian tertentu pada layar tiba-tiba tidak berfungsi.

Meski sangat jarang terjadi, namun tidak ada salahnya juga kalau kita coba cek dulu pemakaian memori RAM. Caranya seperti ini:

  1. Pertama buka Pengaturan pada HP.
  2. Lalu buka menu Memori.
  3. Berikutnya periksa pemakaian RAM.
  4. Jika sudah, kalian bisa langsung membersihkannya.
  5. Selesai.

Apabila kalian tidak ingin terlalu repot, mungkin bisa mencoba menggunakan bantuan aplikasi lain.

4. Hentikan dan Hapus Aplikasi yang Tidak Perlu

Pada dasarnya beberapa aplikasi yang kita install pada HP itu tidak akan selamanya nonaktif meski tidak sedang di gunakan. Sebab ada beberapa yang nantinya akan terus aktif dan berjalan di latar belakang dengan sendirinya.

Hal ini tentu juga akan mempengaruhi kinerja HP kita, apalagi kalau aplikasi yang berjalan di latar belakang itu jumlahnya banyak. Karena sudah pasti aplikasi yang berjalan di latar belakang ini akan menggunakan memori RAM pada HP yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, coba kalian hentikan aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang. Caranya:

  • Buka menu Pengaturan di HP.
  • Kemudian pilih Aplikasi.
  • Lalu buka lagi menu Daftar Aplikasi.
  • Selanjutnya pilih aplikasi yang sering aktif di latar belakang.
  • Jika sudah, ketuk menu Paksa Berhenti (Force Stop).
  • Selesai.

Selain RAM, aplikasi juga membutuhkan ruang penyimpanan untuk menyimpan semua data-data yang di perlukan. Jika ada aplikasi yang sudah tidak kalian perlukan, silakan coba hapus aplikasi tersebut.

5. Ganti Charger HP

Apakah dari kalian ada yang mengalami layar sentuh pada HP yang tidak berfungsi sebagian ketika sedang di cas? Jika iya, kemungkinan besar penyebabnya adalah charger yang kalian gunakan.

Dalam beberapa kondisi tertentu, charger memang bisa berpengaruh menghilangkan respon tertentu dari HP. Salah satunya itu adalah masalah touchscreen yang tidak berfungsi sebagian.

Untuk penyebabnya sendiri, biasanya di karenakan tegangan yang tidak sesuai dari charger ke HP. Ini sering di akibatkan oleh penggunaan charger yang tidak tepat, dan biasanya karena terlalu tinggi dari yang di perlukan oleh HP.

Solusinya? Kalian bisa coba menggunakan charger lain atau menggantinya denga charger original dari HP.

Jangan di biarkan terus menerus hanya karena masalah touchscreen yang muncul di sini hanya gejala jangka pendek saja. Sebab itu bisa memicu masalah lainnya lagi, seperti baterai HP rusak, HP mati sendiri dan parahnya HP tidak bisa menyala lagi (mati total).

6. Matikan HP Sementara Waktu

Perlu kalian garis bawai ya, kalau mematikan HP di sini itu tujuannya adalah untuk me-reset. Dan ini juga di tunjukkan untuk HP yang sering mengalami panas berlebih saat di gunakan ataupun ketika di charger.

Suhu panas yang keluar dari HP ini sangat berhubungan dengan layar sentuh. Beberapa layar HP Android ada yang sangat sensitif sekali terhadap suhu panas pada HP, sehingga sangat rentan mengalami masalah.

Jika suhu panas yang keluar dari HP melebihi batasan ketahanan, terkadang bisa mengakibatkan permukaan layar menjadi tidak berfungsi dengan baik.

Maka dari itu, coba deh periksa suhu pada HP kalian terlebih dahulu. Jika memang di rasa panas, coba matikan dulu dalam beberapa waktu. Jika memungkinkan, kalian bisa melepaskan komponen baterai pada HP.


Baca Juga Yuk : Cara Mengganti Font Android


7. Rubah Resolusi Layar

Pada dasarnya, resolusi layar HP Android itu relatif beragam. Namun paling sedikit itu biasanya sudah mengusung layar dengan resolusi HD atau Full HD. Resolusi ini pada umumnya sudah di sesuaikan dengan ukuran dari layar itu sendiri.

Meski seperti itu, kalian juga masih bisa mengakalinya dengan sedikit trik. Di mana dengan mengubah resolusi layar yang di gunakan menjadi lebih kecil. Dengan begitu, di harapkan bagian touchscreen yang tidak berfungsi bisa di hindari.

Caranya begini:

  1. Pertama buka dulu Setelan pada HP.
  2. Kemudian masuk ke menu Tentang Ponsel.
  3. Lalu tap Nomor Bentukan beberapa kali.
  4. Setelah itu, klik tombol kembali.
  5. Berikutnya masuk ke Opsi Pengembang.
  6. Geser ke bagian bawah, cari opsi Smallest Width (Lebar Kecil).
  7. Di sini, silakan kalian ubah nilainya menjadi lebih rendah dari sebelumnya.
  8. Selesai.

Catatan:

Jika sudah kalian rubah ke ukuran yang lebih kecil, maka nantinya tampilan layar HP akan sedikit mengalami perubahan. Tapi kalau HP sekedar di gunakan untuk keperluan umum, bisa di bilang masih oke lah. Namun kalau untuk keperluan game, mungkin akan sedikit mengganggu.

8. Atasi Layar Sentuh Tidak Berfungsi Dengan Mouse

Mungkin masih banyak dari kalian yang tidak tahu, kalau sebenarnya mouse itu bisa di gunakan pada perangkat Android. Fungsinya, yaitu untuk mengoperasikan sistem pada HP seperti layaknya kita memakai sebuah komputer.

Pada saat HP menggunakan mouse, maka nanti akan muncul sebuah cursol. Nah, cursol inilah yang bisa kita gunakan untuk membuka dan mengoperasikan HP tanpa harus menyentuh layar. Cara ini juga sangat cocok ketika layar sentuh pada HP tidak berfungsi sebagian.

Agar kalian lebih mengerti, mungkin bisa coba cek videonya di bawah ini.

Cara tersebut juga cukup ampuh dalam mengatasi masalah yang sedang kalian hadapi saat ini. Selain itu, ini juga bisa menjadi solusi bagi kalian yang masih belum punya biaya untuk mengganti komponen touchscreen pada HP.

Bahan-bahan yang perlu kalian siapkan, hanyalah mouse dan juga kabel OTG saja. Kedua bahan tersebut bisa kalian beli di toko offlinei maupun online. Harganya juga sangat terjangkau, di bandingkan dengan harga touchscreen-nya.

9. Ganti Touchscreen HP

Solusi terakhir yang bisa kalian coba lakukan jika masalah layar sentuh HP Android yang berfungsi sebagian belum teratasi, maka saya rekomendasikan untuk mengganti touchscreen-nya saja.

Kenapa? Alasannya karena mungkin layar sentuh pada HP terdapat bagian yang sudah mengalami kerusakan secara fisik. Misalnya saja pernah jatuh, tertekan benada yang berat ataupun terkena air.

Jika sudah komponennya yang bermasalah, mau tidak mau kalian harus mengganti touchscreen-nya dengan yang baru. Berapa harga touchscreen HP Android?

Harganya beragam, namun jika kalian bisa memasangnya sendiri di rumah, maka biaya yang di keluarkan akan jauh lebih murah. Karena kita bisa langsung membeli komponennya di marketplace dengan rentang harga 300 sampai 500 ribuan saja.

Kalau gak bisa masang touchscreen HP sendiri, lebih baik membawanya ke tempat service saja. Hanya saja harganya akan jauh lebih mahal di bandingkan dengan memasangnya sendiri di rumah.

Penutup

Layar sentuh yang tidak berfungsi sebagian memang akan sangat mengganggu kita saat menggunakannya. Apalagi kalau yang kena itu adalah bagian layar yang sering kita sentuh, misalnya bagian tengahnya.

Mungkin sampai di sini dulu pembahasan mengenai cara memperbaiki layar sentuh yang tidak berfungsi sebagian. Kalian bisa memilih beberapa cara di atas tadi sebelum benar-benar membawanya ke tempat service.

Jika ada yang kurang jelas, atau ada hal lain yang ingin di tanyakan. Silakan kalian tuliskan saja di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.