Cara Cek Keaslian HP Samsung

Cara Cek HP Samsung Asli atau Tidak Dengan Mudah

Salah satu hal yang paling ditakutkan oleh semua orang saat membeli HP Samsung adalah mendapatkan produk HP palsu (replika). Oleh sebab itu, sangat wajib untuk kita tahu tentang cara cek keaslian HP Samsung agar tidak mengalami hal tersebut saat membelinya.

Saat ini, memang sudah ada banyak sekali produk ponsel Android replika yang di jual secara bebas. Umumnya produk palsu tersebut menyasar brand ponsel Android yang sudah terkenal, salah satunya adalah Samsung. Sehingga jika tidak berhati-hati, maka bisa saja kalian menjadi korban selanjutnya.

Tentu kalian tidak ingin mengalaminya, kan? Oleh karena itu, kita wajib tahu cara-cara untuk melihat keaslian dari sebuah smartphone saat membelinya. Apalagi saat ini, bisa dikatakan kalau produk HP Samsung palsu itu sudah sangat mirip sekali dengan produk aslinya.

Kemiripannya itu tidak hanya dari segi fisik saja, karena sekarang di bagian software juga sudah sangat menyerupai aslinya. Sehingga hal tersebut sering membuat banyak orang tertipu saat membelinya.

Cara Cek HP Samsung Asli atau Tidak

Pada dasarnya untuk cek HP Samsung asli atau palsu itu dapat dilakukan dengan menerapkan beberapa cara mudah, seperti:

  1. Melihat harga yang ditawarkan
  2. Mengecek Fisik HP Samsung
  3. Dengan kode rahasia
  4. Melihat kualitas layar HP
  5. Hasil foto dari kamera HP
  6. Mengkoneksikannya dengan Samsung Keis
  7. Melalui IMEI
  8. Dari spesifikasi HP Samsung

Dengan menerapkan beberapa langkah itu saja, kalian sebenarnya sudah bisa memastikan HP Samsung yang di beli merupakan produk asli atau tidak.

Namun, untuk langkah-langkah dari cara tersebut, saya akan menjelaskannya secara lengkap untuk kalian di bawah ini.

1. Melihat Harga yang Ditawarkan

Pada dasarnya, harga HP Samsung itu sudah dijual dengan satu harga yang di sepakati oleh perusahaan Samsung untuk semua penjualnya. Hal tersebut juga sengaja di buat oleh Samsung untuk bisa meminimalisir produk-produk palsu yang menyerupai produk mereka.

Sehingga, jika kalian menemukan harga HP Samsung yang jauh di bawah harga standar dari Samsung, maka sebaiknya berhati-hati. Tidak menutup kemungkinan kalau produk tersebut merupakan produk palsu yang menyerupai aslinya.

Biasanya harga produk palsu itu sering dijual dengan harga yang jauh lebih murah. Misalnya di website resmi Samsung tertera harga dari HP Samsung Galaxy A10s itu Rp1.5 juta, namun kalian menemukan sebuah tempat yang menjual dengan harga Rp. 700 ribu, maka kemungkinan itu adalah barang palsu.

Tapi, kenapa produk palsu dijual dengan harga murah? Karena produk palsu itu di buat dengan komponen yang memiliki kualitas jauh lebih rendah, sehingga harga yang di tawarkan juga lebih murah. Jadi, jangan pernah tergiur dengan harga murah yang di tawarkan saat membeli sebuah smartphone.

2. Mengecek Fisik HP Samsung

Selain melihat dari harga yang di tawarkan, kita sebenarnya juga bisa mengetahui HP Samsung yang di beli itu asli atau palsu dengan melihat kondisi fisiknya. Karena jika kalian sedikit lebih jeli, maka pasti akan menemukan beberapa perbedaan pada bagian fisik ponsel.

Umumnya, bagian fisik atau bodi HP Samsung palsu itu akan lebih mengkilap, ringkih dan juga agak terkesan kasar saat di pegang. Selain itu, pada bagian logo Samsung juga akan terlihat lebih timbul dan juga sangat mudah sekali tergores.

Pada bagian tombolnya, biasanya akan terasa terlalu keras, terlalu empuk dan posisinya juga terlihat tidak rapi. Bila sudah menemukan ciri-ciri fisik seperti itu, maka kemungkinan besar HP Samsung yang kalian beli adalah produk palsu.

3. Cek Keaslian HP Samsung Dengan Kode Rahasia

Cek Keaslian HP Samsung Dengan Kode Rahasia

Selain menerapkan dua cara sederhana tadi, kita juga bisa membedakan produk ponsel Samsung yang akan di beli itu adalah produk asli atau palsu dengan menggunakan kode rahasia. Jadi, dengan kode ini kita bisa mendapatkan informasi secara lengkap mengenai HP Samsung yang hendak di beli.

Caranya seperti ini:

  • Buka aplikasi Telepon pada HP Samsung.
  • Kemudian ketikan kode *#1234# atau *#0*#.
  • Maka akan muncul informasi mengenai AP, CP, CSC dan model HP.

Pastikan juga kalau tipe HP yang keluar itu merupakan tipe HP Samsung yang asli. Untuk memastikan ke aslian HP Samsung melalui tipe atau model, kalian bisa membuka website resmi Samsung. Nantinya di sana kalian dapat melihat model HP Samsung yang akan di beli.

4. Melihat Kualitas Layar HP

Untuk saat ini, hampir kebanyakan HP Samsung palsu itu merupakan seri flagship, sehingga kualitas layar yang di hadirkan akan sangat jauh berbeda dari aslinya. Oleh sebab itu, kalian juga bisa membedakan produk HP Samsung asli atau palsu dengan melihat kualitas layarnya.

Apalagi kalau Samsung juga sudah terkenal dengan kualitas layar Super Amoled yang mempunyai resolusi tinggi serta mampu menghasilkan gambar yang jernih dan tajam. Sehingga, produk tiruan tidak akan pernah bisa mengikuti teknologi layar tersebut.

Bila kalian mendapati tampilan layar yang terlalu mencolok dan warna yang di tampilkan terlalu cerah dari warna asli, maka bisa di pastikan itu adalah produk palsu. Karena rata-rata HP Samsung palsu itu dibekali dengan teknologi layar IPS LCD atau TFT yang mempunyai resolusi rendah. Tidak hanya itu, bezel pada layar HP Samsung palsu juga sangat tebal dari aslinya.

5. Hasil Foto Dari Kamera HP

Cara cek HP Samsung asli atau palsu yang selanjutnya adalah dengan melihat kualitas foto yang dihasilkan oleh kameranya. Karena yang pasti, untuk HP Samsung asli itu biasanya mampu menghasilkan foto yang bagus dan terlihat seperti aslinya.

Sedangkan, HP Samsung yang palsu tidak akan bisa menghasilkan foto yang memiliki kualitas sama dengan produk aslinya. Umumnya, hasil jepretan dari kamera HP Samsung palsu akan terlihat buram, tidak mendetail dan warnanya akan terlihat lebih mencolok.

Jadi, sebelum kalian membeli HP Samsung, ada baiknya untuk mencoba mengetes kameranya terlebih dahulu. Jika hasilnya sesuai dengan spesifikasi kamera yang di usung pada HP Samsung, maka itu bisa di pastikan produk yang asli. Tapi jika tidak, maka sebaiknya kalian berhati-hati, karena itu bisa saja merupakan produk palsu.

6. Mengkoneksikannya Dengan Samsung Keis

Bagi kalian penggemar produk dari Samsung, maka sudah pasti kenal dengan salah satu software buatan dari Samsung yang satu ini. Yup, Samsung Kies adalah software yang mempunyai fungsi untuk mensinkronkan data yang ada di dalam HP Samsung ke komputer.

Software ini hanya akan membaca data yang ada di HP Samsung asli saja, sehingga produk palsu tidak akan bisa terdeteksi. Sehingga software ini bisa kalian gunakan saat ini cek HP Samsung asli atau palsu sebelum membelinya. Jika berminat, kalian dapat mendapatkan software ini melalui website resminya Samsung atau melalui link ini.

Penting:

Perlu kalian ketahui juga kalau Software Samsung Kies ini hanya mendukung beberapa produk HP Samsung lama saja. Sehingga, tidak semua produk HP Samsung lama yang bisa terdeteksi menggunakan software tersebut.

7. Cek HP Samsung Lewat IMEI

Cek HP Samsung Lewat IMEI

Seperti yang sudah pernah saya jelaskan ke kalian sebelumnya, kalau masing-masing HP itu mempunyai nomor IMEI yang berbeda-beda. Walaupun produk HP tersebut memiliki tipe yang sama, namun nomor IMEI yang ada di dalamnya tidaklah sama.

Begitu juga dengan produk dari Samsung, di mana pada setiap produk yang mereka rilis ke pasaran itu mempunyai nomor IMEI yang berbeda-beda. Sehingga tidak akan ada produk HP yang mempunyai nomor IMEI sama di setiap serinya.

Untuk melihat nomor IMEI pada HP Samsung, kalian bisa menerapkan beberapa cara sederhana. Seperti melalui bodi HP, kotak HP atau melalui pengaturan. Selain itu, cara cek IMEI HP Samsung juga sudah pernah saya jelaskan sebelumnya, jadi kalian bisa membacanya di sana.

Setelah kalian sudah mendapatkan nomor IMEI dari HP Samsung, maka langsung saja buka situs imei.info melalui browser pada HP. Di sana kalian bisa memasukkan nomor IMEI tadi dan tekan ikon pencarian yang ada di sebelahnya.

Nantinya kalian bisa mencocokkan spesifikasi yang terlihat di situs dengan spesifikasi pada HP Samsung yang kalian gunakan. Apabila ada perbedaan, maka dapat dipastikan kalau produk HP Samsung yang akan kalian beli adalah produk palsu.

8. Lihat Spesifikasi HP

Cara terakhir yang bisa kalian lakukan saat ingin cek HP Samsung asli atau palsu adalah dengan melihat spesifikasinya. Karena seperti yang sudah saya jelaskan di awal, kalau saat ini sudah banyak produk HP Samsung replika yang dibekali dengan informasi spesifikasi palsu di dalamnya.

Hal ini tentu merupakan sebuah dampak dari kemajuan teknologi buatan manusia, yang mana informasi di dalam HP sudah bisa di edit atau dipalsukan. Lalu, adakah cara untuk mengatasi hal ini? Tentu saja ada cara yang bisa kita lakukan.

Selain menggunakan nomor IMEI tadi, mengecek informasi spesifikasi HP Samsung yang akurat juga dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi. Aplikasi pihak ketiga ini akan membantu kalian untuk memeriksa informasi secara mendetail tentang HP yang sedang digunakan.

Memang ada banyak aplikasi yang bisa di pakai, namun saya lebih suka menggunakan aplikasi CPU-Z dan juga AIDA 64. Ini karena kedua aplikasi tersebut mempunyai tampilan yang sederhana dan mudah sekali untuk kita gunakan.

Penutup

Baiklah, mungkin untuk saat ini cukup sampai di sini saja pembahasan yang bisa saya hadirkan untuk kalian tentang cara cek HP Samsung asli atau palsu. Silakan kalian dapat mencoba salah satu dari delapan cara yang sudah saya hadirkan di atas.

Meski terkesan sangat sederhana, namun cara di atas masih bisa kita gunakan untuk memastikan HP Samsung yang akan di beli merupakan produk asli bukan palsu.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.