Daftar Kode Reset Samsung

Daftar Kode Reset Samsung

Kode Reset Samsung – Mungkin sebagian dari kalian pernah ataupun sering mendengar istilah kode rahasia yang ada di dalam HP Android. Salah satunya sih kode reset pabrik untuk HP Samsung.

Nah, untuk kode semacam itu, saat ini memang sudah mulai banyak di gunakan oleh beberapa orang yang tidak ingin ribet saat me-reset HP Samsung.

Meski begitu, tetap saja masih ada sebagian orang yang belum tahu tentang kode reset pabrik untuk HP Samsung. Oleh karena itu, dalam pembahasan ini saya akan menjelaskannya untuk kalian.

Mengenal Kode Rahasia di HP Samsung

Berhubungan dengan kode rahasia di HP Samsung, saat ini memang sudah banyak sekali tersedia informasi yang tersebar di internet. Informasi tersebut tentu berhubungan dengan kode-kode tersebut.

Untuk variasi dari kode tersebut sangatlah banyak dan beragam, serta memiliki fungsi yang berbeda-beda di setiap kodenya. Diantaranya seperti:

  1. Kode reset HP Samsung.
  2. Kode untuk melihat nomor IMEI.
  3. Untuk mengecek kondisi dari komponen HP yang di gunakan.
  4. Untuk melihat spesifikasi pada HP.
  5. Kode rahasia untuk mengetahui keadaan jaringan.
  6. Dan masih banyak lagi kode lainnya.

Namun dalam pembahasan kali ini, saya tidak akan menjelaskan secara lengkap mengenai semua kode rahasia tersebut. Tapi di artikel ini saya hanya akan menjelaskan satu jenis kode rahasia di HP Samsung saja. Tepatnya adalah kode untuk melakukan reset pabrik untuk HP Samsung.


Performa HP menurun karena ruang penyimpanan penuh? Coba cara mengatasi memori internal penuh.


Daftar Kode Reset HP Samsung

Walaupun kode rahasia HP Samsung itu sebenarnya sudah tersebar luas di dunia internet, namun sayangnya masih banyak orang yang belum tahu. Selain itu, khusus untuk kode reset ini, ternyata masih tidak banyak web yang membagikan informasinya secara lengkap.

Jika dilihat lebih jauh, sudah jelas kode ini mempunyai peranan yang tergolong penting. Kenapa seperti itu? Karena dengan menggunakan kode ini, kita bisa mempersingkat waktu dalam proses reset atau mengatur ulang HP ke pabrik.

Lalu berapa kodenya?

Untuk sekarang ini, Samsung menyediakan dua jenis variasi kode di ponsel Androidnya. Yang mana kedua kode ini masih berhubungan dengan keperluan reset ponsel.

Kode reset HP Samsung:

Fungsi KodeKode yang Harus di Input
Factory reset*#*#7780#*#*
Hard reset*2767*3855#

Setelah mengetahui kodenya, sekarang dari kalian pasti akan ada yang bertanya. Apa sih perbedaan antara kode hard reset dengan kode factory reset tersebut?

  1. Factory Reset
    Kode ini mempunyai fungsi untuk menghapus data serta mengembalikan pengaturan yang sudah di buat pada HP Samsung. Sebagai contohnya seperti kontak, pengaturan aplikasi, akun yang terhubung, dan lainnya. Intinya kode ini hanya membersihkan semua data dan mengembalikan semua pengaturan HP ke pabrik.
  2. Hard Reset
    Sedangkan untuk kode yang satu ini, berfungsi untuk mengatur ulang firmware pada HP Samsung. Cara kerjanya sih lebih mendalam dibandingkan dengan kode yang pertama tadi. Karena di sini seluruh data yang tersimpan di memori internal akan terhapus secara permanen.

Hampir lupa, apabila kode reset di atas tidak berfungsi dengan baik atau tidak work, maka kalian bisa mencoba menggunakan kode lainnya. Kodenya adalah *2767*2878#.

Cara Menggunakan Kode Reset di HP Samsung

Pada dasarnya menggunakan kode reset di atas itu sangatlah mudah meski kalian masih pemula sekalipun. Karena di sini kita hanya perlu mengetikan kode tersebut pada aplikasi telepon. Sama seperti saat kalian ingin menelfon atau mengecek sisa pulsa.

Namun yang paling penting, sebelum kalian menggunakan kode tersebut, ada baiknya untuk melakukan backup terlebih dahulu. Karena saat menerapkan kode reset di atas, seluruh data penting yang tersimpan pada HP Samsung akan terhapus secara permanen.

Di sini kalian bisa memindahkan terlebih dahulu data-data penting yang tersimpan, seperti foto, video, file, dokumen, kontak dan data lainnya. Intinya semua data yang tersimpan di penyimpanan internal pada HP akan terhapus.

Jika kalian masih bingung dalam membackup data penting yang ada di HP, mungkin bisa membaca artikel saya yang sebelumnya. Di sana saya sudah menjelaskan cara backup data penting di Android secara lengkap dan mudah untuk di pahami.

Setelah semua data penting yang ada di HP sudah di cadangkan dengan baik, maka untuk selanjutnya kalian bisa langsung menggunakan kode reset di atas.

Cara menggunakan kode reset Samsung:

  • Pertama pastikan dulu baterai HP masih terisi 50%.
  • Berikutnya buka aplikasi Telepon.
  • Pada keyboard kalian ketikan salah satu kode reset di atas.
  • Setelah kode reset selesai di ketik, biasanya HP akan langsung merespon.
  • Namun jika tidak ada respon, silakan ketik menu Panggil.
  • Langkah terakhir silakan tunggu sampai proses reset selesai.
  • Jika berhasil, nanti HP akan otomatis me-restart.
  • Selesai.

Saya tekankan sekali lagi, gunakanlah kode tersebut dengan hati-hati ya. Pastikan seluruh data yang ada di HP kalian itu sudah ter-backup dengan baik. Karena jika sampai terhapus saat proses reset, maka akan sangat sulit untuk memulihkannya kembali. Walaupun kalian menggunakan aplikasi-aplikasi recovery.

Gimana Jika Kode Tidak Berhasil?

Mungkin di sebagian HP Samsung, kode reset di atas itu tidak bisa di gunakan atau tidak bekerja sesuai fungsinya. Nah, untuk mengatasinya, solusi yang tepat adalah dengan menggunakan metode reset HP Samsung yang lainnya. Misalnya saja seperti melalui menu pengaturan atau lewat recovery mode.

Karena pada dasarnya, hampir semua HP Android saat ini itu memiliki cara reset yang mirib. Bahkan ada beberapa yang saya rasa caranya sangat sama.

Secara umum, yang membedakan hanyalah versi Android yang di gunakan pada setiap HP. Selain itu, model tampilan HP juga bisa menjadi pembedanya.

Apakah Kode Reset Hanya Berlaku Untuk HP Samsung Saja?

Tentu jawabannya adalah tidak, ya. Karena kode rahasia untuk reset ini sebenarnya itu dibagi menjadi beberapa bagian.

Yaitu kode reset HP Samsung non Android dan kode reset Samsung berbasis Android. Di mana keduanya ini memiliki kode reset dan cara reset yang berbeda, ya. Jadi, hilangkan pikiran kalian yang mengatakan kalau kode reset itu bisa di gunakan pada semua HP Samsung.

Namun, mengingat karena sudah sangat jarang sekali ada orang yang menggunakan HP Samsung non Android, maka pembahasan ini akan lebih saya arahkan ke pengguna HP Samsung berbasis Android. Sehingga, jika ponsel Samsung yang kalian maksud di sini adalah yang berbasis Android, maka saya rasa kode di atas bisa di gunakan.

Penutup

Baiklah, mungkin sampai di sini dulu pembahasan tentang daftar kode reset Samsung serta cara menggunakannya dengan benar. Kode reset di atas sebenarnya saya ambil dari situs resmi Samsung dan forum internet dari luar negeri yang pasti sudah terpercaya.

Saya sendiri juga sudah pernah menerapkan kode reset tersebut pada HP Samsung J2 Prime.

Sekali lagi saya tekankan untuk kalian, kalau pada dasarnya kode reset di atas itu hanya bisa di pakai pada HP Samsung berbasis Android saja. Sedangkan untuk tipe yang non Android, kode yang di gunakan akan berbeda.

Kalian bisa mencoba untuk menggunakan kode #*7728# untuk me-reset HP Samsung non Android. Jangan lupa juga untuk melepaskan kartu memori yang ada pada HP agar data di dalamnya tidak ikut terhapus.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.