Cara Mengatasi Shadow di Layar Samsung

 

Cara Mengatasi Shadow di Layar Samsung

Cara Mengatasi Shadow di Layar Samsung – Saat ini tidak sedikit smartphone terbaru dari Samsung yang mengalami Burn-in atau sering juga disebut dengan shadow. Shadow sendiri merupakan salah satu kondisi dimana layar HP kalian berbayang, meski tidak berbahaya tapi terkadang kondisi ini sangat mengganggu kita saat sedang mengoprasikannya.

Jika kita lihat dari permasalahannya, tentu kondisi ini pertama kali terjadi pada ponsel Samsung dengan seri Galaxy S, Galaxy Note, Galaxy A dan juga Galaxy M. Meski cara untuk memperbaikinya tidak terlalu sulit, namun sampai saat ini masih sedikit orang yang tahu tentang cara mengatasi layar shadow di HP Samsung.

Namun kalian tidak usah khawatir, sebab dalam artikel ini Kampung Gadget akan membagikan kalian sebuah tips jitu dalam mengatasi masalah tersebut. Penasaran? Yuk, kita simak caranya dibawah ini.

Apa Penyebab Layar Samsung Shadow?

Sebelum kita melangkah kedalam pembahasan tentang cara menghilangkan shadow di HP Samsung, ada baiknya kita lihat dulu apa yang menjadi penyebab layar HP Samsung kita berbayang atau shadow.

Setiap permasalahan itu tentu akan ada sebuah hal yang menjadi penyebabnya, begitu juga dengan layar HP yang shadow. Pada beberapa kasus, shadow pada layar HP Samsung itu terjadi karena penggunanya memakai warna layar yang sama secara terus menerus. Dimana masing-masing LCD itu mempunyai tiga jenis warna utama, mulai dari warna merah, hijau dan juga biru.

Yang mana jika kalian menggunakan satu tampilan warna saja dalam jangka waktu yang sangat lama, maka secara otomatis pixel pada ponsel Samsung kalian tidak akan mampu menahan suhu panas yang keluar dan ini akan membuat layar LCD HP kalian beserta pixelnya akan mudah terbakar.

Saat pixel tersebut terbakar, maka secara perlahan layar HP Samsung kalian akan menjadi berbayang atau shadow. Shadow ini muncul dikarenakan warna serta cahaya yang dihasilkan sudah tidak mampu tampil sebagaimana fungsinya.

Tapi, masalah ini lebih sering terjadi pada HP Samsung yang sudah menggunakan panel layar Super Amoled dan sampai saat ini masalah shadow pada layar lebih sedikit terjadi pada HP yang menggunakan panel IPS.

Cara Mengetahui Layar Shadow di HP Samsung

 

Cara Mengetahui Layar Shadow di HP Samsung

Secara umum, layar HP yang shadow itu tidak akan bisa kita lihat secara kasat mata, tapi untuk memastikan apakah ponsel kita mengalami masalah itu atau tidak adalah dengan cara melakukan pengecekan secara manual dan mendalam.

Untuk melakukan pengecekan pada layar yang mengalami shadow atau tidak itu sangatlah mudah, karena kalian hanya perlu mengaktifkan kode rahasia yang ada didalam ponsel Samsung. Caranya mengaktifkan kode rahasian tersebut adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi dial-up pada HP Samsung kalian dan ketikan *#0*#
  • Setelah itu tekan “Panggil
  • Secara otomatis ponsel kalian akan menampilkan beberapa menu warna
  • Pilih satu-persatu warna tersebut, mulai dari merah, hijau dan merah
  • Perhatikan warna yang ditampilkan saat kalian menekan menu warnanya
  • Jika warna yang ditampilkan berbeda dari warna yang kalian pilih, maka itu tandanya layar ponsel kalian mengalami masalah Burn-in atau shadow
  • Tapi apabila warna yang ditampilkan sama seperti warna yang kalian pilih, maka itu tandanya layar ponsel kalian aman

Cara Mengatasi Shadow di Layar Samsung Terbaru

Bagi sebagian orang mungkin ini merupakan sebuah masalah yang cenderung sepele, tapi meski begitu kondisi ini akan membuat kalian tidak nyaman dan juga akan mengganggu tampilan ponsel kalian sendiri.

Oleh karena itu, selain mengganti LCD secara langsung, kalian juga bisa mengatasi masalah itu dengan beberapa cara sederhana yang ada dibawah ini.

1. Cara Menghilangkan Shadow di Hp Samsung Dengan sFilter

sFilter adalah salah satu aplikasi yang pada dasarnya bisa kalian gunakan untuk mengatasi layar shadow atau berbayang. Selain ringan, aplikasi ini juga bisa kalian unduh secara geratis di Google Play Store yang ada didalam ponsel Samsung.

Setelah itu, kalian dapat mengikuti cara penggunaanya di bawah ini.

  • Setelah kalian sudah selesai mendownload “sFilter” maka buka aplikasi tersebut
  • Tunggu sampai menu utamanya terbuka dan pilih menu “Blue Light Filter” yang ada di pojok kanan atas
  • Atur “Filter opacity” menjadi 30% dan “Brightness off Screen” 40%
  • Dibagian bawah kalian pilih warna “Kuning
  • Kemudian pilih opsi “Start

Jika masih dalam keadaan ringan, cara ini bisa menghilangkan shadow pada layar HP Samsung kalian. Namun jika kalian sudah melakukan langkah-langkah diatas dengan benar dan layar HP kalian masih menampilkan shadow, maka ini artinya pixel HP kalian sudah benar-benar rusak dan haru segera di perbaiki.

2. Cara Menghilangkan Shadow di Hp Samsung Dengan OLED Tools

Untuk cara yang kedua ini, sebaiknya kalian pastikan dulu apakah ponsel kalian menggunakan panel layar OLED atau tidak. Karena jika HP kalian tidak memakai teknologi panel OLED, maka jelas cara ini tidak bisa kalian lakukan. Namun jika ponsel kalian sudah memakai panel OLED dan mengalami masalah shadow, maka bisa mencoba menggunakan cara ini.

  • Pertama kalian wajib instal dulu aplikasi “OLED Tools
  • Jika sudah, buka aplikasi “OLED Tools” yang sudah kalian istal tadi
  • Pilih menu “Burn-in Check
  • Tunggu sampai proses ini selesai dan menampilkan parameter tingkat shadow di HP Samsung kalian
  • Apabila hasilnya menunjukkan kalau HP kalian mengalami shadow, maka pilih opsi “Burn-in Reduce
  • Tunggu sampai prosesnya selesai dan akan secara otomatis pixel HP kalian kembali seperti normal

Tapi perlu kalian ingat, untuk mendapatkan hasil yang baik itu kalian harus melakukan burn-in reduce sebanyak dua kali dalam satu hari. Lakukan secara berulang-ulang sampai tampilan layar HP kalian dirasa sudah sesuai seperti yang kalian inginkan.

3. Cara Menghilangkan Shadow di Hp Samsung Dengan LCD burn-in Wiper

Seperti apa yang sudah disebutkan diatas, kalau tidak banyak HP yang menggunakan panel IPS LCD mengalami masalah ini. Tapi bukan berarti ponsel kalian itu benar-benar aman dari masalah shadow atau layar berbayang.

Untuk mengatasi masalah shadow pada layar HP dengan panel IPS LCD tidaklah sama dengan cara pada HP yang memakai panel Super AMOLED atau OLED. Bagi kalian yang ingin tahu, bisa mengikuti caranya dibawah ini.

  • Langkah pertama kalian harus mendownload aplikasi “LCD burn-in wiper” di Google Play Store
  • Setelah itu buka aplikasi tersebut dan pilih menu “Color Rotation
  • Berikutnya cenrang opsi “Timer set” di no limit / tidak terbatas
  • Sedangkan untuk menu “Auto shutdown” pilih off
  • Terakhir kalian tinggal tekan “Strat

Tunggu sampai prosesnya selesai dan secara otomatis layar HP kalian akan kembali normal lagi.

Cara Mencegah Agar Layar HP Samsung Tidak Shadow

 

Cara Mencegah Agar Layar HP Samsung Tidak Shadow

Selain dengan cara mengatasi masalah yang sudah terjadi, kalian juga bisa melakukan pencegahan sebelum masalah tersebut terjadi pada HP Samsung kalian. Jika dilihat, mencegah itu adalah jalan utama yang wajib untuk dilakukan sebelum mengatasinya.

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mencegah agar layar ponsel terhindar dari masalah shadow.

1. Mengatur Brightness

Sebaiknya kalian mengatur tingkat brightness atau kecerahan layar ada di posisi yang pas dan sesuai dengan kenyamanan mata saat memandang layar. Hindari menggunakan layar yang terlalu terang karena ini akan membuat ponsel kalian rentan terkena shadow.

2. Memakai Live Wallpaper

Kalian juga bisa memakai fitur lave wallpaper untuk meminimalisir ponsel kalian terkena shadow atau berbayang. Selain itu kalian juga disarankan untuk memakai wallpaper dengan tema yang agak sedikit gelap.

3. Non-aktifkan Fitur Always On Display

Pencegahan yang terakhir, kalian juga bisa menon-aktifkan fitur always on display. Selan bisa menghemat daya pada baterai, cara ini juga bisa mencegah layar HP kalian terkena shadow.

Baik, mungkin cukup sampai disini saja penjelasan mengenai cara mengatasi shadow di layar Samsung yang bisa Kampung Gadget rangkumkan. Semoga bermanfaat dan utamakan pencegahan lebih dahulu daripada cara untuk mengatasi masalah tersebut.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.