Cara Mengganti Font Android

Cara Mengganti Font Android

Cara Mengganti Font Android – Bagi sebagian pengguna ponsel Android, mengganti font (gaya tulisan) terkadang di lakukan untuk membuat tampilan ponselnya semakin keren. Dengan cara ini juga bisa membuat kita menjadi tidak gampang merasa bosan dengan font default bawan Android sendiri.

Bagi yang belum tahu, font merupakan sebuah huruf yang biasanya terdapat di hampir semua teknologi, termasuk pada smartphone. Sekarang ini, font pada ponsel Android sudah bisa di rubah sesuai dengan keinginan dari penggunanya masing-masing.

Mungkin sampai saat ini, banyak orang yang memang ingin mengubah font di ponselnya, namun kebanyakan dari mereka belum tahu caranya. Pada HP Android sekarang ini, sebenarnya mengganti font dapat di lakukan dengan beberapa cara yang terbilang mudah, lho.

Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan ketika ingin mengganti font di ponsel Android, yaitu dengan melakukan root, tanpa root atau bisa juga dengan aplikasi dan tanpa aplikasi. Semua cara tersebut tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Nah, maka dari itulah, hari ini admin akan menjelaskan tentang cara mengubah font di Android agar terlihat lebih keren dan menarik. Jika kalian berminat, bisa mengikuti ulasan lengkapnya di bawah ini.


Cara yang akan di jelaskan ini sebenarnya bisa di gunakan pada semua HP Android termasuk Samsung, Oppo, Huawei, Realme, Lenovo, Evercoss dan lainnya.


Cara Mengubah Font Tanpa Aplikasi

Cara Mengubah Font Tanpa Aplikasi

Pada beberapa HP Android terbaru saat ini, sebenarnya sudah ada yang menyediakan beberapa desain font yang menarik di dalamnya. Tapi, biasanya desain font yang memang bawaan dari pabriknya itu tidaklah banyak dan bisa di katakan terbatas.

Maka dari itu, cara ini sebenarnya kurang cocok, karena kalian tidak mendapatkan banyak pilihan font seperti halnya ketika menggunakan aplikasi tambahan.

Namun jika di HP kalian tidak cukup ruang untuk menyimpan aplikasi tambahan dan tidak ingin melakukan root, tentu masih bisa melakukan perubahan pada desain font. Dengan catatan, font yang biasanya tersedia sedikit terbatas dan tidak sebanyak ketika memakai aplikasi tambahan.

Jika kalian ingin mencobanya, begini caranya:

  1. Buka dulu menu Pengaturan atau Settings pada HP.
  2. Lalu kalian buka menu Display atau Tampilan.
  3. Berikutnya cari opsi Font/Huruf.
  4. Terakhir kalian bisa memilih desain font yang di inginkan.
  5. Jika sudah dapat, pilih menu Download dan Terapkan.

Di beberapa merek HP, biasanya untuk mendapatkan font yang menarik itu kalian harus membelinya dengan harga sekitar 15.000 saja setiap satu desain font.


Apakah kalian sedang mengalami masalah ketika ingin memperbaharui versi Android pada HP? Jika iya, begini cara update Android ke versi terbaru tanpa ribet.


Cara Mengganti Font Android Tanpa Root

Apabila tidak ingin me-root ponsel yang di gunakan, kalian tetap masih bisa mengubah font pada HP. Karena untuk cara ini kita akan menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga yang dapat di unduh secara gratis di Playstore.

Meski saat ini sudah ada banyak aplikasi tambahan yang dapat kalian gunakan, namun dalam tutorial kali ini admin hanya membagikan dua jenis aplikasi saja. Karena aplikasi lainnya itu belum pernah admin coba gunakan, jadi disini hanya dua aplikasi yang sudah pernah admin pribadi pakai sampai saat ini.

1. Memakai Aplikasi Go Launcher

Aplikasi pertama yang dapat kalian gunakan saat ingin mengubah font default pada ponsel android adalah Go Launcher. Selain itu aplikasi ini juga cukup keren, selain pada tampilan visualnya, desain font yang di sediakan juga cukup banyak.

Dulu Go Launcher sendiri bisa kita dapatkan secara gratis di Google Play Store pada ponsel Android. Namun untuk sekarang ini, aplikasi pengubah font tersebut sudah tidak ada lagi di Playstore. Jadi, nanti kalian bisa mendapatkannya di Goolge Drive agar tidak perlu keliling lagi mencarinya.

Apabila kalian berminat, berikut langkah-langkahnya:

  • Unduh terlebih dahulu aplikasi Go Launcher di sini.
  • Lalu kalian ekstrak file apk yang sudah di download tadi.
  • Berikutnya, install aplikasi tersebut seperti biasa. Jika ada pencekalan, kalian bisa mengatasinya dengan pergi ke Pengaturan -> Keamanan -> Aktifkan Sumber tidak di kenal.
  • Jika berhasil, tekan tombol Home dan pilih Go Launcher sebagai default launcher ponsel kalian.
  • Pada halaman depan, silakan tekan dan tahan pada layar HP. Setelah itu tinggal pilih menu Pengaturan GO dan klik saja Font.
  • Selanjutnya itu Pilih Font dan tap opsi Pindai Jenis Huruf untuk memindai keseluruhan font yang di sediakan.
  • Terakhir itu kalian tinggal memilih font yang di sukai dan dengan otomatis font akan berubah.

Kini font pada HP kalian sudah berubah, namun perubahan ini tidak bisa terjadi di semua tampilan ataupun aplikasi yang dimiliki.

2. Dengan Aplikasi zFont

Untuk aplikasi yang kedua ini bernama zFont, yang di mana aplikasi ini juga mempunyai fungsi yang sama seperti aplikasi pertama. Namun bedanya itu, zFont masih bisa kalian unduh secara gratis di Playstore sampai saat ini.

Cara menggunakan aplikasi zFont juga tidak terlalu sulit, dan bisa di katakan sangat mudah. Adapun caranya itu seperti ini:

  • Pertama itu kalian wajib mengunduh aplikasi zFont di Google Playstore yang ada pada HP Android.
  • Setelah berhasil di install, kalian dapat langsung membukanya dan pilih Izinkan akses perangkat Android kalian.
  • Di halaman utama, kalian bisa mencari menu Stylish.
  • Setelah itu, pilih font yang ingin kalian gunakan.
  • Tap font tersebut dan pilih Download.
  • Jika sudah berhasil di download, tap menu Set.
  • Maka otomatis font di HP kalian akan berubah seperti yang di inginkan.

Selesai, kini tampilan font di Smartphone kalian tidak akan lagi membosankan seperti dulu. Jika ingin menggantinya lagi, kalian bisa mengikuti tutorial tadi.

Cara Mengganti Font Android Dengan Root

Seperti yang sudah admin katakan tadi, meski kalian sudah memakai bantuan aplikasi, tetap saja tidak semua font pada ponsel bisa di rubah. Namun jika memang ingin merubah keseluruhan font pada HP, jelas kalian membutuhkan akses root terlebih dahulu.

Apabila ponsel kalian belum di root, maka bisa coba membaca artikel sebelumnya yang menjelaskan tentang cara root HP Android dengan mudah. Jika sudah, kalian bisa langsung memilih salah satu dari aplikasi yang ada di bawah ini.

1. Mengganti Font Android Menggunakan iFont App

Mengganti Font Android Menggunakan iFont App

Tutorial yang pertama, admin akan memaparkan sebuah aplikasi andalan yang bisa kalian gunakan ketika ingin mengganti font pada HP Android. Aplikasi ini bernama iFont dan bisa kalian dapatkan secara gratis di dalam Playstore.

Cara menggunakannya juga tidak sulit sama sekali, begini caranya:

  1. Langkah pertama kalian bisa mengunduh aplikasi iFont di Playstore.
  2. Buka aplikasi tersebut dan jika di minta akses perizinan, langsung saja ubah menjadi Selamanya lalu pilih Izinkan.
  3. Berikutnya kalian pilih Font yang ingin di gunakan.
  4. Jika sudah menemukan, langsung saja klik Unduh.
  5. Setelah berhasil, langsung tap opsi Atur untuk menerapkan desain font tersebut ke ponsel.

Di beberapa tipe HP Android, biasanya harus melakukan restart terlebih dahulu agar bisa melihat perubahan font secara keseluruhan.

2. Dengan Fontster App

Aplikasi berikutnya bisa kalian gunakan untuk mengubah format font pada HP Android adalah Fontser App. Fungsi dari aplikasi yang satu ini sebenarnya sama saja seperti pada aplikasi sebelumnya. Selain itu, cara penggunaanya juga tidak jauh berbeda dari iFont App.

Jika ingin tahu, berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan kalian sudah mengunduh aplikasi Fontster.
  • Ketika pertama kali membuka aplikasinya, biasanya kalian akan melihat jendela perizinan.
  • Ubah menjadi Selamanya dan tap menu Izinkan.
  • Berikutnya lakukan backup font bawaan terlebih dahulu dengan klik icon garis tiga yang ada di pojok kiri atas.
  • Kemudian pilih Backup & Restore dan tekan menu Plus untuk membuat backup baru.
  • Jangan lupa memberikan nama pada hasil backup tadi.
  • Lalu kalian kembali lagi ke halaman depan aplikasi.
  • Apabila sudah, di sana kalian bisa memilih font yang di inginkan dan jangan lupa tap menu Download.
  • Setelah berhasil, maka akan muncul pesan pop-up dan langsung saja pilih Yes kemudian Reboot.

Setelah HP berhasil reboot, maka dengan otomatis seluruh font di HP akan berubah seperti yang di inginkan. Jadi, sangat mudah dan gampang bukan caranya?

Nah, jika ingin mengembalikan font seperti semula, kalian hanya perlu masuk ke menu Backup & Restore pada aplikasi dan pilih file yang sudah di buat tadi. Setelah itu kalian akan di minta untuk melakukan reboot kembali dan secara otomatis font akan kembali normal seperti semula.

Penutup

Bagaimana, sangat mudah dan simpel bukan caranya? Kalian bisa memilih salah satu dari beberapa cara yang sudah di sebutkan tadi, yang mana sesuai dengan keinginan kalian masing-masing. Seperti di awal pembahasan, masing-masing cara tersebut tentu memiliki kelebihan serta kekurangannya tersendiri.

Jika kalian tidak ingin memakai aplikasi tambahan ataupun me-root HP yang di gunakan, maka bisa mencoba cara yang paling pertama. Tapi ingat, kalau cara tersebut tidak tersedia di semua ponsel Android, jadi ini bisa di katakan hoki-hokian saja. Namun jika memakai HP Samsung atau Realme, maka kalian akan menemukan beberapa font yang cukup keren.

Mungkin itu saja beberapa cara mengganti font Android yang bisa Kampung Gadget hadirkan hari ini. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.