Cara Kompres Video di HP Android

Cara Kompres Video di HP Android Tanpa Mengurangi Kualitas

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi kepada kalian tentang cara kompres video di HP Android tanpa mengurangi kualitasnya. Mungkin sekilas hal tersebut tidak terpikirkan dan terasa nggak butuh-butuh aman, tapi jangan salah juga, ya.

Karena tidak sedikit juga dari orang yang mencari tahu tentang cara memperkecil ukuran video agar sizenya bisa berkurang. Lalu untuk apa hal ini? Kalau pertanyaannya seperti itu, jelas jawabannya sangat bermacam-macam. Karena pastinya setiap orang mempunyai keperluan serta kebutuhan yang berbeda-beda, misalnya saja untuk upload ke Media Sosial atau Youtube.

Agar lebih jelas, contohnya seperti gini deh, coba saja kalian memakai kamera HP Android untuk merekam video, minimal 10 menit saja, kemudian cek sizenya. Pastinya sangat besar, bukan?

Rata-rata ukuran file hasil rekaman video dari kamera HP Android sekitar 150MB, bahkan bisa lebih. Karena tergantung dari resolusi rekaman yang di hasilkan oleh ponsel Android kalian masing-masing. Lalu, kebayang gak kalau kita upload video ukuran segitu, pasti bakalan lumayan lama prosesnya bukan? Apalagi jika kalian memakai kuota internet, pasti bakalan habis, deh.

Nah, untuk mengatasi hal ini, tentu dapat kita lakukan dengan cara mengompres video hasil rekaman yang kita buat. Tapi yang menjadi masalahnya itu, bagaimana cara kompres video di Android?

Tenang, untuk memperkecil ukuran video di Android tidaklah sulit dan saya juga akan menjelaskannya secara lengkap di bawah ini.

Cara Kompres Video di HP Android Tanpa Aplikasi

Kebetulan saat ini saya sendiri terkadang juga sering suka upload video ke Facebook, yang dimana size originalnya itu bisa mencapai di atas 300MB. Dan setelah saya kompres, ternyata penurunan size dari file videonya cukup signifikan, dimana bisa mencapai 50MB.

Untuk mengecilkan ukuran video, sebenarnya ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan. Selain menggunakan aplikasi, meng-kompress video di Android juga bisa di lakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Lebih lengkapnya, bisa simak ulasannya di bawah ini.

1. Kompres Video di HP Secara Online

Kompres Video di HP Secara Online

Cara yang pertama ini sebenarnya sangat cocok sekali untuk kalian yang memang tidak suka menggunakan aplikasi tambahan. Karena kita juga bisa meng-kompress video di HP Android secara online (tanpa aplikasi tambahan).

Sekarang ini, perkembangan teknologi semakin pesat dan sudah ada banyak sekali situs-situs yang memungkinkan kitauntuk meng-kompress video hanya dengan bermodalkan browser dan internet saja. Apakah kalian penasaran?

Begini cara kompres video di Android Online:

  1. Buka halaman website Youcompress.
  2. Lalu kalian ketuk tombol Select File dan filih file video yang diinginkan.
  3. Jika sudah, klik menu Upload File & Compress.
  4. Tunggu sampai proses uploadnya selesai.
  5. Apabila sudah, kalian dapat langsung mendownload filenya.

Simpel dan nanti seluruh proses optimasi size akan berlangsung secara otomatis. Hasilnya cukup bagus kok, karena kualitas dari video aslinya tidak jauh berkurang. Jadi masih bagus untuk kalian upload ke media sosial ataupun website.

2. Kompres Video Online Tercepat Lewat VideoSmaller

Kompres Video Online Tercepat Lewat VideoSmaller

Kompres video online tercepat di Android yang selanjutnya adalah VideoSmaller. Masih sama seperti yang saya sebutkan di atas, dimana situs ini bisa kalian akses melalui browser yang ada di ponsel Android. Selain itu, kualitas dari video kalian juga tidak akan rusak, karena hanya berkurang sekitar 80% saja sesudah di kompres.

Cara kompres video di VideoSmaller adalah seperti ini:

  1. Buka terlebih dahulu situs VideoSmaller di browser Android kalian.
  2. Di halaman utama, kalian bisa langsung pilih Browse dan cari file video yang ingin di kompres.
  3. Setelah itu, kalian dapat mengatur kualitas hasil kompres sesuai dengan dengan keinginan.
  4. Jika sudah, langsung pilin Upload Video.
  5. Tunggu sampai prosesnya selesai, dan jika sudah tinggal pilih Unduh Video.

Terakhir kalian hanya perlu memilih lokasi tempat untuk menyimpan hasil kompres tadi.

Cara Kompres Video di HP Android Dengan Aplikasi

Selanjutnya, jika kalian ingin meng-kompres video dengan hasil yang lebih baik dari sebelumnya, maka bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Saat ini sudah ada banyak aplikasi kompres video gratis di Android yang bisa kalian install.

Namun, meski ada banyak, dalam kesempatan kali ini saya hanya akan membagikan kalian 4 daftar aplikasi kompres video terbaik di Android. Penasaran? Yuk, kita simak ulasannya lengkapnya di bawah ini.

1. Memakai Aplikasi PandaCompressor

Mungkin tidak banyak dari orang yang tahu dengan salah satu aplikasi kompres video di HP Android yang satu ini. Meski kurang populer, namun fitur dan juga hasil kompres dari aplikasi PandaCompressor ini sangatlah bagus dan berkualitas.

Bagi kalian yang mungkin berminat menggunakan aplikasi yang satu ini, maka bisa menyimak cara penggunaanya berikut ini:

  • Pertama itu kalian harus menginstal aplikasi PandaCompressor di Google Playstore yang ada pada HP Android.
  • Setelah proses install selesai, maka langsung saja buka aplikasinya.
  • Di halaman depan, kalian bisa langsung mencari video yang ingin di kompres.
  • Nanti kalian akan menemukan tiga pengaturan, mulai dari Berkas Kecil, Medium dan juga Berkas Besar.
  • Lalu pilih saja opsi kompres video yang kalian inginkan dan langsung tap Compress.
  • Jika sudah, kalian dapat tap menu Simpan.

Catatan:

  • Berkas Kecil : Ini berfungsi untuk mengecilkan video sampai maksimal.
  • Medium : Memiliki fungsi untuk mengambil metode kompres pertengahan (Antara kualitas dan size).
  • Berkas Besar : Pengaturan ini berguna untuk mengedepankan kualitas video yang di kompres.

Selesai deh, sekarang kalian hanya perlu membuka direktori tempat kalian menyimpan video hasil kompres tadi. Biasanya untuk ukuran hasil kompresnya itu nanti bakal kelihatan langsung di dalam aplikasinya. Misalnya saja dari 100MB menjadi 50MB dan seterusnya.

2. Dengan Aplikasi VidCompact

Aplikasi kompres video di HP Android yang kedua ini bernama VidCompact. Dimana fungsinya juga masih sama dengan aplikasi yang pertama tadi, namun VidCompact mempunyai fitur untuk meng-kompres video dengan kualitas MP4. Jadi kalian bisa memakai aplikasi ini untuk memperkecil ukuran file video yang mempunyak format MP4 dengan mudah serta cepat.

Jika kalian berminat, begini cara kompres video dengan VidCompact:

  1. Pastikan kalian sudah mendownload aplikasi VidCompact di Playstore.
  2. Setelah berhasil, langsung saja buka aplikasi tersebut.
  3. Berikutnya kalian dapat langsung memilih menu Trim & Compress dan cari video yang ingin di perkecil ukuran sizenya.
  4. Selanjutnya kalian juga bisa memilih ukuran resolusi yang di inginkan, mulai dari 240p sampai dengan 480p.
  5. Apabila sudah sesuai, pilih menu Compress Video dan jangan lupa juga untuk memilih Save to Gallery.

Terakhir kalian hanya perlu menunggu prosesnya sampai selesai dan untuk hasil video yang kalian kompres bisa di temukan pada galleri.

3. Menggunakan Aplikasi YouCut

Selanjutnya, aplikasi kompres video terbaik di HP Android adalah YouCut. Aplikasi ini juga mempunyai fitur-fitur yang tidak kalah lengkap dari aplikasi kompres video sebelumnya. Jadi, selain bisa di gunakan untuk menambahkan lagu ke video, aplikasi YouCut juga bisa di gunakan untuk memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitasnya.

Apabila berminat, begini cara penggunaan aplikasi YouCut:

  • Pertama tentu kalian wajib menginstal aplikasi YouCut di Playstore.
  • Jika sudah, langsung saja buka aplikasinya.
  • Lalu kalian tap saja icon (+) yang muncul di bagian layar ponsel, kemudian cari video yang ingin kalian kompres.
  • Setelah itu akan muncul sebuah tampilan editing pada layar HP. Kalian bisa langsung mengatur hasil kompres dari video dan jika sudah langsung saja pilih Kompres.
  • Terakhir tinggal menunggu sampai kompres video selesai.

Nah, jika sudah selesai, kalian bisa langsung melihat hasil kompres dari aplikasi YouCut didalam galeri ponsel.

4. Kompres Video di Android Dengan Video & Image Compressor

Kompres Video di Android Dengan Video & Image Compressor

Terakhir, aplikasi kompres video gratis & terbaik di HP Android adalah Video & Image Compressor. Dengan aplikasi yang satu ini, kalian bisa menghemat banyak ruang penyimpanan di ponsel, sehingga tidak cepat habis. Selain gratis, aplikasi ini juga sangat mudah untuk di gunakan oleh seorang pemula sekalipun.

Penasaran? Begini caranya penggunaanya:

  1. Download terlebih dahulu aplikasi Video & Image Compressor di PlayStore.
  2. Setelah itu, buka dan jalankan aplikasi tersebut.
  3. Pada halaman utama, kalian akan menemukan tiga pilihan menu, seperti Pick Images, Pick Video dan Purchase Premium. Di sini kalian hanya perlu memilih menu Pick Video saja.
  4. Lalu cari video yang ingin kalian kompres, kemudian tap menu Apply.
  5. Dalam halaman ini, kalian bisa mengatur resolusi untuk hasil dari kompres video nantinya.
  6. Jika sudah, tinggal tapi opsi Ceklis yang ada di kanan atas.

Secara otomatis kompres video akan di mulai, jadi kalian bisa menunggu sampai prosesnya selesai. Untuk hasilnya bisa di jumpai pada aplikasi galeri yang ada di dalam ponsel.

Cara Kompres Video Agar Bisa Dikirim Lewat WhatsApp

Cara Kompres Video Agar Bisa Dikirim Lewat WhatsApp

Apabila kalian ingin melakukan kompres pada file video dengan tujuan agar video berdurasi panjang bisa di kirim lewat WhatsApp, maka kalian bisa menggunakan semua cara yang saya jelaskan tadi di atas. Mulai dari cara kompres video secara online sampai dengan kompres video di Android tanpa menggunakan aplikasi atau dengan aplikasi tambahan.

Kalian hanya perlu edit dan menyimpan video hasil kompres di dalam galeri, lalu mengirimkannya lewat media WhatsApp, Facebook ataupun Instagram. Namun yang pasti, masing-masing cara yang saya sebutkan itu tentu mempunyai kelebihan dan kekuranganya tersendiri. Sehingga kalian bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan keperluan masing-masing.

Penutup

Jadi, begitulah pembahasan mengenai cara kompres video di HP Android tanpa mengurangi kualitas video aslinya. Namun apakah benar-benar maksimal? Untuk saat ini, jawabannya adalah iya. Karena seperti yang saya katakan tadi, setiap orang pasti mempunyai kualitasnya tersendiri terhadap hasil kompres video yang diinginkan.

Semua cara di atas juga merupakan hasil dari pengalaman saya pribadi saat ingin meng-kompres file video, jadi kalian tidak perlu meragukan kualitas dari hasil kompres beberapa aplikasi di atas. Biasanya rata-rata hasil kompres video yang saya dapatkan ada di 60% sampai 70% dari kualitas video aslinya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.