Layar HP Blank Hitam atau Putih

Layar HP Blank Hitam atau Putih

Layar HP Blank Hitam atau Putih – Layar adalah salah satu komponen yang paling penting untuk sebuah ponsel pintar. Karena tanpa adanya layar, ponsel tidak akan bisa menampilkan tampilan dari aktivitas yang kita lakukan. Misalnya ketika menonton video ataupun film.

Kerusakan pada layar bisa saja terjadi dan biasanya di tandai dengan kondisi HP menyala, namun layar tidak menampilkan gambar sama sekali. Kondisi seperti ini biasanya sering di sebut dengan blank.

Umumnya blank pada layar ini akan muncul ketika HP sedang di gunakan atau pada saat baru di nyalakan. Jika masih normal (tidak ada kerusakan pada LCD) maka blank ini akan hilang dalam beberapa saat setelah HP di diamkan.

Tapi jika sudah sangat parah, biasanya blank ini dapat terjadi secara terus menerus.

Penyebab Layar HP Blank Hitam atau Putih

Penyebab Layar HP Blank Hitam atau Putih

Mungkin dari kalian masih ada yang bertanya-tanya, apa sih penyebab layar HP menjadi blank? Umumnya ada beberapa faktor yang membuat layar HP tiba-tiba blank dengan sendirinya.

Diantaranya seperti:

1. Karena Bootloop

Ketika terjadi bootloop, biasanya akan membuat HP menjadi terlihat seperti blank. Namun bootloop yang saya maksud di sini itu bukanlah loading terus menerus, ya. Tapi layar yang hanya menampilkan warna hitam saja.

2. Sistem HP Tidak Bisa Load

Normalnya, ketika HP baru kita nyalakan, seharusnya sistem akan memuat secara otomatis. Dalam beberapa kasus, di mana proses pemuatan tersebut bisa juga mengalami kegagalan.

Nah, kegagalan inilah yang membuat HP hanya menampilkan tampilan layar berwarna hitam atau putih saja dalam beberapa waktu.

3. Sistem Pada HP Tidak Stabil

Sistem pada HP yang tidak stabil juga bisa menjadi penyebab layar HP blank hitam atau putih saat di hidupkan. Atau hal ini juga sering di sebut dengan crash.

4. Baterai Mengalami Kerusakan

Apabila tegangan baterai pada HP tidak kuat, maka bisa juga mengakibatkan layar HP menjadi tidak sangup untuk menampilkan gambar. Biasanya sih kondisi ini akan membuat layar HP menjadi blank hitam.

5. Layar HP Rusak

Nah, untuk kondisi seperti ini biasanya di sebabkan langsung dari komponennya. Bisa berasal dari LCD atau bisa juga dari fleksibel layar itu sendiri.


Baca Juga : Cara Atasi Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagaian


Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam Atau Putih

Rata-rata orang yang mengalami layar HP blank akan langsung panik dan membawa HP mereka ke tempat servis. Karena mereka berasumsi kalau komponen layarnya sudah rusak dan harus di ganti.

Padahal, bila kita lihat beberapa penyebab di atas tadi, masalah layar HP blank ini tidak sepenuhnya di sebabkan oleh komponen. Karena faktor dari sistem pun bisa mengakibatkan layar HP jadi blank.

Jika di tanya, saya sendiri sudah sering mengalami masalah ini, dan untungnya sampai sekarang HP masih bisa di gunakan dengan lancar. Oleh karena itu, di sini saya juga akan berbagi sedikit tips dalam mengatasi masalah layar HP blank hitam atau putih.

Silakan di simak dulu pembahasannya.

1. Clear Cache Sistem HP

 

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan ketika layar HP tiba-tiba blank adalah dengan membersihkan cache yang ada di sistem Android. Cache ini sebenarnya memiliki fungsi untuk menyimpan data-data yang masih berhubungan dengan kinerja sistem.

Meski sangat di butuhkan, namun cache ini juga bisa mengakibatkan sistem pada HP menjadi error. Seperti HP tidak bisa di-load atau crash saat di gunakan. Imbasnya tentu akan membuat layar HP menjadi blank.

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk membersihkan cache pada sistem terlebih dahulu. Caranya juga mudah:

  1. Pertama matikan dulu HP Android kalian.
  2. Kemudian tekan dan tahan tombol Power + Volume Down atau Volume UP bersamaan.
  3. Tunggu beberapa saat sampai HP masuk ke mode Recovery.
  4. Jika sudah, silakan kalian cari menu Wipe.
  5. Lalu pilih menu Wipe Cache.
  6. Terakhir tinggal hidupkan HP seperti biasa.
  7. Selesai.

Seharunya, jika memang di sebabkan oleh bug pada sistem, dengan cara ini sistem akan normal kembali. Dan HP yang blank biasanya juga akan normal seperti semula lagi.

2. Copot Kartu SIM, Memori dan Baterai HP

Apabila HP kalian blank pada saat baru di nyalakan, kemungkinan besar sistem tidak ter-load dengan baik. Selan dengan membersihkan file cache, kalian juga bisa mematikan HP dan mencopot kartu SIM, SD Card dan baterai HP jika itu memungkinkan.

Selengkapnya seperti ini:

  1. Langkah pertama matikan dulu HP kalian.
  2. Setelah itu lepaskan kartu SIM, memori SD dan baterai.
  3. Lalu diamkan HP selama 5 sampai 10 menit.
  4. Jika sudah, pasa kembali komponen tadi.
  5. Terakhir nyalakan kembali HP kalian.

Dengan cara ini, biasanya secara tidak langsung sistem pada HP akan di restart. Sehingga masalah HP tidak bisa di load dan layar HP yang blank akan teratasi dengan bak.

Catatan:

Oh ya, saat ini memang tidak semua casing belakang HP Android itu bisa kita lepas, khususnya untuk ponsel yang menggunakan baterai tanam.

Jadi khusus untuk layar HP blank hitam di batera tanam, cukup melepas kartu SIM dan SD card saja. Setelah itu, diamkan HP sampai suhunya dingin atau selama 5 menit saja sudah cukup.

3. Reset HP

Memang melakukan hapus cache dan restart HP itu tidak selalu bisa mengatasi sistem yang tidak dapat melakukan boot. Jadi, solusi lan untuk mengatasi layar HP blank ialah dengan melakukan factory reset.

Umumnya dengan melakukan factory reset, HP akan secara otomatis di kembalikan ulang persis seperti baru lagi. Cara ini biasanya juga ampuh untuk mengatasi masalah pada sistem dan error-nya juga akan hilang.

Pada saat layar HP blank, factory reset bisa kalian lakukan melalui recovery mode. Caranya begini:

  • Pertama matikan HP terlebih dahulu.
  • Bila sudah, tekan dan tahan tombol power + volume up atau down secara bersamaan.
  • Kemudian tunggu sampai HP masuk ke mode recovery.
  • Jika sudah, pilih menu Factory reset.
  • Terakhir pilih OK.

Setelah itu, HP akan melakukan reset secara otomatis. Silakan tunggu saja sampai HP kalian menyala kembali seperti semula.

Penting:

Cara ini bisa kalian lakukan untuk menormalkan kembali sistem pada HP, namun hanya bisa di lakukan jika HP masih bisa masuk ke system recovery saja.

Selan itu, semua data yang ada pada HP kalian juga akan terhapus secara permanen, seperti kontak, akun Google dan aplikasi, foto, video, dokumen dan data lainnya yang tersimpan di memori internal.


Baca Juga : Cara Mengecek Touchscreen HP Android


4. Flash Ulang HP

Solusi selanjutnya, jika dengan cara di atas kalian belum bisa masuk ke sistem, maka bisa jadi sistem pada HP memang sudah benar-benar rusak. Lalu, solusinya bagaimana?

Kalian bisa melakukan flashing pada HP yang mengalami masalah ini. Flashing ini di tunjukan untuk mengganti sistem lama yang ada pada HP dengan yang baru. Prosesnya itu, sistem lama yang mengalami error ini akan di terhapus dan di pasangkan sistem yang baru.

Gimana cara flash-nya? Sebenarnya caranya sih mudah saja, namun tidak bisa saya jelaskan di sini. Karena cara flash di masing-masing HP itu berbeda-beda, tergantung dari tipe HP yang kalian gunakan.

Namun kalian masih bisa mencari caranya di internet, karena saya rasa di sana banyak bertebaran tutorial flashing HP. Yang terpenting kalian mencari tutorial sesuai tipe HP yang di gunakan.

5. Coba Bersihkan Socket Layar

Apabila dari segi software masih saja belum bisa, berarti masalah ini memang bersumber dari hardware-nya langsung. Sebelum kalian membawa HP ke tempat service, jika memungkinkan, kalian juga bisa mencoba bongkar HP-nya sendiri.

Karena biasanya masalah layar HP blank itu di sebabkan adanya kerusakan di bagian touchscreen. Meski tidak sepenuhnya di situ juga, sih.

Tapi jika di tanya spesifik masalahnya ada di mana, mungkin ini bisa bermacam-macam. Bisa ada di bagian layar, atau bisa juga ada di bagian konektor LCD-nya.

Jika kalian ingin mencobanya, maka langkah pertama kita cek dulu bagian konektor LCD-nya:

  • Pertama-tama kita lepas dulu casing HP bagian belakang.
  • Perhatikan pada bagian samping, di sana akan terlihat socket layar HP.
  • Silakan lepas saja kabelnya dan ambil penghapus.
  • Bersihkan pada bagian ujung kabel konektor memaka penghapus tadi.
  • Lakukan dengan pelan-pelan agar tidak merusakan konektor tersebut.
  • Jika sudah, sambung kembali.
  • Pasang baterai dan casing HP seperti awal.
  • Terakhir coba nyalakan kembali HP kalian.

Atau jika masih kurang jelas, kalian bisa coba simak video di bawah ini.

Kalau di video itu, masalah layar HP blank hitam di sebabkan oleh konektor LCD yang bermasalah, sehingga harus di lakukan perbaikan.

6. Bawa Ketempat Service

Selanjutnya, jika kalian merasa ragu untuk membongkarnya sendiri di rumah, maka bisa langsung membawanya ke tempat service HP.

Kalau untuk pengecekan di atas 60-80% itu sebenarnya masih bisa kita lakukan sendiri, bahkan oleh seorang pemula sekalipun. Hanya saja, jika dengan cara di atas tadi masih belum menyala, bisa jadi ada komponen lan yang menyebabkan layar HP menjadi blank.

Untuk kondisi seperti ini biasanya terbagi menjadi dua bagian:

  1. Masalah pada bagian display touchscreen, yang membuat HP menjadi tidak ada gambar (blank hitam).
  2. Adanya masalah pada komponen yang rusak, seperti chipset, kapasitor dan lainnya. Kondisi seperti ini biasanya di tandai dengan munculnya gambar hitam pada layar.

Apabila pada bagian layarnya yang mengalami kerusakan, maka kalian harus menggantinya dengan yang baru. Untuk harga perbakannya, bisa mencapai 300 sampa dengan 800 ribu. Biasanya sih tergantung dari tipe dan jenis HP yang kalian gunakan.

Sedangkan jika di bagian komponen yang rusak, biasanya sering terjadi pada HP yang umurnya sudah tua dan HP yang sering kepanasan. Pada masalah ini akan sangat sulit kita selesaikan sendiri di rumah.

Lengkapnya bisa intip video berikut:

Di sini ada banyak sekali hal-hal yang harus kalian cek agar bisa mengetahui tegangan dan komponen HP mana yang sudah tidak normal lagi. Tentunya jika belum berpengalaman, yang ada nanti malah akan pusing sendiri, hehe.

Oleh karena itu, di sini saya sarankan untuk lebih baik membawanya ke tempat service saja. Tapi jika kalian memiliki alat dan mempunyai pengalaman, mungkin bisa melakukannya sendiri di rumah.

7. Karingkan HP Jika Terkena Air

Untuk solusi ini saya tuliskan di sini hanya sebaga tambahan, sebab tidak sedikit juga orang yang mengalami layar HP blank hitam tapi tetap menyala setelah HP terkena air.

Solusinya tidak sulit kok, karena kalian hanya perlu:

  • Silakan keringkan HP terlebih dahulu.
  • Caranya dengan membongkar komponen yang ada pada HP.
  • Silakan gunakan pengering untuk menghilangkan air yang ada pada HP (bukan di kipasin, ya).
  • Setelah itu, rendam HP kedalam beras selama 2 sampai 3 hari.
  • Jika bisa, touchscreen HP lepas terlebih dulu.
  • Apabila sudah, silakan coba pasang kembali semua komponen.
  • Terakhir coba nyalakan HP kembali.

Trik ini juga sudah banyak di terapkan dan hasilnya juga memuaskan. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencobanya, bukan?


Baca Juga : IMEI HP Android Hilang (Invalid)


8. Ganti Baterai Jika Rusak

Beberapa munggul yang lalu, saya sendiri sempat mengalami masalah di mana HP yang saya pakai hanya memunculkan gambar hitam saja ketika di nyalakan (blank).

Setelah saya perbaki sistemnya, ternyata masih belum juga berhasil normal kembali. Nah, karena saya sendiri saat itu malas bongkar HP, saya coba untuk mengganti bagian baterainya saja.

Eh ternyata, HP saya kembali menyala seperti semula. Tampilan yang terlihat pada layar HP pun kembali seperti semula lagi.

Meski tidak sepenuhnya ampuh untuk semua kondisi HP, namun tidak ada salahnya juga untuk mencobanya. Karena siapa tahu, dengan mengganti baterai HP, masalah blank hitam bisa di atasi.

Penutup

Baiklah, mungkin itu saja beberapa tips tentang cara mengatasi layar HP blank hitam tapi tetap menyala. Cara di atas juga bisa kalian gunakan di semua HP Android saat ini, seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Asus dan lainnya.

Memang benar sih cara yang paling ampuh itu hanya dengan melakukan servis atau mengganti komponen yang rusak. Walaupun bagitu, tentu saja kalian tidak mesti langsung buru-buru membawa HP ke tempat service.

Karena tidak ada salahnya juga untuk mencoba beberapa tips di atas tadi, sebab saya sendiri pun sudah mencobanya dan berhasil.

Jika kalian memiliki pertanyaan atau ada penjelasan yang masih kurang di mengerti, silakan tuliskan saja di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.