Blokir Iklan Pop up di Android

Cara Blokir Iklan Pop UP di HP Android

Blokir Iklan Pop up di Android – Pernah gak sih kalian mengalami masalah, di mana ketika sedang enak-enaknya menggunakan HP, eh tiba-tiba muncul iklan? Jika di tanya ke saya pribadi, sudah pasti pernah dan bisa di bilang sering mengalaminya.

Kalau kalian gimana, pernah mengalami hal tersebut? Entah itu ketika sedang browsing, nonton film, menggunakan aplikasi tertentu atau aktivitas lainnya. Pastinya pernah, ya.

Munculnya iklan secara tiba-tiba pada HP ini jelas sangat mengganggu, bukan? Apalagi ketika iklan yang muncul itu menutupi tampilan yang sedang kita buka pada HP. Beberapa kejadian, terkadang ada juga iklan video yang muncul dan mengharuskan kita menunggu selama 5 sampai 15 detik.

Bagi kalian yang mungkin belum tahu, kalau iklan jenis ini di kenal dengan nama Pop Up. Nah, jika ingin tahu lebih jauh mengena iklan Pop Up, mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa Penyebab Iklan Tiba-Tiba Muncul di Android?

Penyebab Iklan Tiba-Tiba Muncul di Android

Pada umumnya, iklan di HP Android yang tiba-tiba muncul itu bisa di sebabkan oleh sebuah aplikasi, sistem, virus (Adware) sampai bawaan HP. Penyebab ini dapat menyerang semua tipe HP Android, entah itu keluaran baru ataupun tipe HP keluaran lama.

Berikut beberapa contoh iklan yang sering muncul pada HP Android:

1. Iklan Aplikasi

Tentu ini merupakan sebuah iklan yang asalnya memang dari sebuah aplikasi dan berjalan tanpa kita ketahui. Untuk jenis ini biasanya sebagian besar berasa dari aplikasi root.

2. Iklan Sistem

Iklan sistem merupakan jenis iklan bawaan dari HP Android. Umumnya jenis iklan ini akan sering muncul pada menu notifikasi dan aplikasi bawaan tertentu. Misalnya halaman pengaturan, video player, file manager, browser dan lainnya.

Namun dalam beberapa kasus, iklan jenis ini juga sering muncul secara tiba-tiba di manapun.

3. Iklan Virus

Untuk jenis iklan yang satu ini biasanya di sebut dengan iklan Adware. Biasanya jenis virus ini sering memunculkan iklan di sistem tanpa bisa kita ketahui penyebabnya.


Baca Juga: Cara Atasi Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagian


Cara Blokir Iklan Pop UP di HP Android

Sebenarnya cara memperbaiki masalah ini ada dua peruntukan, yaitu untuk HP yang sudah di root dan HP yang belum di root. Namun pada dasarnya sih, kalau HP dengan mode root itu akan jauh lebih efektif atau mudah untuk mengatasi masalah ini.

Agar tidak terlalu panjang, yuk langsung saja kita simak pembahasan mengenai cara mengatasi iklan Pop UP di HP Android yang muncul tiba-tiba.

1. Cari dan Hapus Aplikasi yang Menyebabkan Iklan Muncul

Langkah yang pertama, silakan kalian coba cari aplikasi apa yang sekiranya merupakan menjadi penyebab iklan Pop Up ini muncul pada sistem.

Bagi kalian yang mungkin bingung aplikasi apa yang menjadi penyebabnya, sebenarnya sih ada banyak aplikasi. Yang mana aplikasi apapun bisa menjadi penyebab munculnya iklan Pop Up secara tiba-tiba pada HP Android.

Jangan pusing-pusing, deh. Berikut ada sedikit tips yang bisa kalian coba untuk mencari aplikasi tersebut, sekaligus menghapusnya.

  1. Langkah pertama buka Google Play Store.
  2. Kemudian ketuk icon Garis Tiga yang ada di pojok kiri atas.
  3. Lalu klik menu Aplikasi & Game Saya.
  4. Selanjutnya klik tab Koleksi.
  5. Silakan sortir berdasarkan Baru-baru ini (Recent).
  6. Cek dengan teliti, aplikasi apa yang sekiranya menjadi penyebabnya dan jangan lupa untuk mencatatnya.
  7. Sekarang kita buka menu Pengaturan pada HP.
  8. Buka menu Aplikasi.
  9. Maka akan muncul daftar aplikasi yang terinstall pada HP.
  10. Cari aplikasi yang sudah kalian catat tadi.
  11. Kemudian Hapus Aplikasi (Uninstall)
  12. Terakhir jangan lupa restart HP.
  13. Selesai.

Penting:

Apabila saat ingin menghapus aplikasi dan menu uninstall tidak muncul, maka ketuk saja menu Force Stop. Jika iklan sudah tidak muncul lagi, maka itu artinya penyebabnya memang berasal dari aplikasi tersebut. Namun jika masih muncul, coba kalian cari lagi aplikasi lan yang kira-kira menjadi penyebabnya.

Tapi jika iklan masih saja tetap muncul, maka bisa jadi penyebab munculnya iklan Pop Up ini adalah virus.

2. Lakukan Scan Menggunakan Antivirus

Solusi yang selanjutnya, kalian bisa coba untuk melakukan scanning virus pada HP Android yang digunakan. Tujuannya apa? Untuk menghapus Adware dan Malware yang tersimpan secara tidak sengaja pada penyimpanan file sistem.

Sekarang ini sudah ada banyak sekali aplikasi antivirus yang dapat kalian gunakan untuk melakukan scanning pada HP. Namun dalam tutorial kali ini, saya akan menggunakan aplikasi Malwarebytes.

Alasannya, tentu karena fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut tergolong lebih lengkap serta size aplikasinya hanya sekitar 30MB saja.

Cara menggunakan aplikasinya seperti ini:

  • Pertama silakan install dulu aplikasi Malwarebytes.
  • Jika sudah, silakan buka aplikasinya.
  • Ketuka pada bagian kiri atas dan pilih menu Scanner (Pemindai).
  • Klik menu Pindai atau Scan untuk melakukan proses Scanning.
  • Nanti proses scan akan berlangsung secara otomatis.
  • Tunggu saja sampa prosesnya selesai.

Lama dan cepatnya proses scan ini tergantung dari seberapa penuh storage dan kualitas spek HP yang kalian gunakan.

Penting:

Selain Malwarebytes, sebenarnya kalian juga masih bisa menggunakan aplikasi Antivirus lain yang mungkin kalian percaya.

3. Gunakan Aplikasi Khusus Untuk Memblokir Iklan

Solusi yang selanjutnya, selain dengan metode hapus aplikasi dan scanning, kalian juga bisa menggunakan aplikasi khusus yang mempunyai fitur blokir iklan. Fitur ini biasanya di sebut dengan AdBlock.

Untuk sekarang ini, aplikasi yang mempunyai fitur ini memang masih tidak terlalu banyak pilihannya di Android. Namun ada satu aplikasi yang pernah saya gunakan, yaitu AdAway.

Alasannya, tentu aplikasi AdAway adalah salah satu aplikasi Android yang memiliki fungsi memblokir iklan melalui modifikasi File Host. Sederhananya sih, nanti URL dari iklan akan hilang.

Selain itu, pada aplikasi ini kita juga bisa memberikan perintah khusus agar iklan tertentu saja yang bisa muncul pada HP. Ingin mencoba? Silakan simak cara penggunaanya berikut ini:

  1. Pertama install dulu aplikasi AdAway.
  2. Jika sudah, buka aplikasinya.
  3. Apabila muncul notifikasi root, silakan klik Allow, Granted atau Izinkan.
  4. Lalu rubah ke mode Disable menjadi Enable.
  5. Caranya dengan klik menu Download Files and Apply Ad Blocking.
  6. Setelah berhasil, maka akan muncul notifikasi “Applying successful” dan statusnya akan berubah menjadi Enabled.
  7. Terakhir silakan restart HP kalian seperti biasa.
  8. Selesai.

Catatan:

Saat ini aplikasi AdAway sudah tidak tersedia lagi di Google Play Store. Namun masih tetap bisa kalian dapatkan secara gratis melalui internet.

Oh ya, kalian juga harus ingat kalau ingin menggunakan aplikasi ini, HP kalian harus sudah dalam keadaan root.


Baca Juga : Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus


4. Coba Reset HP Kepabrik

Cara blokir iklan Pop Up yang muncul tiba-tiba di Android selanjutnya adalah dengan cara melakukan reset ke pengaturan pabrik (Factory Reset). Opsi ini bisa kalian pilih jika cara-cara di atas tadi sudah di lakukan namun belum menuai hasil.

Bisa di katakan kalau cara reset HP Android itu terbilang cukup efektif. Karena semua data yang ada di sistem HP akan di kembalikan menjadi seperti semula, atau seperti baru lagi.

Sebelum melakukan Factory Reset, pastikan kalian sudah melakukan backup untuk data penting yang ada pada HP. Kalian bisa memindahkan data ke laptop, flashdisk, hard disk atau penyimpanan lainnya. Selengkapnya bisa simak cara backup data penting di Android berikut.

Cara reset-nya seperti ini:

  1. Pertama buka menu Pengaturan pada HP.
  2. Kemudian buka Pengaturan Tambahan.
  3. Geser ke bawah, klik menu Cadangkan dan Reset.
  4. Pilih lagi menu Reset ke setelan pabrik.
  5. Lalu pilih menu Hapus Semua Data.
  6. Terakhir tunggu sampai prosesnya selesai.

Selain melalui pengaturan yang ada pada HP, sebenarnya kita juga bisa melakukan reset melalui System Recovery.

Penting:

Perlu kalian ketahui, kalau langkah-langkah di atas tadi mungkin saja akan sedikit berbeda. Karena biasanya tergantung dari tipe serta versi Android yang di gunakan.

5. Flash Ulang HP Android

Seperti yang sudah saya jelaskan di awal tadi, kalau iklan Pop Up yang sering muncul pada HP Android itu ada tiga penyebabnya. Mulai dari aplikasi, virus dan juga sistem.

Solusi yang saya sebutkan di atas sebenarnya bisa di pakai untuk mengatasi tiga penyebab masalah iklan yang muncul tiba-tiba. Nah, jika cara itu masih kurang efektif maka kalian bisa coba blokir iklan Pop Up di HP Android dengan melakukan flash ulang.

Namun solusi terakhir ini bisa kalian gunakan untuk mengatasi iklan yang muncul karena di sebabkan oleh sistem. Biasanya cara ini cukup efektif untuk blokir iklan Pop Up yang tiba-tiba muncul di Android.

Karena tujuan dari flash ulang sendiri adalah untuk mengganti sistem lama pada HP ke sistem yang lebih baru.

Cara flash ulang HP tidak bisa saya jelaskan di sini, karena masing-masing merek dan tipe HP memiliki cara yang berbeda-beda. Namun kalian masih bisa mencari caranya di Google dengan mengetikan tipe HP Android yang di gunakan.

Penutup

Selesai sudah pembahasan kita kali ini tentang cara blokir iklan Pop Up di Android. Saya berharap dengan solusi di atas bisa membantu mengatasi masalah yang sedang kalian hadapi saat ini, terutama yang berhubungan dengan iklan.

Seperti biasa, jika kalian mempunyai pertanyaan atau ada hal-hal yang ingin di tanyakan, silakan tuliskan saja di kolom komentar yang ada di bawah.

Atau jika kalian mempunyai cara blokir iklan Pop UP di Android lainnya, mungkin bisa juga menuliskannya di kolom komentar. Nanti jika efektif, saya akan menuliskannya di artikel ini.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.