12+ Kelebihan dan Kekurangan Oppo A12

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A12

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A12 – Apakah saat ini kalian sedang mencari sebuah produk terbaru dari Oppo yang mempunyai harga terjangkau? Jika iya, mungkin Oppo A12 ini bisa menjadi pertimbangan untuk kalian beli ketika sedang mengingkan ponsel Android dengan harga bersahabat.

Oppo A12 memang dihadirkan untuk menyongsong segmen entry-level dengan berbekal spesifikasi dan fitur-fitur terbilang memumpuni. Layaknya smartphone Android terbaru lainnya, Oppo A12 ini juga mempunyai kelebihan dan kekurangan yang akan dirasakan penggunanya.

Agar bisa menjadi pertimbangan buat kalian yang berencana membeli Oppo A12, maka bisa menyimak terlebih dahulu ulasannya di bawah ini.

Spesifikasi Oppo A12 Terbaru

Oppo A12 memang sengaja di hadirkan untuk mengisi pasar gadget kelas menengah kebawah, karena ponsel ini hanya di badrol dengan harga 2 jutaan. Meski berada di harga itu, Oppo masih membekali ponselnya itu dengan spesifikasi yang terbilang lengkap.

Berikut daftar spesifikasi Oppo A12:

Dimensi : 155,9 x 75,5 x 8,3 mm (6,14 x 2,97 x 0,33 inch)

Berat : 165 g

Layar : IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors berukuran 6,22 inci, resolusi 720 x 1560 piksel, 95,0 cm2 (~80,7% screen to body ratio), dengan ratio aspek 19,5:9

Body : Glass front, plastic back, plastic frame

SIM : Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

OS : Android 9,0 (Pie); ColorOS 6,1

Chipset : Mediatek MT6765 Helio P35 (12 nm)

CPU : Octa-core (4×2,35 GHz Cortex-A53 & 4×1,8 GHz Cortex-A53)

GPU : PowerVR GE8320

Memory card slot : microSDXC (dedicated slot)

Memori internal : 32GB 3GB RAM, 64GB 4GB RAM eMMC 5.1

Kamera utama :

  • 13 MP, f/2.2, 1/3.1″, 1.12µm, PDAF
  • 2 MP, f/2.4 (depth)

Dilengkapi fitur LED flash, HDR, panorama, dan [email protected] untuk video

Kamera depan :

  • 5 MP, f/2.0, 1/5″, 1.12µm

Dilengkapi fitur HDR dan [email protected] untuk video

Sound : dilengkapi loudspeaker, 3,5 mm jack audio

Baterai : non-removable Li-Po berkapasitas 4230 mAh

Konektivitas : 4G LTE, Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot, Bluetooth 2 A2DP, LE, A-GPS, GLONASS, BDS, FM radio, microUSB 2.0, USB On-The-Go

Sensor : fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass

Warna : Blue, Black

Lihat Spesifikasi Oppo A12 selengkapnya….

Jika dilihat dari spesifikasi Oppo A12 di atas, tentu akan ada beberapa keunggulan yang langsung bisa kita rasakan. Salah satunya itu ada di sektor baterai, karena Oppo A12 ini dibekali dengan baterai berukuran 4230 mAh dan mampu bertahan seharian.

Kelebihan Oppo A12

Sebuah smartphone terbaru pastinya dibekali dengan beberapa fitur serta teknologi terbaru untuk menunjang kebutuhan penggunanya. Sama halnya dengan Oppo A12, dimana kalian akan menemukan beberapa kelebihan ketika membelinya.

Di bawa ini ada 7 kelebihan Oppo A12 yang mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk kalian yang sedang mencari sebuah ponsel Android terbaru.

1. Desain Bodi yang Keren

Kelebihan yang pertama saat membeli smartphone terbaru dari Oppo ini, kalian akan melihatnya pada desain bodi yang lumayan keren. Seperti yang sudah di ekspektasikan dari Oppo sebelumnya, kalau hampir semua bodi ponselnya mempunyai daya pikat tersendiri.

Dimana Oppo A12 ini hadir dengan desain bodi bagian belakang yang mempunyai aksen berlian serta tersedia dengan dua varian warna, biru serta hitam. Jika kalian melihatnya dari agak jauh, maka akan terlihat seolah-olah terbuat dari berlian sungguhan.

Bahan pembuatan bodi Oppo A12 ini memang bukan glossy sehingga bisa membuatnya lebih tahan dari baret. Selain itu, bodi Oppo A12 juga tidak licin ketika di pegang, jadi membuatnya lebih aman ketika di genggam.

2. Ukuran Layar yang Tergolong Luas

Selain desain bodi yang cukup baik, ternyata Oppo A12 juga mempunyai ukuran layar yang terbilang luas. Hal ini jelas tidak lepas dari keinginan Oppo untuk menghadirkan sebuah smartphone yang memiliki experience mengesankan bagi penggunanya.

Oppo A12 ini hadir dengan dukungan layar mencapai 6,22 inci yang akan membuat penggunanya lebih nyaman ketika bermain game atau menonton. Tidak sampai di situ, layar Oppo A12 juga sudah di bekali dengan pelindung Gorilla Glass 3. Dengan hadirnya pelindung ini, layar Oppo A12 akan terhindar dari masalah goresan ataupun benturan.

3. Dibekali Dengan Slot Memori Khusus

Apabila kita melihat smartphone Android terbaru saat ini, jelas slot memori eksternal sudah mulai di hilangkan. Hal tersebut jelas menjadi satu titik kekurangan meskipun ada penambahan memori internal yang besar.

Tapi itu ternyata tidak terjadi pada ponsel Oppo A12 terbaru saat ini. Dimana Oppo ternyata masih membekali smartphone terbarunya itu dengan slot memori eksternal. Batas maksimal penambahan slot memori eksternal bisa mencapai 256GB.

Letak slot memori eksternal ini ada di bagian samping bodi dan tepatnya terletak di sebelah sisi kiri yang bersebelahan dengan tombol volume. Pada saat terbuka, kalian akan melihat tiga tray. Dua tray itu untuk slot kartu SIM dan satunya untuk penambahan microSD.

4. Adanya Fitur Audio Dirac

Ternyata Oppo juga menyematkan sebuah fitur unik pada ponsel terbarunya ini dan fitur tersebut bernama Dirac Audio. Bagi kalian yang belum tahu, fitur tersebut memiliki fungsi untuk menyesuaikan kualitas audio dengan aktivitas yang sedang dilakukan oleh pengguna.

Kalian juga tidak perlu repot-repot mengatur ataupun mengaktifkan fitur tersebut, karena sudah langsung aktif saat dibeli. Pada saat kalian gunakan bermain game, mendengarkan musik, menonton, maka fitur ini akan secara otomatis berganti mode. Hal ini tentu untuk memberikan pengalaman yang lebih baik untuk penggunanya di masing-masing aktivitas.

5. Memiliki Fitur Keamanan Face Unlock

Kelebihan yang dimiliki oleh Oppo A12 tentu tidak sampai di situ sata, karena ponsel ini masih mempunyai kelebihan lainnya. Dimana kelebihannya itu ada pada fitur fingerprint atau keamanan pada smartphone.

Oppo membekali ponsel terbarunya dengan fitur keamanan face unlock, yang memungkinkan kalian membuka kunci HP dengan wajah. Selain itu, fitur kunci sidik jari juga masih dibekali pada Oppo A12 dan letaknya di belakang bodi.

Dalam sebuah pengujian yang di lakukan oleh hariangadget menyimpulkan kalau fitur Face Unlock Oppo A12 ini hanya butuh waktu 0.08 detik untuk membuka kunci. Hal ini jelas karena Oppo A12 di tenagai dengan AI yang bisa mendeteksi 128 biometric point pada wajah.

6. Kapasitas Memori dan RAM yang Memumpuni

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A12 Ada di Sektor Memori dan RAM

Selain dibekali dengan slot microSD, Oppo A12 juga memiliki ruang penyimpanan internal yang luas. Untuk pasar gadget Indonesia sendiri, Oppo merilis ponselnya tersebut dengan dua ukuran memori internal, yakni 32GB dan 64GB. Jumlah peyimpanan internal tersebut juga terbilang cukup luas di kelasnya.

Nggak cuman memori internal saja yang cukup besar tapi kapasitas RAM Oppo A12 juga bisa dibilang sangat memumpuni. Dimana kalian juga akan menjumpai dua jenis ukuran memori RAM, yaitu 3GB dan 4GB. Ukuran RAM tersebut juga tergolong cukup baik untuk digunakan bermain game, browsing dan lainnya.

7. Kapasitas Baterai yang Besar

Kelebihan terakhir yang akan kalian rasakan ada pada daya tahan baterainya. Sebab Oppo A12 ini hadir dengan ukuran baterai tergolong besar, yaitu 4230 mAh. Dengan ukuran baterai tersebut, jelas kalian bisa menggunakan ponsel ini dalam jangka waktu yang lama.

Untuk kalian yang memang hobinya binge-watching ataupun bermain game seharian, maka kapasitas baterai Oppo A12 ini sudah sangat cukup. Saat digunakan bermain game, daya tahan baterai Oppo A12 ini bisa mencapai 8 jam dan untuk streaming bisa mencapai 17 jam lamanya.

Jadi, kalian tidak perlu merasa takut kehabisan daya baterai saat melakukan perjalanan jauh. Karena untuk keperluan biasa, Oppo A12 akan menemanimu seharian penuh.

Kekurangan Oppo A12

Setiap smartphone tentunya mempunyai kekurangan, begitu juga dengan Oppo A12. Meski kalian sudah mendapatkan beberapa kelebihan, tentu akan ada kekurangan yang ikut kalian rasakan pada ponsel ini.

Berikut ini Kampung Gadget sudah merangkumkan kalian 5 kekurangan Oppo A12 yang akan kalian rasakan.

1. Teknologi Layar Masih IPS LCD

Pada zaman yang semakin moderen ini, jelas sudah banyak sekali smartphone Android yang memakai layar jenis terbaru. Salah satu contohnya adalah layar tipe AMOLED atau Super AMOLED yang biasanya ada di HP Samsung.

Layar AMOLED ini sebenarnya memiliki beberapa keunggulan, seperti hemat daya baterai dan mampu menampilkan warna yang lebih akurat. Tapi sangat di sayangkan sekali, ternyata teknologi layar AMOLED tidak di sematkan pada Oppo A12 karena ponsel ini hanya berbekal panel IPS saja.

Penggunaan panel IPS LCD pada Oppo A12 jelas menjadi kekurangan tersendiri, sebab tidak mampu menampilkan warna hitam yang sesungguhnya. Bahkan ketika layar smartphone terkuncipun masih mencerminkan backlight sehingga masih ada daya yang terkuras. Hal ini jelas membuat daya baterai lebih cepat habis.

2. Tidak Dibekali Dengan Fitur Fast Charging

Kapasitas baterai yang besar memang bisa menjadi daya tarik tersendiri pada Oppo A12, karena mampu bertahan lebih lama ketika digunakan. Tapi, dengan ukuran baterai sebesar itu, jelas akan membutuhkan waktu pengisian daya lebih lama.

Di tambah lagi, ternyata Oppo tidak membekali ponselnya itu dengan fitur fast charging. Ini akan membuat kalian membutuhkan waktu yang lama saat ingin mengisi ulang daya baterai Oppo A12. Mengingat Oppo sendiri hanya membenamkan ukuran pengecasan sebesar 10W saja, jelas itu sangat kurang.

Meski begitu, masih ada sedikit cara yang dapat kalian lakukan jika sudah terlanjur membeli Oppo A12. Cara ini juga akan mempersingkat waktu mengisi ulang daya yang lama, meski tidak adanya fitur fast charging. Kalian dapat melihatnya tips itu di artikel tentang cara mempercepat proses pengisian daya baterai.

3. Hanya Dibekali Dua Kamera Utama

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A12 Ada di Sektor Kameranya

Walaupun kualitas dan gambar yang dihasilkan lumayan bagus, tapi Oppo A12 ini hanya dibekali dengan dua lensa kamera saja. Hal ini mungkin tidak bisa di bilang sebagai kekurangan karena tergantung dari kebutuhan masing-masing pengguna.

Hanya saja, fitur yang terdapat di kamera utamanya ini masih terbilang kurang lengkap dari pesaing lainnya yang ada di harga sama. Beberapa fitur kamera yang bisa di gunakan seperti time-lapse photography, mode profesional, mode portret, AR Stickers, dan 6x digital zoom saja.

Untuk kualitas video, kamera utama Oppo A12 ini mampu menghasilkan remakan di resolusi 1080p. Dengan berbekal lensa kamera sebesar 13MP utama dan 2 MP untuk gambar bokeh.

4. Belum Memakai Android Terbaru

Hampir semua ponsel Android keluaran terbaru mempunyai sistem operasi yang baru secara out of the box. Ini artinya, semua kemudahan dan keunggulan yang ada di Android 10 ini bisa langsung di nikmati tanpa harus upgrade dulu. Hal tersebut tidak hanya berlaku pada HP high-end, tapi juga HP di kelas bawahnya, contohnya saja pada Samsung Galaxy M11.

Namun sayangnya, Oppo A12 ini hanya hadir dengan Android Pie dengan dibalut ColorOS 6.1 saat pertama kali rilis. Jadi, bagi kalian yang memang lebih tertarik dengan fitur-fitur yang ada di Android 10, mungkin perlu di pikirkan lagi.

5. Harga Masih Tergolong Mahal

Kekurangan pada Oppo A12 terakhir ini ada pada harganya yang masih terbilang cukup mahal jika dilihat dari segi spesifikasinya. Dimana Oppo A12 ini dibandrol dengan harga di 2.4 juta untuk spesifikasi tertingginya.

Harga segitu jelas dirasa cukup mahal, karena masih ada beberapa smartphone Android lain yang menyajikan spesifikasi lebih dengan harga di bawah itu. Ini juga bisa menjadi pertimbangan saat kalian ingin membeli Oppo A12.

Kesimpulan

Jadi, apakah smartphone Oppo A12 ini layak untuk kita beli? Jelas itu tergantung dari kebutuhan kalian saat ini, karena masing-masing orang pasti memiliki keperluan yang berbeda.

Berdasarkan sediki analisa kelebihan dan kekurangan pada Oppo A12 ini, mungkin tidak cocok untuk kamu yang ingin sebuah ponsel serba cepat. Salah satu contohnya, saat tidak punya waktu banyak untuk mengisi ulang daya. Sebab Oppo A12 tidak mempunyai fitur Fast Charging untuk mengisi daya lebih cepat.

Selain itu, bagi kalian yang memiliki banyak keperluan di sektor kamera, jelas Oppo A12 masih kurang cocok. Hal ini karena Oppo A12 hanya di bekali dua lensa kamera serta fitur-kamera yang kurang lengkap. Hasil gambar yang dihasilkan juga kurang maksimal pada tempat yang minim pencahayaan.

Mungkin itu saja informasi yang dapat admin sampaikan mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A12, semoga bermanfaat dan bisa menjadi refrensi buat kalian semua.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.