Lihat 11 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M11, HP Murah Berkualitas Tinggi!

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M11

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M11 – Seperti yang kita tahu kalau Samsung adalah salah satu produsen smartphone yang berasal dari Kore Selatan. Nampaknya Samsung juga terus memperbaharui lini ponsel dengan harga terjangkau miliknya dengan merilis sebuah ponsel Android dengan nama Samsung Galaxy M11.

Setelah sebelumnya Samsung sukses merilis sebuah smartphone Galaxy M31, kini Samsung kembali memperbaharui lini M serisnya dengan mengusung Galaxy M11. Meski dibandrol dengan harga yang terjangkau, spesifikasi dan tampilan yang diusung ponsel ini tidaklah murahan.

Dibekali dengan beberapa spesifikasi unggulan dan tampilan bodi serta desain yang elegan, apakah ponsel ini layak untuk kita beli? Mari kita cari tahu layak atau tidaknya dibawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy M11

Samsung M11 ini hadir dengan berbagai fitur serta spesifikasi terbaru dari generasi sebelumnya. Adupun spesifikasi yang diusung oleh Galaxy M11 ini adalah sebagai berikut.

Teknologi Layar: Panel IPS TFT, dengan ukuran 6.4 inci

Chipset: Qualcomm, Snapdragon 450

GPU: Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53

RAM: 3GB dan 4GB

Memori Internal: 32GB dan 64GB

Kamera Belakang: 13MP + 5MP + 2MP

Kamera Depan: 8MP

Baterai: Li-po 5000 mAh

Lihat Spesifikasi lengkapnya…

Jika dilihat dari spesifikasi, ponsel terbaru dari Samsung ini tentu cukup bisa kalian andalkan saat melakukan aktivitas biasa sehari-hari, seperti barmain game atau membuka aplikasi sosmed lainnya.

Kelebihan Samsung Galaxy M11

Setiap ponsel memang mempunyai kelebihannya masing-masing, begitu juga dengan Samsung Galaxy M11. Dimana sejak pertama dirilis, ponsel ini mempunyai beberapa keunggulan yang wajib untuk kalian ketahui sebelum membelinya.

Beberapa keunggulan yang dapat kalian lihat dari Galaxi M11 ini adalah sebagai berikut.

1. Kapasitas Baterai yang Besar

Kelebihan yang pertama ada pada sektor baterainya, dimana Samsung membekali ponselnya ini dengan ukuran baterai cukup besar yakni 5000 mAh. Tentu ini merupakan sebuah kelebihan yang cukup mencolok dari ponsel Galaxy A11 sebelumnya yang hanya berbekal baterai berkapasitas 4000 mAh saja.

Tidak sampai disitu, Samsung juga membekali ponselnya ini dengan Fast Charging 15 W. Meski terbilang kecil dari pesaingnya, namun angkat tersebut tergolong besar dibandingkan Fast Charging yang ada pada produk Samsung lainnya.

2. Menggunakan Android 10.o dengan One UI 2.0

Selain kapasitas baterai yang tergolong besar, Samsung Galaxy M11 juga sudah dibekali dengan Android 10.0 dan antarmuka One UI 2.0.

Seperti yang kita tahu kalau sistem Android 10.0 ini mempunyai banyak fitur baru dan sistem keamanannya juga lebih baik dari versi android sebelumnya. Penggunaan One UI 2.0 juga terbilang baik, selain minim tampilan iklan, antarmuka yang ditampilkan juga terbilang mudah digunakan.

3. Layar Infinity-O dan Display yang besar

Kelebihan yang selanjutnya ini pasti akan lebih dirasakan oleh orang yang suka streaming film, nonton youtube dan bermain game, karena Galaxy M11 ini sudah dibekali dengan layar yang berukuran 6.4 inci serta bezel yang tipis.

Selain itu resolusi dari layar M11 juga sudah sangat baik, dengan mengusung HD+ (720 x 1560 px) dengan kerapatan piksel mencapai 268 pixels per inci.

4. Fitur Keamanan yang baik

Samsung juga tidak lupa untuk membekali ponselnya ini dengan fitu keamanan yang baik seperti fingerprint sensor ( sidik jari ) dan juga face recognition ( membuka ponsel dengan wajah ).

Selain akan mempermudah pengguna dalam membuka ponsel saat terkunci, fitur tersebut juga akan mempermudah kita dalam menjaga keamanan data pribadi yang ada didalam ponsel.

5. Hadir Dengan 3 Lensa Kamera

Kelebihan yang selanjutnya ada pada lensa kameranya, dimana Samsung M11 ini hadir dengan 3 lensa kamera yang berukuran 13MP + 5MP + 2MP.

Setiap lensa kamera pada M11 ini memiliki kegunaannya masing-masing, dimana lensa kamera yang berikuran 13MP ini berguna sebagai lensa utama dan 5MP ini berguna sebagai lensa ultra serta 2MP ini berguna sebagai pengambil gambar bokeh.

Tidak sampai disitu saja, untuk hasil rekaman video, kamera dari Samsung Galaxy M11 juga sangat baik karena dapat menghasilkan video dengan kualitas 1080p dengan tingkat frame rate 60 fps.

6. Masih Menghadirkan Jack Audio 3.5mm

Seperti yang kita tahu kalau saat ini hampir semua ponsel terbaru yang dirilis pada tahun 2020 itu sudah meniadakan jack audio didalamnya. Namun berbeda dengan Samsung M11, dimana Samsung masih membekali ponselnya tersebut dengan jack audio 3.5mm.

Tentu dengan kehadiran jack audio ini membuat Samsung M11 mempunyai fitur yang lain dari ponsel lainnya yang dirilis saat ini.

Kekurangan Samsung Galaxy M11

Setelah kita sudah melihat beberapa kelebihan yang ada pada smartphone M11, maka tidak lengkap rasanya kalau kita tidak melihat kekurangan yang ada pada ponsel terbaru dari Samsung ini.

Seperti halnya dengan ponsel Android lainnya, dimana Samsung Galaxy M11 ini juga memiliki kekurangan yang wajib untuk kalian pertimbangkan saat ingin membelinya. Adapun kekurangan yang ada pada Samsung M11 adalah sebagai berikut.

1. Teknologi Layar yang Masih TFT

Kekurangan yang pertama dapat kamu lihat pada teknologi layar yang digunakannya, dimana M11 ini hanya dibekali dengan layar jenis TFT bukan Super AMOLED seperti pesaing lainnya.

Tentu teknologi yang satu ini akan menjadi mimpi buruk bagi pengguna ponsel Samsung. Bukan tanpa sebab, ini karena seperti yang sudah kita tahu kalau Samsung sebelumnya itu sudah populer dengan teknologi layar yang super AMOLED.

2. Chipset yang Sudah Ketinggalan

Jika kita lihat pada pesaing lainnya, tentu teknologi chipset yang digunakan pada Samsung M11 ini sudah tertinggal jauh. Karena saat ini sudah banyak hadir ponsel Android dengan chipset Snapdragon 665 di rentang harga 2 jutaan.

Tidak hanya itu, tenaga chipset Snapdragon 450 juga terbilang kurang baik saat digunakan bermai game dan membuka aplikasi berat lainnya.

3. Kapasitas RAM dan Internal yang Kecil

Selain ada pada teknologi Chipset, kekurangan Samsung M11 juga bisa kamu rasakan pada kapasitas RAM dan Memori internal yang diusung.

Dengan kapasitas RAM yang tergolong kecil, tentu kamu akan merasakan adanya lag saat menggunakan ponsel ini untuk bermain game. Serta ukuran memori internal yang kurang besar juga akan membuat kamu sering-sering menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan agar bisa menginstal aplikasi yang baru.

4. Tidak Hadirnya NFC dan Infrared

Seperti yang kita tahu kalau saat ini sudah banyak produsen smartphone yang membekali ponselnya dengan fitur NFC ( Near Field Communication ) dan Infrared.

NFC ini memiliki fungsi yang dapat merubah ponsel Android kalian menjadi alat transaksi digital yang praktis dan simpel. Sedangkan fitur Infrared ini berfungsi untuk membuat HP kalian menjadi remote TV, AC dan perangkat pintar lainnya.

5. Bodi yang Mudah Kotor Oleh Bekas Jari

Kekurangan yang terakhir dapat kita lihat pada tampilan bodi bagian belakang dari Samsung M11. Dimana saat digunakan, bodi dari Galaxy M11 ini sangat mudah kotor oleh bekas sidik jari.

Kamu juga harus lebih sering membersihkannya, karena jika tidak bodi bagian belakang dari M11 ini akan terlihat kusam dan bercak-bercak.

Kesimpulan

Jika dilihat dari spesifikasi serta kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M11, apakah layak atau tidak untuk kita beli? Tentu ini kembali lagi pada kalian masing-masing, sebab kebutuhan setiap orang itu berbeda-beda.

Jika kalian menginginkan ponsel dengan performa yang baik saat bermain game dan membuka aplikasi berat, maka ponsel ini tidak layak untuk kalian beli. Selain karena performa yang dimiliki oleh Samsung M11 kurang memuaskan, teknologi layar yang digunakan juga akan mempengaruhi aktifitas kalian.

Tapi jika kalian menginginkan sebuah ponsel dengan harga yang terjangkau dan bisa digunakan sehari-hari seperti membuka aplikasi sosmed dan bermain game ringan, maka ponsel ini layak untuk kalian beli.

Baik, mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M11 yang bisa Kampung Gadget hadirkan. Semoga artikel diatas bermanfaat bagi kalian yang sedang berencana untuk mengganti ponsel lamanya dengan ponsel terbaru dari Samsung.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.