9+ Cara Memperbaiki Speaker HP Terkena Air

Cara Memperbaiki Speaker HP Terkena Air

Memperbaiki Speaker HP Terkena Air – Apa jadinya, jika speaker pada HP yang biasa kita gunakan untuk keperluan sehari-hari. Seperti mendengarkan musik, menerima atau menelpon, menonton film, drama, tiba-tiba rusak karena kemasukan air. Pastinya nyesek gak?

Secara umum, pengalaman ini cukup sering dan hampir 50% pengguna smartphone pernah mengalami hal tersebut. Contohnya saja, seperti jatuh ke sungai atau terkena air hujan saat di jalan sampai tidak sengaja mencucinya di saku celana.

Tentunya kejadian itu bisa berdampak buruk untuk speaker pada HP android yang kita miliki. Secara umum saat speaker HP terkena air pasti akan mengalami error, seperti:

  1. Bunyi yang dikeluarkan pada speaker lebih kecil
  2. Suara yang dihasilkan juga tidak terlalu jelas terdengar
  3. Bunyinya terkadang pecah
  4. Bunyinya cempreng
  5. Atau biasa juga tidak ada suara yang keluar dari speaker

Air yang masuk kedalam speaker jelas bisa merusak kualitas suara yang dihasilkan, sebab itu adalah komponen yang relatif sensitif pada smartphone. Jadi, jangan berharap suara speaker HP kalian bagus jika sudah kemasukan air.

Cara Memperbaiki Speaker HP Terkena Air

Apakah saat speaker HP terkena air itu bisa di perbaiki? Jelas saja bisa, karena speaker pada HP Android itu merupakan komponen yang bisa diganti jika mengalami kerusakan. Jadi, kalian tidak perlu membeli HP baru lagi saat speaker kemasukan air, karena bisa di ganti secara terpisah.

Tapi, jangan buru-buru dulu untuk menggantinya dengan yang baru.

Coba lakukan beberapa hal berikut ini, untuk memperbaiki speaker HP kalian yang di dalamnya kemasukan air. Siapa tahu bisa kembali nomal seperti dulu lagi.

Untuk memperbaiki speaker HP yang terkena air, kalian bisa memakai 9 cara yang berikut ini:

  1. Periksa Pengaturan Volume HP
  2. Gunakan Kode Rahasia Untuk Test Speaker
  3. Coba Bersihkan Speaker
  4. Gunakan Hairdryer Untuk Keringkan HP
  5. Pakai Kipas Angin Untuk Mengeringkan HP
  6. Coba Gunakan Media Beras
  7. Jemur HP Dibawah Matahari
  8. Cobalah Meniup Speaker
  9. Bawa Ketempat Service

Cara tersebut bisa kalian gunakan untuk HP Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, Lenovo, Evercoss dan merek HP Android lainnya.

Agar lebih paham, kalian juga bisa menyimak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Periksa Pengaturan Volume HP

Cara sederhana yang pertama kali dilakukan, ialah dengan mengecek terlebih dahulu keadaan speaker. Apakah suara yang di keluarkan oleh speaker masih normal atau tidak.

Untuk proses pengecekannya itu bisa dilakukan dengan menaikkan pengaturan volume menjadi maksimal.

  • Bisa melalui Pengaturan.

  • Kemudian pilih menu Suara.

  • Kemudian kalian atur volumenya di sana.

Selain itu, kalian juga bisa melakukan pengecekan dengan cara memutar musik memakai player, seperti MXPlayer contohnya.

Pada saat melakukan pengecekan itu, cobalah untuk memperhatikan suara yang dikeluarkan. Apakah benar kurang jelas? Atau mungkin kurang keras?

Karena terkadang masalah yang timbul itu bukan karena faktor kemasukan air, namun tetapi biasa saja karena pengaturan volume HP-nya itu sendiri.

2. Gunakan Kode Rahasia Untuk Test Speaker

Apabila dengan cara pengecekan pertama ternyata suara speaker tidak mau keluar, maka kalian bisa mencobanya dengan memakai kode pengecekan. Kode ini juga lebih sering di sebut dengan kode informasi hardware.

Tentunya dengan memakai kode ini, proses pengecekan akan menjadi lebih akurat dalam mengetahui keadaan speaker. Apakah memang benar-benar sudah rusak atau belum.

Prosesnya juga sangat jauh berbeda dari metode yang pertama, karena dengan memakai metode ini akan membuat speaker HP dipaksa menyala.

Tapi untuk caranya, karena kode di setiap HP berbeda-beda, maka kalian bisa menyesuaikannya dengan daftar kode pengecekan speaker di bawah ini:

  • Code HP Samsung *#0*#
  • Code HP Oppo *#800#
  • Code HP Realme *#*#4636#*#*
  • Code HP Vivo *#558#
  • Code HP Asus *#*#2664#*#*
  • Code HP Xiaomi *#*#64663#*#*

Bagi pengguna HP Android lainnya bisa mencarinya di Google dengan memasukan kata kunci “Kode Rahasia Oppo” contohnya.

Setelah mendapatkan kodenya, maka langsung lakukan pengetesan speaker memakai kode rahasian tersebut.

3. Coba Bersihkan Speaker

Pada saat ponsel terkena air, umumnya masih tertinggal embun atau sisa debu-debu yang menempel didalam speaker. Nah, itu tidak baik dan harus segera di bersihkan terlebih dulu.

Dalam membersihkannya, kalian dapat memakai jarum atau sejenisnya. Lakukan pembersihan pada bagian luar speaker saja. Biasanya ini bisa sedikit membantu kalian untuk menghilangkan suara kresek-kresek dari speaker.

Tapi perlu untuk kalian ketahui juga, karena letak dari speaker masing-masing HP itu berbeda-beda, maka kalian harus memastikannya sendiri. Dimana letak speaker-nya dan bagaimana posisinya.

Bagi yang mempunyai HP dengan letak speaker di belakang, maka lepaskan dulu casing ponsel, ini agar memudahkan kalian untuk membersihkannya.

4. Gunakan Hairdryer Untuk Keringkan HP

Hairdryer bisa mengeluarkan angin panas yang mana dapat kalian gunakan untuk membantu proses pengeringan embun air yang ada didalam speaker. Proses ini biasanya lebih cepat dalam mengeringkan sisa-sisa air yang masih ada didalam speaker.

Caranya jelas sangat mudah sekali. Kamu bisa mengambil hairdryer dan menyalakannya, lalu arahkan langsung ke bagian speaker HP yang kemasukan air. Agar lebih aman, beri jeda sedikit, misalnya 15 detik dikeringkan dan 10 detik biarkan dingin kembali.

Kalian juga wajib mengatur suhu hairdryer ke mode panas yang lebih rendah. Hal ini bertujuan agar suhu ponsel kalian tidak terlalu tinggi saat proses pengeringan air yang ada didalam speaker.

Selain itu, cara ini juga cukup direkomendasikan. Jika ponsel kalian menggunakan baterai tipe removable maka silakan lepas dulu casing HP dan juga baterainya. Tujuanya itu agar proses pengeringan air didalam speaker bisa menjadi lebih maksimal.

5. Pakai Kipas Angin Untuk Mengeringkan HP

Memperbaiki Speaker HP Terkena Air Dengan Kipas Angin

Pastinya tidak semua orang memiliki hairdryer, karena itu merupakan benda yang biasanya ada di kehidupan wanita. Lalu bagaimana? Solusinya, kalian bisa memakai alat alternatif lainnya, yakni dengan memakai kipas angin.

Di sini pastinya kalian sudah bisa membayangkan cara mengeluarkan air dari speaker HP bukan? Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan proses pengeringan air pada speaker memakai hairdryer, kok.

Kalian hanya perlu menyalakan kipas dan langsung mengarahkannya ke HP yang tadinya terkena air. Tapi, fokuskan angin dari kipas ke arah speaker HP kalian berada.

Perosesnya memang agak sedikit lama, karena kalian harus menunggu selama 3 sampai 5 jam lamanya. Setelah itu kalian bisa menguji speaker-nya kembali. Jika masih belum, coba kembali lakukan cari tadi.

6. Coba Gunakan Media Beras

 

Memperbaiki Speaker HP Terkena Air Dengan Beras

Beras juga merupakan salah satu media yang bisa digunakan untuk membantu mengeringkan speaker HP yang kemasukan air. Bahkan untuk sebuah HP yang kehujanan sekalipun bisa di keringkan memakai media beras.

Hal ini jelas karena beras memiliki sifat menyerap air yang sangat baik dan cepat. Sehingga bagian-bagian komponen yang lembab, termasuk speaker bisa dikeringkan memakai media beras.

Proses pengeringannya kurang lebih seperti ini:

  1. Pertama siapkan dulu beras secukupnya (sekitar 1 mangkuk).
  2. Jika memungkinkan, lepas casing HP beserta baterainya.
  3. Kemudian kubur HP kalian dengan beras tersebut, usahakan sampai tidak terlihat.
  4. Tunggu sekitar semalaman.
  5. Setelah sudah, coba rakit kembali dan lakukan pengujian pada speaker.

Untuk hasil yang lebih baik dalam mengeringkan HP dengan merendamnya di beras itu adalah sekitar 2 sampai 3 hari lamanya. Karena jika hanya semalaman, hasilnya masih kurang baik.

Maka dari itu, semakin lama prosesnya akan semakin baik tapi jangan lebih dari 3 hari. Karena bisa membuat HP kalian di tumbuhi jamur.

Secara umum, jika error sebelumnya itu terjadi karena faktor lembab, seharusnya dengan cara ini bisa mengatasi hal tersebut.

7. Jemur HP Dibawah Matahari

Jika mengeringkan HP yang terkena air dengan media beras di rasa sangat lama, maka kalian bisa mencoba cara yang satu ini. Cobalah untuk menjemur ponsel kalian di bawah sinar matahari, karena suhu panas dari matahari bisa mengeringkan sisa-sisa air pada ponsel.

Apabila memungkinkan, cobalah untuk melepas casing belakang serta baterai HP kalian. Kemudian menjemurnya di bawa sinar matahari dengan posisi layar ponsel menghadap kebawah.

Lama prosenya itu bisa 1 sampai 2 jam, tergantung dari tingkat embun yang ada di dalam speaker HP. Namun usahakan untuk tidak lebih dari 2 jam agar tidak terjadi kerusakan lain pada komponen HP.

8. Cobalah Meniup Speaker

Cara paling sederhana lainnya yang bisa kalian lakukan untuk mempercepat proses mengeluarkan air dari speaker HP adalah dengan meniupnya.

Meski terlihat sepele, namun cara ini jelas efektif untuk membantu mempercepat proses pengeringan. Jadi kalian bisa sambil meniup-niup bagian speaker kemudian mengerikannya lagi dengan hairdryer atau kipas.

Prosesnya akan menjadi lebih cepat dan hasilnya juga jelas akan lebih cepat lagi kalian rasakan.

9. Bawa Ketempat Service

Cara Memperbaiki Speaker HP Terkena Air Dengan Membawanya ke Tempat Service

Bagaimana jika sudah menerapkan semua cara di atas, ternyata speaker masih belum bisa berfungsi dengan baik? Misalnya suaranya masih belum jelas, atau masih belum keluar sama sekali.

Jika sudah begini, jelas jalan satu-satunya adalah dengan mengganti komponen speaker itu sendiri.

Karena tidak semua orang bisa mengganti speaker HP-nya sendiri di rumah, maka solusi terbaiknya adalah dengan langsung menggantinya di tempat service.

Untuk harga service speaker HP yang mengalami kerusakan itu sebenarnya bervariasi. Mulai dari 100 ribu sampai dengan 300 ribu rupiah dan ini juga tergantung dari tipe HP kalian masing-masing.

Jika masih ada garansi, kalian bisa langsung membawanya ke tempat Service Center. Umumnya gratis, tapi ini biasanya tergantung dari kebijakan tempat service center sendiri. Lama prosesnya bisa mencapai 2 sampai 3 hari kerja.

Penutup

Sebenarnya memperbaiki speaker HP yang terkena air itu dapat menjadi sebuah masalah yang cukup rumit. Solusinya itu bisa kalian mulai dari hal-hal sederhana yang sudah di jelaskan di atas. Meski tidak menutup kemungkinan juga kalau komponen speaker harus di ganti dengan yang baru.

Karena masalahnya itu ada di komponen dan kita juga sering kesulitan untuk mengetahuinya, apakah komponen itu masih normal atau tidak. Jadi cara di atas tadi itu sebenarnya hanya berupa tips untuk membantu memberikan solusi dalam mengatasi masalah ini.

Admin sendiri juga pernah menerapkan beberapa cara sederhana di atas untuk membantu mengeringkan air yang ada di dalam speaker HP. Nah, jika masalah yang kalian alami sedikit berbeda, maka jangan ragu untuk menanyakannya. Kalian bisa mengirimkan email atau dapat menulis masalah tersebut di kolom komentar.

Sebisa dan secepat mungkin akan admin bantu untuk mencarikan solusi terhadap masalah yang sedang kalian hadapi. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.