Sayangnya Kontak Telah Berhenti

Cara Mengatasi Sayangnya Kontak Telah Berhenti di Android

Tidak hanya pada ponsel, masalah juga sering terjadi pada aplikasi yang ter-install di dalamnya. Salah satunya masalah yang sering terjadi pada aplikasi kontak, seperti muncul pesan error “Sayangnya kontak telah berhenti”. Jika sudah seperti itu, sudah pasti kita tidak akan bisa menggunakan aplikasi kontak seperti biasanya lagi.

Apalagi, bisa dikatakan juga kalau aplikasi kontak itu terbilang mempunyai peranan yang sangat penting. Karena semua nomor yang kita masukan kedalam ponsel itu tersimpan di dalam aplikasi kontak. Sudah pasti akan sangat repot jika aplikasi kontak sampai mengalami masalah atau error.

Lalu, adakah cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah aplikasi kotak error? Tentu saja ada dan caranya juga tergolong sangat mudah sekali untuk kita lakukan. Kondisi ini juga sempat terjadi pada aplikasi kontak yang ada di HP saya. Di mana, tanpa ada masalah sebelumnya, tiba-tiba aplikasi kontak tidak bisa di buka dan muncul pesan error seperti sayangnya kontak telah berhenti.

Penyebab Sayangnya Kontak Telah Terhenti

Saat masalah ini terjadi, sudah pasti banyak dari kita yang bertanya-tanya, apa sih penyebab munculnya pesan error pada aplikasi kotak. Penyebabnya sudah pasti sangat beragam, namun rata-rata kondisi ini terjadi karena adanya error pada sistem di dalam HP.

Contohnya saja seperti:

  • Adanya bug pada sistem yang sedang berjalan.
  • Aplikasi kontak yang memang sedang bermasalah.
  • Adanya kesalahan pada pengaturan.
  • RAM HP yang penuh.
  • Banyaknya file Cache.
  • Dan masih banyak lagi.

Cara Mengatasi Aplikasi Kontak Berhenti di Android

Seperti yang saya katakan tadi, kalau faktor penyebab dari masalah ini sangat banyak sehingga cara untuk mengatasinya juga banyak. Meski seperti itu, menurut saya pribadi caranya sih tidak terlalu sulit untuk dilakukan di rumah.

Nah, jika kalian mengalami masalah yang sama dengan saya, maka bisa mengikuti beberapa solusi yang sudah saya rangkumkan di bawah ini. Saya sendiri sudah mencobanya dan berhasil untuk mengatasi masalah aplikasi kontak yang terhenti tiba-tiba.

1. Nyalakan Ulang HP Android

Mungkin tidak banyak pengguna HP Android yang sadar kalau dengan menyalakan ulang ponsel itu dapat memperbaiki beberapa masalah, salah satunya saat aplikasi kotak terhenti. Apalagi saat memori yang dipakai oleh HP tiba-tiba penuh, maka secara otomatis sistem akan memberhentikan beberapa aplikasi yang sedang berjalan.

Nah, bisa saja kondisi tersebut terjadi pada saat kalian sedang membuka aplikasi kontak, sehingga sistem menghentikannya. Jika sudah seperti itu, cara yang paling sederhana yang bisa kalian lakukan adalah dengan restart HP.

Dengan begitu masalah yang sedang kalian alami akan teratasi dan aplikasi kontak bisa digunakan seperti semula.

2. Pakai Fitur Pembersih Memori

Cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah sayangnya kontak telah berhenti adalah dengan menggunakan fitur pembersih. Fitur ini sebenarnya sudah tersedia di hampir semua HP Android terbaru saat ini.

Dengan adanya fitur tersebut, kita akan lebih mudah dalam membatasi penggunaan memori di dalam HP. Selain itu, fitur ini juga bisa membuat memori yang sebelumnya penuh menjadi lega kembali. Dan tentunya hal ini juga bisa berpengaruh kepada aplikasi kontak, agar tidak terhenti dengan sendirinya lagi.

Agar masalah memori HP penuh tidak terulang kembali, maka kalian bisa mengatasinya denga lebih serius. Untuk cara mengatasi memori internal penuh juga sudah saya jelaskan sebelumnya, jadi kalian dapat membacanya di sana, ya.

3. Paksa Berhenti Aplikasi Kontak

Apabila dengan dua cara tadi belum bisa mengatasi masalah aplikasi kontak yang tiba-tiba terhenti, maka kalian bisa mencoba menghentikan paksa aplikasinya. Dengan begitu, jika ada error yang berjalan pada aplikasi akan hilang dan aplikasi kontak bisa digunakan seperti biasa lagi.

Langkah-langkahnya seperti ini:

  • Buka Pengaturan pada HP.
  • Kemudian kalian cari menu Aplikasi.
  • Lanjut pilih lagi menu Daftar Aplikasi.
  • Setelah itu cari aplikasi Kontak.
  • Terakhir tap opsi Paksa Berhenti (Force Stop).

4. Bersihkan Cache dan Data Aplikasi Kontak

Mungkin sudah sering saya jelaskan ke kalian, kalau file cache itu merupakan sebuah kumpulan data yang cukup berguna untuk menyimpan seluruh pengaturan dari aplikasi kontak. Mulai dari pengaturan data yang paling penting sampai dengan data yang sebenarnya hanya sampah saja.

Membersihkan file cache yang ada pada aplikasi juga terkadang bisa membantu kita dalam mengatasi masalah yang seperti saat ini. Karena bisa saja, file cache yang menumpuk di dalam aplikasi kontak menjadi penyebab munculnya pesan “Sayangnya Aplikasi Kontak Telah Berhenti”.

Caranya tidak sulit, kok. Begini langkah-langkahnya:

  • Pertama buka Pengaturan pada HP.
  • Berikutnya kalian cari menu Aplikasi.
  • Setelah itu pilih lagi menu Daftar Aplikasi.
  • Sekarang cari aplikasi Kontak.
  • Jika sudah, pilih saja menu Hapus Data dan Hapus Cache.
  • Terakhir restart HP kalian seperti biasa.

Penting:

Cara ini dapat menghilangkan seluruh data-data yang tersimpan didalam aplikasi kontak. Mulai dari data pada kartu SIM, penyimpanan internal sampai dengan akun Google yang ada di dalamnya.

Sehingga, agar kalian tidak kehilangan data penting yang tersimpan di dalamnya, maka sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu. Dengan begitu, seluruh data yang kalian simpan tidak hilang.

5. Gunakan Aplikasi Kontak Lainnya

Pada dasarnya, aplikasi kontak bawaan HP android itu tidak bisa kalian hapus dengan mudah. Namun terkecuali jika kalian sudah pernah melakukan root pada HP yang digunakan. Jika sudah seperti ini, maka kalian bisa memakai aplikasi kontak lain pada HP.

Saat ini juga sudah ada banyak sekali jenis aplikasi kontak yang bisa kalian dapat di Play Store secara gratis. Bahkan tidak sedikit dari aplikasi tersebut mempunyai fitur-fitur yang lebih keren dan lengkap dari aplikasi kontak bawaan android.

Begini cara pasangnya:

  1. Buka Google Playstore yang ada pada HP.
  2. Kemudian di kolom pencarian kalian ketikan “Kontak“.
  3. Maka akan muncul banyak pilihan aplikasi kontak di sana.
  4. Pilih saja salah satu aplikasi kontak yang kalian inginkan.
  5. Setelah itu klik menu Install atau Dapatkan.
  6. Terakhir tunggu sampai proses download selesai.

Selanjutnya kalian bisa mengetesnya kembali. Jika penyebab masalah tadi memang datang dari aplikasi, maka seharusnya aplikasi kontak yang baru saat ini bisa dibuka dengan normal.

6. Aktifkan Fitur Safe Mode Pada HP

Langkah selanjutnya yang bisa kalian coba lakukan saat ingin mengatasi masalah pada aplikasi kotak yang telah berhenti secara tiba-tiba adalah dengan mengaktifkan fitur safe mode. Bagi kalian yang mungkin belum tahu kalau fitur safe mode ini memungkinkan HP Android berjalan hanya dengan memakai aplikasi bawaannya saja.

Di mana aplikasi kotak juga merupakan salah satu aplikasi bawaan Android yang sudah ter-install dari produsennya langsung. Oleh karena itu, mungkin saja fitur ini dapat membantu kalian dalam mengatasi munculnya pesan error pada aplikasi kontak.

Kurang lebih caranya seperti ini:

  1. Tekan dan tahan tombol power pada HP dalam beberapa detik.
  2. Maka akan muncul beberapa opsi menu seperti Mulai Ulang dan Matikan Daya.
  3. Di sini kalian tekan menu Matikan Daya beberapa detik.
  4. Nantinya akan muncul sebuah jendela baru.
  5. Silakan kalian tap saja menu Reboot ke Mode Aman.
  6. Lalu HP akan restart secara otomatis dan tunggu sampai menyala kembali.
  7. Apabila sudah, silakan kalian cek pada bagian kanan bawah layar HP.
  8. Jika berhasil, di sana biasanya akan muncul pesan “Mode Aman” (Safe Mode).
  9. Terakhir periksa kembali aplikasi kontaknya.

Nah, jika kalian ada yang bingung saat ingin mengembalikan HP ke mode biasa, maka bisa mengikuti caranya di bawah ini.

  1. Pertama tekan tombol power yang ada pada HP.
  2. Kemudian kalian pilih opsi Mulai Ulang.
  3. Tunggu saja beberapa saat.
  4. Nantinya HP akan kembali masuk ke sistem seperti biasa.

Dengan cara ini, safe mode akan hilang. Aplikasi lain yang sudah kalian install sebelumnya akan terlihat dan bisa digunakan kembali.

7. Rubah Format Pengaturan Jam dan Tanggal

Meski tidak semuanya, namun ada beberapa aplikasi kontak yang tidak dapat berjalan dengan normal saat pengaturan jam tidak ter-setting dengan benar. Salah satu masalah yang cukup sering timbul adalah aplikasi kontak yang telah berhenti tiba-tiba.

Pada beberapa HP, pengaturan waktu bisa berubah dengan sendirinya saat kita melepaskan kartu SIM dan baterai pada HP. Sehingga membuat pengaturan waktu dan tanggalnya berubah serta tidak sesuai dengan jam dan tanggal hari ini.

Oleh dari itu, kalian bisa mencoba untuk memperbaikinya. Langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Pertama buka Pengaturan di HP.
  2. Lalu kalian cari menu Tanggal dan Waktu.
  3. Berikutnya pilih Zona Waktu Otomatis.
  4. Selesai.

Bila opsi otomatis yang kalian gunakan tidak berhasil, maka bisa mencoba untuk mengaturnya secara manual saja. Kalian bisa menyesuaikan dengan waktu dan tanggal sesuai dengan hari ini.

Jika sudah, coba kalian buka kembali aplikasi kontak yang sebelumnya berhenti tiba-tiba. Biasanya jika memang masalahnya pada pengaturan waktu yang tidak sesuai, maka sekarang pasti sudah normal kembali.

8. Update Sistem HP Android

Update ini dilakukan untuk memperbaiki beberapa masalah yang sedang terjadi terkait sistem pada HP Android. Nah, dikarenakan aplikasi kontak itu merupakan bawaan sistem Android, maka bisa saja saat terjadi error pada sistem ikut membuat aplikasinya menjadi bermasalah.

Oleh karena itu, dengan melakukan update pada sistem Android, maka jika memang benar terjadi error maka akan langsung di perbaiki. Caranya juga cukup mudah, karena kalian bisa langsung melakukannya melalui pengaturan yang ada di dalam HP.

Masih bingung? Begini caranya:

  1. Pergi ke menu Pengaturan di HP.
  2. Lalu cari menu Pembaharuan.
  3. Dalam halaman ini akan ada informasi tentang pembaharuan.
  4. Jika tersedia, maka langsung saja klik Update.
  5. Terakhir tunggu sampai prosesnya selesai.

Sebelum itu, pastikan juga baterai HP memiliki daya yang cukup. Minimal daya yang tersisa pada baterai sekitar 70 persen atau lebih juga sangat bagus sekali.

9. Hapus Aplikasi yang Mencurigakan

Untuk yang selanjutnya ini mungkin cocok bagi kalian yang mengalami masalah pada aplikasi kontak yang telah berhenti secara tiba-tiba setelah menginstall aplikasi lain. Biasanya ini sering berhubungan dengan aplikasi sistem atau aplikasi lainnya.

Bila memang seperti itu, maka cobalah untuk menghapus terlebih dahulu aplikasi yang baru kalian pasa tersebut. Setelah itu coba kalian periksa kembali aplikasi kontak yang sebelumnya bermasalah.

Namun jika masalah yang kalian hadapi sebelum menginstall aplikasi lain, maka bisa mengabaikan cara yang satu ini. Karena itu sudah berhubungan dengan kondisi lain dari solusi yang satu ini.

10. Lakukan Factory Reset

Sudah pasti hampir semua pengguna HP Android tahu tentang factory reset (reset pabrik). Namun jika masih belum tahu, reset pabrik ini merupakan salah satu fitur yang memungkinan penggunanya untuk menghapus semua data serta pengaturan yang ada pada HP. Kemudian fitur ini juga akan mengembalikan keadaan HP seperti semua atau baru kembali.

Lalu, adakah efek untuk masalah yang sedang kita hadapi? Tentu saja ada, di mana semua error yang terjadi pada sistem sebelumnya akan hilang. Apalagi kalau berbicara mengenai masalah aplikasi kontak yang telah berhenti secara tiba-tiba, sudah pasti cukup ampuh dalam mengatasinya.

Di masing-masing HP Android mungkin caranya akan berbeda-beda. Namun kurang caranya seperti berikut ini:

  1. Buka menu Pengaturan di HP.
  2. Setelah itu kalian masuk ke dalam menu Cadangkan dan Setel Ulang.
  3. Berikutnya pilih saja menu Kembalikan ke Pengaturan Pabrik.
  4. Tunggu beberapa saat atau sampai HP kembali menyala.

Nantinya tampilan HP kalian akan kembali seperti semula atau seperti saat pertama kali membelinya.

Penting:

Melakukan factory reset atau reset pabrik ini akan membuat seluruh data yang ada didalam HP kalian terhapus. Sehingga, sebelum melakukannya kalian wajib membackup semua data penting yang ada di dalam HP. Cara backup data penting di Android juga sudah pernah saya jelaskan di artikel sebelumnya, jadi kalian bisa mencari tahu informasi lengkapnya di sana.

11. Coba Unroot HP Android

Bila HP yang kalian gunakan itu sudah pernah di root, berarti kalian sudah paham dan tahu tentang istilah dari unroot bukan?

Benar sekali, unroot ini adalah sebuah proses yang mana dimaksudkan untuk menghilangkan akses admin dalam sistem yang sebelumnya kalian buka. Sehingga keadaan HP kalian akan kembali seperti sebelumnya atau default-nya.

Mengapa harus melakukan unroot? Alasannya mungkin banyak, namun salah satu alasanya itu adalah root dapat mengakibatkan sistem pada HP tidak stabil. Efek sampingnya, terkadang bisa mengakibatkan beberapa masalah tertentu muncul. Salah satunya adalah masalah aplikasi yang terhenti dengan sendirinya.

Lalu bagaimana cara unroot?

Caranya jelas berbeda-beda di setiap HP, karena ini tergantung dari tipe HP yang digunakan dan ini juga di pengaruhi oleh aplikasi root yang di pakai. Agar lebih aman, kalian bisa mencari informasi lengkapnya di Google. Atau kalian juga bisa menyimak video yang ada di bawah ini sebagai gambarannya.

12. Flash Ulang HP

Jangan salah menilai ya sobat Kampung Gadget, karena flash ulang HP itu jauh berbeda dengan reset pabrik yang sudah saya bahas diatas tadi. Meskipun efek yang akan terlihat oleh mata terbilang sama, namun nantinya akan terasa berbeda ketika menggunakannya.

Karena dengan melakukan flash ulang HP, maka di sini sistem akan benar-benar 100% terganti oleh sistem yang lebih baru. Cara yang satu ini juga akan sangat ampuh sekali dalam mengatasi semua masalah yang terjadi pada sistem.

Namun melakukan flash itu tidak sembarangan, karena selain di masing-masing HP memiliki cara yang berbeda, kalian juga perlu sedikit keahlian dalam bidang tersebut. Karena tidak boleh ada kesalahan, sebab ini berhubungan dengan penggantian sistem yang ada pada HP.

Agar tidak mengalami kesalahan, kalian bisa mencari informasi lengkapnya di Google. Pastikan juga kalian mencarinya sesuai dengan merek HP yang di gunakan.

Penutup

Baiklah, mungkin itu saja beberapa langkah-langkah yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah pada aplikasi kontak telah berhenti secara tiba-tiba. Meski tidak terlalu sulit, namun kalian tetap harus teliti dalam memahami kondisi sebelum mengalami masalah tersebut.

Dengan begitu kalian akan lebih mudah mengetahui penyebab serta cara mengatasinya dengan benar. Jika ada yang kurang jelas atau ada hal yang ingin di tanyakan, maka bisa menuliskannya di kolom komentar.

Cukup sekian dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.