Cara Mengatasi Indosat Tidak Bisa Telepon

Mengatasi Indosat Tidak Bisa Telepon

Indosat Tidak Bisa Telepon – Indosat sendiri merupakan salah satu provider yang cukup terkenal di beberapa daerah yang ada di Indonesia. Alasannya karena Indosat selalu menghadirkan layanan yang cukup baik dengan harga yang relatif terjangkau.

Sama seperti operator seluler lainnya, Indosat juga menyediakan layanan internet, telepon dan SMS. Semua layanan tersebut bisa di pilih dan di gunakan oleh semua penggunanya.

Nah, berbicara mengenai Indosat, beberapa hari lalu saya mendapatkan sebuah kendala pada saat melakukan panggilan. Yang mana kartu Indosat tidak bisa di gunakan telepon ke sesama maupun operator lain.

Telepon yang saya maksud di sini itu panggilan biasa menggunakan pulsa dan buka panggilan menggunakan aplikasi ya.

Jika kalian mengalami masalah yang sama seperti saya, silakan simak artikel ini sampai akhir.

Penyebab Indosat Tidak Bisa Telepon

Pada umumnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya masalah pada kartu Indosat yang tidak bisa di pakai untuk menelepon. Diantaranya seperti:

  • Gangguan cuaca, seperti hujan atau badai.
  • Lokasi belum sepenuhnya ter-cover jaringan dari Indosat.
  • Kartu operator hangus atau terblokir.
  • Ada perbaikan layanan.
  • Berada di tempat tertutup.
  • Adanya error pada sistem HP.

Selain faktor tersebut, kerusakan pada slot SIM di HP juga bisa membuat masalah ini terjadi. Tapi itu tidak hanya akan terjadi pada kartu Indosat saja, melainkan SIM operator lain juga bisa mengalami masalah yang sama.


Baca Juga : Cara 4G Only Indosat


Cara Mengatasi Indosat Tidak Bisa Telepon

Walaupun saat ini sebenarnya kita sudah bisa melakukan panggilan menggunakan jaringan internet lewat aplikasi. Namun bukan berarti juga kalau panggilan biasa akan sepenuhnya tergantikan.

Kenapa? Karena akan ada saatnya ketika kita di haruskan untuk melakukan panggilan biasa. Misalnya pada saat sedang berada di daerah yang tidak ada jaringan internet atau ketika orang yang di hubungi tidak terhubung dengan internet.

Untuk mengatasi masalah Indosat yang tidak bisa telepon, di sini saya sudah menyiapkan beberapa solusi. Perlu kalian ketahui juga, kalau solusi ini merupakan cara yang saya lakukan ketika mengalami masalah Indosat yang tidak bisa di pakai telepon.

Silakan pilih salah satu atau bisa juga mengikuti sesuai urutan yang saya tuliskan, ya.

1. Restart HP Terlebih Dahulu

Di sini kalian tidak harus menggunakan cara yang sulit dan ribet. Karena dengan cara restart HP terkadang juga bisa dan cukup efektif untuk mengatasi masalah ini.

Karena bisa saja error yang terjadi pada HP membuat sistem yang bekerja ketika kita melakukan panggilan menjadi tidak bekerja.

Silakan kalian restart atau mulai ulang HP seperti biasa dengan menekan dan tahan volume Power. Setelah itu tunggu sampai ponsel kembali menyala seperti semula.

2. Hidup dan Matikan Airplane Mode

Mode pesawat atau Airplane mode adalah salah satu fitur yang sudah tersedia di ponsel Android lama maupun baru. Hanya saja, masih banyak orang yang belum tahu kalau sebenarnya fitur ini bisa di pakai untuk me-refresh jaringan.

Caranya sangat mudah sekali:

  1. Silakan buka Panel Bar (menu yang ada di bagian atas HP).
  2. Lalu ketuk untuk menyalakan Airplane Mode.
  3. Selanjutnya tunggu beberapa detik.
  4. Setelah itu matikan kembali fiturnya.

Apabila sudah, kita tinggal menunggu sistem pada hp melakukan pencarian sinyal. Pada tahap ini jaringan Indosat di ponsel akan ter-refresh.

3. Jangan Setting Jaringan ke 4G

Beberapa tipe HP terbaru saat ini memang sudah mendukung fitur VoLTE. Fitur ini memiliki fungsi untuk memungkinkan HP tersebut melakukan maupun menerima panggilan di jaringan LTE.

Sedangkan untuk ponsel yang belum mempunyai fitur ini, maka kita harus menggantinya ke jaringan 2G/3G/4G atau bisa juga 3G Only. Ini untuk mencegah terjadinya error pada jaringan.

Tidak sulit untuk melakukannya:

  • Buka Pengaturan di HP.
  • Kemudian pilih Jaringan Seluler.
  • Lalu ganti pengaturan sinyal di sini.
  • Selesai.

Oh ya, tidak menutup kemungkinan juga kalau pengaturan sinyal pada setiap HP akan berbeda-beda. Jika ternyata langkah-langkahnya berbeda, silakan kalian bisa menyesuaikannya sendiri.


Baca Juga : Cara Mengisi Voucher Indosat


4. Periksa Sinyal Indosat di HP

Mungkin hal yang satu ini tidak perlu untuk saya jelaskan secara detail lagi. Karena semua orang pun pasti sudah tahu, jika kita ingin melakukan sebuah panggilan, maka sinyal yang di dapat harus cukup.

Cukup yang saya maksud di sini itu bisa di bilang relatif lah. Ada yang bilang sinyal harus penuh, atau setengah juga tidak masalah.

Namun jika membicarakan soal topik utama dari pembahasan ini, saya pikir berapa pun sinyalnya tidak akan menjadi masalah. Asalkan kita masih bisa menerima maupun melakukan panggilan dengan lancar.

Silakan kalian bisa coba periksa indikator sinyal yang ada di atas layar HP.

5. Pastikan Nomor Indosat Tidak Diblokir

Opsi selanjutnya, kalian bisa coba memastikan terlebih dahulu kalau nomor yang di pakai untuk menelepon masih aktif. Begitu juga sebaliknya, pastikan kontak yang di hubungi tidak terblokir.

Karena pada dasarnya, kartu SIM Indosat yang sudah terblokir atau hangus tidak akan bisa menggunakan layanannya lagi. Jadi coba pastikan terlebih dahulu nomor Indosat kalian masih dalam keadaan aktif dan tidak sedang dalam masa tenggang maupun terblokir.

6. Atasi Indosat Tidak Bisa Telepon Dengan Menunggu

Atasi Indosat Tidak Bisa Telepon Dengan Menunggu

Jika semua solusi di atas sudah kalian terapkan, tapi hasilnya masih belum bisa sesuai dengan harapan. Kemungkinan besar memang sedang ada perbaikan layanan dari pusatnya.

Solusinya? Kalian bisa sabar menunggu sampai jaringan Indosat kembali normal seperti semula.

Nah, untuk lama atau tidaknya itu sulit sekali di prediksi. Bisa saja hanya beberapa menit dan bisa juga satu jam lebih.

7. Hubungi Call Center Indosat

Masih ada kaitan dengan sebelumnya, jika sudah terlalu lama gangguan pada jaringan belum teratasi, maka kalian bisa coba menghubungi call center Indosat.

Ada beberapa cara untuk menghubungi CS Indosat, diantaranya:

  • Dengan menelepon nomor +6221-3000-3000 atau +6221-5438-8888.
  • Mengunjungi akun sosial media @IndosatCare.
  • Atau mengirimkan email ke [email protected].

Selain itu, kalian juga bisa mengunjungi situs resmi Indosat untuk menanyakan perihal gangguan yang sedang di alami.

Penutup

Baik mungkin itu saja sedikit rangkuman yang bisa saya sampaikan ke kalian tentang cara mengatasi Indosat tidak bisa telepon.

Jika ada ulasan yang kurang di mengerti atau ada hal lain yang ingin kalian tanyakan, silakan tuliskan saja pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.