Cara Perbaiki Konektor HP Rusak Atau Longgar

Cara Perbaiki Konektor HP Rusak Longgar

Cara Perbaiki Konektor HP Rusak – Sudah pasti kalau tidak sedikit pengguna ponsel Android yang mengalami masalah pada baterainya.

Ada salah satu masalah yang cukup sering terjadi pada pengguna ponsel Android. Di mana ketika ponsel di cas, ternyata daya pada baterai tidak bisa bertambah. Serta tidak jarang juga sampai membuat HP tersebut tidak bisa menyala lagi, karena kehabisan daya baterai.

Tentunya hal tersebut akan membuat kita kesal, apalagi ketika sedang perlu-perlunya menggunakan ponsel.

Nah, selain karena faktor charger yang kita gunakan, ternyata konektor HP yang rusak atau longgar juga bisa menjadi penyebabnya. Hanya saja, tingkat keparahan dari masalahnya itu beragam.

Mulai dari kerusakan pada bagian fisik yang relatif masih ringan, seperti kemasukan debu, kotoran atau memang sudah longgar. Sedangkan untuk kerusakan yang berat, biasanya lebih mengarah ke dalam komponen. Misalnya seperti konslet sampai masalah pada IC-nya.

Penyebab Konektor HP Rusak Atau Longgar

Penyebab Konektor HP Rusak Atau Longgar

Sama seperti masalah-masalah lainnya, konektor HP yang rusak atau longgar juga ada penyebabnya. Salah satu faktor utama yang menjadi penyebab port charger HP rusak / longgar adalah pemakaian yang kurang benar. Selain itu, faktor usia juga bisa menjadi pengaruhnya.

Terlepas dari itu, masih ada faktor lain yang menjadi penyebabnya. Seperti:

  1. Terlalu sering mengisi daya sambil di gunakan.
  2. Karena port charger kotor atau penuh dengan debu.
  3. Ponsel pernah jatuh ketika kabel charger masih tersambung.
  4. Konektor charger mulai berkarat, biasanya pada HP yang pernah jatuh ke air.
  5. Dikarenakan usia HP yang sudah terlalu lama.

Ciri-ciri Konektor HP Rusak

Ada tiga poin penting yang dapat kita lihat ketika konektor HP longgar maupun rusak. Diantaranya adalah:

  1. Tidak Dapat Dicas
    Biasanya kabel charger tidak akan berfungsi pada HP tersebut saja. Sedangkan jika kabel charger kita gunakan di ponsel lain, maka akan berjalan dengan normal. Itu artinya konektor pada HP yang mengalami masalah, ya.
  2. Charger Suka Lepas Sendiri
    Pada saat ponsel kita cas, lalu posisinya berubah sedikit, biasanya proses mengisi daya pada baterai akan terhenti. Umumnya kondisi seperti ini biasanya terjadi karena konektor yang ada di dalam port charger berubah arah. Biasa saja ke arah atas, atau bisa juga ke bawah.
  3. Proses Cas Sangat Lama
    Cepat atau lambatnya proses pengisian daya pada baterai HP itu tergantung dari kepala charger, kabel charger dan spesifikasi ponsel itu sendiri. Hanya saja tidak akan masuk akal, kalau setelah satu jam di cas, persentase daya baterai hanya bertambah sebanyak 5% saja.

Baca Juga : Cara Atasi HP Suka Restart Sendiri


Untuk mengatasi masalah tersebut, setidaknya ada dua opsi yang bisa kita lakukan. Yaitu:

  • Dengan cara memperbaiki arah dari konektor (jika longgar dan suka lepas).
  • Membersihkan konektor (apabila terlihat kotor).
  • Mengganti konektor charger-nya langsung (itu jika komponennya memang sudah rusak).

Cara Perbaiki Konektor HP Rusak Atau Longgar

Pada dasarnya untuk memperbaiki konektor seperti ini tidaklah sulit untuk di lakukan. Kalian hanya perlu mengikuti beberapa langkah-langkah di bawah ini saja.

1. Atur Arah Konektor

Secara umum, posisi konektor pada HP sudah diatur sedemikian rupa agar posisinya tepat di tengah-tengah. Serta cocok untuk di gunakan pada berbagai merek charger HP yang sejenis.

Namun beberapa charger yang mempunyai sambungan terlalu kecil atau besar, dapat membuat konektor menjadi bermasalah. Yang awalnya di tengah, menjadi ke arah atas atau bawah sehingga menjadi longgar.

Cara perbaiki konektor yang longgar:

  • Pertama-tama kalian bisa menyiapkan benda kecil, panjang serta tipis. Sekirannya bisa masuk ke dalam port charger yang ada pada ponsel. Contohnya seperti jarum.
  • Pakai jarum tersebut untuk mengubah posisi konektornya. Silakan arahkan ke bawah atau atas sesuai dengan kebutuhan kalian.
  • Jika sudah, silakan coba tes dengan kabel charger yang di gunakan sebelumnya.
  • Apabila masih belum pas, silakan coba ulang cara tadi.

Penting:

Satu hal penting yang harus kalian ketahui, kalau cara ini perlu di lakukan dengan hati-hati. Karena jika kalian kurang berhati-hati, kemungkinan saja konektornya bisa patah.

Hal tersebut sudah pernah saya alami sendiri, jadi lakukan dengan hati-hati ya.

2. Bersihkan Konektor HP yang Kotor

Port konektor yang kotor kemungkinan bisa saja terjadi. Tapi lebih sering pada ponsel yang umurnya sudah lama dan sering di letakan pada tempat yang kotor.

Seiring berjalannya waktu, kotoran serta debu bisa saja menempel dan menumpuk pada konektor.

Lalu apa efeknya?

Efeknya tentu cukup banyak dan salah satunya bisa mengakibatkan proses cas menjadi sangat lambat. Dari pengalaman pribadi, karena konektor yang kotor ini bisa mengakibatkan pengisian daya baterai dari 0-20% membutuhkan waktu sampai 2 jam.

Coba kalian bayangkan, pasti lama sekali bukan?

Maka dari itu, membersihkan konektor yang kotor sangatlah di butuhkan. Cara melakukannya juga mudah, kalian bisa menggunakan jarum seperti tadi.

Gosok pada bagian atas dan bawah konektor secara perlahan-lahan serta hati-hati. Serta jangan lupa juga untuk membersihkan kepala charger yang biasanya kalian pakai sehari-hari.

3. Ganti IC Charger

Jika kalian merasa yakin kalau masalah dalam proses pengisian daya baterai bukan di karenakan oleh konektor, maka bisa saja masalahnya ada pada bagian IC Charging.

Apa itu IC Charging?

IC Charging adalah salah satu komponen yang memiliki fungsi untuk mengantarkan daya dari konektor charger HP ke baterai. Termasuk juga dengan informasi seputar proses pengisian daya.

Sebenarnya harga komponen IC Charging ini relatif murah, kok. Hanya saja proses pemasangannya yang terbilang sulit dan rumit. Sehingga ada baiknya kalian menggunakan jasa service HP untuk melakukan pemasangannya.

  • Harga IC Charger
    50.000-200.000
  • Harga Dengan Pemasangannya
    100.000-300.000

Penting, harga tersebut bisa saja berbeda-beda ya. Karena tergantung dari jenis serta tipe HP yang kalian gunakan.

4. Bawa Ketempat Service

Opsi terakhir untuk memperbaiki konektor HP yang rusak adalah dengan membawanya ke tempat service terdekat. Memperbaiki konektor yang rusak memang bisa di lakukan sendiri, tapi itu jika kalian mempunyai pengalaman dan alatnya.

Jika tidak, tentu alternatif lainnya adalah dengan membawanya ke tempat service HP yang sudah terpercaya. Selain lebih aman, biasanya hasilnya juga akan lebih baik.


Baca Juga : Ciri-ciri HP BM


Kenapa IC Charger Sudah Diganti, Namun Proses Cas Masih Bermasalah?

Jika boleh jujur, saya sendiri lebih sering menemukan masalah pada IC dari pada konektornya. Meski begitu, bukan berarti juga kalau konektor-nya tidak bisa mengalami masalah ya.

Hanya saja, ketika IC sudah di ganti, tapi proses cas masih mengalami masalah, itu artinya kalian harus coba untuk mengganti konektornya.

Ngomong-ngomong, jika di total-total, biaya ganti konektor charger ini masih bisa di katakan cukup terjangkau. Agar lebih jelas, ada dua jenis gambaran dari komponen ini. Komponen PCB dan konektornya langsung.

Lalu berapa biayanya? Silakan kalian lihat di bawah ini.

  • Konektor – 10 ribu sampai 20 ribu rupiah.
  • PCB – 15 ribu sampai 80 ribu rupiah.

Untuk saat ini harga tersebut berlaku di semua merk. Baik pada merek ponsel Samsung, Oppo, Vivo, Realme, Xiaomi, Asus dan lainnya. Tapi berbeda untuk tipe ponsel flagship, karena harganya bisa jauh lebih mahal lagi.

Penutup

Mungkin sampai di sini dulu informasi tentang cara perbaiki konektor HP yang rusak atau longgar. Semoga dengan pembahasan di atas bisa membantu kalian yang saat ini sedang mengalami masalah saat mengisi daya pada ponsel Android.

Seperti di pembahasan sebelumnya, jika ada hal-hal yang kurang di mengerti atau ada yang ingin di tanyakan, silakan tuliskan saja di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.