Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa

Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa di Android

Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa – Mungkin dari kalian sudah mengetahui kalau pada dasarnya hampir semua aplikasi yang ada di Playstore itu akan mendapatkan pembaharuan dari developernya. Apalagi untuk beberapa aplikasi yang terkenal dan mendapatkan banyak download, pastinya akan selalu mendapatkan update.

Salah satu aplikasi yang sampai saat ini masih sangat populer dan mendapatkan banyak download adalah WhatsApp. Pada aplikasi WhatsApp, proses update biasanya tidak terlalu sering kita lihat seperti aplikasi sosial media lainnya. Karena WhatsApp biasanya sering melakukan update dalam jangka waktu yang lama, karena memang aplikasi ini minim bug atau masalah.

Seperti halnya aplikasi lain pada umumnya, ketika ada sebuah pembaharuan, WhatsApp akan selalu mengalami peningkatan. Baik itu dari segi fitur yang di hadirkan bagi penggunanya, sampai sistem keamanan juga ikut mendapatkan perbaikan.

Pembaharuan aplikasi yang sering kita gunakan itu sangatlah wajib dan sebenarnya harus kita lakukan. Tapi, nyatanya memang tidak semua orang akan melakukan proses update pada aplikasi WhatsApp. Alasannya mungkin saja beragam, karena yang pasti setiap orang mempunyai prinsif tersendiri.

Saat aplikasi WhatsApp tidak di perbaharui dalam jangka waktu yang lama, tentu ini akan membuat munculnya sebuah pesan tertentu, seperti “WhatsApp kadaluarsa”.

Apa Penyebab WhatsApp Kadaluarsa?

Mungkin dari kalian masih ada yang sampai saat ini terus bertanya-tanya tentang apa sih penyebab aplikasi WhatsApp kadaluarsa? Nah, penyebab aplikasi WhatsApp kadaluarsa itu dapat di sebabkan oleh beberapa hal sederhana. Mulai dari aplikasi WhatsApp yang tidak pernah di perbaharui, pernah menghapus data pembaharuan aplikasi sampai tanggal yang tidak sesuai.

Selain kondisi tersebut, mungkin masih ada hal lain yang menjadi pemicunya. Namun secara umumnya, kondisi seperti itulah yang menjadi penyebab utama aplikasi WhatsApp kadaluarsa.

Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa di HP Android Dengan Mudah

Bagaimana Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa? Untuk mengatasi masalah WhatsApp kadaluarsa, sebenarnya kalian bisa melakukannya dengan hanya melakukan pembaharuan aplikasi WhatsApp di Play Store yang ada pada HP. Sehingga, aplikasi WhatsApp yang sebelumnya sudah kadaluarsa itu akan kembali menjadi baru seperti semula.

Namun, dengan melakukan pembaharuan seperti itu bukanlah cara satu-satunya saja yang bisa kita lakukan. Karena masih ada beberapa cara lain yang bisa kalian coba lakukan di rumah ketika mengalami masalah tersebut.

Berikut beberapa cara yang bisa kalian coba:

1. Perbaiki Tanggal Pada Smartphone

Cara mengatasi WhatsApp kadaluarsa yang pertama itu adalah dengan memperbaiki tanggal yang ada didalam smartphone Android. Meski secara umum ponsel Android akan mengikuti pengaturan tanggal yang digunakan oleh kartu SIM, tapi tidak ada salahnya untuk memastikannya lagi.

Karena bisa saja ada sebuah kesalahan pada sistem dan mengakibatkan perubahan tanggal di HP menjadi tidak sesuai.

Caranya seperti ini:

  • Buka Pengaturan pada HP Android.
  • Lalu cari Pengaturan Tambahan.
  • Berikutnya kalian pilih lagi menu Tanggal & Waktu.
  • Di halaman ini kalian bisa mengatur ulang tanggal dan waktu pada HP.
  • Selain itu, kalian juga bisa mencoba untuk mengaktifkan Tanggal & Waktu otomatis.
  • Jangan lupa juga untuk mengaktifkan Zona Waktu Otomatis.
  • Selesai, deh.

Dengan cara itu, maka waktu pada HP kalian akan berubah mengikuti pengaturan yang sudah kalian terapkan tadi. Setelah itu, kalian bisa mencoba untuk membuka kembali aplikasi WhatsApp pada HP untuk memeriksanya kembali.

2. Atur Waktu di WhatsApp ke Sebelum Kadaluarsa

Langkah yang sudah kalian lakukan di atas tadi itu sebenarnya berguna untuk mengatur waktu yang ada di HP agar sesuai dengan waktu nyata. Sehingga, jika masalah munculnya pesan kadaluarsa di WhatsApp itu juga bisa kalian undur ke waktu yang semestinya terjadi.

Tapi, jika cara itu masih belum berhasil, maka kalian dapat mengikuti cara lainnya. Di mana cara yang selanjutnya ini dengan mengubah waktu menjadi sebelum aplikasi WA kadaluarsa pada HP.

Penjelasannya seperti ini:

  1. Apabila kalian menggunakan WhatsApp pada 22 Agustus dan pada saat itu aplikasi masih berjalan dengan baik (normal).
  2. Ketika di tanggal 26 Agustus, pesan WhatsApp kadaluarsa muncul saat kalian menggunakannya.
  3. Maka di sinilah kalian dapat mencoba untuk mengakalinya dengan mengubah kembali tanggal di HP sebelum muncul pesan kadaluarsa tersebut. Yang pada saat tanggal 26 Agustus (tanggal real-time), maka coba rubah menjadi tanggal 22 Agustus.
  4. Dengan cara ini, kita bisa memanipulasi kalau seolah-olah HP yang kita gunakan masih berada di tanggal 22 Agustus.

Berikut langkah-langkah untuk mengaturnya:

  • Buka menu Pengaturan pada HP.
  • Lalu kalian cari menu Pengaturan Tambahan.
  • Setelah itu cari lagi menu Tanggal & Waktu.
  • Berikutnya matikan fitur Tanggal & Waktu Otomatis yang sedang aktif.
  • Kemudian pilih Setel Tanggal.
  • Terakhir ubah tanggal ke sebelum kalian melihat pesan kadaluarsa.

Sekarang kalian tinggal memeriksanya kembali pada aplikasi WhatsApp.

3. Update Aplikasi WhatsApp di Google Play Store

Apabila kalian sudah mencoba untuk mengubah tanggal, tapi ternyata masih saja tidak memberikan tanda-tanda keberhasilan. Maka, mau tidak mau itu kalian memang sudah di haruskan untuk melakukan pembaharuan pada aplikasi WhatsApp.

Diharapkan dengan melakukan pembaharuan aplikasi WhatsApp, jika ada sebuah error yang terjadi sebelumnya akan hilang. Termasuk munculnya pesan “WhatsApp kadaluarsa” ketika kita membuka aplikasinya.

Cara updatenya seperti berikut:

  1. Pertama buka Google Play Store pada HP kalian.
  2. Lalu di kolom pencarian kalian ketikan WhatsApp.
  3. Setelah muncul, langsung saja pilih.
  4. Jika sudah terbuka, biasanya kalian akan melihat menu Update.
  5. Langsung saja tap menu Update dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Jika proses update sudah selesai, maka sekarang saatnya kalian memeriksa kembali aplikasi WhatsApp.

4. Coba Update WhatsApp Melalui Situs Resminya

Langkah terakhir yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi WhatsApp kadaluarsa adalah dengan memeriksa pembaharuan di situs resminya.

Cara berikut ini sangat cocok jika sebelumnya kalian sudah memeriksa pembaharuan di Play Store namun belum tersedia. Ketersediaan update di masing-masing negara mungkin saja berbeda, sehingga butuh beberapa waktu untuk bisa tampil di lokasi kalian.

Jika berminat, kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama buka browser pada HP
  • Lalu kunjungi situs resmi WhatsApp pada kolom search.
  • Di halaman utama, kalian klik menu Download.
  • Tunggu sampai proses download selesai.
  • Jika sudah, kalian bisa memasang file apk nya yang sudah di download seperti biasa.
  • Setelah itu tunggu sampai prosesnya selesai.

Apa Dampak Jika WhatsApp Kadaluarsa?

Secara mendasar, dampak yang di timbulkan dari masalah ini adalah perasaan terganggu saja. Karena pesan “WhatsApp kadaluarsa” akan muncul secara terus-menerus ketika kita menggunakan aplikasinya. Tentu saja kondisi demikian akan merepotkan kita. Apalagi jika kalian merupakan orang yang setiap harinya memang sibuk dengan aplikasi WhatsApp.

Selain dampak umum tersebut, berikut ini masih ada beberapa dampak yang mungkin bisa kalian rasakan.

  1. Misalnya kalian merupakan seorang pembisnis toko online, ketika terjadi gangguan yang menyebabkan aplikasi WhatsApp tidak dapat di akses. Maka tentu saja ini akan mempengaruhi konsumen atau calon pembeli dari jasa dan barang yang kalian jual.
  2. Notifikasi WhatsApp seperti pesan dan panggilan penting tidak akan bisa kalian terima.

Sedikit saran dari saya, jika kalian memang merupakan seorang memerlukan akses aplikasi WhatsApp setiap saat, maka sebaiknya lakukan update secara rutin (saat tersedia). Dengan begitu, kalian bisa menggunakan aplikasi WhatsApp dengan lebih tenang.

Penutup

Jadi bagaimana, cukup mudah sekali bukan caranya? Jadi, kalian bisa mengikuti beberapa tutorial yang sudah saya sampaikan di atas untuk mengatasi masalah WhatsApp kadaluarsa (expired). Karena yang pasti, semua masalah yang terjadi pasti ada sebuah jalan untuk mengatasinya.

Well, kalian bisa memilih salah satu dari semua cara yang menurut kalian sesuai atau mudah untuk di lakukan. Namun yang pasti, meski masalah yang terjadi itu cuman satu, tapi cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasinya tidaklah sama. Jika cara yang pertama belum berhasil, maka kalian bisa mencoba cara yang kedua dan seterusnya sampai masalahnya hilang.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.