10 Cara Unlock Bootloader Realme Untuk Semua Tipe Terbaru

Cara Unlock Bootloader Realme Untuk Semua Tipe Terbaru

Cara Unlock Bootloader Realme – Apakah kalian sedang berencana untuk melakukan root pada HP Realme? Jika iya, tentu hal yang pertama harus kalian lakukan adalah membuka Unlock Bootloader Realme terlebih dahulu.

Karena jika kalian belum melakukan Unlock Bootloader maka proses rooting yang akan kalian lakukan pasti mengalami kegagalan. Oleh sebab itu, hal ini sangatlah penting untuk kalian lakukan pertama kali sebelum masuk ke proses root HP Realme.

Apa yang Dimaksud Unlock Bootloader?

Unlock Bootloader adalah proses dimana kalian akan membuka akses penuh terhadap smartphone Realme yang dimiliki. Nantinya kalian bisa mempunyai akses secara penuh terhadap semua hal yang ada didalam smartphone yang sebelumnya itu tidak bisa kalian akses.

Namun sebelum kalian melihat tentang cara Unlock Bootloader Realme, tentu ada hal penting yang wajib kalian perhatikan. Hal penting tersebut adalah sebagai berikut:

  • Setelah melakukan Unlock Bootloader maka seluruh data yang ada didalam ponsel akan terhapus. Maka cobalah untuk membackup data penting tersebut terlebih dahulu, jika tidak tahu caranya maka bisa membacanya di cara backup data penting di Android.
  • Beberapa aplikasi yang kamu instal atau aplikasi bawaan ponsel tidak akan berfungsi seperti biasa dan ini bisa kalian atasi nanti dengan memperbaharui Custom ROM.
  • Apabila HP Realme kalian sudah melakukan UBL maka secara otomatis tidak akan bisa melakukan Update versi ColosOS terbaru melalui Smartphone.

Mungkin saat tutorial ini dibuat, admin hanya menemukan beberapa hal penting tersebut yang perlu kalian perhatikan sebelum melakukan UBL pada ponsel Realme.

Untuk cara ini juga sudah support beberapa device terbaru dari Realme seperti berikut:

  1. Realme 2 Pro
  2. Realme 3
  3. Realme 3 Pro
  4. Realme 5
  5. Realme 5i
  6. Realme 5 Pro
  7. Realme X2 Pro
  8. Realme XT

Selain tipe smartphone yang disebutkan diatas, kemungkinan besar tidak bisa mengikuti cara Unlock Bootloader Realme yang ada disni. Tapi jika smartphone kalian sesuai dengan yang disebutkan diatas maka bisa langsung mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Unlock Bootloader Realme Untuk Semua Tipe Terbaru

Cara Unlock Bootloader Realme Untuk Semua Tipe Terbaru

Secara umum, Bootloader biasanya dikunci di setiap perangkat Android yang dilakukan oleh pabriknya masing-masing. Hal ini tentu agar setiap smartphone yang mereka rilis tetap menggunakan versi Android mereka masing-masing atau versi OS yang dirancang khusus oleh pabrikan.

Namun sebelum kalian melanjutkan kedalam proses Unlock Bootloader, biarkan admin jelaskan dulu sedikit tentang keuntungan serta kerugian yang bisa kalian alami setelah membuka kunci Bootloader di HP Realme.

Keuntungan Melakukan Unlock Bootload

Untuk saat ini ada beberapa keuntungan yang akan kalian dapatkan setelah melakukan proses Unlock Bootloader di ponsel Realme. Beberapa keuntungan itu meliputi:

  1. Dapat menginstal Custum ROM setelah selesai Unlock Bootloader.
  2. Kalian juga akan lebih mudah untuk melakukan Root pada HP Realme.
  3. Bisa menginstal TWRP pada smartphone Android Realme.
  4. Mampu mengatur tingkat kinerja ponsel sesuai dengan keinginan.

Kerugian Saat Melakukan Unlock Bootloader

Tidak hanya keuntungan saja yang bisa kalian dapatkan tapi kerugian juga bisa kalian alami setelah membuka kunci Bootloader di HP Realme. Apa saja kerugian tersebut? Simak dibawah ini:

  1. Ketika kalian sudah melakukan Unlock Bootloader maka tentu Garansi Resmi tidak akan kalian dapatkan lagi.
  2. Kalian juga akan mengalami masalah pada pembaharuan atau update OTA.
  3. Ketika melakukan rooting ataupun menginstal ROM, kemungkinan besar ponsel kalian mengalami Boot Loop.
  4. Terakhir ponsel kalian juga akan rentan terserang oleh Virus dan Malware.

Syarat Sebelum Melakukan Unlock Bootloader pada Realme

Selanjutnya kalian juga wajib memenuhi beberapa syarat sebelum memulai proses Unlock Bootloader di HP Realme. Beberapa syarat tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Kalian wajib menyiapkan PC atau Laptop yang akan kita gunakan untuk membuka Bootloader pada hp Realme.
  2. Mempunyai kabel USB yang original.
  3. Baterai ponsel kalian terisi 60%.
  4. Pastikan untuk membackup semua data penting yang ada didalam smartphone.
  5. Menginstal ADB Fastboot.
  6. Instal juga Driver.

Jika semua itu sudah kalian penuhi maka kalian bisa langsung mengikuti tutorialnya dibawah ini.

Cara Unlock Bootloader Realme

  1. Langkah pertama kalian wajib menginstal aplikasi Deeptesting yang sesuai dengan tipe smartphone Realme kalian. Jika belum punya, maka kalian bisa memilihnya disini.
  2. Setelah behasil di install, maka buka dan klik Start Applying.
  3. Selanjutnya kalian klik centang bahwa kalian sudah setuju tetang hal-hal yang dijelaskan tersebut. Setelah itu klik Submit Application.
  4. Berikutnya kalian bisa menunggu persetujuan dan untuk mengetahuinya kalian bisa mengeceknya di dalam aplikasi pada Query Verification Status.
  5. Jika sudah, kalian bisa langsung mengaktifkan USB Debugging pada ponsel Realme dan langsung menghubungkannya ke PC atau Laptop menggunakan kabel USB.
  6. Langkah selanjutnya kalian bisa langsung membuka CMD dan ketikan printah adb reboot bootloader.
  7. Setelah itu untuk melakukan Unlock Bootloader maka kalian bisa mengetikan perintah fastboot flashing unlock.
  8. Didalam ponsel kalian akan muncul tampilan Unlock Bootloader dan tekan Volume UP untuk melakukan proses Unlock Bootloader.
  9. Berikutlah lagi kalian bisa menuju ke Fastboot Mode dan untuk menggesernya tekan Volume Up & Down.
  10. Terakhir kalian bisa melakukan Reboot system dengan mengetikan perintah fastboot reboot.

Maka dengan proses tadi, ponsel Realme kalian sudah terbuka kunci Bootloadernya dan siap untuk kalian gunakan sesuai dengan keinginan.

Cara Relock Bootloader Realme

Cara Relock Bootloader Realme

Sebenarnya untuk melakukan relock bootloader pada Realme juga tidak begitu sulit dan kalian bisa langsung mengikuti caranya dibawah ini.

  1. Pertama kalian bisa menginstal aplikasi Deeptesting sesuai dengan tipe smartphone seperti diatas tadi.
  2. Berikutnya kalian klik menu Apply to exit in-depth test dan device kamu akan reboot secara otomatis ke Rastboot Mode.
  3. Setelah itu kalian bisa menyambungkan device ke PC menggunakan kabel USB dan jangan lupa untuk membuka CMD. Lanjutkan untuk mengetikan perintah adb reboot bootloader.
  4. Berikutnya kalian bisa kembali mengunci bootloader dengan mengetikan perintah fastboot flashing lock.
  5. Pada layar smartphone kalian akan muncul menu Look Bootloader dan kalian hanya perlu menekan Volume Up untuk menguncinya kembali.
  6. Terakhir kalian bisa melakukan reboot system dengan mengetikan perintah fastboot reboot.

Selesai dan kini Bootloader ponsel Realme kalian sudah kembali terkunci seperti semula.

Penutup

Jadi tidak terlalu sulit bukan cara unlock bootloader Realme? Jika kalian mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar, maka pastinya kalian tidak akan mengalami kesulitan ataupun kegagalan. Jadi lakukanlah secara berhati-hati dan sesuai perintah yang admin tulis ya.

Baik, mungkin itu saja informasi yang bisa admin sampaikan untuk kalian mengenai cara Unlock Bootloader Realme untuk semua tipe terbaru. Selamat mencoba dan semoga bisa sesuai dengan apa yang sudah kalian harapkan.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.