Update! 2 Cara Instal TWRP Realme 3 dan 3 Pro Terbaru

Cara Instal TWRP Realme 3 dan 3 Pro Terbaru

Cara Instal TWRP Realme 3 dan 3 Pro – Hingga sampai saat ini tentu sudah mulai banyak orang yang menggunakan smartphone dari brand Realme. Dimana Realme pertama kali merelis sebuah smartphone terbarunya sekitar 2017 lalu dengan mengusuh fitur dan desai kekinian pada masa itu.

Karena device Realme ini cukup populer hinga sampai sekarang ini maka admin yakin kalauu banyak penggunanya yang ingin mengoprek devicenya tersebut salah satunya adalah melakukan root pada hp Realme 3 dan 3 Pro yang juga pernah admin bahasa sebelumnya.

Namun sebelum mengoprek device pada smartphone Realme 3 dan 3 Pro tentu hal yang pertama harus kalian lakukan adalah menginstal TWRP. Nah, oleh karena itu pada artikel ini admin akan menjelaskan kalian sebuah tutorial tentang cara instal TWRP Realme 3 dan 3 Pro. Untuk proses lebih lanjut, kalian dapat mengikuti intruksi yang sudah admin siapkan dibawah ini.

Persyaratan:

  • Pastikan smartphone kalian baterainya terisi 60% dan jangan sampai kuran.
  • Instal Driver Realme USB pada PC agar bisa mengenali smartphone kalian saat terhubung dengan PC. Untuk filenya bisa kalian unduh disini.
  • Wajib untuk melakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu, jika belum kalian bisa membacanya di artikel sebelumnya tentang cara unlock bootloader Realme.
  • Ingat selalu backup data penting yang ada didalam ponsel. Jika belum tahu caranya, kalian juga bisa membaca tentang cara backup data penting di Android.
  • Terakhir siapkan secangkir kopi.

Berikutnya jika syarat yang diatas kalian sudah lengkapi, maka selanjutnya kita akan mulai proses penginstalan TWRP.

Cara Instal TWRP Realme 3

Cara Instal TWRP Realme 3

Pastikan kalian sudah membuka kunci Bootloader terlebih dahulu, agar proses instal TWRP bisa berjalan dengan baik dan sesuai harapan. Jika sudah, kalian bisa langsung mengikuti cara instal TWRP Realme 3 dibawah ini:

  1. Langkah pertama kalian wajib menginstal ABD Fastboot pada laptop atau komputer yang akan digunakan.
  2. Berikutnya kalian juga wajib menginstal TWRP Realme 3.
  3. Setelah itu kalian buka dulu intalasi ADB Fastboot di PC atau Laptop kalian kemudian tekan dan tahan tombol Shift lalu klik Kanan pada Mouse untuk membuka Command Window.
  4. Selanjutnya kalian bisa langsung memindahkan file TWRP Realme 3, kemudian hubungkan smartphone dengan PC atau Laptop memakai kabel USB.
  5. Jika sudah, kalian bisa mengetikan perintah fasboot flash recovery.img agar proses instalasi TWRP dimulai.
  6. Terakhir kalian bisa menunggu sampai prosesnya selesai dan jika sudah pilih opsi reboot pada ponsel kalian.

Selamat, kalian sudah berhasil menginstal TWRP pada smartphone Realme 3. Selanjutnya kalian bisa melakukan hal-hal lain yang mungkin akan kalian lakukan.

Cara Instal TWRP Realme 3 Pro

Cara Instal TWRP Realme 3 Pro

Tidak sampai disitu saja, dalam pembahasan kali ini admin juga akan membagikan kalian sebuah cara menginstal TWRP Realme 3 Pro. Untuk caranya juga tidak jauh berbeda dengan proses yang sudah admin jelaskan diatas tadi. Langsung saja kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Langkah pertama kalian wajib membuka menu Pengaturan yang ada didalam ponsel.
  2. Berikutnya kalian cari menu About Phone.
  3. Pada menu tersebut kalian bisa menekan sebanyak 7 kali sampai membuka kunci Mode Pengembang.
  4. Kembali lagi dan klik Pengaturan Tambahan.
  5. Geser kebagian bawah dan cari opsi Pengembang.
  6. Setelah itu geser kebagian bawah lagi dan aktifkan opsi USB Debugging.
  7. Jika sudah jangan lupa untuk mengunduh file ADB Fastboot yang sudah admin sediakan diatas.
  8. Instal ADB Fastboot tadi di PC atau Laptop kalian.
  9. Berikutnya kalian instal lagi TWRP.img.
  10. Salin file TWRP.img tersebut ke C: \ Program Files \ Minimal ADB dan folder Fastboot (tempat kalian menginstal ADB dan fastboot).
  11. Hubungkan smartphone Realme 3 Pro kalian ke PC atau Laptop dengan menggunakan USB.
  12. Pergi ke lokasi C: \ Program Files \ Minimal ADB dan folder Fastboot , tahan tombol Shift dan klik kanan mouse pada ruang kosong. Kalian akan melihat daftar opsi dan pilih opsi Open command window here.
  13. Jika sudah muncul maka langsung ketikan printah adb devices lalu enter. Maka kalian akan melihat sebuah pesan yang bertuliskan ‘Daftar perangkat yang terpasang‘.
  14. Selanjutnya kalian bisa memasukan perintah adb reboot bootloader untuk mem-boot Realme 3 Pro kalian ke mode fastboot.
  15. Untuk mengetahui apakah fastboot yang sudah kalian lakukan itu berfungsi atau tidak adalah dengan mengetikan perintah fastboot devices.
  16. Jika berfungsi maka berikutnya kita akan melakukan proses flashing pemulihan TWRP. Kalian bisa melakukannya dengan mengetikan fastboot flash recovery twrp.img lalu tekan enter.
  17. Tunggu sampai proses instalasi TWRP pada smartphone Realme 3 Pro kalian berhasil.

Selamat, jika kalian mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar maka kini ponsel Realme 3 dan 3 Pro kalian sudah berhasil terinstal TWRP.

Penutup

Baik, mungkin itu saja informasi yang dapat admin hadirkan hari ini tentang cara instal TWRP Realme 3 dan 3 Pro terbaru. Selamat mencoba dan jangan lupa juga untuk selalu menantikan artikel keren dan unik lainnya seputar gadget hanya di Kampung Gadget.

Jika kalian mempunyai kritik atau saran dan mungkin pertanyaan tentang ulasan diatas maka jangan ragu untuk menghubungi admin ataupun menulisnya di kolom komentar yang ada dibawah ini.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.