Apa Itu USB Debugging? Fungsi, Manfaat dan Cara Mengaktifkannya di Android

Apa Itu USB Debugging

USB Debugging – Hampir semua ponsel Android yang mempunyai sistem operasi open source mempunyai dukungan komunitas yang sangat besar. Karena dengan adanya fitur tersebut, kita sebagai pengguna dan juga para developer akan lebih terdorong untuk terlibat didalam proses pengembangan sistem operasi yang berbasis Android.

Tapi sampai saat ini masih banyak orang yang tidak tahu atau tidak sadar dengan adanya fitur tersebut, serta masih banyak juga yang tidak tahu tentang manfaat dan bagaimana cara mengaktifkan USB Debugging di HP Android.

Padahal jika kita lihat, ada banyak sekali manfaat yang dapat kalian rasakan saat menggunakan fitur tersebut. Tapi manfaat tersebut akan lebih dirasakan bagi orang yang memang senang mengoprek ponsel Android.

Meski kita tidak terlalu perlu dengan fitur tersebut, namun tidak ada salahnya juga kalau kita mengenal lebih jauh tentang fitur USB Debugging. Yuk, kita lihat ulasan lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu USB Debugging?

Mungkin dari kalian masih ada yang bertanya tentang apa itu USB Debugging? USB Debugging adalah salah satu dari beberapa fitur yang ada didalam Android dan bisa kalian temui lewat opsi Android Developers atau sering juga dikenal sebagai opsi Pengembang.

Jika kita lihat lebih dekat, fitur tersebut sejatinya dihadirkan secara khusus untuk para Developer Android, mulai dari pengembang sistem, sofware sampai pengembang aplikasi Android seperti yang ada di Google Play Store.

Dengan adanya fitu tersebut, para Developer juga akan lebih mudah untuk menguji setiap aplikasi dan juga sistem yang sudah mereka buat serta menemukan masalah-masalah dengan memakai fitur Android SDK (Sofware Development Kit).

Jadi, fitur ini mungkin tidak begitu ditunjukkan untuk pengguna Android secara menyeluruh, apalagi bagi kita yang mungkin masih awam dalam dunia teknologi.

Apa Fungsi Debugging di HP Android?

Fungsi Debugging di HP Android

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit diatas kalau fungsi Debugging di Hp Android adalah sebagai sarana untuk para pengembang atau develover sistem, sofware dan juga aplikasi untuk menguji setiap produk yang mereka buat. Selain itu fitur ini juga digunakan sebagai sarana untuk mendeteksi suatu error yang bisa terjadi di Android.

Namun jika kita lihat dari segi penggunaannya, USB Debugging masih mempunyai banyak fungsi lainnya. Adapun fungsi lain dari USB Debugging itu adalah sebagai berikut:

  1. Berfungsi untuk menginstal custom recovery seperti CWM dan TWRP.
  2. Berfungsi untuk mendeteksi HP ke sistem komputer saat digunakan untuk menginstal custom ROM.
  3. Berfungsi untuk mentransfer data dari HP ke PC dengan mudah.
  4. Berfungsi untuk melihat file hidden di sistem HP Android.
  5. Berfungsi untuk menjalankan printah tertentu dengan memakai Command Prompt.

Selain 5 fungsi Debugging pada HP Android yang sudah dijelaskan tadi, tentu masih ada banyak fungsi lainnya yang bisa dirasakan oleh penggunanya.

Bagaimana Cara Mengaktifkan USB Debugging?

Cara Mengaktifkan USB Debugging

Dalam mengaktifkan fitur USB Debugging di Android tidaklah sulit dan juga tidak terlalu mudah untuk dilakukan oleh orang awam. Namun sebelum kamu mengaktifkan fitur USB Debugging, maka langkah pertama kamu wajib untuk mengaktifkan Opsi Developer terlebih dahulu.

Fitur USB Debugging itu tersembunyi secara default, jadi jika kamu ingin menampilkan fitur tersebut maka bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Langkah pertama buka menu “Settings” atau “Pengaturan” jika berbahasa Indonesia
  2. Selanjutnya kalian cari menu “About
  3. Setelah itu cari opsi “Build Number” dan tekan dengan sedikit cepat sebanyak 7 kali
  4. Jika sudah kalian akan melihat sebuah pesan seperti “You are now a develover
  5. Berikutnya kalian kembali lagi kedalam menu “Settings
  6. Cari menu “Developer Options” atau “Opsi Pengembang
  7. Terakhir dalam menu itu kalian tinggal mengaktifkan “USB Debugging

Jika langkah-langkah yang kalian lakukan sudah benar, maka kini USB Debugging pada ponsel Android sudah aktif.

Apa Manfaat Penggunaan USB Debugging?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi, kalau ada banyak manfaat yang dapat dirasakan dari fitur tersebut jika kalian sebagai developer ataupun sebagai pengguna.

Selain developer, fitur ini juga memiliki banyak manfaat bagi penggunanya seperti melakukan root, menginstal custom ROM, menginstal costom recovery dan masih banyak manfaat lainnya.

Jadi singkat kata, untuk memperoleh akses Super User dalam proses rooting, maka kalian perlu mengaktifkan mode USB Debugging terlebih dahulu agar semua file yang dibutuhkan untuk akses Super User dapat di-inject secara langsung didalam sistem Android.

Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut tentu kalian harus mempunyai pengalaman dalam hal tersebut, karena jika tidak maka sistem pada Hp Android kalian bisa mengalami masalah atau error. Beberapa error yang umum adalah seperti berikut:

  1. Hp Android akan mengalami Bootloop.
  2. Beberapa fungsi fitur pada sistem Android bisa mengalami masalah.
  3. Parahnya Hp bisa mati total.

Apa Bahaya USB Debugging?

Memang sudah lumrah setiap hal itu mempunyai manfaat dan juga bahaya yang akan dirasakan oleh semua orang, begitu juga pada fitur yang satu ini. Mengaktifkan USB Debugging memang bisa memberikan kita banyak manfaat, tapi dibalik itu ada bahaya yang mengintai saat menggunakan fitur tersebut.

Masalah ini biasanya terjadi jika kalian lalai saat menggunakan fitur ini. Karena saat fitur tersebut dibiarkan aktif dalam jangka waktu yang lama meski tidak digunakan, maka ini dapat menjadi penyebab datangnya sebuah masalah yang cukup besar.

Masalah ini berhubungan denga celah keamanan yang akan melemah, dimana aplikasi pihak ketiga akan sangat mudah untuk mengakses lebih jauh kedalam sistem Android ponsel yang kamu gunakan.

Mereka juga akan lebih mudah untuk menginstal malware, menyadap dan mencuri seluruh data penting yang ada didalam ponsel kalian. Oleh karena itu, gunakalan fitur ini dengan baik dan bijak agar tidak merugikan diri kalian sendiri.

Mungkin sampai disini pembahasan mengenai USB Debugging yang dapat Kampung Gadget rangkumkan, semoga bermanfaat dan menambah ilmu kalian mengenai fitur yang ada didalam Android.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.